Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
582
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59255ac5de2cf2fd268b4567/viral-orang-ini-masuk-kokpit-pas-pesawat-terbang-ternyata
Pernah naik pesawat pastinya tau dong kalau kokpit itu ruangan khusus yang dipake pilot dan co-pilot, nggak boleh sembarang orang masuk ke dalam ruangan kokpit saat
Lapor Hansip
24-05-2017 17:04

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

Past Hot Thread
Pernah naik pesawat pastinya tau dong kalau kokpit itu ruangan khusus yang dipake pilot dan co-pilot, nggak boleh sembarang orang masuk ke dalam ruangan kokpit saat pesawat sedang mengudara. Bahkan udah ada peraturannya.


Ane kutip dari sini, sekarang yang mesti diketahui adalah landasan hukum penerbangan ada tiga:
ICAO : Internasional Civil Aviation Organization
CASR: Civil Aviation Safety Regulation
BOM: Basic Operation Manual

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..


Singkatnya: Dunia mengeluarkan peraturan penerbangan secara umum melalui ICAO. Lalu masing-masing Negara mengadopsi peraturan tersebut dan disesuaikan dengan kondisi negara setempat melalui CASR. Kemudian masing-masing Operator/Maskapai Penerbangan mengadopsi CASR untuk diterapkan dalam peraturan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi maskapai melalui BOM Maskapai. Jadi kalau ada pernyataan: Peraturan di Maskapai Amerika tidak membolehkan siapapun penumpang masuk ke kokpit (diatur oleh FAA).

Jadi kalau ada pernyataan: Peraturan di Maskapai Amerika tidak membolehkan siapapun penumpang masuk ke kokpit (diatur oleh FAA). Nah, sangat bisa terjadi ada pengecualian (hal-hal khusus) yang kemudian dalam beberapa syarat salah satu maskapai Indonesia membolehkannya (diatur oleh CASR). Mengapa? Karena masing-masing maskapai membuat BOM yang tentu saja selalu ‘me-refer’ kepada aturan di atasnya, CASR dan ICAO. Amerika mempunyai FAA dan Indonesia mempunyai CASR.

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..


Namun ada fase dimana ruang kokpit tidak dapat diinterupsi (apalagi ada yang masuk), memanggil kokpit melalui interphone saja tidak diperbolehkan kecuali hal-hal urgent yang menyangkut prosedur keselamatan.
Fase tersebut adalah:
1. Pada saat pesawat sudah bergerak menuju ke landasan pacu.
2. Pada saat pesawat take-off sampai mencapai ketinggian 10.000 kaki (atau lampu kenakan sabuk pengaman sudah dipadamkan)
3. Pada saat pesawat sudah approach untuk landing (lampu tanda kenakan sabuk pengaman menyala untuk landing) sampai pesawat berhenti setelah mendarat.

Quote:Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Indonesia memperbolehkan selain crew pesawat untuk menempati jumpseat di kokpit pesawat jika ada 3 izin:
1. Ditjen Perhubungan Udara
2. Dari company
3. Pilot in Command

CASR 121.547 ADMISSION TO FLIGHT DECK
(a) No person may admit any person to the flight deck of an aircraft unless the person being admitted is
(1) A crewmember;
(2) A DGAC air carrier inspector, or an authorized representative of the Director, who is performing official duties;
(3) An employee of the Indonesian government, a certificate holder, or an aeronautical enterprise who has the permission of the pilot in command and whose duties are such that admission to the flight deck is necessary or advantageous for safe operations; or
(4) Any person who has the permission of the pilot in command and is specially authorized by the certificate holder management and by the Director


(keterangan lengkap yang masih panjang dapat dilihat di hubud.dephub.go.id/?id/dsku/download/1341)


[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..


Di dalam BOM (Basic Operational Manual) salah satu maskapai dituliskan:

ADMISSION TO FLIGHT DECK

1. To ensure the security of the flight deck, unauthorized persons shall not be allowed to enter the flight deck.
2. Flight Attendant also be vigilant and observe the surroundings carefully before asking permission to enter the cockpit. The active crew member shall strictly follow the guidance in the ASM 2.3.
3. The procedural means by which the crew: i) Prevents access to the flight deck by unauthorized personnel; ii) Identifies authorized personnel requesting entry into the flight deck; iii) Monitors the area outside the flight deck door prior to permitting authorized personnel access to or egress from the flight deck.
4. The following documents are issued by the company or DGCA that must be carried by personnel who intend to enter the flight deck, except crew member on duty or DGCA air carrier inspector, or an authorized representative of the director, who is performing official duties, presents his identification credentials to the PIC of an aircraft.

PIC Verifications
  • The PIC has final authority to allow an admission.
  • The PIC is responsible to supervise behaviors of personnel who are admitted to the cockpit


Nah di Indonesia, Captain dapat menggunakan wewenang ini:
The PIC has final authority to allow an admission –Jadi selama kondisi di luar apa yang dinamakan ‘sterile cockpit’ yaitu kondisi kokpit yang tidak dapat diganggu:
  • before and during take-off,
  • prior to and during landing
  • ATC calls, because they require pilots’ attention
  • navigation or weather problems, since they require problem-solving and decision-making from the flight crew
  • during emergencies


Maka Captain dapat memutuskan (sebagai kebijakannya) penumpang untuk masuk ke kokpit atas dasar: The PIC is responsible to supervise behaviors of personnel who are admitted to the cockpit -Atau keputusan tersebut karena Captain sudah mengenal betul dan memberikan garansi bahwa penumpang yang diijinkan dikenali karakter, sifat dan kebiasaannya. Dan dalam kondisi cuaca yang baik serta tidak dalam waktu yang lama (mengganggu fase sterile cockpit tersebut)


[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..


Nah ane baca nih di Facebook gan, katanya ada seorang perempuan dan anaknya yang masuk ke dalam kokpit saat pesawat sedang terbang. Setelah diprotes, ternyata pilot justru mengatakan kalo penumpang boleh aja masuk ke kokpit pesawat boleh atas ijin captain dan cuaca sedang cerah. Pas ane baca, post ini udah dishare dengan total 7,458 shares.

emoticon-Takut

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

Berikut isi posting selengkapnya gan:

Quote:Monggo silahkan dishare jika dirasa penting.
Saya adalah salah satu penumpang JT Lion 015 pada tanggal 23 Mei 2017 berangkat dari Denpasar menuju Jakarta dengan nomor bangku 2C. Setelah mengalami keterlambatan sekitar 1,5 jam, pesawat dengan membawa penumpang sekitar 215 orang akhirnya meninggalkan landasan bandara Ngurah Rai.

Saya yang duduk di bangku 2C dan suami saya yang duduk di 2B pada awalnya tidak merasakan keanehan pada penerbangan itu. Seperti biasa ketika lampu tanda sabuk pengaman sudah boleh dibuka dan pesawat berada pada ketinggian tertentu, para penumpang boleh menggunakan kamar kecil yang disediakan di pesawat.

Kejanggalan terjadi ketika saya melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E yaitu seorang ibu muda beserta putranya yang berusia mungkin sekitar 3 th an untuk meninggalkan bangku yang mereka tempati.

Dikarenakan jarak saya duduk dengan mereka lumayan dekat, jadi saya sempat mendengar perkataan pramugari, kira-kira begini 'Bu, Bapak ingin bertemu' dan segera direspon oleh si ibu muda 'oh, sudah bisa ya?' sepertinya hal ini bukan pertama kali terjadi dan merupakan 'rutinitas'.

Saya masih belum berburuk sangka, mungkin saya kira si ibu membawa putra nya untuk mengganti popok atau urusan di kamar kecil lainnya. NAMUN setelah 20 menitan belum juga kembali ke tempat duduk dan ada beberapa penumpang lain yang juga menuju ke toilet di area depan pesawat.

Lalu saya berpikir kemanakah si ibu dan putra nya ini? Saya intip lewat tirai, namun tidak jelas terlihat dikarenakan tirai ditutup. Saya bilang sama suami saya, 'kok si ibu dan anak di bangku 1f dan 1e ga nongol-nongol yah? Hanya sisa si nenek yang duduk di bangku 1d ( yang akhir nya saya ketahui adalah ibu mertua dari captain Dimas Rio yang memimpin penerbangan saat itu)'. Respon suami saya masih biasa saja 'mungkin anaknya buang air besar kali.

Tapi kalo kamu penasaran coba aja ke toiletnya'. Lalu saya mencoba menuju ke toilet di area depan dan bertemu dengan 2 pramugari dan satu penumpang pria yang tadi duduk di bangku 1C sedang ngobrol sambil berdiri. Lalu saya pura-pura masuk ke toilet walau tidak ada maksud apa pun selain memeriksa keberadaan si ibu dan putranya.

Lalu tidak lama kemudian saya keluar dari toilet dan bertanya pada salah satu pramugari 'mba, ibu sama anak yang di bangku depan tadi (sambil menunjuk bangku yang kosong) kemana ya?'. Si pramugari gelagapan menjawab 'hmmm.. Itu lagi ketemu suaminya di kokpit.' lalu saya lanjutkan pertanyaan lagi 'emang boleh yah ke kokpit? Bawa anak pula yang usianya masi balita? Apa tidak membahayakan para penumpang? Ada sekitar 214 penumpang loh mba yang ada di pesawat ini.'

Makin grogi si pramugari menjawab 'perintah captain bu. Itu keluarganya'. Saya mendengar jawaban pramugari tadi merasa tidak puas dan saya bilang 'saya orang awam tapi setau saya, tidak ada yang boleh masuk ke kokpit selain kru pesawat (sambil menunjukkan tulisan larangan memasuki kokpit yang jelas tertera di pintu depan kokpit) dan saya minta mba kasih tau sama pilotnya yah sebelum hal ini saya share kepada penumpang lainnya.'

Lalu setelah itu saya kembali ke tempat duduk saya. Sekitar 10 menit kemudian, si ibu dan putra nya terlihat keluar dari kokpit dikarenakan ada celah kecil diantara tirai yang bisa saya lihat (sempat saya foto dan jika suatu saat saya diminta untuk mengklarifikasi kejadian ini, saya siap untuk menunjukkan bukti fotonya) Si ibu dan anak menuju ke tempat duduknya. Saya kira akan segera duduk saja, tapi ternyata malah memarahi saya. 'halo mbak, apa yah urusan anda mau share saya di kokpit? Saya kan ga ngapa-ngapain.

Kok mbak yang sibuk? Aneh!' kata si ibu muda tadi sambil menunjuk ke arah saya. Lalu saya menanggapi 'memang SOP nya seperti apa ya bu? Apa kah boleh penumpang dan membawa anak main di area sensitif seperti kokpit?'. Lalu si ibu menjawab dengan nada makin tinggi 'boleh aja kan ga ngapa-ngapain'. Karena saya pikir ga ada guna nya berdebat dengan orang yang saya anggap tidak merasa bersalah dan tidak paham peraturan, akhirnya saya diam saja sambil kembali menutup masker yang saya pakai.

Namun ternyata ketidakresponan saya makin membuat si ibu kesal, dan mencari pembelaan pada ibu nya yang duduk di bangku 1D. Terdengar tertawa mereka mengejek saya dan suami saya (yang akhirnya ikut dalam percakapan ini) sebagai orang aneh dan ga tau aturan. Singkat cerita, pesawat mendarat sekitar pukul 6.50 wib.

Saya dan suami berniat meminta penjelasan dari pihak yang berwenang di dalam penerbangan ini, salah satunya adalah captain pesawat yang merupakan suami ibu yang duduk di bangku 1F tadi. Saya menunggu cukup lama sampai semua penumpang turun dan ada beberapa penumpang yang bertanya kenapa saya masih berdiri di area garbarata.

Saya pun menjawab bahwa saya melihat tadi ada ibu dan anak masuk ke kokpit dan saya mau ketemu sama captainnya. Beberapa penumpang ada yang kaget mendengarnya namun dikarenakan waktu dan beberapa penumpang transitan akhirnya membuat mereka tidak terlalu peduli dengan apa yang saya ceritakan. Sempat saya dan suami ngobrol dengan staff Lion Air yang menunggu di garbarata, namun mereka hanya menyarankan untuk menghubungi otoritas bandara dan duty manager Lion Air. Selang 10 menit, si ibu dan anak beserta nenek keluar dari pintu pesawat. Terjadilah argumen antara kami (saya dan suami) serta mereka (ibu dan nenek).

Saya merekam percakapan ini sebagian namun dikarenakan saya dikejar dan hendak direbut hp yang saya pegang oleh si istri captain Dimas Rio, maka tidak semua percakapan bisa didokumentasikan. Sekitar 4 staff Lion Air mencegah istri captain ini yang kelihatan beringasan mau merebut hp yang saya pegang, apa lagi saya sedang dalam kondisi hamil, sehingga mudah sekali bagi si ibu ini untuk menyudutkan saya di pojokan garbarata. Mungkin jika tidak ada petugas yang membantu, saya mungkin terdorong dan jatuh dan pastinya membahayakan kehamilan saya.

Tidak lama setelah insiden itu, si pilot keluar dan suami saya mempertanyakan apakah boleh penumpang memasuki area kokpit. Sontak kami kaget dengan jawaban si pilot yang menjawab dengan tenang bahwa boleh ke kokpit atas ijin captain dan cuaca sedang cerah. Dan bahkan si captain pun secara eksplisit menawarkan jika suatu saat kami (saya dan suami) terbang menggunakan Lion Air lagi dan si captain (Dimas Rio)yang memimpin penerbangan maka kami pun bisa 'mampir' ke kokpit.

Lalu suami saya menanyakan SOP nya apakah seperti itu? Dan jika suatu saat ada penumpang yang mengetuk pintu kokpit dan ingin masuk berarti diperbolehkan. Si captain mengiyakan dan demikian juga si istri yang masih dengan penuh emosi menambahkan 'saya kan ga ngapa-ngapain.
Kok kalian yang sibuk urusin saya? Apa salahnya saya masuk ke kokpit'. Bukti percakapan ini pun sebagian saya rekam walau tidak full dikarenakan si istri captain yang masih beringasan (saya pikir dari pada nanti kehamilan saya terganggu dan membahayakan anak dalam kandungan saya, lebih baik saya matikan saja sistem rekam di hape saya). Saya dan suami memutuskan untuk segera menyelesaikan percakapan penuh argumen ini karena dirasa tidak ada gunanya berdebat, pastinya kami berdua kalah suara dibandingkan staff Lion Air yang ada disana.

Setelah masuk ke area transit, kami berdua sempat bertemu sekuriti bandara namun juga tidak mendapat respon cukup dikarenakan alasan kejadian tidak terjadi di darat yang menjadi area kerja para sekuriti. Lalu kami mencoba mendatangi kantor perwakilan Lion Air di bandara, untuk bertemu DM (duty manager), namun juga tidak berhasil.

Dan dikarenakan pesawat transit kami menuju Jambi sudah boarding, akhirnya kami harus segera naik ke pesawat. Apakah memang benar area kokpit pesawat dapat diakses dengan mudah oleh pihak diluar kru pesawat? Mungkin yang kompeten didalamnya bisa bantu menjawab? Apakah sistem penerbangan di Indonesia memperbolehkan hal seperti ini terjadi?
NOTE: foto dan rekaman diambil dengan Hp berstatus Flight Mode.


Berikut fotonya gan, kalo mau liat rekamannya langsung klik di fbnya aja gan postnya:

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..

Yang ane nggak kebayang, itu kan bawa anak kecil ke dalam kokpit ya gan, terus di kokpit kan banyak tombol-tombol yang punya fungsi masing-masing. Misalnya nih amit-amit orang tuanya lengah terus si anak itu mencet aja gitu karena nggak ngerti, kan pasti ngebahayain para penumpang yang ada di pesawat.

Bahkan udah pernah kejadian di Aeroflot Flight 593, kecelakaan pesawat yang terjadi tanggal 23 Maret 1994 yang melibatkan pesawat penumpang Aeroflot Airbus A310-304. Pesawat jatuh di perbukitan Siberia dengan korban tewas seluruh 75 penumpang termasuk kru. Dari perekam suara kokpit diketahui bahwa anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, mengendalikan kontrol pesawat pada awal insiden dan secara tidak sengaja mengaktifkan suatu fitur otomatis dari autopilot A310. Pilot tidak menyadari hal tersebut dan tidak ada alarm yang bisa menginformasikan pilot akan hal itu.

Jadi sebenernya, boleh nggak sih masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara?

Dikutip dari Kompas.com, menurut pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara. Orang-orang tersebut seperti personel yang berlisensi pilot atau instruktur pilot.

"Kedua (personel) berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan, dan petugas maskapai yang ditunjuk," kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Menurutnya, personel yang bisa masuk tersebut juga mesti mendapatkan izin dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Aturan tentang kokpit tersebut juga diatur dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan pada tahun 2009.

Pada bagian 121, pasal 547, dinyatakan bahwa yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat itu adalah: kru pesawat, pelaku inspeksi yang ditunjuk oleh maskapai, pegawai pemerintah, pemegang sertifikat khusus, atau siapapun yang diizinkan oleh pilot yang memegang kendali dan telah diberikan otorisasi dari manajemen dan perusahaan maskapai penerbangan.

Di peraturan CASR 121 menjelaskan lebih detail orang-orang yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat seperti inspektur pengangkut udara atau perwakilan resmi yang sedang memeriksa atau mengamati operasi penerbangan, pengatur lalu lintas udara yang diberi wewenang untuk memperhatikan prosedur Air Traffic Control.

Perwakilan bagian teknis dari pabrik pembuat pesawat terbang atau komponennya yang tugasnya terkait langsung dengan pemantauan pesawat terbang atau peralatan operasi dalam penerbangan. Semua personel tersebut mesti memiliki sertifikat di bidang penerbangan dan mendapatkan izin dari pihak yang berwenang.

"(Aturan kokpit) demi keselamatan dan keamanan penerbangan memang diatur ketat," kata Alvin.

Ia menambahkan bahwa aturan ada karena menyangkut nyawa ratusan orang di dalam pesawat. Selain ini, lanjutnya, aturan tersebut diharapkan agar pilot dan kopilot jangan sampai terganggu konsentrasinya.

Jadi, kapan penumpang boleh masuk ke kokpit?

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan pada saat mengudara tak ada penumpang yang boleh masuk ke kokpit pesawat. Penumpang bisa masuk saat penerbangan telah selesai.

"Kapten dapat mengizinkan penumpang untuk melihat kokpit saat penerbangan selesai, ketika pesawat dalam kondisi parkir di apron," kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Alvin mengatakan selama penerbangan berlangsung, pintu kokpit terkunci secara elektronik. Pintu menuju kokpit bisa dibuka oleh kapten pesawat menggunakan remote atau nomor kombinasi yang ditekan oleh kru kabin.

emoticon-2 Jempol

Alangkah lebih baik dan bijak kalo menunggu sampai landing baru ketemu gitu. Selain nggak bakal ganggu konsentrasi pilot, penumpang lain juga nggak merasa keganggu. Apalagi dalam hal ini penerbangan Denpasar-Jakarta kurang lebih 2 jam aja. Jadi mungkin bisa sabar sampai landing, meskipun di dalam kokpit ya emang nggak ngapa-ngapain sih. Itu menurut ane gan. CMIIW. emoticon-Ngacir Tubrukan
Diubah oleh fabian1960
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 28 dari 30
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 18:30
Quote:Original Posted By lordbangun
ini nih tipekal orang2 indo
hobby ngurusin urusan orang lain

itu pilot jg punya otak kalee,gak akan mungkin dia ngebiarin anaknya nyentuh tombol2 didalam kokpit
karena kalo terjadi apa2 dipesawat,bukan cuma orang lain yg kena tapi keluarga dia yg lg dipesawat bakal lenyap . .
yaa paling dia kangen sama anaknya,gendong2 bentarlah,namanya orang tua,mana anaknya masi kecil lg yaa pasti adalah rasa kangen

buat ts di fb,kurang2in tuh sifat kepo yg berlebihan,kalo namanya udah takdir ente bakal mati,mau gimana pun pasti mati


Jadi kalo hobby orang nyolong gak usah di urusin gitu??
Org ugal2 an di jalan gak usah di tegur gitu? Gak usah di laporin? Sampe dia nabrak mati keluarga loe gitu?
Kalo anak captenya berontak tiba2? Lagi turbulence anaknya terlempar ke tombol2 di kokpit? Ato gak sengaja ada gerakan nyentjh tombol penting?
Aturanya ada dan tdk boleh ada penumpang di cockpit.
Plissss sdh ada aturan di ikutilah spya kita jadi manusia beradab gak seperti pikiran loe ini gan.

0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 20:02
Bininya pilot terlalu nyolot
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 20:04
ouchhhhhhh
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 20:09
peraturan tetap peraturan emoticon-Cool
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 20:11
Orang indo terlalu sibuk ngurusin kepentingan orang tanpa tau dasarnya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 20:12
Sebenrnya sih ngeri juga bawa anak di bawah umur masuk kokpit... Ya gila kali kalo megang mencet tombol sembarangan gimana... Wasih wajar lah keponya.. Bocaaah cuy
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 22:16
ternyata masuk kokpit dilarang ya
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 22:22
Itu yang komen kalo si emak2 yang hamil kepo banget, coba deh entr pikirin semua kejadian pasti di awali dari hal2 yang takterduga jadi wajarlah kalo emak2nya sampai kepo kayak gitu karna ini menyangkut malsah nyawa...😠
Mulailah perduli gan jangan jafi orang yang bodo amat, apalagi udah ada peraturan yang tertulis dengan jelas kayak gitu...
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 22:53
kepo nih orang
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
27-05-2017 23:40
emak2 kepo biasa dirmh rumpi sama tetangga, kebawa di pswt kepo sm org

kalo mau celaka mah celaka aja, udh abis kontrak idupnya ya mati..

gitu aja repot

emoticon-Cape d...
Diubah oleh pig.slaughter1
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 00:28
ane pengen juga ke kokpit.. ijinnya gmn ya? :F
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 00:35


Quote:Original Posted By mathieldaa
kepo nih orang

Emang lg tren bre emoticon-Ngakak
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 01:53
Quote:Original Posted By westciss
"gakpapa, kan pesawatnya pas cuaca tenang, pilotnya juga ngijinin, yg tanggung jawab sama istrinya " sama kaya "gakpapa korupsi, kan negara gak langsung kolaps, kalo gak terima tinggal dibalikin duit korupsinya". Sama2 permisif sama pelanggaran aturan, kalo udah ancur baru main harusnya


nahh. josss. setuju ane gan ama pendapat ente..
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 02:57
bingung sama singa ini masi bertahan
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 02:58
Quote:Original Posted By pig.slaughter1
emak2 kepo biasa dirmh rumpi sama tetangga, kebawa di pswt kepo sm org

kalo mau celaka mah celaka aja, udh abis kontrak idupnya ya mati..

gitu aja repot

emoticon-Cape d...


gak gitu juga bre kan konyol kalo salah satu tombol nya kepencet
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 02:59
Quote:Original Posted By westciss
"gakpapa, kan pesawatnya pas cuaca tenang, pilotnya juga ngijinin, yg tanggung jawab sama istrinya " sama kaya "gakpapa korupsi, kan negara gak langsung kolaps, kalo gak terima tinggal dibalikin duit korupsinya". Sama2 permisif sama pelanggaran aturan, kalo udah ancur baru main harusnya


nanti di ajakin juga ya bre korupsi bareng bareng
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 03:36
lion air lageeee emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 04:55
hem pengen bisa masuk kopit pesawat sambil liat2 bumi itu datar apa bulat... hahahhaha masuk masuk
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 05:00


Quote:Original Posted By elefana
Sebenrnya sih ngeri juga bawa anak di bawah umur masuk kokpit... Ya gila kali kalo megang mencet tombol sembarangan gimana... Wasih wajar lah keponya.. Bocaaah cuy

Memang ini yang dipermasalahkan setuju ane gimana klo mencet jumpseat? emoticon-Ngakak
0 0
0
[VIRAL] Orang Ini Masuk Kokpit Pas Pesawat Terbang, Ternyata..
28-05-2017 05:01


Quote:Original Posted By richowidiantoro
hem pengen bisa masuk kopit pesawat sambil liat2 bumi itu datar apa bulat... hahahhaha masuk masuk

Datar bre klo liat dr kursi penumpang emoticon-Betty
0 0
0
Halaman 28 dari 30
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia