uclnAvatar border
TS
ucln 
Ciplukan, Tanaman Mahal yang Dulunya Dipandang Sebelah Mata


Ciplukan, bagi angkatan 90an nama itu pasti tidak asing lagi. Ya, ini adalah semacam buah yang biasa ditemui secara liar di sawah-sawah atau pekarangan. Dulu, para bocah suka berburu buah ini karena rasanya yang manis dan kadang pula memainkannya. Di masa itu, ciplukan bisa dibilang tak begitu berharga. Para petani bahkan menganggapnya semacam hama.

Tapi, fenomena di atas itu hanya terjadi di masa lalu. Kini ciplukan sudah naik level dari mainan bocah dan dianggap hama, jadi semacam buah premium. Serius, buah ini sekarang dihargai cukup mahal untuk beberapa gram saja. Tentu orang-orang tidak ngelindur ya membanderolnya jadi mahal. Ciplukan sendiri memang memiliki manfaat luar biasa. Masih soal sang buah masa lalu, berikut fakta-fakta ciplukan.



Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Siapa yang menyangka jika buah ini yang dulunya hanya jadi mainan bocah bisa jadi semahal ini. Tapi, kalau dipikir dari banyak sisi sih memang pantas si ciplukan mendapatkan value atau nilai sebesar itu. Sebenarnya bukan hanya si buah manis, masih banyak tanaman yang bisa bernasib sama.



Quote:

Quote:
Diubah oleh ucln 15-05-2017 07:51
0
77.5K
338
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.