News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
853
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5912c10aa2c06e6b0f8b4571/kritik-pasal-penodaan-agama-usai-vonis-2-tahun-ahok
Sejumlah pendukung terpidana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyalakan lilin saat melakukan aksi di depan Rutan Cipinang, Jakarta, Selasa (9/5/2017).
Lapor Hansip
10-05-2017 14:28

Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok

Past Hot Thread
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
Sejumlah pendukung terpidana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyalakan lilin saat melakukan aksi di depan Rutan Cipinang, Jakarta, Selasa (9/5/2017).
Penggunaan pasal penodaan agama kembali mendapat sorotan tajam seusai Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun terhadap terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Vonis terhadap Ahok bahkan disebut pertanda mundurnya demokrasi dan negara hukum (rule of law) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Alghiffari Aqsa mengatakan hakim menggunakan Pasal 156a yang notabene merupakan ketentuan anti demokrasi. Selama ini, Alghiffari mengatakan pasal 156a terbukti menjadi alasan pembenar negara dan pihak mayoritas yang intoleran untuk mengkriminalisasi kelompok minoritas atau individu yang berbeda keyakinan dengan warga negara mayoritas.

Alghiffari mengatakan, rumusan Pasal 156a KUHP bertentangan dengan prinsip kepastian hukum sehingga mengancam prinsip demokrasi yang menjunjung tinggi penegakan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat.

"Saat ini Ahok, di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas muslim, menjadi korban. Hari ke depan bisa jadi yang menjadi korban kriminalisasi adalah individu muslim di tengah-tengah masyarakat mayoritas Hindu atau Budha atau Kristen," ujar Alghiffari dalam keterangan tertulisnya Rabu (10/5/2017).

Alghiffari menambahkan majelis hakim membebankan segala bentuk kegaduhan dan gerakan massa yang menimbulkan keresahan di publik selama ini kepada Ahok. Hakim tidak melihat bahwa unsur menciderai umat Islam, menimbulkan kegaduhan serta memecah kerukunan di masyarakat justru disebarkan oleh kelompok intoleran yang melaporkan dan mendorong Ahok masuk ke meja hijau.

"Putusan Majelis Hakim pada perkara ini justru memicu masyarakat untuk semakin giat menggunakan pasal penodaan agama yang anti demokrasi ini di kemudian hari."

Alghiffari mengatakan vonis terhadap Ahok memperlihatkan peradilan kembali tunduk kepada tekanan publik. Kasus ini dapat menjadi preseden buruk penegakan hukum di Indonesia karena seseorang bisa dihukum atas dasar tekanan publik. Seharusnya, kata Alghiffari, pengadilan independen dan hanya setia kepada nilai keadilan, rule of law dan konstitusi.

Sorotan terhadap pasal penodaan agama juga disuarakan Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). Dalam keterangan tertulisnya, lembaga ini sejak lama telah mengkritik masih eksisnya Pasal Penodaan Agama dalam peraturan hukum Indonesia. "Pasal ini dalam implementasinya telah berkembang sedemikian jauh sehingga seringkali merugikan kepentingan kelompok minoritas."

ICJR juga mengkritik putusan PN Jakarta Utara terhadap Ahok. Dalam pandangan ICJR, Pengadilan semestinya mengelaborasi secara tajam mengenai "niat kesengajaan untuk menghina" dalam peristiwa yang terjadi di Kepulauan Seribu.

ICJR juga menyesalkan perintah penahanan yang dikeluarkan oleh PN Jakarta Utara. ICJR memandang bahwa syarat untuk dapat dilakukan penahanan terhadap Ahok justru tidak tersedia. Dalam kasus ini, Ahok telah mengikuti dan bersikap kooperatif terhadap seluruh proses persidangan.

Pidato Ahok di Kepulauan Seribu itu ramai menjadi perbincangan ketika Buni Yani mengunggah di laman Facebook pada 6 Oktober 2016. Meski sudah meminta maaf, Ahok menjadi sasaran unjuk rasa dan dilaporkan ke kepolisian. Ahok pun menjadi tersangka dengan tuduhan penistaan agama pada November 2016.

Sidang perdana Ahok digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Selasa (13/12/2016). Ahok didakwa melakukan penodaan agama karena mengutip surat Al-Maidah ayat 51. Jaksa mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

Pada 20 April lalu, jaksa menuntut Ahok penjara setahun dengan masa percobaan dua tahun. Jaksa Ali Mukartono menyatakan perbuatan Ahok sah dan meyakinkan telah memenuhi unsur 156 KUHP.

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai ada keterkaitan tak langsung antara vonis 2 tahun terhadap Ahok dan pembubaran Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Koordinator Kontras, Yati Andriyani dalam keterangan tertulisnya menyatakan kedua peristiwa itu merupakan wujud dari memburuknya situasi toleransi, kebebasan berpendapat, dan jaminan kebebasan fundamental lainnya di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia tidak memiliki itikad baik untuk mencegah dan menghentikan praktik persekusi dengan membenarkan sumber hukum yang dipakai baik kepada Ahok dan HTI. Nuansa ini mau tidak mau tidak bisa dihindari dari situasi politik Indonesia yang kian memburuk akibat penegakan hukum yang tidak dioperasionalisasikan sebagaimana mestinya."
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...s-2-tahun-ahok

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok Siapa yang boleh ikut menjamin Ahok

- Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok Peresmian pos lintas batas gairahkan ekonomi perbatasan

- Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok Setelah vonis terhadap Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 42 dari 44
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
13-05-2017 12:20
Quote:Original Posted By filusufkacang

Kalo kata gue.. Meski pasal karet tapi ini di butuhin gan..

Jangan percaya ama ocehan pihak LSM dari luar ttg keputusan kasus ini..

Justru banyak investor lebih menginginkan kalau hasil vonisnya adalah bersalah..

Seandainya ahok di vonis tidak bersalah, justru bakal menimbulkan keributan yang lebih besar lagi..

Sehingga bisa membuat investor angkat kaki dari negeri ini... emoticon-Cool


Gue hanya menengok dari sejarah kelam pasal karet ini, termasuk UU ITE yang sudah jepret banyak orang.

Sialnya, baik gue maupun lu juga bisa kena jepret kalau ada yang gak demen.
1 0
1
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
13-05-2017 12:28
Quote:Original Posted By Icewalk
Gue hanya menengok dari sejarah kelam pasal karet ini, termasuk UU ITE yang sudah jepret banyak orang.

Sialnya, baik gue maupun lu juga bisa kena jepret kalau ada yang gak demen.


Untungnya kita bukan org penting breh.. Jadi woles aja.. emoticon-Cool

Bagi gue yg penting iklim investasi sehat, itu aja..

Quote:Jakarta - Polemik kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menimbulkan gejolak politik yang cukup panjang. Gejolak itu dikhawatirkan mengganggu iklim investasi di Indonesia.

Analis OCBC Securities Budi Wibowo mengatakan, isu politik dan keamanan memang menjadi perhatian bagi para investor khususnya investor asing. Namun biasanya hanya berpengaruh pada instrumen investasi jangka pendek.

"Kalau investasi jangka panjang tidak pengaruh, tapi investasi jangka pendek pasti terpengaruh," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Jumat (12/5/2017).

Budi yakin, kasus Ahok yang berujung vonis 2 tahun tidak akan pengaruhi instrumen jangka panjang seperti Surat Utang Negara (SUN). Namun dia memperkirakan instrumen investasi saham di pasar modal serta valuta asing akan sedikit terpengaruh.

"Kalau SUN itu jangka panjang pasti tidak terpengaruh isu politik," imbuhnya.

Kendati begitu, menurutnya vonis Ahok tidak begitu berpengaruh besar terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pelemahan IHSG saat ini lebih dipengaruhi moment koreksi setelah sebelumnya terus menguat dan mencapai level tertingginya.

"Karena sentimennya bisa lebih para kalau putusannya tidak dihukum. Karena pasti akan ada demo lagi. Tapi tetap putusan itu ada pengaruhnya, meski memang IHSG rawan turun setelah menguat terus sebelumnya," tukasnya.
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
13-05-2017 13:55
bantu emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
13-05-2017 14:49
Bukan salah pasalnya, tapi salahnya mengapa Ahok kok bisa diseret kasus spt ini dan divonis bersalah padahal DARI AWAL TIDAK ADA PENISTAAN AGAMA. Karena taat hukum dan yakin bahwa dia tidak bersalah ya Ahok nggak keberatan juga jalani pemeriksaan sampe sidang di pengadilan, dengan harapan semua akan clear, tapi fakta berkata lain.

Simple stupid nya secara logika tanpa sidang pun dah keliatan :
1. Tidak ada yg marah dari org yg hadir di kepulauan seribu.
2. Ahok tidak disukai karena terlalu taat konstitusi/hukum sehingga mencegah korupsi dan paceklik bagi koruptor (HARTA)
3. Kuatnya unsur pilkada. (TAHTA)

Dari nomer 1 itu aja udah sangat jelas tidak ada penistaan, kalau menista pasti nggak bisa pulang dari pulau. Ditambah lagi 2 barang utama yg paling disukai orang (selain wanita bagi yg pria dan sebaliknya), yaitu HARTA dan TAHTA.

[HARTA]
Yg paling terlihat adalah kasus UPS yg sekarang entah gimana kabarnya. Ahok menyelamatkan 12 TRILIUN uang negara yg akan dipake bancakan dengan pengeluaran fiktif. Nggak main-main itu 12 T = 12.000 MILYAR. 1M aja banyak ini dikali 12.000. Bayangkan puluhan tahun sebelumnya, negara ini sudah dikorupsi BERAPA BANYAK ?

Karena udah tradisi terima uang bancakan banyak dan hidup mewah bergelimang uang ya pasti ngamuk lah kalo tiba-tiba dihentikan Ahok. Jadi Ahok diincar untuk disingkirkan, betapa banyaknya dia difitnah dari berbagai macam penjuru seperti kasus Sumber Waras, Reklamasi, ada jg yg istrinya digiring ke ruang rapat biar kelihatan seolah2 Ahok itu KKN, istrinya bisa pake fasilitas(penggiringnya adlh SylvianaMurni dari paslon1), dan ada adik ahok yg dipakai jasanya untuk urusan pariwisata karena dia lulusan swiss, padahal gak dibayar juga. Sehingga hampir di hak angket DPR dan pemanggilan istri Ahok. Banyak lagi fitnah kecil-kecil seperti gusur wilayah A pdhal nggak, pro orang kaya, dll dlsb.

[TAHTA]
Setelah itu muncul pilkada. Kampanye Ahok sering diganggu provokator dan lucunya ada bbrp dari provokator itu yg sudah pernah di daerah A dan muncul lagi di daerah B C D. Bukti bahwa ada pihak-pihak yg ingin menjatuhkan Ahok. Isu rasisme bahwa Ahok akan menjual dan mengkolonialisasi China penjajah ke Indonesia, dan faktor agama jangan pilih pemimpin kafir itu senjata andalan mereka,

Ketika disinggung di salah 1 pidato justru malah muncul video buni yani, sembilan hari setelah pidato (pdhal di lokasi pada hari h nya aja gk ada yg marah), akibatnya justru mereka-mereka yg nun jauh di sana itu yg marah-marah. Digoreng sedemikian rupa dan diambil resepnya oleh para "koki" yg suka menggoreng beginian, dihidangkan dengan bumbu2 pedes. siap disantap dan disosor oleh sebagian rakyat yang sudah dicekoki agama yg dicampur dengan kekerasan dengan overdosis. MELEDAK sudah sampe berakhir dgn dipenjaranya Ahok

.....
Anehnya selama jalannya sidang telah dibuktikan bahwa tidak ada unsur penistaan agama, dan tuntutan jaksa pun tidak ada penistaan agama tapi pasal lain 156 dan hukumannya 1 tahun penjara dgn masa percobaan 2thn. Tapi di akhir cerita justru vonis hakim berbalik 180 derajat dengan adanya penistaan agama dan dihukum 2 thn penjara.

Anehnya lagi nggak lama setelah itu 3 hakim dari panelis hakim ini mendapat promosi,

DAN ANEHNYA LAGI 2 dari hakim itu ditempatkan di posisi di mana ada kasus lawan Ahok. Dwiarso ditempatkan di Pengadilan Tinggi Denpasar, karena di sana ada kasus Munarman? Jubir FPI yang sudah menjadi tersangka kasus penghinaan terhadap pecalang.Sedangkan Jupriyadi yang menjadi Ketua Pengadilan Negeri Bandung akan menyidang Buni Yani, tersangka kasus pencemaran nama baik melalui UU ITE dan Rizieq Shihab yang sudah tersangka penghinaan simbol negara.

Melihat rekam jejak kedua hakim ini atas vonis Ahok, maka dipastikan Munarman, Buni Yani dan Rizieq akan lolos dari dakwaan di Pengadilan.

Kalo dari awal vonis akan diambil dari bokong hakim, kenapa repot-repot sidang sampe berbulan-bulan dengan saksi abcd, langsung aja jongkok, ngeden dikit, keluar dah vonisnya.
----

RIP JUSTICE INDONESIA
WELCOME INDONISTAN
Diubah oleh st3v3nst3rk
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
13-05-2017 20:34
wuih makin jelek nama indo dimata dunia entar..
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 12:06
Quote:Original Posted By CommunistTeam
biasa lah ... minoritas masih di anggap warga kelas 2 di sini mah ..... jujur aja padahal dr muslim sendiri masih banyak yang menista agama lain ..... malah dr kecil sudah tertanam bait2 lagu yang mengolok2 ....... yang makin parah nya .. paham agama dan politik di campur aduk .... akhirnya amburadul .... semoga masih banyak orang yang berpikiran waras dan luas ketimbang orang yang berpikiran sempit dan sok agamais ....


Kaya pendeta ceramah jelek2.in islam..atau para misionaris yg suka menghasut. Trus masalah warga kelas 2, lo coba dulu jadi muslim di amrik atau europe, baru lo rasain bener2 ituu namanya warga kelas dua.

Kalo udah jadi pejabat publik ya omongan harus dijaga, kalo pas jadi pejabat publik tapi bawa2 agama orang lain itu yg namanya men campur adukkan.. kan katanya berpikiran luas?? Hahaha.. gw ngira si ahok asol ngomong jeplak ajasih, tapi ya itu.. kalo udah jd pejabat, ya ga bisa asal emang..
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 12:54
Quote:Original Posted By herbie99
baca-baca reaksi orang luar negeri terhadap penangkapan ahok negatif semua emoticon-Wkwkwk
semuanya pada ngomong klo indo itu terlalu radikal emoticon-Wkwkwk


WNI diluar negeri jg bersuara,dari berbagai negaraemoticon-Embarrassment
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 14:54
maap gan...g ketemu...
kan situ yang punya post...lebih gampang nunjukinnya dunk... puluhan org yang agan maksud tersebut.Quote:Original Posted By filusufkacang


Entah page 2 atau 3 gitu.. Coba aja di telusuri.. emoticon-Cool


0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 15:33
Partai apa yang mau ilangin pasal ini gw pilih.

Jelas hukumnya mengharuskan terdakwa sengaja menodai. Kok bisa orang yang tidak punya maksud menodai ikut kena?
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 16:21
hakim dongok hakim vonis berdasarkan apa nih,, kalo JPU nuntut berdasarkan fakta persidangan hakim udh ga bener malah dipromosiin naik jabatan begitulah terjadi dinegeriku emoticon-Nyepi
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
14-05-2017 21:05
Quote:Original Posted By sarsaparilas
maap gan...g ketemu...
kan situ yang punya post...lebih gampang nunjukinnya dunk... puluhan org yang agan maksud tersebut.


Noh :

Quote:Quote:Original Posted By abuhumaid
maksudnya dibuatin nama2 dan tahunnya
emoticon-I Love Indonesia
Biar jelas gan... Fakta dilapangan...
Biar semua tau... Ini faktaemoticon-Shakehand2


Noh :
Quote:Berikut sejumlah kasus penistaan agama yang saat ini masih berjalan dan sudah mendapatkan ketetapan hukum dari pengadilan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ahmad Musadeq guru spiritual Gafatar divonis majelis hakim PN Jakarta Timur lima tahun penjara potong masa tahanan karena secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan penodaan terhadap suatu agama.

Vonis hukuman terhadap Musadeq ini lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa dengan hukuman 12 tahun penjara.

2. Lia Eden pemimpin sekte Tahta Suci Kerajaan Tuhan divonis hukuman 2 tahun 6 bulan penjara. Lia terbukti bersalah melakukan penistaan dan penodaan agama. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni, hukuman maksimal lima tahun penjara.

3. Sastrawan Arswendo Atmowiloto divonis hukuman penjara lima tahun karena melakukan penodaan agama. Saat banding di Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung Arswendo divonis hukuman empat tahun enam bulan penjara.

4. Rusgiani ibu rumah tangga beragama divonis bersalah sebagai penista agama Hindu dengan hukuman 14 bulan penjara setelah menghina tempat sesajen umat Hindu. Kasus itu bermula saat Rusgiani lewat di depan rumah Ni Ketut Surati di Gang Tresna Asih, Jalan Puri Gadung II, Jimbaran, Badung, Bali, pada 25 Agustus 2012.
https://www.google.com/amp/news.okez...enistaan-agama


Quote:
Tajul Muluk

Pemimpin syiah di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Haji Ali Murtadho alias Tajul Muluk dihukum dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sampang pada 12 Juli 2012.

Tajul Muluk didakwa melakukan penodaan dan penistaan agama dan menyebarkan ajaran sesat.

Antonius Richmond Bawengan 2011

Antonius Richmond Bawengan didakwa melakukan penistaan agama di Pengadilan Negeri Temanggung karena menyebarkan tiga selebaran dan dua buku yang dianggap melecehkan agama tertentu.

Tiga selebaran berukuran kertas folio tersebut berjudul “Bencana Malapetaka Kecelakaan (Selamatkan Diri Dari Dajjal), “Tiga Sponsor-Tiga Agenda-Tiga Hasil” dan “Putusan Hakim Bebas”.

Adapun dua buku yang disebarkan berjudul “Ya Tuhanku, Tertipu Aku!” yang dan “Saudaraku Perlukah Sponsor”. Dua buku dan tiga selebaran ini memicu kemarahan warga.

Pengadilan Negeri Temanggung kemudian memvonis Antonius Richmond Bawengan dengan hukuman penjara lima tahun pada 8 Februari 2011.

Yusman Roy

Pengasuh Pondok I'tikaf Ngaji Lelaku Yusman Roy dijerat dengan pasal 156a tentang penodaan agama karena mengajarkan salat dengan dua bahasa.


Udah banyak banget kan?? Bahkan bukan cuman karena menghina agama mayoritas aja..

Yang menghina agama minoritas juga ada (baca : rusgiani, gara2 menghina tempat sesajen umat hindu)..

Jangan kita di giring kedalam opini yang menyesatkan lah, seolah2 baru ahok korbannya... Seolah2 kasus ahok sepele, ga di sengaja..

Itu si rusgiani cuman gara2 menghina tempat sesajen, terpaksa mendekam di bui... Siapa yg mempermasalahkan itu dulu??

Demi keadilan, hukum harus tetap di jalankan.. Apapun konsekuensinya.. emoticon-Cool

emoticon-Traveller
Diubah oleh filusufkacang
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
15-05-2017 14:41
Terima Kasih gan... emang banyak gan....tapi berdasarkan kemampuan hitung2an ane yang lemah....itu baru 7 ( tujuh ) gan...
Agan bilang puluhan...???
..maap gan...kykna mash kurang gan..emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By filusufkacang


Noh :



emoticon-Traveller


0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
15-05-2017 14:44
Quote:Original Posted By sarsaparilas
Terima Kasih gan... emang banyak gan....tapi berdasarkan kemampuan hitung2an ane yang lemah....itu baru 7 ( tujuh ) gan...
Agan bilang puluhan...???
..maap gan...kykna mash kurang gan..emoticon-Embarrassment


Sebenernya banyak.. Cuman gue ngasih contoh kan ga perlu kasus dari jaman majapahit sampe skrg gue pajang semua..

Yg gue kasih tentu kasus2 yg terbaru dan terpopuler doang..

Kalo mau cari yg lainnya.. Silahkan browsing sendiri di gugel.. emoticon-Traveller
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
15-05-2017 14:46
Ok gan...
yang bikin ane penasaran dari awal...cm karena agan bilang ada puluhan orang...itu kesannya banyak sekali bagi ane gan....apalagi kasus kyk gini jarang muncul ...
makana ane rada terguncang dengan jumlah yang gan maksud sebelumnya...
Tq gan pencerahanya... Semoga sukses selalu buat agan...emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By filusufkacang


Sebenernya banyak.. Cuman gue ngasih contoh kan ga perlu kasus dari jaman majapahit sampe skrg gue pajang semua..

Yg gue kasih tentu kasus2 yg terbaru dan terpopuler doang..

Kalo mau cari yg lainnya.. Silahkan browsing sendiri di gugel.. emoticon-Traveller


0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
15-05-2017 15:05
Quote:Original Posted By sarsaparilas
Ok gan...
yang bikin ane penasaran dari awal...cm karena agan bilang ada puluhan orang...itu kesannya banyak sekali bagi ane gan....apalagi kasus kyk gini jarang muncul ...
makana ane rada terguncang dengan jumlah yang gan maksud sebelumnya...
Tq gan pencerahanya... Semoga sukses selalu buat agan...emoticon-Smilie


Emanf banyak.. Masih ada permadi (penistaan islam), andre cahya (penistaan islam), mahful muis tumanurung (penistaan islam), nando irawansyah (penistaan agama hindu), heidi euguine (penistaan agama kristen), ki panji kusmin (penistaan islam), HB Jasin (penistaan islam), teguh santoso (islam), dan masih banyak lagi..

Asal ente ga males aja nyarinya bakal ketemu kok..

Dan ga cuman islam.. Agama lain pun sering pake pasal ini..

Makanya yg bilang ini pasal tidak berpihak pada kebinekaan, salah besar... emoticon-Traveller
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
15-05-2017 22:34
Banyak kasus yg lebih miris daripada kasus "ahok" ini, cuman entah kenapa kita cuman terfokus ke hal ini emoticon-sad
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
16-05-2017 02:05
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
emoticon-army


0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
16-05-2017 13:21
Kadang ane jg bingung, kasus ahoax ini kan murni individu yg notabene karena omongan dia sendiri jadi harus dihukum,tapi koq dikait2kan ma agama jg etnis yah..apakah seorang ahoax mewakili seluruh umat agama dia? apakah dia mewakili seluruh etnis dia? apakah dia mewakili seluruh minoritas? Koq keliatannya malah janggal ya, ak curiga ada sesuatu dibelakangnya...Ada udang di balik punggung...emoticon-Kemana TSnya?
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
24-05-2017 01:05
jejak dulu nih ..emoticon-Cool
0 0
0
Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
24-05-2017 01:28

Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok

Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok

Kritik pasal penodaan agama usai vonis 2 tahun Ahok
0 0
0
Halaman 42 dari 44
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia