News
Batal
KATEGORI
link has been copied
374
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5930f1c696bde69b748b4583/presiden-pilih-rektor-cegah-radikalisme-atau-intervensi-pendidikan
Maraknya ideologi radikalisme yang merasuki dunia pendidikan membuat Pemerintah Pusat mengambil sikap tegas. Sikap itu ditunjukkan dari rencana pemerintah yang akan
Lapor Hansip
02-06-2017 12:04

Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?

Past Hot Thread
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Maraknya ideologi radikalisme yang merasuki dunia pendidikan membuat Pemerintah Pusat mengambil sikap tegas.

Sikap itu ditunjukkan dari rencana pemerintah yang akan menyusun kebijakan pemilihan rektor perguruan tinggi negeri (PTN) yang melibatkan rekomendasi langsung presiden. Atau dengan kata lain, presiden akan turut andil dalam pemilihan rektor perguruan tinggi negeri.

Kamis (1/6/2017), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menjelaskan, mekanisme pemilihan akan tetap dimulai dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan kementerian terkait lainnya.

Setelah itu, nama calon rektor akan diserahkan kepada presiden untuk kemudian dikonsultasikan sebelum diputuskan. Skema ini jelas menambah proses pemilihan rektor yang sebelumnya hanya melalui Kemenristek Dikti.

Meski begitu, pemerintah nantinya hanya akan membuat penyesuaian mekanisme pemiliihan rektor. Sebab, selama ini sudah ada regulasi mengenai pemilihan rektor yang sudah digunakan.

"Hasil komunikasi kami dengan Pak Mensesneg, Presiden, dan Menristek Dikti kami kira sudah keputusan terakhir, harus dari Pak Presiden," ujar Tjahjo dalam Tribunnews.com.

Tjahjo mengatakan, kebijakan ini bertujuan agar ada satu keutuhan dalam pemilihan rektor. Pasalnya, salah satu alasan kebijakan ini muncul untuk mengantisipasi maraknya ideologi radikalisme yang masuk ke kampus.

Selain itu, hal ini ditempuh supaya keputusan apa pun yang menyangkut politik dan pembangunan bersifat utuh dari pusat hingga daerah. Sehingga, tercipta integrasi bangsa di semua lini.

"Memang Menristek Dikti sudah menyampaikan bahwa rektor harus bertanggung jawab terhadap kondisi itu. Namun, dalam proses penyeragaman saya kira harus presiden," sambungnya.

Kebijakan ini pun menuai pro kontra. Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Asep Saefuddin menilai, pemilihan rektor sejatinya tak memerlukan keputusan presiden, sebab keterlibatan pemerintah sudah diwakili oleh Menristek Dikti.

"Sebenarnya kan yang penting Menteri sudah ada arahan presiden, tapi tak tertulis aturannya, tak masalah," ujar Asep pada Republika.co.id.

Dalam Permendiknas Nomor 24 Tahun 2010 diatur mengenai tata cara pemilihan rektor yang mellibatkan suara Menteri dan anggota senat. Perbandingannya, yakni 35 persen Menteri dan 65 persen anggota senat, terdiri atas rektor, para wakil rektor, dekan, para wakil guru besar, wakil bukan guru besar, dan ketua lembaga dalam masalah akademik.

Dari aturan tersebut juga disebutkan, dalam proses pemilihan, perguruan tinggi akan menyerahkan tiga nama calon rektor pada kementerian dan lembaga terkait untuk dilakukan penelusuran rekam jejak.

Asep memaklumi bila pemerintah memiliki kekhawatiran akan masuknya ideologi radikalisme dalam kampus, sebab celah untuk itu cukup banyak.

Banyaknya urusan administrasi dan akreditasi yang menyita waktu para pemimpin perguruan tinggi membuat perhatian terhadap pembinaan mahasiswa menjadi minim.

Namun, hal itu tak mengartikan pemerintah berupaya mengembalikan masa represif seperti dulu, melalui Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan (NKK/BKK). "Rektor paham mana yang seharusnya dijalankan sesuai ideologi Pancasila," tutupnya.

Kritikan senada juga muncul dari pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, yang bahkan menyebut keterlibatan presiden dalam pemilihan rektor adalah kemunduran bagi dunia akademis dan demokrasi bernegara.

Jika hal ini terjadi, maka bukan hanya terjadi praktik politik masuk kampus yang berlebihan, tetapi juga bentuk paling nyata dari keinginan pemerintah mengontrol kebebasan kampus. "Tidak ada lagi penyeimbang pemerintah. Intervensi ini jelas mengerdilkan demokrasi kita," ujar Hendri dalam Okezone.com.

Sebelumnya, Tjahjo mendapat kabar dari Menristek Dikti, Muhammad Natsir, akan adanya calon rektor dari perguruan tinggi swasta yang ternyata tergabung dalam ISIS. Baik Natsir pun Tjahjo tidak membuka siapa calon rektor dan perguruan tinggi yang dimaksud.

"Ya kalau pun cuma satu (kasus), tetap harus dicermati," tegas Tjahjo.
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...nsi-pendidikan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan? Pemukulan remaja di Cipinang dan rentetan persekusi

- Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan? Isi ulang e-money bakal kena biaya

- Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan? Sinyal tegas pemerintah untuk menjaga Pancasila

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 19
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:22
Sekalian aja, untuk menangkal terorisme tidak berkembang di lingkungan perumahan, ada baiknya ketua rt/rw dipilih setelah adanya konsultasi dan persetujuan presiden. Ini dilakukan untuk meminimalkan banyaknya teroris yg bersembunyi di perumahan tanpa terdeteksi oleh pejabat rt/rw setempat
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:23
politisasi perguruan tinggi?
perguruan tinggi jadi mesin ATM parpol?
totaliter pemerintahan?

rezim NEO ORBA atau rezim NEO PKI sih ini?

jadi ingat mba Wanda Hamidah yang wanti2 ada rezim totaliter
rezim totaliter

Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
Diubah oleh Sabar_Subur
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:24
Quote:Original Posted By guntur9090
Biar bisa dipilih rektor yang pro Pemerintah, jadi kalo ada yang demo dari mahasiswa bisa langsung dihukum pendemo nya. .
Aman dah pemerintah mau ngapain aja emoticon-Wakaka
emoticon-Ngakak

Diubah oleh pukat.harimau
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:24
Jabatan komisaris sudah habis dibagi2 ke pendukungnya.
Tinggal rektor yg belum.
0 1
-1
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:27
Quote:Original Posted By asal.jeplak.aja
apa aja di campurin emoticon-Cape d...


tar juga RT/RW persiden yg milih
emoticon-Malu
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:32
klo diterapin indo udah mundur demokrasinya, dari yg kita milih untuk jabatan presiden jadi presiden milih jabatan kita kita
emoticon-Cool
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:33
Quote:Original Posted By kbeniadip


pastinya berdasarkan rekomendasi donk pemilihannya.. emang bener selama ini yang buat 'mundur' pendidikan di Indo salah satunya pemilihan rektor.. birokrasi universitas lebih pekat daripada politik Indo..
Yang penting dikawal aja...
emoticon-Hansip
kalo presiden rekomendasi doank sama aja bohong

Diubah oleh pukat.harimau
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:34
Rektor ane juga KKN bree emoticon-Cape d...
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:34
Quote:Original Posted By moldor88
waduh …. semua sudah di intervensi ….


yang penting...
kerja... kerja... kerjaaaa!!!

emoticon-Cool
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:34
bagus gan, dukung terus
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:35
Pakde panik
Udah gtu aja emoticon-Leh Uga
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:36
gak demokrasi lagi dong ya ?? moga aja makin baik pendidikan indonesia
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:36
Bgs tu menangkal radikalisme, skalian jg rektor lakukan sidak ke kmr kost mahasiswa nya, khkhk..,kering dah situ!!
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:37
Quote:Original Posted By eviliannomercy
perannya presiden apa disini?
bukankah kemenristekdikti juga cermin dr sikap pemerintah?
atur aja deh

Diubah oleh pukat.harimau
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:41
Quote:Original Posted By pukat.harimau
bener yg lu bilang makanya presiden harus ikut terlibat. Universitas dimasukin hti, partai sapi etc untuk kepentingan jahat emoticon-Big Grin



Itu hanya contoh kecilnya saja, masalah terbesarnya ada di kualitas kuantitas pendidikannya, SDM, dan sistemnya. Perlu diperbaiki.

0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:42
Quote:Original Posted By BlackZangetsu
Menangkal radikalisme? Pinter aja alasennya krn masalah radikalisme sedang booming.. emoticon-Cape d...


emoticon-Ngakak
Diubah oleh pukat.harimau
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:43
Jd inget komisaris bumn diisi orang2 kompeten emoticon-Shutup
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:46
g usah sampe rektor lah .... itu mah ada urusan lain ... kebayang ada berapa ratus universitas yg mesti di pilih ,,,,,
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:48
Jangan sampe pilih kader pki pa jok
0 0
0
Presiden pilih rektor, cegah radikalisme atau intervensi pendidikan?
03-06-2017 14:51
Bagus lah biar mencegah radikal bebas emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 10 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia