Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
6696
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54635471a3cb173b0c8b456a/all-about-seiko---part-1
Mengenai thread ini: Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian. Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah. Rules: No junkers. Jangan mempromosikan jam atau ak
Lapor Hansip
12-11-2014 19:37

All About SEIKO

Quote:Mengenai thread ini:
  • Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian.
  • Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah.

Rules:
  • No junkers.
  • Jangan mempromosikan jam atau aksesoris jam yang sedang dijual di FJB baik secara langsung (posting link ke FJB) maupun secara tidak langsung melalui posting2 yang bersifat implisit. Thread ini bersifat netral dan non-komersial.
  • Tidak bertanya soal Recommended Seller (Recsel) di forum diskusi ini. Sebelum membeli lakukan googling dan riset sendiri. Kalau kurang yakin dengan seller, minta transaksi secara COD (Cash on Delivery, tatap muka) atau gunakan fasilitas Rekening Bersama (Rekber) yang ada di Kaskus. Kalau masih kurang yakin lagi, kontak Kaskuser lain melalui jalur PM untuk minta rekomendasi.
  • Untuk mencari tahu harga jam tangan SEIKO (vintage maupun modern), bisa googling dengan keyword misalnya: "FS Grand Seiko 6145". setelah itu amati kondisi dan deskripsi jam yang dijual tersebut (keaslian, kemulusan, service history, kelengkapan berupa box/paper, dll.). Jika masih bingung barulah PM atau tanyakan di forum.


Happy sharing and enjoy your stay. emoticon-Cendol (S)

SEIKO dalam Selayang Pandang

Selamat datang di thread All about SEIKO-Kaskus. Silakan share, diskusi, dan bertanya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan produk SEIKO.

Pada tahun 1877, Kintaro Hattori yang berumur 16 tahun memulai usaha perbaikan jam dinding di rumahnya di daerah Ginza, Jepang. Tahun 1881, Hattori mendirikan perusahaan bernama Seikosha yang memproduksi jam dinding. Perusahaan jam kecil tersebut berkembang terus hingga menjadi raksasa SEIKO group sekarang dengan bidang bisnis antara lain:
  • berbagai jenis jam,
  • perhiasan,
  • kacamata/optik,
  • perlengkapan olahraga,
  • printer (SEIKO EPSON),
  • semiconductor,
  • berbagai peralatan elektronik, dll.

SEIKO adalah salah satu perusahaan jam dengan kemampuan terlengkap dan teknologi terbaik di dunia saat ini. Satu2nya "true in-house manufacturer" di dunia yang mampu mendesign dan produksi sendiri semua komponen jam mulai dari:
  • case and bracelet (stainless steel, titanium, ceramic, tungsten, gold, platinum, dll),
  • crystal (sapphire, hardlex, dll),
  • mesin dan komponen2nya (balance spring, gasket, dll.),
  • berbagai jenis minyak pelumas dan grease untuk mesin jam,
  • bahkan hingga material lumibrite pada dial dan jarum jam yang dapat berpendar dalam gelap.

SEIKO juga merupakan satu2nya perusahaan horologi di dunia yang menguasai seluruh teknologi horologi yang ada saat ini:
  • mechanical
  • quartz analog/digital (battery, solar, thermic)
  • kinetic,
  • spring drive,
  • radio wave controlled,
  • GPS satellite controlled, dll.

SEIKO memiliki tradisi membuat jam dengan range kualitas dan harga yang sangat bervariasi, mulai dari jam ALBA seharga Rp. 400.000 hingga SEIKO CREDOR JURI yang harganya lebih dari Rp. 5.000.000.000. Umumnya produk2 SEIKO yang banyak beredar dan dikenal oleh masyarakat adalah produk2 entry level dengan harga sangat terjangkau, akibatnya persepsi publik mengenai SEIKO adalah produsen jam murah. Hal ini disebabkan karena di masa lalu produk2 SEIKO kelas menengah dan atas hanya dijual di Jepang (JDM). Saat ini SEIKO sudah membuka diri dan dalam proses memperkenalkan produk2 horologi berkualitas tinggi "haute horlogerie" kepada seluruh dunia.

Dalam percakapannya dengan seorang wartawan dari majalah Watchtime, seorang CEO dari sebuah brand jam swiss mengatakan:
Quote:"Seiko makes the best mechanical watch in the world. I hate to say it, but it's true."
("GRAND SEIKO", Watchtime magazine, April 2012)

read more: http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=432

Kiranya opini tersebut memberikan kepada kita sedikit gambaran mengenai sebuah perusahaan bernama SEIKO dan pengaruhnya di dalam dunia horologi. Masih banyak lagi berbagai produk dan pencapaian SEIKO yang mungkin tidak ada habis2nya dibahas. Silakan berbagi pengetahuan dan passion Anda terhadap SEIKO di thread ini. Happy reading and happy sharing. emoticon-Smilie


All About SEIKO - Part 1
SEIKO World's Achievements


SEIKO Indonesia Customer Service Centers

Service Centers


Other SEIKO thread:
All About SEIKO Divers
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 166 dari 336
All About SEIKO - Part 1
03-06-2017 05:43
Quote:Original Posted By myxexi
Suhu dimari mau tanya dong,maklum newbi nih
Cara tau nya kalo jam matic butuh kalibrasi gimana? Ane baca" ada yg miss beberapa detik lah,atau semacam nya,nah ane masih bingung cara tau nya detik miss itu gimana?


paling gampang murah meriah agan setting jam agan sama dengan jam hp. besok coba liat lagi, kalo antara jam tangan agan sama hp masih tetep sama berarti kalibarsi nya bagus, kalo lumayan melenceng berarti perlu dikalibrasi, tapi kalo beda nya 1-2 menit sih masih wajar untuk jam jadul mah
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
03-06-2017 05:48
Quote:Original Posted By fallenangel22


makasi bro, sejauh ini puas, dulu pernah ngitung selama 3 hari sih miss 10 detik aja, sekarang ga tau, tapi selama missnya tidak kentara banget ya gpp lah emoticon-Big Grin

fff


gan ane ngiler liat dialnyaaaa... mod dial dimana ya gan ? apakah ada yg di sekitaran bandung ?????
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
03-06-2017 12:31
Quote:Original Posted By chuep

izin jawab sebatas pengetahuan ane ya gan...
jadi di dalam jam tangan mekanik automatik itu ada beberapa bagian yg memiliki fungsi nya masing2.. untuk mempersingkat saya cuma jelasin dua bagian aja ya gan..
Yang pertama adalah sistem main spring, di sistem ini lah jam kita mendapatkan energi yang didapat dari gerakan tangan kita....
Yang kedua adalah sistem escape wheel, sistem yg kedua ini mengatur supaya energi yang sudah didapat oleh main spring tadi di salurkan sedikit2 dengan jumlah yang tepat, sistem ini yg menggerakan jarum detik sekian beat per detik. pokoknya sistem ini bertanggung jawab atas seberapa presisinya jam anda. Untuk cara bekerjanya agan2 bisa baca2 searching di google soalnya agak ribet huehehe. Intinya sih cara kerja nya mekanis bgt, teridiri dari roda yg berputar dan plat sebagai penahan (ngerem).

NAH lalu apa tuh teknologi spring drive ???? Seiko ini mencoba berinovasi (inovasi sanagt penting bro!) membuang si sistem escape wheel tadi dengan sistem lain yg SANGAT PRESISI (inget kan tadi ane bilang bahwa tugas escape wheel itu tugasnya menjaga presisi jam) dan melebihi teknologi escape wheel. untuk cara kerjanya sendiri sudah dijelasin sama agan gaban83. Singkatnya pengereman yg mekanis diubah menjadi magnetik lah dengan metode kumparan.

Kemudian kita kembali ke pertanyaan "Tp brarti teknologi springdrive ini mlh jd lebih mirip teknologi kinetic yg pake rotor donk yaa drpd dimiripin ke automatic mechanical?"
Jawabnya ? NO NO NO
jam tangan dengan teknologi spring drive ini keseluruhan energi penggeraknya masih menggunakan energi kinetik gan, energi dari gerakan tangan kita ini. gak ada energi yg di ubah ke listrik dulu lalu dialirin buat gerakin jam nya seperti seiko kinetic. yg berbeda hanya sistem penyaluran energinya saja yg diatur/direm oleh energi magnetik

Untuk pertanyaan yg terakhir mengenai "tak lekang oleh zaman" ya hanya waktu yg bisa menjawabnya sih... tapi yang jelas jam ini sama seperti jam mekanikal lainnya yg gak perlu servis ganti batre, kalo bicara servis mekanikal ya jam2 mekanik yg mungkin "tak lekang oleh zaman" tetep butuh servis mekanikal kok

segitu aja semoga membantu, maafkan panjang bangeett heheemoticon-Big Grin
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Supeerr pnjelasannya gan.. justru ane suka yg pnjang2, wkwk.. maklum awam soal dunia horology, jd bnyk prtanyaan2 yg mnggelitik hati, hehe..
Ngmng2 klo teknologi ini biasanya klo timbul masalah itu krn apanya ya gan?
Klo kinetic gtu kan bisa dari kapasitor yg brmasalah misalnya, klo automatic mechanic misal dari plumas n keausannya
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
03-06-2017 16:28
Quote:Original Posted By hedi2an

Supeerr pnjelasannya gan.. justru ane suka yg pnjang2, wkwk.. maklum awam soal dunia horology, jd bnyk prtanyaan2 yg mnggelitik hati, hehe..
Ngmng2 klo teknologi ini biasanya klo timbul masalah itu krn apanya ya gan?
Klo kinetic gtu kan bisa dari kapasitor yg brmasalah misalnya, klo automatic mechanic misal dari plumas n keausannya


kayaknya gabungan sih.. tapi dari segi mekanik mungkin keausannya gak terlalu parah dibanding full mekanik
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
05-06-2017 12:37
@gaban83: maturnuwun mas bro. Noted !!
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
06-06-2017 02:53
Salam kenal suhu
Btw ada yg punya potongan rantai Seiko 5 7s26-0530 gak yak?
Trims
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
07-06-2017 00:18
Gan ane mau nambah koleksi seiko.. Boleh tau reviewnya jam seiko SRG019P1 plus minusnya?
SRG019P1


Sebenernya ada melirik juga sarb coctail.cuman ane mikirnya leather itu gan. Ane agak jorok makenya. Thx gan
Diubah oleh SemX
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
07-06-2017 07:18
Enjoying this alot!

cocktail time
Diubah oleh Cleret_Gombel
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
07-06-2017 11:16
Gan rekomendasi buat buat range 3-4 juta seiko tipe apa ya? Ane prefer leather strap
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 07:15
@SemX
ga pernah pegang SRG019, cuma opini liat gambar sama spec aja ya gan..
yang jelas jauh banget gan stylenya.
karena SRG sport, WR100M dan kinetic, pastinya SRG lebih tahan banting daripada cocktail time yang dress watch, automatic, dan cm WR50M. ukuran juga beda jauh, 45mm vs. 40mm.
tinggal disesuaikan kebutuhan dan selera agan.
kalo agan banyak aktivitas yang beresiko terhadap jam (basah, kotor, benturan), ya mending yang SRG019.
kalo cuma jorok, cocktail time bisa jadi motivasi tambahan biar ga jorok lagi gan, haha.. win-win..

sekarang subjektif menurut ane.
perkara style, kalo butuh yang rugged, ane sendiri lebih suka jam diver yang simpel dan timeless designnya.
harus dipertimbangkan juga ukuran karena make jam kegedean itu ga enak, apalagi pake bracelet. suka "mengsol".
ane juga kurang suka tipe2 seperti SRG019P1 karena dialnya terlalu "sibuk".
sementara cocktail time adalah jam favorit ane.

cocktail time
Diubah oleh Cleret_Gombel
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 09:18
Quote:Original Posted By herru48
Gan rekomendasi buat buat range 3-4 juta seiko tipe apa ya? Ane prefer leather strap


karena lg senggang, ane iseng jawab y gan..
kecuali divernya, seiko under 4 juta menurut ane secara estetika rata-rata kurang menarik gan.. selera ane lho ya..
kalo bisa ke 4,5-5jutaan, agan bisa ambil :
1. sarb033 ato 035 plus strap kulit.
033/035


2. sarb017 alpinist
sarb017


3. sarg 005/011
sarg


kalo bisa naik lg ke 5,5jutaan, bisa ambil cocktail time sarb065. Pic di post ane sblmnya.


kalo agan ga mau lebih dari 4 juta, ambil orient star classic aja..
built quality menurut ane ga kalah sama sarb series..
orient sendiri masih satu grup sama seiko, jd gpp ya ane tambahkan di sini emoticon-Peace
orient star adalah line kelas menengahnya orient. (urutannya orient- orient star - orient royal)
OS Classic


opsi lain di 5 jutaan, orient star standard date. kalo demen model ginian, ane lebih prefer ini drpd sarb033/035.
standard date


kalo mo hemat, di 2-3 jutaan ada orient curator.
curator


lebih hemat lagi under 2 jutaan ada orient bambino.
bambino


itu semua yang ane demen modelnya gan..
4 juta lumayan buat beli jam, jd agan sebenarnya bisa leluasa milih sesuai selera agan..
happy hunting gan.. emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh Cleret_Gombel
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 12:50
wah. orient lebih yahud y!
meskipun di beli seiko. urusan jam tangan, seiko gak mau ikut campur.
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 15:34
Cakep nich, bagus mana sama Grand cocktail

Quote:Original Posted By Cleret_Gombel
Enjoying this alot!

cocktail time


0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 15:49
Quote:Original Posted By gaban83
wah. orient lebih yahud y!
meskipun di beli seiko. urusan jam tangan, seiko gak mau ikut campur.


Selera sih gan..
Betul gan, ane baca2 sih begitu.

Quote:Original Posted By kudalaut888
Cakep nich, bagus mana sama Grand cocktail


Kualitas jelas bagusan grand cocktail gan, tp cakepan ini.. emoticon-Peace
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 17:53
Quote:Original Posted By chuep


paling gampang murah meriah agan setting jam agan sama dengan jam hp. besok coba liat lagi, kalo antara jam tangan agan sama hp masih tetep sama berarti kalibarsi nya bagus, kalo lumayan melenceng berarti perlu dikalibrasi, tapi kalo beda nya 1-2 menit sih masih wajar untuk jam jadul mah

Ohh gt ya gab,thnks ya infonya.. btw misalkan ane beli jam matic yg keluaran taun 2000 sekian,kondisi nya gress toko ,itu ngaruh ke kalibrasi jd melenceng g gan? Rencana pengen ambil skx007k1 😁
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
08-06-2017 20:39
Quote:Original Posted By chuep


gan ane ngiler liat dialnyaaaa... mod dial dimana ya gan ? apakah ada yg di sekitaran bandung ?????


thanks bro, itu dial beli bro, LE dari spain di wus dulu emoticon-Smilie
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
11-06-2017 19:11
Numpang Nampang Seiko Cal 2220-0520 ASGP Ane Gan


All About SEIKO - Part 1All About SEIKO - Part 1All About SEIKO - Part 1All About SEIKO - Part 1
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
11-06-2017 19:46
Quote:Original Posted By dandi2008
Numpang Nampang Seiko Cal 2220-0520 ASGP Ane Gan


wuih moser style, simple emoticon-2 Jempol
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
14-06-2017 01:01
maaf saya bertanya . . . arloji saya masih hidup . . . namun case dan pemutarnya nya saja yang sudah hancur karena terbuat dari kuningan . .

apakah saya bisa membeli case nya saja yang baja putih. . . atau saya bisa membeli bekas milik agan disini atau dapat hibah. . diameter 36mm

mesinnya 7s36 . . namun pemutar nya terletak di samping angka 4 . . saya berkeinginan memakainya kembali karena ini arloji pertama saya . .

Diubah oleh ProRunner
0 0
0
All About SEIKO - Part 1
14-06-2017 05:28
Quote:Original Posted By Cleret_Gombel
karena lg senggang, ane iseng jawab y gan..
kecuali divernya, seiko under 4 juta menurut ane secara estetika rata-rata kurang menarik gan.. selera ane lho ya..
kalo bisa ke 4,5-5jutaan, agan bisa ambil :
1. sarb033 ato 035 plus strap kulit.
033/035


2. sarb017 alpinist
sarb017


3. sarg 005/011
sarg


kalo bisa naik lg ke 5,5jutaan, bisa ambil cocktail time sarb065. Pic di post ane sblmnya.


kalo agan ga mau lebih dari 4 juta, ambil orient star classic aja..
built quality menurut ane ga kalah sama sarb series..
orient sendiri masih satu grup sama seiko, jd gpp ya ane tambahkan di sini emoticon-Peace
orient star adalah line kelas menengahnya orient. (urutannya orient- orient star - orient royal)
OS Classic


opsi lain di 5 jutaan, orient star standard date. kalo demen model ginian, ane lebih prefer ini drpd sarb033/035.
standard date


kalo mo hemat, di 2-3 jutaan ada orient curator.
curator


lebih hemat lagi under 2 jutaan ada orient bambino.
bambino


itu semua yang ane demen modelnya gan..
4 juta lumayan buat beli jam, jd agan sebenarnya bisa leluasa milih sesuai selera agan..
happy hunting gan.. emoticon-Angkat Beer


Gan maaf kalo dibawah 3 juta untuk tipe divernya seiko mending ambil apanya? Ane galau nih gan hehehe emoticon-Embarrassment
0 0
0
Halaman 166 dari 336
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia