Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
368
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/591bce19529a456b5c8b4570/wow-tulisan-siswa-sma-tentang-keberagaman-amp-toleransi-ini-dibanjiri-pujian
Nama Afi Nihaya Faradisa sedang santer di dunia maya. Ya, Afi merupakan siswa SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi. Dia kerap menuliskan status di media sosial
Lapor Hansip
17-05-2017 11:14

Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian

Past Hot Thread
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian


Arah - Nama Afi Nihaya Faradisa sedang santer di dunia maya. Ya, Afi merupakan siswa SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi.

Dia kerap menuliskan status di media sosial Facebooknya yang berisi ajakan untuk intropeksi diri, mengajak untuk lebih peka dengan permasalahan sosial, menggugah kesadaran, dan lainnya.

Nah, kali ini Afi menuliskan tentang indahnya keberagaman di Indonesia dengan judul 'Warisan'. Dalam uraiannya dia menyoroti tentang pentingnya toleransi antar umat beragama untuk menjaga persatuan bangsa.

"Suatu hari di masa depan, kita akan menceritakan pada anak cucu kita, betapa negara ini nyaris tercerai berai bukan karena bom, senjata, peluru, atau rudal. Tapi karena orang-orangnya saling mengunggulkan bahkan meributkan warisan masing-masing di media sosial," tulis Afi.

"Ketika negara lain sudah pergi ke bulan atau merancang teknologi yang memajukan peradaban, kita masih sibuk meributkan soal warisan," tulisnya lagi.

Afi juga mengajak kita semua untuk berpikir dan bukan berpikiran sama.

"Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir," pesannya.

Di kolom komentar postingannya, Afi menyampaikan tulisannya ini bukan terkait ramainya isu agama di Pilkada DKI Jakarta.

"Ini adalah tulisan untuk membenahi landasan berpikir kita, jangan apa-apa dihubungan ke pilkada Jakarta. Mengutip perkataan John Dewer, "Pikiran itu seperti parasut; hanya berfungsi ketika terbuka," katanya.

Berikut tulisan lengkap Afi Nihaya Faradisa yang berjudul Warisan:

Quote:WARISAN

Kebetulan saya lahir di Indonesia dari pasangan muslim, maka saya beragama Islam. Seandainya saja saya lahir di Swedia atau Israel dari keluarga Kristen atau Yahudi, apakah ada jaminan bahwa hari ini saya memeluk Islam sebagai agama saya? Tidak.

Saya tidak bisa memilih dari mana saya akan lahir dan di mana saya akan tinggal setelah dilahirkan. Kewarganegaraan saya warisan, nama saya warisan, dan agama saya juga warisan.

Untungnya, saya belum pernah bersitegang dengan orang-orang yang memiliki warisan berbeda-beda karena saya tahu bahwa mereka juga tidak bisa memilih apa yang akan mereka terima sebagai warisan dari orangtua dan negara.

Setelah beberapa menit kita lahir, lingkungan menentukan agama, ras, suku, dan kebangsaan kita. Setelah itu, kita membela sampai mati segala hal yang bahkan tidak pernah kita putuskan sendiri.

Sejak masih bayi saya didoktrin bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar. Saya mengasihani mereka yang bukan muslim, sebab mereka kafir dan matinya masuk neraka.

Ternyata,

Teman saya yang Kristen juga punya anggapan yang sama terhadap agamanya. Mereka mengasihani orang yang tidak mengimani Yesus sebagai Tuhan, karena orang-orang ini akan masuk neraka, begitulah ajaran agama mereka berkata.

Maka,

Bayangkan jika kita tak henti menarik satu sama lainnya agar berpindah agama, bayangkan jika masing-masing umat agama tak henti saling beradu superioritas seperti itu, padahal tak akan ada titik temu.

Jalaluddin Rumi mengatakan, "Kebenaran adalah selembar cermin di tangan Tuhan; jatuh dan pecah berkeping-keping. Setiap orang memungut kepingan itu, memperhatikannya, lalu berpikir telah memiliki kebenaran secara utuh."

Salah satu karakteristik umat beragama memang saling mengklaim kebenaran agamanya. Mereka juga tidak butuh pembuktian, namanya saja "iman".

Manusia memang berhak menyampaikan ayat-ayat Tuhan, tapi jangan sesekali coba menjadi Tuhan. Usah melabeli orang masuk surga atau neraka sebab kita pun masih menghamba.

Latar belakang dari semua perselisihan adalah karena masing-masing warisan mengklaim, "Golonganku adalah yang terbaik karena Tuhan sendiri yang mengatakannya".

Lantas, pertanyaan saya adalah kalau bukan Tuhan, siapa lagi yang menciptakan para Muslim, Yahudi, Nasrani, Buddha, Hindu, bahkan ateis dan memelihara mereka semua sampai hari ini?

Tidak ada yang meragukan kekuasaan Tuhan. Jika Dia mau, Dia bisa saja menjadikan kita semua sama. Serupa. Seagama. Sebangsa.
Tapi tidak, kan?

Apakah jika suatu negara dihuni oleh rakyat dengan agama yang sama, hal itu akan menjamin kerukunan? Tidak!
Nyatanya, beberapa negara masih rusuh juga padahal agama rakyatnya sama.

Sebab, jangan heran ketika sentimen mayoritas vs. minoritas masih berkuasa, maka sisi kemanusiaan kita mendadak hilang entah kemana.

Bayangkan juga seandainya masing-masing agama menuntut agar kitab sucinya digunakan sebagai dasar negara. Maka, tinggal tunggu saja kehancuran Indonesia kita.

Karena itulah yang digunakan negara dalam mengambil kebijakan dalam bidang politik, hukum, atau kemanusiaan bukanlah Alquran, Injil, Tripitaka, Weda, atau kitab suci sebuah agama, melainkan Pancasila, Undang-Undang Dasar '45, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam perspektif Pancasila, setiap pemeluk agama bebas meyakini dan menjalankan ajaran agamanya, tapi mereka tak berhak memaksakan sudut pandang dan ajaran agamanya untuk ditempatkan sebagai tolak ukur penilaian terhadap pemeluk agama lain. Hanya karena merasa paling benar, umat agama A tidak berhak mengintervensi kebijakan suatu negara yang terdiri dari bermacam keyakinan.

Suatu hari di masa depan, kita akan menceritakan pada anak cucu kita betapa negara ini nyaris tercerai berai bukan karena bom, senjata, peluru, atau rudal, tapi karena orang-orangnya saling mengunggulkan bahkan meributkan warisan masing-masing di media sosial.
Ketika negara lain sudah pergi ke bulan atau merancang teknologi yang memajukan peradaban, kita masih sibuk meributkan soal warisan.

Kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir.


Ini Surat Aslinya emoticon-Jempol

BACA HOT THREAD YANG INI GAN

1. Cantiknya Janda Tommy Soeharto Ini Jadi Obrolan Netizen
2. Kenalkan, Jang Hyun Seo Sang Penjaga Warnet Cantik asal Korsel
3. Shalat di Kokpit Pesawat, Kopilot Cantik Ini Tuai Pujian
Diubah oleh berita24jam
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 20
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:38
anak ini belum mengenal kepentingan pribadi dan politik, manusia bisa jadi jahat karena punya kepentingan
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:40
Quote:Original Posted By malaypuk


Biar itu hasil buah pikir pribadi ataupun bukan, yang penting bener kata agan. Harus bisa diaplikasikan di dunia nyata, bukan hanya sekedar like or share di dunia maya

emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia (S)



Itu dia gan yang jadi problema saat ini, orang-orang jaman milinialis sekarang lebih seneng koar-koar di media sosial daripada di dunia nyata.

Memang tidak semuanya, tapi rata-rata model orang jaman sekarang seperti itu.


Salam
Diubah oleh pengenkaya82
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:43
Quote:Original Posted By cp9201


Sekolah dlu yg bener, kalo udh bisa baca dan memahami komen pertama sy tadi baru lah nanti quote sy lagi.

emoticon-Hansip


Giliran digituin malah ngambek kaw sist emoticon-Big Grin

Makanya jangan urus hidup orang oke, belum tentu dia mau jadi presiden seperti apa komen guoblokmu itu emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:46
wah bagus tuh tulisannya
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:48
haduhh ni anak, bikin malu yg tua aja deh emoticon-Hammer2

semoga aja makin banyak anak" yg kek gini emoticon-Jempol
Diubah oleh 0jayz
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:51
Sudah2...
Jangan lihat siapa yang memberi...
Tapi lihatlah "manfaat" apa yang ia berikan..

Yang mau berfikir ya Mari berfikir..
Yang tak mau tau ya terserah, itu hak masing2 pribadi..emoticon-Hansip

INTINYA :
* LAKUM DINUKUM WALIYADIN.
* TO YOU BE YOUR WAY AND TO ME MINE.
* Ga tau Artinya silahkan tanya yg ahli..
tp HATI2,, yg ahli pun kadang pura2 Ga tau..emoticon-Hammer

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 19:52
emoticon-Traveller
Diubah oleh 0jayz
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:02
Leh uga cerpen nya emoticon-Cool
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:03
Keren gan bikin emoticon-Mewek
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:05
anak SMA udh ikut mikirin bangsa ini, salut
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:07
Warisan ya...???
Pikiran atau aspirasi rakyat mah emang lebih luas drpd Pikiran Wakil Rakyat dek.. Lebih jauhlah berfikir kesitu, kemajemukan asas pemikiran adalah hal lumrah dalam negeri ini.
Dulu memang semua satu tujuan demi Indonesia, tetapi sekarang mah satu tujuan demi golongan.
Semoga kamu akan mengerti dek, seandainya kamu masuk kedalam golongan tsb (wakil rakyat) maka kamu harus bisa meng-aplikasi-kan tulisanmu tsb. Jgn hanya menuangkan dalam tulisanmu (krn kamu adalah minoritas) tp kamu terlena nanti (jika kamu masuk mayoritas).
Belajar lagi dek, belajar lagi tentang segala "kemunafikan" dalam negeri ini, dan tetap cintailah asal usulmu atau asal dari "Warisanmu".
Salam
Diubah oleh materaitempel
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:07
TUHAN tidak perlu dibela, dia sudah maha segalanya. Belalah mereka yg diperlakukan tidak adil!
- GUSDUR
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:08
komen2nya kebanyakan: bagus... mantap... keren...
tapi gk yakin bakal dipraktekin...
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:13
Pemikirannya sesuai realita saat inj
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:14
mudah-mudahan aja dibalik akal sehatnya dia bisa tahan dari pengaruh-pengaruh licik orang-orang tak berotak yang ingin berkuasa dan yang tampak seolah-olah paling benar. Kayak terhindar dari orang yang mulutnya kasar dan suka memfitnah dan mudah terporvokasi.
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:18
Luar biasa pemikiran anak sma ini emoticon-thumbsup salut emoticon-thumbsup esensinya adalah masa iya negara yg kaya akan keberagaman ini justru yg kita wariskan ke anak cucu kita nanti adalah intoleransi, kebencian dan permusuhan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) ane lahir dan besar di lingkungan keluarga dgn 2 kiblat yg berbeda yg secara mau tidak mau ane belajar ttg keberagaman jadi tulisan ini jga mewakili pemikiran ane dan mgkin beberapa org lain ttg suara2 minor toleransi yg ketutup sama teriakan2 berisik intoleransi yg justru semakin banyak emoticon-Smilie enaknya nih anak di pertemukan sama zakir naik dah emoticon-Big Grin itu tuh yg suka ngerecokin agamanya orang ngakunya ngajak dialog eh taunya malah mojokin emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

"Kebenaran adalah selembar cermin di tangan Tuhan, jatuh dan pecah berkeping keping, setiap orang memungut pecahan itu dan mengamatinya, lalu mereka berpikir telah memiliki semua kebenaran" ane demen kutipan penyair rumi ini gan emoticon-thumbsup
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:19


Quote:Original Posted By samudra6969
Quote:Original Posted By zhengquanli
Terlalu naif la bilang non muslim = kafir. Kalo ngatain kafir ke orang yg memusuhi muslim gw sih OK. Karna dalam smua agama dikatain Tuhan gk membinasakan lucifer (dalam Kristen dan Katolik) atau dajjal (dalam Islam) untuk mengecek keteguhan umatnya terhadap YME. Kalo cm kafir sebatas non muslim, gw sih no comment la sama kepercayaan anda terhadap yang anda yakini bukan ragu terhadap agama lu.
#janganterlalunaif#mariberpikirjernih


Memang kenyataannya begitu
Non muslim = Kafir

emoticon-Shakehand2

Hehe.

Setiap agama pasti mempunyai sebutan bagi orang2 di luar agamanya, bukan?
Dan sebutan tsb bukan berarti utk mereka yg berbuat jahat.
Jews dgn Ghoyim nya..
Kristen dgn domba tersesatnya...
Hindu dengan Maitrah
Islam dengan Kafir nya..
Dll
Sebutan tsb tidak selalu berkonotasi jahat, bahkan Maitrah sendiri berarti org non-hindu adalah sahabat.

Yg jadi permasalahan adalah, pemahaman umat muslim dan non-muslim terhadap kata kafir sudah melenceng, mereka menganggap Kafir = jahat = harus diperangi

Salah besar.

Kafir terbagi atas beberapa golongan. Kafir Harbi (Kafir yg berbuat kejahatan) yg boleh diperangi. Jika Kafir yg tidak berbuat kejahatan diperangi, maka org islam yg memeranginya dikenakan hukuman yg berlaku. Ga ada perlakuan khusus.

Jadi yg wajib diluruskan adalah pemahaman umat islam bahkan luar islam ttg istilah Kafir = pasti org jahat.

Nah kalo kafir itu ada yg boleh diperangi krna jahat dan ada yg gk boleh gw setuju gan. Jangan kayak si "front itu". Sesama muslim yg gk sependapar aja enak bener dikatain kafir. Yg kasus ntah ada dia debat sm polisi itu. Dan itu yg menyebabkan kami yg non muslim gk terima di cap kafir. Karna mereka membuat seolah" makna kafir itu sangat rendah gitu. Kalo dr penjelasan agan sih ya gw fine dikatain kafir asal yg bukan berbuat jahat.
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:20


Quote:Original Posted By yogi1945
Quote:Original Posted By zhengquanli
Sebenarnya sih gw jg pernah mikir dan hampir ngepost yg kurang lebih sm sama tu orang. Cm gw berpikir". Gw suku minoritas, agama minoritas, tempat tinggal gk di kota besar. Gw post begituan walaupun itu fakta tar nasib gw sm kayak Bapak Basuki Thajaja Purnama alias Ahok. Tau sendiri la akibat flaming dr "mereka yg ngaku2 muslim" itu sekarang jd sangat gampang terjadi gesekan.
Dalam pikiran gw cm 1 walaupun gw gk terlalu percaya agama dan Tuhan.
Katanya Tuhan Maha Esa dan Pencipta segalanya. Kalau arti KAFIR itu cm sebatas non muslim, gw rasa sih lu terlalu merendahkan Tuhan lu. Kenapa? Lu pikir aja apa gk bisa Tuhan kita yg kita anggap Pencipta segala sesuatu bikin di dunia cm ada 1 agama? Terlalu naif la bilang non muslim = kafir. Kalo ngatain kafir ke orang yg memusuhi muslim gw sih OK. Karna dalam smua agama dikatain Tuhan gk membinasakan lucifer (dalam Kristen dan Katolik) atau dajjal (dalam Islam) untuk mengecek keteguhan umatnya terhadap YME. Kalo cm kafir sebatas non muslim, gw sih no comment la sama kepercayaan anda terhadap yang anda yakini bukan ragu terhadap agama lu.
#janganterlalunaif#mariberpikirjernih


gw muslim, ada beberapa hal yg gw krg sependapat, tapi gw hargai pendapat lw ini, krn kalo berdebat soal agama bakalan panjang, salam damai dan salam kompak selalu gan emoticon-Ngakak

Perbedaan gk boleh ditolak gan. Walau ada perbedaan antara kita harus saling toleransi ya. Salam damai gan🤗
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:20
keren de
0 0
0
Wow, Tulisan Siswa SMA Tentang Keberagaman & Toleransi ini Dibanjiri Pujian
17-05-2017 20:24
Quote:Original Posted By sweetm
TUHAN tidak perlu dibela, dia sudah maha segalanya. Belalah mereka yg diperlakukan tidak adil!
- GUSDUR


Nais kuote nih...
0 0
0
Halaman 11 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia