dragon901Avatar border
TS
dragon901
Jigger, Kutu Terkecil di Dunia yang Bisa Cabut Nyawa Manusia


Adalah hal umum jiga kutu ditemui di kepala manusia. Penampakannya kecil dan efek gigitannya menimbulkan rasa gatal yang menjengkelkan.

Tapi tahukah kamu ada kutu terkecil di dunia yang wujudnya hanya sebutir pasir? Bahayanya lagi, gigitan kutu kecil ini bisa mematikan. Kutu terkecil di dunia itu bernama tunga penetrans atau lebih akrab disebut jigger. Berikut penjelasan tentang jigger seperti dikutip viralnova.com.

Jigger adalah kutu terkecil di dunia

Kutu ini sangat kecil, bahkan sulit dibedakan dengan butiran pasir. Makhluk ini banyak hidup di daerah Afrika. Dia bersembunyi dalam pasir dan tanah menunggu kaki manusia menginjak.

Setelah kaki manusia menginjak Jigger, petaka itu pun datang. Serangga ini dapat bergerak masuk ke dalam kulit kaki manusia.



Hidup di dalam kaki

Serangga ini bisa mengubur kepala mereka ke dalam daging dan membiarkan perutnya terbuka. Setelah sekitar dua minggu, perut menjadi membesar dengan telur. Telur berkembang biak, menghancurkan jaringan lunak, saraf, dan pembuluh darah.



Mematikan

Jika serangga ini sudah hidup di dalam kaku manusia, hasilnya cukup menyakitkan jika tidak diobati. Begitu telur menetas, sang induk meninggal. Kondisi itu yang sering menyebabkan infeksi.

Meski parasit bisa diangkat oleh dokter, ada stigma sosial tertentu yang terkait dengan infeksi akibat serangga yang sudah berkembang biak di dalam kaki. Infeksi di kaki dapat menyebabkan amputasi anggota badan, dan yang paling buruk adalah kematian.


Diubah oleh Kaskus Support 03 13-06-2017 04:30
0
72.3K
399
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.