News
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/591e2b221a9975b45f8b4568/maarif-institute-pancasila-sudah-mencerminkan-islam
Suara.com - Direktur Riset Maarif Institute Ahmad Imam Mujadid Rais mengatakan, Pancasila yang menjadi dasar dan falsafah hidup bangsa sudah mencerminkan nilai-nilai Islam, sehingga tidak perlu lagi ada upaya mengubah Indonesia menjadi negara agama. "Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sudah mencerminkan Islam. Itu yang tidak pernah dilihat oleh kelompok-kelompok pengusung kekhilafahan,&qu
Lapor Hansip
19-05-2017 06:15

Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam

Quote:
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam


Suara.com - Direktur Riset Maarif Institute Ahmad Imam Mujadid Rais mengatakan, Pancasila yang menjadi dasar dan falsafah hidup bangsa sudah mencerminkan nilai-nilai Islam, sehingga tidak perlu lagi ada upaya mengubah Indonesia menjadi negara agama.

"Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sudah mencerminkan Islam. Itu yang tidak pernah dilihat oleh kelompok-kelompok pengusung kekhilafahan," kata Rais dalam diskusi buku "Ilusi Negara Islam" di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Depok, Kamis (18/5/2017).

Kalaupun kemudian ada kekurangan dalam penerapan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Rais mengatakan, merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh elemen bangsa untuk memperbaiki.

Tentang pemikiran negara Islam atau kekhalifahan, Rais mengatakan sudah pernah diperdebatkan oleh para ulama pada masa-masa awal kemerdekaan.

Hal yang sama juga terjadi pada negara-negara yang mayoritas rakyatnya beragama Islam lain yang saat itu baru merdeka dari penjajahan.

Mereka, kata Rais, mencari format yang tepat untuk negaranya, termasuk kemungkinan kembali membangun kekhalifahan.

"Andai pemikiran negara Islam masih ada, mengapa tokoh-tokoh Islam seperti (Mohammad) Hatta dan (Mohammad) Natsir tidak memilih bergabung? Mereka percaya sudah ada aspek islami melalui perjuangan membangun negara dan melindungi masyarakat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tuturnya.

Karena itu, perdebatan tentang apakah Indonesia masih perlu menjadi negara Islam sudah seharusnya ditinggalkan.

Justru, menurutnya, yang perlu menjadi wacana dan dikritisi saat ini adalah aspek keadilan sosial yang merupakan salah satu prinsip Islam.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia harus bisa menjaga keadilan sosial," ujarnya.

Pembicara lain dalam diskusi buku itu adalah Koordinator Program Wahid Foundation untuk Promosi Kebinekaan dan Toleransi Bagi Kaum Muda Anis Hamim, sejarawan Universitas Indonesia Erwiwn Kusuma, dan Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Nuruzzaman.

http://www.suara.com/news/2017/05/19...erminkan-islam


bagaimana ya.. emoticon-Malu
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:19
gimana ceritanya?
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:43
Dari dulu juga kita punya keberagaman Budaya dan Agama
Diubah oleh sayabaik46
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:50
itu betul baget....

betul banget itu!!!
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:50
Iya setuju

Adapun detil2nya tinggal umat Islam memperjuangkan syariat Islam bagi kaum muslimin ditegakkan
Minimal kebebasan beribadah bagi kaum muslimin dalam setiap aspek termasuk kebebasan berpakaian di setiap tempat dan institusi
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:53
tapi kebanyakan terjadi pembenturan satu ama yg lain
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 06:59
Satu Agama saja apa Semua Agama dan Kepercayaan?

emoticon-Bingung
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:02
knp sih harus dilegitimasi dengan islam?

lu mau makan babi ya silahkan,
nda usah bilang babi halal berdasar tafsir al quran moderatemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:07
Quote:Original Posted By FrenchDragoon
Iya setuju

Adapun detil2nya tinggal umat Islam memperjuangkan syariat Islam bagi kaum muslimin ditegakkan
Minimal kebebasan beribadah bagi kaum muslimin dalam setiap aspek termasuk kebebasan berpakaian di setiap tempat dan institusi


ini sepakat emoticon-Salaman
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:10
Pancasila sesuai pemikiran founding fathers sih siapa yang nolak,realitanya sekarang demokrasi ala barat yg di mainin lengkap dengan liberalisasinya,kapitalisasinya,sekulerisasinya dan ironisnya pancasila cuman cuman bungkus untuk melegetimasi tindakan
Diubah oleh h.a.k
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:16
Dalam hadits yang diriwayatkan dari `Abdullah bin Abbâs Radhiyallahu anhu, dia berkata:

“Pada pagi hari di Jumratul Aqabah ketika itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di atas kendaraan,
beliau berkata kepadaku:
“Ambillah beberapa buah batu untukku!”
Maka aku pun mengambil tujuh buah batu untuk beliau yang akan digunakan melontar jumrah.
Kemudian beliau berkata:

أَمْثَالَ هَؤُلاَءِ فَارْمُوْا ثُم قَالَ يَا أَيهَا الناسُ إِياكُمْ وَالْغُلُو فِي الدينِ فَإِنهُ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمُ الْغُلُو فِي الدينِ

“Lemparlah dengan batu seperti ini!” kemudian beliau melanjutkan:
“Wahai sekalian manusia, jauhilah sikap ghuluw (melampaui batas) dalam agama.
Sesungguhnya perkara yang membinasakan umat sebelum kalian adalah sikap ghuluw mereka dalam agama.”

----------------------

`Abdullah bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ,
beliau bersabda:

هَلَكَ المُتَنَطعُوْنَ

“Celakalah orang-orang yang ekstrim!” Beliau mengucapkannya tiga kali.”


------------------------

Dalam hadits lain pula Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

إِن الديْنَ يُسْرٌ، وَلَنْ يُشَاد الديْنَ إِلا غَلَبَهُ

“Sesungguhnya agama ini mudah.
Dan tiada seseorang yang mencoba mempersulit diri dalam agama ini melainkan ia pasti kalah (gagal).”


-----------------------

وَقَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللهِ الذِينَ يُقَاتِلُونَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا إِن اللهَ لَا يُحِب الْمُعْتَدِينَ

“Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” [al-Baqarah/2:190].


--------------------------


SELENGKAPNYA :

https://almanhaj.or.id/3435-fenomena...lam-agama.html


Ujung dr ghuluw = khawarij.

emoticon-Traveller
Diubah oleh yesknow
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:18
pancasila itu gabungan dr ideologi agama, sosial & liberal
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:19
ngomongin pancasila tiap hari, tpi masih pada ribut aja tiap hari. capee deh
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:20
Yg berjuang merebut kemerdekaan mayoritas islam jd wajar semangat ajaran islam dituangkan.. yg nyinyir mungkin dl engkongnya msh di perahu menuju Indonesia emoticon-Ngakak

Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
Diubah oleh xinophobia
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:20
Ngaku pancasila korupsi jalan terus munafik.. ngaku pancasila keadilan sosial bagi rakyat indonesia ketimpangan kok paling tinggi di dunia
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:38
Quote:Original Posted By cedric23
Ngaku pancasila korupsi jalan terus munafik.. ngaku pancasila keadilan sosial bagi rakyat indonesia ketimpangan kok paling tinggi di dunia


Malah ada yg bilang,
pemimpin korupsi gpp,
yg penting muslim. emoticon-Hammer

lalu ada lagi yg kaya gini :
dizinahin ulama gpp,
utk mengangkat harkat perempuan itu emoticon-Hammer

Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:41
udah jelas bgt mencerminkan islam, keliatan di sila pertama emoticon-Hammer
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:43
Quote:Original Posted By xinophobia
Yg berjuang merebut kemerdekaan mayoritas islam jd wajar semangat ajaran islam dituangkan.. yg nyinyir mungkin dl engkongnya msh di perahu menuju Indonesia emoticon-Ngakak

Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam



emoticon-Shakehand2
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:44

Mantap sekali gan.


Bedanya ulama asli kayak Buya Syafi'i Maarif dengan ulama.........

Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
Diubah oleh qavir
0 0
0
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
19-05-2017 07:46
Maarif Institute: Pancasila Sudah Mencerminkan Islam
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia