nabilaelekAvatar border
TS
nabilaelek
Laptop Asus cepet panas
Misi gan mau numpang tanya
Jadi saya beli laptop asus A456UR kisaran bulan Februari akhir tahun 2017. Sehari setelah beli, saya ngerasain kayaknya ada yang aneh sama laptop. Bagian dibawah keyboard pojok kanan bawah terasa anget padahal cuma saya pakai buka word sama chrome aja. Waktu itu saya coba positif thinking.
Sehari setelahnya waktu adik saya pinjem laptop, dia komplain katanya bootingnya lama trus pas buka chrome gak responding.
Akhirnya hari itu juga saya putuskan untuk bawa ke toko tempat saya beli mumpung masih garansi hari terakhir.
Kata tokonya, laptop saya gpp. Saya tetep ngotot minta ganti karena kata adik saya laptop temen-temennya gak gini. (Ini pertama kali saya ganti laptop ke windows 10). Saya juga gak tau apa mungkin booting windows 10 lama atau gimana karena umur laptop saya yang sebelum ini (saya pake acer windows 7) udah 7 tahun.
Setelah melalui argumentasi yang alot dengan pemilik toko, mereka tetep kekeuh gak mau ganti dengan alasan laptop gpp. Bisa gantinya kalo ada kerusakan hardware seperti layar gak nyala atau keyboard gak bisa. Akhirnya mereka memutuskan untuk coba diinstall ulang windowsnya.
Akhirnya saya nurut.
Sebulan dua bulanan laptop aman aman aja. Cuman ya saya masih ngerasa kayaknya ini laptop panas padahal cuma saya buat kerjaan yang ringan ringan. Paling berat cuma saya buat nonton film. Saya bisa bilang panas soalnya dubandingin sama yang sisi pojok kiri bawah itu bener-bener adem.
Pas waktu itu saya komplainkan tentang panas, pemilik toko bilang cuma anget. Cuman pas setelah diinstall ulang itu panas banget. Katanya juga maklum habis diinstall.
Sampailah suatu hari, akhir bulan Mei laptop saya tiba-tiba mati. Saya pikir mungkin habis baterai karena saya lupa gak ngecek status baterai saya. Ternyata setelah saya charge lampu indikator gak mau nyala.
Saya coba-coba browsing mengenai masalah pada laptop saya. Kebanyakan bilang rusak di motherboard nya. Saya langsung panik. Saya gak terlalu ngerti sama komputer tapi intinya motherboard ini agak krusial (bener kan?) Dan kalau ganti juga mahal mending beli baru. Sedangkan disini saya posisi baru beli sekitar 3 bulan lalu.
Akhirnya saya bawa ke Asus center di Semarang. Saya juga mau bilang bahwa pelayanannya jelek. Karena gak ramah sama sekali. Saya tiba disana gak disapa, mas masnya sibuk sama komputer. Waktu saya ngomong keluhan laptop saya, dia juga sibuk ngetik (mungkin lagi input data saya) tapi ya maksudnya gak ada sopan santunnya. Gak ada kontak mata sama costumer.
Setelah dicek katanya emang rusak motherboardnya. Katanya kalo memang rusak karena kesalahan costumer saya akan ditelfon untuk penawaran penggantian motherboard. Kalo memang rusak dari asusnya bakal diganti gratis. Estimasi waktunya 7 hari.
Udah 7 hari gak ada kabar sama sekali. Akhirnya saya inisiatif telfon duluan, katanya laptop udah jadi. Saya simpulkan bahwa emang ini saya beli dapet yang cacat. Yasudah alhamdulillah berarti bukan salah saya dan diganti gratis.
Akhirnya saya ambil laptopnya. Sampe rumah saya charge. Waktu saya buat bikin tugas di word dan buka chrome (cuma 2 tab juga buka email sama dropbox) sisi kanan bawah mulai anget. Saya coba positif thinking lagi. Mungkin perasaan saya. 10 menit tambah kelihatan beda suhunya kanan sama kiri. Meskipun gak panas banget tapi jelas kerasa beda suhunya bahwa yang kanan lebih anget.
Saya bingung ini beneran diganti motherboardnya gak sih? Kok panasnya masih tetep. Saya takut kalo rusak lagi(saya baca katanya panas berlebih bisa ngerusak motherboard)
Apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus ke asus center lagi untuk komplain suhu laptopnya? Atau mending saya jual saja mumpung masih 3 bulanan dan beli lagi?
Oh ya ini saya beli harga kisaran 7 jutaan. Sebenernya sedih juga 7 juta kalo dijual dapetnya berapa takut rugi banyak. Dalam waktu dekat saya bener-bener butuh laptop buat ngolah data skripsi.
Mohon bantuannya agan-agan semua.
Mohon maaf sebelumnya saya gak terlalu ngerti soal mesin ginian
Nuwun
0
5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.