Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
507
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59269644925233f9488b4570/kenapa-keris-ditaruh-dibelakang-ini-jawabanya
Banyak sekali pendapat dan juga teori mengenai alasan kenapa orang jawa meletakkan keris atau senjata mereka pada pinggang di bagian tubuh belakang (Jawa : Butung)?
Lapor Hansip
25-05-2017 15:31

Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!

Past Hot Thread
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!


Quote:
Assalamualaikum. Wr. Wb.


Sebelumnya jangan sampai ada repsol diantara kita emoticon-Cool


No Repsol


TOP THREAD dan HOT THREAD


Di hari yang bahagia ini ane bakalan ngeshare beberapa jawaban dari sebuah pertanyaan yang mungkin sudah terbiasa agan dan sista dengar. Apakah pertanyaan tersebut,.,?

Quote:
"Maukah kamu jadi pacar aku emoticon-Malu"
"Maaf kamu terlalu baik buat aku"

skiip,., skiipp,., skiip,., bukan ini pertanyaanya gan,., emoticon-Hammer (S)

Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!

Quote:
"Kenapa keris biasa ditaruh dibelakang oleh tuannya"

sebelum ane jawab pertanyaan tersebut ada baiknya bila kita bersama mengetahui apa itu keris.

Quote:
emoticon-CoolKERISemoticon-Cool

keris adalah sesuatu benda padat yang panjang, pendek, besar, kecil yang bentuknya meliuk-liuk, biasanya dibungkus oleh sarung dan paling asoy buat bergoyang emoticon-Malu, eeeeehhh,., kok jadi gini emoticon-Ngakak (S)

Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!


Quote:
senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit.

Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.

kata bang wiki


Naaaahh, ente semuanya udah pada tau kan apa itu keris. Sekarang kita back to question

Banyak sekali pendapat dan juga teori mengenai alasan kenapa orang jawa meletakkan keris atau senjata mereka pada pinggang di bagian tubuh belakang (Jawa : Butung)? Bukankah ini sangat tidak lazim, karena seyogyanya sebuah senjata harusnya diletakkan di depan sehingga mudah untuk diambil ketika dipergunakan. Namun bagaimanapun, mari kita coba telaah dan cari tahu beberapa teori yang berkembang mengenai hal ini, dan ternyata sebagian responden memberikan alasan dan argumentasi yang bahkan terbilang cukup lucu dan menggemaskan. Dan inilah faktor kenapa keris itu ditaruh dibelakang.

Quote:
Quote:
1. Ukuran adalah segalanya


Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!


Alasan pertama tentang peletakan keris jawa di belakang tubuh adalah disebabkan karena ukuran dari keris jawa itu yang rata rata cukup kecil.Karena ukurannya itulah maka mudah saja bagi keris jawa untuk diselipkan di pinggang bagian belakang.Coba kalau keris Jawa sebesar Keris Bali yang rata-rata panjang dan gedhe-nya sebesar pedang, pastinya susah buat diselipkan di pinggang belakang. emoticon-Ngakak (S)



Quote:
Quote:
2. Faktor Kenyamanan


Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!


Alasan kedua, kenapa keris Jawa diletakkan di belakang pinggang adalah agar lebih gampang untuk jongkok. loh maksudnya ?
emoticon-Bingung (S)
Begini nih ceritanya..
Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu ketika para punggawa kerajaan menghadap raja, maka mereka diharuskan untuk jalan berjongkok (mbebek) di depan raja. Sehingga jika keris diletakkan di depan, tentunya akan cukup menyusahkan untuk melakukan aktifitas jalan dengan berjongkok tersebut. karena gagang keris bakalan mengenai perut mereka.


Quote:
Quote:
3. Faktor Keseimbangan.

Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!


Alasan ketiga mengapa orang Jawa menyelipkan keris di belakang tubuhnya adalah...
Karena mereka itu menganut faham keseimbangan, emoticon-Big Grin oleh karena para lelaki yang membawa keris tersebut sudah memiliki "keris khusus" di bagian depan tubuhnya. emoticon-Malu
Maka sudah seharusnya keris yang lainnya diletakkan di bagian belakang, jadi biar seimbang gitu, bagian depan dan belakangnya. Biar kagak berantem sama si tatang emoticon-Ngakak (S)



Quote:
Quote:
4. Alasan Keamanan


Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!

Alasan keempat, adalah demi alasan keamanan. bingung gan? emoticon-Bingung (S)
Oke, bayangkan bila orang jawa menaruh sarung kerisnya di depan, maka ketika mereka hendak menyarungkan kerisnya dan ternyata keris itu meleset tidak masuk kedalam sarung kerisnya tapi malah masuk ke dalam sarung si pendekar jawa, apa yang akan terjadi,.,? emoticon-Takut (S)
Ya kan sama saja dengan sunat lagi dong.. hihihi, benar-benar tidak aman kalau didepan, oleh karena itu mereka lebih memilih untuk meletakkan kerisnya di bagian belakang. Bisa-bisa si keris kena kartu kuning gara-gara menciderai si tatang emoticon-Ngakak (S)



Quote:
Quote:
5. Etika Kesopanan


Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!

Alasan terakhir yang saya dapatkan ketika saya menanyakan perihal kenapa keris orang jawa diletakkan di belakang pinggang, adalah demi sopan santun. loh kok bisa ?? emoticon-Bingung (S)
Sopan-santun adalah salah satu ciri khas dari seluruh penduduk Nusantara, pun ini tidak ketinggalan juga dipergunakan dalam kebudayaan orang Jawa.
Dari sejak zaman dahulu berendah hati dan menghormati orang lain sangat dianjurkan dan dijunjung tinggi dalam kehidupan penduduk Nusantara termasuk juga orang Jawa tentunya.
Sebagai akibatnya, kita bisa melihat hingga kini orang jawa dari sejak zaman nenek moyang mereka telah terbiasa menyembunyikan senjata mereka baik yang berupa keris, celurit atau belati di belakang pinggang mereka agar senjata tajam mereka itu tidak sampai terlihat oleh orang yang sedang mereka ajak bicara.
Karena tentu saja, menunjukkan senjata apalagi menghunuskan senjata tajam di depan orang lain adalah sebuah tindakan semi-intimidasi dan bisa dikatakan sebagai bentuk pengurangan penghormatan terhadap kawan bicara, yah.,. setidak-tidaknya akan membuat orang lain sedikit was-was dan takut salah bicara gitu lah. Bisa dibayangkan kalo ente lagi ngomong sama orang yang nenteng senjata tajam emoticon-Takut (S) bisa-bisa ente kabur duluan sebelum diajak ngobrol emoticon-Ngakak (S)
Jadi dengan dengan menyembunyikan senjata di pinggang atau punggung mereka, yang dipadu dengan gaya bicara yang selalu merendah, menjunjung tinggi kesopanan, keakraban, pertemanan dan kebebasan berekspresi bisa dengan mudah terjalin.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi membawa keris di belakang tubuh emoticon-EmbarrassmentSeperti biasanya bonus selalu ane kasih buat para jomvlo yang kagak punya kegiatan, cuman bisa ngabisin sabun doang emoticon-Ngakak (S)

BONUS 18+


Sekian dulu dan terimakasih sudah mampir di trit ane gansis, semoga bermanfaat bagi ente semua. Kalo berkenan silahkan rate dan guyur ane pake cendol yang banyak emoticon-Malu


Quote:
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb



sumber
Diubah oleh wakgembro
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 23 dari 26
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 18:56
kalo kerisnya dibawanya dengan dibungkus koran itu artinya mau di jual ke tukang loak
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 19:01
Kirain klo ditaro depan bentrok gan ama keris lahiriah emoticon-Wakaka
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 19:14
intinya biar ga dobel sunat ya bree emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 19:21
Quote:Original Posted By wakgembro
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!




Sebelumnya jangan sampai ada repsol diantara kita emoticon-Cool


No Repsol


TOP THREAD dan HOT THREAD


Di hari yang bahagia ini ane bakalan ngeshare beberapa jawaban dari sebuah pertanyaan yang mungkin sudah terbiasa agan dan sista dengar. Apakah pertanyaan tersebut,.,?


skiip,., skiipp,., skiip,., bukan ini pertanyaanya gan,., emoticon-Hammer (S)

Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!



Naaaahh, ente semuanya udah pada tau kan apa itu keris. Sekarang kita back to question

Banyak sekali pendapat dan juga teori mengenai alasan kenapa orang jawa meletakkan keris atau senjata mereka pada pinggang di bagian tubuh belakang (Jawa : Butung)? Bukankah ini sangat tidak lazim, karena seyogyanya sebuah senjata harusnya diletakkan di depan sehingga mudah untuk diambil ketika dipergunakan. Namun bagaimanapun, mari kita coba telaah dan cari tahu beberapa teori yang berkembang mengenai hal ini, dan ternyata sebagian responden memberikan alasan dan argumentasi yang bahkan terbilang cukup lucu dan menggemaskan. Dan inilah faktor kenapa keris itu ditaruh dibelakang.










Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi membawa keris di belakang tubuh emoticon-EmbarrassmentSeperti biasanya bonus selalu ane kasih buat para jomvlo yang kagak punya kegiatan, cuman bisa ngabisin sabun doang emoticon-Ngakak (S)

BONUS 18+


Sekian dulu dan terimakasih sudah mampir di trit ane gansis, semoga bermanfaat bagi ente semua. Kalo berkenan silahkan rate dan guyur ane pake cendol yang banyak emoticon-Malu





sumber


ternyata begono..
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 20:02
jangan sampai digunakan untuk main pedang2an aja

emoticon-Takut
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 20:26
kalau dipinggang kyk samurai.. kalau dipunggung kyk ninja..
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 20:30
sekarang ane jadi tau, ane pikir tanpa arti emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh dochirou
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 20:31
Kalau cewek biar seimbang naruh kerisnya dimana ya bre ???? emoticon-Bingung Budaya jawa memang penuh dengan nilai-nilai filosophi. Tapi sayang budaya jawa ini semakin lama semakin dilupakan oleh generasi muda karena terkesan terlalu ribet dan mulai terkikis dengan nilai modernisasi.
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 21:26
pengetahuan baru nih. thanks infonya gan
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 21:39
Kalo di depan nnti otong nya ga sengaja kesunat lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 21:39
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Kalau cewek biar seimbang naruh kerisnya dimana ya bre ???? emoticon-Bingung Budaya jawa memang penuh dengan nilai-nilai filosophi. Tapi sayang budaya jawa ini semakin lama semakin dilupakan oleh generasi muda karena terkesan terlalu ribet dan mulai terkikis dengan nilai modernisasi.


emang ada ya bree... Pahlawan wanita yg bawa keris... emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
27-05-2017 21:40
Quote:Original Posted By phannu.ari
pengetahuan baru nih. thanks infonya gan


sama-sama gan emoticon-Salaman
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 00:08
'ukuran adalah segalanya' , kok jadi ambigu gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 00:18
thx info ny gan
..emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 01:39


Quote:Original Posted By digosok
Kalo di depan nnti otong nya ga sengaja kesunat lagi emoticon-Leh Uga

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka parah bre
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 02:40
supaya ga salah tarik bre
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 03:07
mantaaaaap infonya... ane jg suka keris....





kerispatih.... emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 03:30
Setuju faktor ke 5 ajah emoticon-Jempol
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 04:28
o begitu ya critanya emoticon-Bingung
0 0
0
Kenapa keris ditaruh dibelakang,.,.?? Ini jawabanya,.,.!!!
28-05-2017 04:28


Quote:Original Posted By samjoystudio
cewek sopo tu gan ?

Ceweknya omkris bre emoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 23 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia