berita24jam
TS
berita24jam
Inilah Cabai 'Napas Naga' Terpedas di Dunia, Bisa Bunuh Orang?


Arah- Kamu salah satu pecinta rasa pedas? Kayaknya kamu harus baca berita ini. Ya, ditemukan sebuah cabai yang diklaim paling pedas di dunia.

Cabai terpedas itu diberi nama 'Dragon's Breath' atau 'Napas Naga' dan dikembangkan oleh Mike Smith, pemilik Tom Smith's Plants, bersama peneliti dari Universitas Nottingham, Inggris.

Smith tak merekomendasikan cabai ini untuk dikonsumsi, karena bisa berakibat fatal bagi manusia.



"Saya sudah mencobanya di ujung lidah, dan lidah saya seperti terbakar. Saya langsung meludahkannya," kata Smith, dilansir Live Science, Senin (29/5).

Lalu apakah rasa pedas Napas Naga bisa membunuh manusia? Mari kita hitung tingkat kepedasannya.

Napas Naga mampu menghasilkan 2,48 juta unit panas pada skala Scoville, sebuah pengukuran tingkat konsentrasi kapsaisin, zat kimia yang melepaskan sensasi pedas yang dirasakan orang saat mereka menggigitnya.

Tingkat skala Scoville yang dimiliki Napas Naga lebih tinggi dari pemegang rekor cabai terpedas saat ini, Carolina Reaper, yang tingkat skala Scoville 1,6 juta unit panas. Sedangkan semprotan lada hanya mencapai tingkat skala Scoville 2 juta unit panas.



Paul Bosland, Profesor hortikultura di New Mexico State University dan Direktur Chile Pepper Institute mengatakan saat seorang makan cabai yang sangat pedas, maka tercipta sensasi pertama yang terjadi adalah mulut jadi kebiruan.

"Yang terjadi adalah reseptor mulut akan mengirimkan sinyal ke otak yang menyampaikan rasa sakit berupa panas dan otak memproduksi endorfin untuk menghalangi rasa sakit itu," kata Bosland.

Tapi, jika cabai yang dimakan sangat luar biasa pedas, maka tubuh yang terkena kapsaisin akan melepuh, misalnya pada bagian mulut atau tenggorokan. Dan bisa mengakibatkan hal yang buruk.



Seperti yang terjadi pada seorang pria 47 tahun asal California yang makan burger dengan bubur cabai dan mengakibatkan dirinya mengalami cedera serius pada bagian tenggorokannya. Sehingga memerlukan perawatan medis.

Sementara, dalam kasus lain, rasa pedas yang luar biasa bisa mengakibatkan luka bakar serius dan bisa menyebabkan kematian jika tidak diobati.

Smith makanya tidak berniat cabai Napas Naga untuk dikonsumsi sebagai makanan. Dia mengembangkan cabai itu untuk obat bius.

Ekspresi Kaesang Saat Mencoba Makan Cabai "NAPAS NAGA"

Baca Juga
Pria Thailand Ini Berani Bayar Rp1,1 Miliar untuk Tokek Raksasa
Dokter Sunat Cantik Buat Pasien Gagal Fokus
Ucapan Ramadhan Lindsay Lohan di Instagram Dibanjiri Doa
Diubah oleh berita24jam 31-05-2017 07:28
0
58.6K
367
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.