Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
China Berpeluang Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan posisi Jepang dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya belum sepenuhnya aman. Meski sudah ada komitmen baik dari Jepang maupun Indonesia untuk merealisasikan hal itu, Budi berkata keberlangsungan proyek kembali kepada kemampuan Jepang untuk memenuhi syarat dan kondisi dari Indonesia.

“Proses tendernya sendiri masih terbuka untuk semuanya, jadi Cina pun masih mungkin (untuk ikut),” kata Budi saat dicegat awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa, 6 Juni 2017.

Read more at https://bisnis.tempo.co/read/news/20...B3EwGQx6G4e.99

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar pembahasan soal kereta cepat dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Senin kemarin. Dalam pertemuan itu, baik perwakilan Jepang maupun Indonesia sama-sama menegaskan komitmen masing-masing untuk mempercepat realisasi proyek itu. Jika tidak ada halangan, pembahasan lebih lanjut akan proyek itu akan digelar pada September 2017 nanti.

Adapun sebelum Jepang berkomitmen dengan proyek Jakarta-Surabaya, China sudah lebih dulu maju dengan mendapatkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, hingga berita ini ditulis, proyek belum berjalan karena China Development Bank ogah mencairkan dana proyek. Penyebabnya, status lahan untuk proyek business to business itu masih dipertanyakan.

Read more at https://bisnis.tempo.co/read/news/20...B3EwGQx6G4e.99

Budi mengatakan, setidaknya ada empat syarat dan kondisi yang diinginkan Indonesia dari Jepang pada proyek kereta cepat Jakarta-Surabay. Pertama, pemerintah Indonesia menginginkan kereta cepat Jakarta-Surabay memiliki kecepatan antara 150-160 kilometer / jam.

Kedua, untuk mengakomodir kecepatan yang diinginkan, proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya perlu menerapkan teknologi elektrifikasi. Hal itu diikuti dengan penghilangan lintasan sebidang yang jumlahnya hampir 1.000.

“Terakhir, kami ingin sekali proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tidak membebani APBN. Kami ingin proyek ini menggunakan skema business to business dan hal itu sudah disampaikan ke perwakilan Jepang untuk dipikirkan," ujar Budi. "Kalau Jepang bisa penuhi syarat-syarat itu, kami setuju bekerja dengan Jepang."

Read more at https://bisnis.tempo.co/read/news/20...B3EwGQx6G4e.99

berpeluang gan
0
3.9K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.