samsung.s10Avatar border
TS
samsung.s10
Pekan Dayak dan Aksi Bela Ulama di Pontianak, Gubernur: Aman
TEMPO.CO, Pontianak - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-32 di Pontianak yang bersamaan dengan Aksi Damai Bela Ulama pada 20 Mei 2017 berlangsung aman. "Kegiatan itu hak masing-masing, yang penting tidak mengganggu orang lain," kata Cornelis di Pontianak, Kamis 18 Mei 2017.

Terkait aksi damai yang akan dilaksanakan oleh ormas dan umat Islam Kalimantan Barat, menurutnya itu merupakan hal yang wajar. Ia mempersilakan warga yang akan melakukan aksi itu untuk turun ke lapangan dengan catatan tidak anarkistis. (Baca: Tolak Radikalisme, DPRD NTT Surati Presiden Jokowi)

Cornelis menegaskan, pelaksanaan Pekan Gawai Dayak akan tetap berjalan karena merupakan agenda nasional. Selain itu, acara Dayak tersebut akan dihadiri beberapa tamu dari kedubes negara-negara sahabat. Bahkan, kata dia, Polri dan TNI sudah menyiapkan pasukan pengamanan dua acara tersebut.

"Soal itu masyarakat jangan khawatir, saya pastikan, negara hadir di tengah masyarakat. Kita ada Polri dan tiga matra TNI, kita juga punya pemerintah provinsi dan pemkot Pontianak, yang sudah siap untuk mengamankan daerah kita," tutur Cornelis.

Lantaran tempat pelaksanaan Pekan Gawai Dayak dan Aksi Damai itu berada di kota Pontianak, Gubernur Cornelis meminta wali kota mengamankan daerah dengan dibantu Polri dan TNI. "Sekarang tinggal bagaimana wali kota membina warganya. Kalau saya pribadi, saya bisa menjamin bahwa Kalbar akan aman dan taruhannya adalah diri saya," kata Cornelis. (Baca: HOAX: Isu Warga Tionghoa Dipukuli di Pontianak)

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, akan mendatangkan sebanyak 400 personel anggota Brimob dari Mabes Kelapa Dua, untuk menjaga Kamtibmas di Kalbar. Kapolda Kalbar, Brigjen Erwin Triwanto mengaku telah mengantisipasi secara maksimal dengan melibatkan semua komponen. "Kami mendatangkan personel dari Brimob Kelapa Dua, termasuk komponen masyarakat membantu menjaga situasi Kamtibmas di Kalbar," kata Brigjen Erwin.

Ia menjelaskan, bantuan dari Brimob Kelapa Dua, hanya langkah antisipasipatif terkait beredarnya isu akan ada aksi di Pontianak, Sabtu 20 Mei 2017 mendatang.

Kapolda Kalbar menambahkan, pihaknya akan menurunkan sebanyak 4.033 personel pada aksi 20 Mei, yang terdiri dari 1.400 polisi 933 personel Brimob, 1.300 personel TNI, dan bantuan dari Brimob Kelapa Dua sebanyak 400 personel. "Sampai saat ini situasi Kamtibmas di Kalbar masih aman," ucapnya. Sejumlah kelompok masyarakat sudah melapor kepada Kapolda bahwa mereka tidak akan ikut ajakan provokatif.

Samsung

kok ane jadi curiga yg memprovokasi ini orang madura ya gan?
melayu dan dayak itu saudara, tapi akhir akhir ini sedang panas sekali, dan hubungan mereka jadi renggang emoticon-Frown

asal kalian tau, dulu kerusuhan dayak madura tahun 1997 dan kerusuhan dayak plus melayu bantai madura tahun 1999 di kalbar, orang madura dengan liciknya mau hembuskan isu perang antar agama, mereka mau bakar mushola jam 2 subuh, tapi malah ketahuan sama orang melayu yg notabene sesama muslim juga.

waktu itu melayu dan dayak bersatu padu memotong leher orang madura gan. dan satu lagi, tahun 1997 ketika kerusuhan, orang orang dayak sengaja sembunyi di hutan ketika tau ada beberapa pengungsi madura berada di masjid. setelah mereka pikir situasi aman, mereka keluar dibantu polisi dan tentara, saat itulah orang dayak entah dari mana datangnya secara membabi buta memotong menebas leher orang orang madura dengan sangat brutal, bahkan bayi pun dilempar dengan batu sampai isi otaknya keluar, dan agan tau, polisi dan tentara ga bisa berbuat apa apa, mereka cuma diam aja.

jadi jujur, ane takut ini ada muatan politis dari beberapa petinggi politik orang madura yg mau adu domba gan
0
12K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.