iskrimAvatar border
TS
iskrim
Hal-Hal yang Cepat Buat Kita Bangkit Dari Zona 'Mood Swing'
Hal-Hal yang Cepat Buat Kita Bangkit
Dari Zona 'Mood Swing'




“Bahagia lahir dari rasa syukur yang tak henti padaNya dan usaha untuk senantiasa
berbagi apa yang kita bisa pada sesama. Itulah sebabnya kita bisa memilih untuk berbahagia setiap hari, setiap kali.”
= Helvy Tiana Rosa =

Mood setiap orang seperti kita ketahui setiap hari nggak selalu sama,
repotnya yah itu kalau mood-nya lagi nggak bagus bawaannya selalu bete aja. Apalagi di suasana awal puasa Ramadhan gini, bawaannya kadang suka sensi. Mood swing atau perubahan suasana hati yang tiba-tiba turun naik, menurut ahlinya berpengaruh pada kondisi pada tubuh bahkan kejiwaan. Hei, hidup ini begitu indah loh! Jangan disia-siakan.. Coba deh ente lakukan sesuatu yang bisa membuat diri bisa tertawa dan melakukan hal positif sederhana disekitamu.


Faktor yang bikin kita mood swing atau hilang mood secara tiba-tiba biasanya disebabkan oleh faktor eksternal (seperti faktor lingkungan sosial, hubungan personal yang nggak selaras, alam, cuaca tak menentu, macet, listrik padam) dan faktor internal. Faktor eksternal bisa saja dengan mudah kita menghindar dengan berpindah tempat atau dengan berusaha mengalihkan perhatian.




[ Mood Swing Internal ]

Sedangkan faktor internal contohnya adalah karena ada perasaan bersalah,
perbedaan pendapat, tidak sesuai harapan dan diluar kendali kita.
Teknik penyembuhan
dari faktor internal kuncinya adalah berangkat dari kesungguhan niat, pola hidup sehat untuk merubahnya dalam aksi yang nyata.



[ Mood Swing Merugikan Diri Sendiri ]

Salah satu kerugian yang didapat kalau sering mood swing adalah hilangnya kesempatan yang mungkin saja selama ini kita tunggu-tunggu atau kita nantikan. Contohnya; Ada seorang pria atau gadis idaman yang ente nantikan berhenti ingin curhat kepada ente, tapi kok tiba-tiba berpaling dan lewat begitu saja di depan mata karena melihat wajah ente sepertinya sedang kurang menyenangkan. Contoh yang kedua misalkan ente adalah orang yang berprestasi di sekolah atau di kantor, tapi karena ente adalah orang yang mood swing, mudah berubah perasaan tentunya menjadi penilaian negatif tersendiri bagi atasan.


[ Segera Keluar Dari Zona Nyaman ]

Beberapa tips yang ane dapatkan di dunia maya bisa ane simpulkan kalau sebenarnya sifat mood swing itu mudah sekali untuk ditinggalkan dan kalau bisa jangan sampai datang lagi. Akar permasalahan dari hal yang membuat kita jadi mood swing adalah dengan mencari tahu sebab musababnya. Tahap kedua ketika kita menyadarinya keluarlah sesegera mungkin dari zona mood swing tersebut, bergeserlah dari tempatmu saat ini dan segera alihkan fikiran ke hal yang positif dan meleburlah disana. "Hei, hidup ini indah, kenapa harus bermuram durja!" ucapkan kalimat tersebut dalam hati saja sambil tersenyum.


[ Ngumpul Bareng Bikin Good Mood ]

Tips lain cobalah miliki hobi baru, ikut komunitas dan tertawalah bersama. Aktifitas berkumpul dengan orang lain secara langsung bisa mengeluarkan suasana hati yang segar, melakukan hal bersama-sama seperti berolahraga bersama, travelling, sampai berfoto bersama dengan memanfaatkan fungsi group selfie dalam situasi tertentu akan memberikan kenangan serta mendatangkan mood yang sangat baik. Saat berkata "Cheers.." pastinya di depan double view group selfie camera ente langsung tersenyum..



[ Senyum Di Tempat Asik Ngilangin Sifat Mood Swing]

Sikap mood swing ini sebaiknya jangan dipelihara apalagi menjadi karakter kita, bisa runyam deh hidup ente. Mood swing yang ada dalam diri harus dilawan dan diarahkan dengan benar, kalau kita menyerah membuat kita malas jadi stress hingga mengurung diri. Orang stress ada kemungkinan berawal karena sering mengalami mood swing yang tak terkontrol. Yang lebih miris, menurut Good Health, beberapa kondisi kejiwaan juga dapat memicu perubahan suasana hati ekstrem. Sejumlah kondisi ini diketahui sebagai penghambat produktivitas sebagai pemicu hingga bahkan bisa menunjukkan kecenderungan bunuh diri atau kekerasan ekstrem. Dalam kasus tertentu, perubahan suasana hati bisa sangat ekstrem, serius, dan tanpa alasan atau rangsangan yang jelas sehingga mengganggu fungsi individu dalam kehidupannya sehari-hari. Mood swing ekstrem ini terjadi mendadak dan melibatkan kondisi emosional yang naik-turun, bergantian antara merasa bahagia dan sejahtera, kemudian dihinggapi oleh perasaan marah, tersinggung, atau depresi, dalam waktu yang relatif singkat.


[ Moody Swing Hilang, Temen Makin Banyak]

Jadi mulai sekarang jadilah orang yang mau mendengar, berani membuka diri disetiap pergaulan, ego kudu dikontrol, dan mampu menerima perbedaan. Hilangkan pemikiran yang mengarah ke mood swing, ceriakan hari-hari dengan tawa dan canda yang bermanfaat. Selamat mencoba, cheers!






guk




sumur: opini iskrim | sotosop: iskrim | sumur gambar: oom gugel



>> Rekomendasiin HT, gan <<

Main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya
>> klik disini gan <<

emoticon-Nyepi emoticon-Leh Uga emoticon-Nyepi

Diubah oleh iskrim 27-05-2017 01:29
fathroni
ufo60
ufo60 dan fathroni memberi reputasi
2
27.9K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.