yoreumhanAvatar border
TS
yoreumhan
Ternyata Ini yang Bikin Swedia Jadi Tempat Tinggal Idaman


Hallo Gan! Selamat datang di thread ane!
Kali ini Ane mau ajak Agan ke Swedia Gan! Yuk ah!
emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller


Kalo ada negara yang dikenal ramah terhadap keluarga dan anak, mungkin Swedia bisa jadi jawabannya. Negara terbesar keempat di benua biru ini memiliki kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendukung dan memberi kemudahan terhadap kehidupan keluarga. Konsentrasi Swedia terhadap kesehatan serta pendidikan anak menjadi hal yang di prioritaskan Gan, jadi wajar kalo negara ini menjadi negara yang warganya paling bahagia di dunia pada tahun 2016. Nah Ane mau ngasih tau sederet kebijakan pemerintah yang bikin Agan susah nolak untuk tinggal di Swedia, cekidot!


1. Ibu Hamil Mendapat Fasilitas Perawatan



Ibu hamil di Swedia diperhatiin banget Gan. Sebelum melahirkan para ibu hamil akan mendapat kursus bersubsidi atau bahkan gratis untuk mempelajari bagaimana teknik pernafasan dan sesi pelatihan untuk menghadapi persalinan. Khusus bagi ibu dengan kerja berat dan berisiko, mereka berhak mendapatkan benefit tambahan (graviditetspenning) seperti cuti yang lebih awal dari pekerjaan dan menerima tunjangan kehamilan sebanyak 80 persen dari gaji oleh Swedish Social Insurance Agency. Ngga cuma itu, banyak rumah sakit di Swedia yang menyediakan fasilitas seperti 'hotel' bagi ibu dan pasangan untuk menginap selama 2 atau 3 hari setelah melahirkan, agar perawat dapat terus memonitor ibu dan kesehatan bayi.

2. Cuti Panjang Melahirkan



Di Indonesia, biasanya cuti melahirkan dapat diperoleh selama 3 bulan. Di Swedia beda Gan! Negara ini memiliki peraturan bagi perempuan yang melahirkan berhak mendapatkan cuti berbayar sepanjang 480 hari, hal itu berlaku juga bagi suaminya. Jadi Agan para bapak juga bisa jagain anaknya! Orangtua juga memiliki hak hukum untuk mengurangi jumlah jam kerja normal mereka hingga 25 persen sampai anak mencapai usia 8 tahun. Enak banget kan Gan?

3. Tugas Orang tua (Ibu-Bapak) Setara



Jangan kaget jika Agan lagi di Swedia dterus ngeliat banyak bapak-bapak yang mendorong stroller dan menyuapi anak-anaknya di taman. Pemerintah Swedia berusaha untuk menyetarakan tugas ibu dan bapak dalam merawat anak-anaknya.

4. Tunjangan Bulanan untuk Setiap Anak



Pemerintah Swedia memberikan tunjangan bulanan senilai 1/050 SEK atau sekitar 1,6 juta rupiah, kepada setiap anak yang berusia 16 tahun kebawah. Tunjungan tersebut bisa juga dipakai oleh orang tua sebagai biaya untuk merawat anak. Nah, bagi orangtua yang memiliki 6 anak, tidak hanya mendapatkan 6.300 SEK tiap bulan, tetapi akan ditambahkan sebesar 4.114 SEK. Luar biasaaa!

5. Sekolah Gratis



Biaya sekolah anak berusia 6-19 tahun (TK-SMA) gratis beserta makan siangnya. Namun, bagi anak pra-sekolah wajib membayar paling mahal 1.278 SEK setiap bulan.

6. Biaya Kesehatan Hampir Gratis



Kalo Agan punya BPJS sebagai program kesehatan dari pemerintah, Swedia juga punya program kesehatan yang membiayai perawatan gigi anak gratis sampai usia 20 tahun dan bayi wajib mendapatkan vitamin D yang diberikan secara gratis.

7. Cuti untuk Temani Anak Sakit



Perusahaan wajib memberi izin kepada orang tua yang hendak menjemput anak dari pre-school atau menemani anak yang sedang sakit. Kalo anaknya sakit berkepanjangan, orang tua boleh cuti sampe anaknya sehat lagi, tapi tetap mendapat bayaran 80 persen dari gaji bulanan. Selain itu, anak yang sakit dan cacat lebih dari 6 bulan akan mendapatkan tunjangan tambahan hingga mereka berusia 19 tahun.


Gimana Gan? Ada niatan untuk pindah?
Atau masih setia menanti negara kita begitu juga?
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia




Sumur yang enak dimari


Spoiler for bonus:


Baca thread ane yang laen:
10 Manfaat Kulit Jeruk yang Belom Agan Ketahui
Makanan Enak yang Bikin Jantung Sehat
Bikin Alis Tebal dengan 6 Bahan Alami Ini
Amna Al-Haddad Sosok Wanita Berhijab yang Menginspirasi Nike
Pulau Pribadi Nomor 1 di Dunia Ada di Indonesia
Ini Dia 5 Makanan yang Bisa Bikin Badan Agan Jadi Seger Buger
Ini Dia Bahaya Makan Ikan Mentah di Sushi
Heboh Bus Unik dengan Taman di Dalamnya
Diubah oleh yoreumhan 03-06-2017 15:35
0
48.6K
428
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.