News
Batal
KATEGORI
link has been copied
669
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5939dfdc5c77980d3e8b4567/tarif-listrik-900va-naik-masyarakat-miskin-semakin-menderita
Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 06 Juni 2017 12:09 WIB http://nasional.harianterbit.com/nasional/2017/06/06/82407//25/Tarif-Listrik-900VA-Naik-Masyarakat-Miskin-Semakin-Menderita Jakarta, HanTer - Masyarakat miskin mengeluhkan kenaikan tarif listrik pasca dicabutnya subsidi listrik untuk golongan konsumen 900VA. Akibat kenaikan tarif ini masyarakat yang sudah miskin akan semakin miskin. “Akiba
Lapor Hansip
09-06-2017 06:38

Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita

Quote:
Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 06 Juni 2017 12:09 WIB

http://nasional.harianterbit.com/nas...akin-Menderita

Jakarta, HanTer - Masyarakat miskin mengeluhkan kenaikan tarif listrik pasca dicabutnya subsidi listrik untuk golongan konsumen 900VA. Akibat kenaikan tarif ini masyarakat yang sudah miskin akan semakin miskin.

“Akibat kenaikan tarif listrik masyarakat miskin semakin miskin. Bahkan ada warga yang mengeluh tidak akan memilih kembali Jokowi jika ikut Pilpres 2019, karena kebijakan Jokowi mencabut subsidi listrik 900 VA itu semakin membuat mereka menderita,” kata pengamat kebijakan publik Zulfikar Ahmad kepada Harian Terbit, Senin (5/6/2017).

Sementara itu anggota DPR dari Komisi VII Eni Maulani Saragih dalam keterangan tertulisnya meminta Pemerintah dan PT PLN mengevaluasi pencabutan subsidi tersebut. “Rakyat semakin miskin, pencabutan subsidi harus dievaluasi,” ujarnya.

Menurut Eni, jumlah 4,1 juta penerima subsidi berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan(TNP2K) dan pendataan yang dilakukan PLN, tidaklah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Faktanya masih banyak masyarakat miskin yang tidak disubsidi pemerintah.

Beberapa waktu belakangan Pemerintah telah menaikkan Tarif dasar Listrik golongan konsumen 900VA sebesar 143%, dari Rp 605/kwh ke Rp 1.352 /kwh, secara bertahap bagi sekitar 18,7 juta pengguna. Adapun total pengguna listrik golongan konsumen 900VA adalah sebanyak 23 juta rumah tangga.

Aspirasi masyarakat yang disampaikan oleh anggota DPR Fraksi Golkar, Eni Maulani, dan Zulfikar Ahmad mendapat dukungan peneliti Lingkar Studi Perjuangan (LSP), Gede Sandra.

“Pemerintah kan selama ini kerap beretorika tentang kesenjangan sosial di kalangan rakyat, tetapi koq malah mencabut subsidi untuk pengguna tegangan 900VA, yang hampir seluruhnya adalah masyarakat miskin?" ujarnya.

Menurut Gede, kalaupun ada dari golongan konsumen 900VA yang harus dicabut subsidinya itu adalah para pemilik kamar-kamar kost. Tapi bila konsumen listrik tersebut adalah rumah tinggal, dapat dipastikan mereka adalah penduduk miskin yang masih sangat layak menerima subsidi.

Karena bila berdasarkan perhitungan Gede, daya terpasang 900VA hanya mampu memenuhi kebutuhan untuk peralatan sederhana seperti kulkas satu pintu (berdaya 70VA), televisi ukuran 21inchi (75VA), 3 buah lampu hemat energy (3x18VA=54VA), mesin penanak nasi/rice cooker (400VA), dan seterika (350VA).

Itupun, sambungnya, dengan catatan antara rice cooker dan seterika harus dinyalakan bergantian bila tidak ingin rumahnya mati lampu, karena ternyata jumlah daya seluruh peralatan tersebut melebih 900VA.

Sungguh tidak terbayangkan bagi konsumen tersebut untuk menambah peralatan lain semacam dispenser air panas (400VA), pompa air (100VA), komputer PC (150VA), apalagi pendingin ruangan/AC (540VA).

“Padahal bila yang diinginkan Pemerintah dan PLN adalah efisiensi, masih ada langkah alternatif penghematan yang dapat dilakukan,” sambung Gede Sandra.

Efisiensi

Menurutnya, pemerintah dan PLN dapat menjalankan langkah-langkah yang pernah disarankan oleh Rizal Ramli (RR) sewaktu masih menjabat Menko Maritim di Kabinet Jokowi tahun lalu.

Langkah-langkah tersebut adalah, pertama mengurangi rugi transmisi dari10 persen menjadi 3 persen, Ini akan menghemat Rp 6,3 triliun.

Kedua, melakukan renegosiasi harga pembelian bahan bakar untuk dapatkan potongan harga10 persen dan akan menghemat Rp 20 triliun. Ketiga, mengurangi mark up minimal dari 30 persen ke 20 persen akan menghemat Rp 40 triliun.

Total penghematan dari ketiga langkah usulan RR tersebut, menurut Gede adalah sebesar Rp 66,3 triliun pertahun.

Nilai penghematan seperti yang diusulkan RR ini besarnya lebih dari tiga kali lipat dari penghematan yang diperoleh pemerintah dengan mencabut subsidi untuk 18,7 juta rakyat miskin konsumen 900VA, yang hanya sebesar Rp 20,1 triliun.

“Dan yang paling penting, tiga langkah kebijakan penghematan ini jelas jauh lebih berkeadilan,” demikian Gede Sandra.


(Harian Terbit/Danial)


meroket tarif listriknyaemoticon-Traveller
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 34
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 06:44
Quote:Original Posted By siberiantigers


Siapa yang bicara soal uang dan tagihan listrik bulanan?

Saya bicara soal VA. Tolong baca komentar pengamat di berita itu dan baca komentar saya. Sama sekali tidak ada yang membahas masalah uang. Yang dibahas adalah daya 900 VA bisa memakai peralatan rumah tangga apa saja.

Dia bilang 900 VA cuma bisa pakai lampu 3 buah, kulkas kecil, setrika dan ice cooker dan saya bilang 900 VA bisa pakai barang-barang rumah tangga lain selain barang-barang yang dia sebut.

Seriously, anak jaman sekarang belajar apa sih waktu pelajaran Bahasa Indonesia. Mengerti wacana aja gak bisa.


nah anda berarti blm punya rumah sendiri ya? atau tdk mengalami langsung.

voltase 900VA itu jika dipakai 3 lampu penerangan + setrika + rice cooker dlm kondisi cooking + kulkas SECARA BERSAMAAN maka bisa dipastikan listrik nya bakal jebret alias balik alias ga mampu narik arus. dipakai bersamaan gan bukan dipakai satu per satu.
ane ngalamin sendiri kok. AC + setrikaan jebret, AC + water pump jebret, AC + rice cooker cooking + water pump jebret, siang hari loh tanpa lampu penerangan dan tv off.
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 06:52
Beli rokok sebungkus 15rebu bisa tp nabung buat bayar listrik sehari 10rebu ga bisa.. dasar kutu kupret, yg naik tuh golongan rumah tangga mampu.. klo ga mau naik bikin aja surat keterangan ga mampu dan ajuin ke PLN buat dapet subsidi.. atau klo umkm ganti ke tarif bisnis yg lebih murah krn masih dpt subsidi.
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 06:59
Quote:Original Posted By pukat.harimau
ada tapi langsung dipecat kalo ketahuan emoticon-Smilie emang pdip bisa ngatur moral kadernya emoticon-Smilie



dipecat gundul mu, lip service doang. demokrat jg pecat kader bermslh, pret. emir moeis aja balik lagi. panda nababan balik lagi. rohmin dahuri (makan uang nelayan masa ane sma kwkwkw) balik lagi. p batubara kwkwkkw.
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 07:03
Menurut ane nih mencabut subsidi di listrik pemerintah sedikit keliru.
Masyarakat ini ibarat org sedang sakit, karena ekomomi sedikit kacau. di kasih subsidi infus, Harusnya di sembuhkan dulu yg sakit baru infusnya di cabut. Ini klo masih sakit infus udh di cabut ya mati org yg sakit tsb.
emoticon-Cool
Diubah oleh gastor
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 08:07
Quote:Original Posted By sunan.kalijodo


duit subsidi bbm yg distop sekian ratus triliun gk cukup ya
emoticon-Malu


Nyatanya gak cukup gan bukannya di suruh juat aset BUMN juga buat infrastruktur....

Klo ngak salah pernah baca masih butuh butuh 5000 plus Trilyun buat infra
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 08:09
Quote:Original Posted By mangsky


Terlalu maksa ngegenjot infrastruktur akhirnya kesejahteraan rakyat dikorbanin. Harusnya bertahap aja dulu.


Kan cuman punya waktu 5 tahun sekarang sisa 2 plus tahun doang
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 08:19
rejim joko menyuruh rakyatnya tinggal di gunung
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 09:33
Sekarang itu jaman mahal bro
Di semua negara bkn cmn indo

Nah parahnya disini sudah keenakan disubsidi
Dari tempo doloe sampe maunya selamanya
Pdhl kl bole jujur , energi itu memang mahal
Dan tambah mahal setiap tahunnya

So kenaikan itu pasti
Siapapun president nya
Jd tdk perlu kecewa

Kemudian byk yg complain ?
Saya berharap yg complain benar benar pengguna listrik 900
Soal nya berita gini ini rawan disusupi
Bkn pengguna 900 tp ikut ngompori marah marah

Opini saya yg perna berkunjung ke bbrp Kota yg sederhana bkn metropolitan
Ada 2 pertanyaan penting
1. Definisi kurang mampu itu apa ?
2. Apa anda merasa miskin / kurang mampu ?

Dari byk quote diatas mohon maaf saya koq merasa kurang tepat
Ketika kalian punya AC - Kulkas - tv led / LCD - motor yg bagus Dan lbh dari 1 - rice cooker - pompa - telp pintar, itu sudah bkn kategori miskin

Saya byk temui keluarga yg benar miskin , masak nasi pake kayu malahan , cmn pake kipas angin bkn Ac , Mandi pake air sumur nimba , hp ny jadul

Perlu kita ketahui , byk kasus seperti ini , mampu tp pura2 miskin

Tapi kl ada org yg benar tdk mampu , ada 2 hal yg bisa ditempuh
1. Complain ke badan terkait Dan mungkin akan ada survei menyeluruh
2. Turunkan daya ke 450
Diubah oleh bowjack99
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 09:59
Hmmm......
Diubah oleh blantikceleng
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 10:04
Quote:Original Posted By cobabikinidnih


nah anda berarti blm punya rumah sendiri ya? atau tdk mengalami langsung.

voltase 900VA itu jika dipakai 3 lampu penerangan + setrika + rice cooker dlm kondisi cooking + kulkas SECARA BERSAMAAN maka bisa dipastikan listrik nya bakal jebret alias balik alias ga mampu narik arus. dipakai bersamaan gan bukan dipakai satu per satu.
ane ngalamin sendiri kok. AC + setrikaan jebret, AC + water pump jebret, AC + rice cooker cooking + water pump jebret, siang hari loh tanpa lampu penerangan dan tv off.

kayaknya emang gitu
Dan ini kan disuruh mengkonversi ke 1300 secara halus
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 10:06
Quote:Original Posted By bowjack99
Sekarang itu jaman mahal bro
Di semua negara bkn cmn indo

Nah parahnya disini sudah keenakan disubsidi
Dari tempo doloe sampe maunya selamanya
Pdhl kl bole jujur , energi itu memang mahal
Dan tambah mahal setiap tahunnya

So kenaikan itu pasti
Siapapun president nya
Jd tdk perlu kecewa

Kemudian byk yg complain ?
Saya berharap yg complain benar benar pengguna listrik 900
Soal nya berita gini ini rawan disusupi
Bkn pengguna 900 tp ikut ngompori marah marah

Opini saya yg perna berkunjung ke bbrp Kota yg sederhana bkn metropolitan
Ada 2 pertanyaan penting
1. Definisi kurang mampu itu apa ?
2. Apa anda merasa miskin / kurang mampu ?

Dari byk quote diatas mohon maaf saya koq merasa kurang tepat
Ketika kalian punya AC - Kulkas - tv led / LCD - motor yg bagus Dan lbh dari 1 - rice cooker - pompa - telp pintar, itu sudah bkn kategori miskin

Saya byk temui keluarga yg benar miskin , masak nasi pake kayu malahan , cmn pake kipas angin bkn Ac , Mandi pake air sumur nimba , hp ny jadul

Perlu kita ketahui , byk kasus seperti ini , mampu tp pura2 miskin

Tapi kl ada org yg benar tdk mampu , ada 2 hal yg bisa ditempuh
1. Complain ke badan terkait Dan mungkin akan ada survei menyeluruh
2. Turunkan daya ke 450

definisi mampu itu apa dulu boy?
Ini diterapkan secara merata bukan peregional
Kan setiap daerah UMK sama UMR beda2
belum lg yg turun status, kaya pensiunan yg tentu kehilangan besar pendapatannya
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 10:24
Listrik naik,harga sembako jg sdh tinggi biaya hidup di kota kecilpun skrg jg tinggi.
Terkadang sebenere jg kasihan dg keadaan lingkungan sekitar saya, tp mau gimana lg jaman makin kesini yg di uber kerja kerja kerja
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 10:59
Quote:Original Posted By mertua.darwis

definisi mampu itu apa dulu boy?
Ini diterapkan secara merata bukan peregional
Kan setiap daerah UMK sama UMR beda2
belum lg yg turun status, kaya pensiunan yg tentu kehilangan besar pendapatannya


Nah opini saya seperti diatas bro , mampu berarti
- punya motor bagus atau lbh dari satu
- Ac
- smart phone
- tv layar besar atau led
- peralatan electronic mahal lain nya

Studi kasus
Teman saya daerah jombang , daya 450
Bisa untuk
- tv
- kulkas
- lampu
- pompa
- kipas angin

Perbln 70 ribu

Saya tau ada bbrp kasus khusus , semisal td Dr mampu terus pensiun , pendapatan drop , y solusinya coba ajukan complain ke badan terkait atau turunkan daya

Tapi kl menyalahkan pemerintah y rasa nya ga adil juga
Sampe ngancam tdk milih lg

Yg nama nya subsidi itu suatu saat pasti dicabut
Dr dolo sudah dibantu masak sampe selamanya
Pas disubsidi tdk ada kata terima kasih
Kl dicabut marah nya besar

Tiap thn y pasti ada kenaikan
Harga brg Naik
Siapapun president nya
Koq malah sambat skrg

Ada cth siapa president yg bisa mengendalikan Harga pasar Dan Harga stabil ?
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 11:08
Quote:Original Posted By bowjack99


Nah opini saya seperti diatas bro , mampu berarti
- punya motor bagus atau lbh dari satu
- Ac
- smart phone
- tv layar besar atau led
- peralatan electronic mahal lain nya

Studi kasus
Teman saya daerah jombang , daya 450
Bisa untuk
- tv
- kulkas
- lampu
- pompa
- kipas angin

Perbln 70 ribu

Saya tau ada bbrp kasus khusus , semisal td Dr mampu terus pensiun , pendapatan drop , y solusinya coba ajukan complain ke badan terkait atau turunkan daya

Tapi kl menyalahkan pemerintah y rasa nya ga adil juga
Sampe ngancam tdk milih lg

Yg nama nya subsidi itu suatu saat pasti dicabut
Dr dolo sudah dibantu masak sampe selamanya
Pas disubsidi tdk ada kata terima kasih
Kl dicabut marah nya besar

Tiap thn y pasti ada kenaikan
Harga brg Naik
Siapapun president nya
Koq malah sambat skrg

Ada cth siapa president yg bisa mengendalikan Harga pasar Dan Harga stabil ?

