BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Manfaat cerita dongeng bagi kecerdasan anak

Manfaat cerita dongeng untuk kecerdasan anak
© Shutterstock


Membaca tak hanya membuka jendela informasi dunia. Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh penelitian-penelitian di berbagai negara tentang manfaat membaca, terutama pada anak-anak.

Bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang, dengan sederet manfaat yang akan didapat, tak ada salahnya jika membaca dijadikan sebagai kebutuhan dalam hidup, tak terkecuali kebutuhan dalam membesarkan anak.

Menimbang pentingnya membaca bagi pertumbuhan anak, bahkan American Academy of Pediatrics (APP) menyarankan agar orangtua membacakan buku atau gambar dengan nyaring kepada anak untuk membantu kemampuan berbahasa anak dan tentunya meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua.

Adalah buku dongeng yang berisi cerita rakyat ataupun legenda bisa Anda pilih sebagai materi bacaan untuk Si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapat jika rutin mendongengkan anak di rumah.

Membangun kecerdasan emosional

Sebagai sarana yang mampu merekatkan hubungan orang tua dan anak, mendongeng dapat membangkitkan kecerdasan emosional untuk anak. Dengan memberikan nilai-nilai moral dalam kisah dongeng, anak dapat belajar dengan melihat contoh melalui tokoh dalam cerita yang didongengkan.

Mengembangkan daya imajinasi anak

Mendongeng dapat meningkatkan imajinasi dan membiarkan anak memiliki dunianya sendiri. Jika rutin dilakukan, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas anak yang akan menjadi bekal mereka saat terjun langsung ke sekolah.

Quote:


Meningkatkan keterampilan dalam berbahasa

Kisah dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Menyuguhkan kisah dongeng kepada anak dapat melatih kemampuan berbahasa mereka. Anak yang rutin didongengkan akan memiliki perbendaharaan kosakata yang lebih beragam dan juga lebih mampu berkomunikasi dengan orang lain.

Membentuk rasa empati

Kepekaan anak rentang usia 3-7 tahun akan dirangsang melalui situasi sosial. Dengan mendongeng, anak dapat memupuk pelajaran berempati terhadap lingkungan sekitar.

Membangkitkan minat baca

Langkah awal menumbuhkan minat baca pada anak adalah melalui kegiatan mendongeng yang bisa Anda lakukan sejak dini, bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Membacakan kisah dongeng kepada anak-anak dapat meningkatkan minat dan rasa penasaran yang lebih tinggi agar mereka mau belajar membaca. Rasa ingin tahu serta keinginan untuk memahami cerita dapat menstimulasi otak anak menjadi lebih kritis.

Namun demikian disayangkan karena saat ini minat baca di Indonesia masih sangat rendah. Dari 61 negara di dunia, Indonesia menempati urutan kedua dari bawah, 60, sebagai negara dengan minat baca terendah. Lewat gerakan #BukuUntukIndonesia Anda bisa membantu meningkatkan minat baca pada anak-anak dengan mendonasikan buku lewat tautan ini.Bantu bekali anak-anak Indonesia dengan pengetahuan yang bisa mereka dapatkan dari buku yang Anda donasikan untuk perjalanan panjang mereka ke depan.

Quote:
Diubah oleh BeritagarID 12-06-2017 07:09
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
9.4K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread723Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.