tinylady
TS
tinylady
3 Buku yang Bisa Menggugah Pikiran Agan


Agan yang suka baca buku pasti setuju kalau ada banyak buku-buku karya anak bangsa yang bagus-bagus. Beberapa diantaranya ada yang ditulis pada masa sebelum kemerdekaan. Tapi juga ada yang dipublikasikan di generasi sekarang-sekarang ini.

Selain bisa membangun karakter, buku juga bisa membuka jalan pikiran kita. Diantaranya adalah buku-buku ini nih Gan!

1. Tetralogi Buru oleh Pramoedya Ananta Toer



Siapa di sini yang udah baca keempat buku karya Pramoedya Ananta Toer ini? Setidaknya satu bukunya aja yang pertama, “Bumi Manusia”. Share deh kesan yang Agan dapatkan setelah membacanya.

Agan akan merasa dibawa kembali ke bagaimana proses perjuangan pra-kemerdekaan Indonesia. Agan juga akan mengetahui betapa pentingnya peran pendidikan dalam mengubah derajat manusia dan nasib suatu bangsa. Buku ini juga akan kembali membangkitan semangat nasionalisme yang mungkin sudah padam sejak sekian lama.

Buku Bumi Manusia saja sudah dicetak ulang lebih dari sepuluh kalo sejak penerbitan pertamanyan dan telah diterbitkan dalam 33 bahasa.
Pramoedya Ananta Toer memang penulis bergengsi di Indonesia. Banyak dari tulisannya menyentuh tema interaksi antarbudaya; antara Belanda, kerajaan Jawa, orang Jawa secara umum, dan Tionghoa. Banyak dari tulisannya juga semi-otobiografi, di mana ia menggambar pengalamannya sendiri. Ia memperoleh Ramon Magsaysay Award untuk Jurnalisme, Sastra, dan Seni Komunikasi Kreatif 1995.

Ia juga sudah berkali-kali dinominasikan untuk meraih Hadiah Nobel Sastra. Ia juga memenangkan Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada 2004 Norwegian Authors' Union Award untuk sumbangannya pada sastra dunia. Ia menyelesaikan perjalanan ke Amerika Utara pada 1999 dan memperoleh penghargaan dari Universitas Michigan.

Sampai akhir hayatnya, Ia terus aktif sebagai penulis dan kolumnis.

2. Habis Gelap Terbitlah Terang oleh R.A. Kartini



Melihat judul bukunya saja Agan pasti udah familiar dengan siapa penulisnya. Ya buku yang merupakan kumpulan dari surat-surat yang ditulis Raden Ajeng Kartini kepada sahabat-sahabatnya di Eropa ini, masih bisa kamu dapatkan di sejumlah toko buku-toko buku saat ini baik online maupun offline. Cita-cita dan harapannya untuk memajukan kaum wanita di Indonesia yang tertera dalam surat-surat tersebut pun menginspirasi banyak wanita untuk memperjuangkan haknya.

Laki-laki pun juga sebaiknya mengenal tentang arti emansipasi wanita yang sebenarnya. Betapa banyak kendala yang wanita alami pada era-era sebelum merdeka untuk maju meraih pendidikan tinggi. Dari buku ini kita diajarkan untuk berani bermimpi dan memperjuangkannya hingga titik darah penghabisan.

3. Self Driving oleh Rhenald Kasali



Buku karya Rhenald Kasali ini sangat menginspirasi kita untuk menjadi tokoh utama dalam hidup, menjadi penggerak hidup kita, bukan hanya sekedar passenger, melainkan jadi pemimpin mulai dari diri sendiri dulu. Buku ini benar-benar bisa memotivasi Agan yang butuh dorongan semangat, karena di dalamnya ada contoh-contoh kisah hidup tokoh-tokoh terkenal yang sukses menjadi pemimpin (baik bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan sekitarnya).

Buku ini memang bukan bacaan ringan, harus diselingi dengan mempraktekkan apa yang tertulis di buku tersebut. Tapi dijamin membuka pikiran Agan sekalian. Secara yang nulis pun pakar di bidang pendidikan dan bisnis di Indonesia, yaitu Rhenald Kasali. Jadi sudah pasti berisi dan banyak ilmu yang bisa didapatkan di dalamnya.

Pastinya masih banyak lagi buku-buku inspiratif lainnya. Tiga buku di atas adalah sedikit contoh, bahwa dari buku kita bisa berpikir lebih luas lagi. Imajinasi kita mengalir bebas. Karena berawal dari buku, pikiran dan imajinasi kita berjalan, sehingga akan tercermin dalam tindakan-tindakan kita.

Mau Lebih Banyak Orang yang Merasakan Manfaat dari Buku?

Yuk donasi #BukuUntukIndonesiapersembahan Bank Central Asia. Kunjungi website Blibli.com ini, beli paket donasi mulai dari Rp 100.000,- yang secara langsung akan didonasikan oleh BCA dalam bentuk buku ke sejumlah perpustakaan sekolah. Agan juga akan mendapatkan kaos apresiasi dari BCA, yang bisa Agan pilih sesuai keinginan, setelah membayar paket donasi.

Tunggu apalagi? Yuk berbagi kebaikan di Bulan Ramadhan ini lewat donasi #BukuUntukIndonesia.



Spoiler for Sumber:


Diubah oleh tinylady 14-06-2017 11:31
0
11.9K
56
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.