destop92Avatar border
TS
destop92
Ternyata Ini Masjid Pertama di Muka Bumi


Masjid Quba adalah masjid pertama kali yang ada di dunia dan dibangun oleh Rasulullah. Meskipun Masjid Quba saat ini memang terlihat lebih megah dan indah karena renovasi dari pemerintah Arab Saudi.

Al hasil saat ini kondisinya sudah berubah sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan jama’ah, namun masjid ini menyimpan sejarah yang tak mungkin dilupakan.

Sejarah Masjid Quba di awali oleh Rasulullah yang pertama kali meletakkan batu tepat di kiblatnya. Abu bakar kemudian datang membawa batu dan meletakkannya.

Dilanjutkan Umar yang meletakkan batu di samping batu abu bakar. Setelah itu barulah kaum muslimin beramai-ramai membangunnya.



Awal mula sejarahnya ketika Nabi Muhammad dalam perjalanan hijrah ke Madinah, di kampung Quba, Sayyidina 'Ammar RA mengusulkan untuk membangun tempat berteduh bagi Baginda Nabi agar dapat beristirahat siang dan mendirikan salat dengan tenang. Lalu, Sayyidina 'Ammar mulai mengumpulkan batu-batu dan mendirikan masjid.

Al khathabi menginformasikan dari As syamusi binti an-numan, "Tatkala Rasulullah membangun Mesjid Quba, Sayyidina Ammar bin Auf datang membawa batu yang diikatkan di perutnya lalu meletakannya. Seorang pria kemudian datang hendak mengangkatnya, tetapi dia tidak kuat. Rasulullah pun menyuruh lelaki itu meninggalkannya dan mengambil batu yang lain.”



Sumur

Subhanallah, Ini Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Masih Hidup
Inilah Masjid yang Dibangun Nabi dengan Memikul Batubata Sendiri
Diubah oleh destop92 15-06-2017 13:11
0
37K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.