temen lu itu standar miskin, bedain fakir sama miskin
Komplain ya komplain, PLN gerak secepat itu?
Turun daya barang tetap gmn? Ini kan 900 dipecah jd 2 golongan
Kalo mepet ya 450 jeglek

Pemerintah yg bisa konversi sumber energi
Panas bumi banyak, PLTA di tempat sy kecil aja gk keurus kok
Ini malah pake BBM, ya jebol duit
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 11:15
Quote:Original Posted By daytrader


Nyatanya gak cukup gan bukannya di suruh juat aset BUMN juga buat infrastruktur....

Klo ngak salah pernah baca masih butuh butuh 5000 plus Trilyun buat infra


terus itung"an yg dibuku putih bullshit semua dong emoticon-Malu
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 11:18
Quote:Original Posted By pukat.harimau
kagak bangkrut tapi proyek pada mangkrak emoticon-Ngakak


Klo mangkrak mana ada duid msk ke BUMN dksh gaji buta ya goblok nmnya emoticon-Ngakak
N nyata nya bumn tetep untung emoticon-Ngakak
Hayo emoticon-Ngakak
Diubah oleh ruuuruuu
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 12:26
Bosen dan lelah protes pun percuma emoticon-linux2

Udah ga pake kulkas
Pake termos buat nyeduh, klo kpengin yg dingin main ke rmh teman/kerabat
Biasa nonton tv cuma pas makan
Pake kipas cuma klo malam berasa gerah
Lampu cuma tengah ama dapur, kamar cuma buat tidur ga perlu lampu, klo mau terang pintunya dibuka emoticon-Big Grin
Cuci motor kdg pake tampungan air hujan atau ke steam
Pakaian ga semua disetrika, klo kepepet ke laundry
Pake pc jg jarang, pake laptop
Rice cooker cuma buat masak, itupun rice cooker ukuran 2 gelas
Isi token 20rebu buat 11 hari
emoticon-Ngakak

Enak klo udah dibiasain hemat listrik emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By bowjack99


Yg nama nya subsidi itu suatu saat pasti dicabut
Dr dolo sudah dibantu masak sampe selamanya
Pas disubsidi tdk ada kata terima kasih
Kl dicabut marah nya besar


Baca komen ente, ane jd inget kata ortu ane emoticon-Jempol

Diubah oleh KopiKafein
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 12:29
Miskiner pakai lampu teplok aja, kredit motor mampu masa bayar listrik gak mampu



#udahmiripnanstakbelum
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 12:37
Quote:Karena bila berdasarkan perhitungan Gede, daya terpasang 900VA hanya mampu memenuhi kebutuhan untuk peralatan sederhana seperti kulkas satu pintu (berdaya 70VA), televisi ukuran 21inchi (75VA), 3 buah lampu hemat energy (3x18VA=54VA), mesin penanak nasi/rice cooker (400VA), dan seterika (350VA).


yakin?

ni diwarung ya,
1 kulkas 2 pintu full bikin es tiap hari
1 kulkas walls yang kudu nyala nerus kalo ga encer dah tu es
1 tv 32inc hampir 15 jam sehari nyala
2-3 lampu yang nyala barengan (LED 10wat)
1 kipas angin sedang
optional
- kalo lagi habis air, pompa air nyala
- kalo lagi masak n angetin nasi, mejikom nyala

jarang2 itu anjlok meteran, kecuali tiba2 seterika
0 0
0
Tarif Listrik 900VA Naik, Masyarakat Miskin Semakin Menderita
10-06-2017 12:40
Ane mpe sekarang ga paham..

Hitungan warga miskin itu gimana..


Mungkin yg terkenak yg menengah kali..
Yg biasa pake tv,kulkas,ac, pc, dispenser, pompa air, magic com/ ricecooker, mpe lampu kamar klo bisa yg paling terang ..
Dengan itu smua ane rasa yg 900 pun tak cukup...
Dan otomatis yg beginian bukannua termasuk kategori mampu kah..
0 0
0
Halaman 17 dari 34
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia