heaven.aboveAvatar border
TS
heaven.above
Sorotan Internasional di Kasus Ahok: Dari Dubes Inggris Sampai PBB
Rabu 10 May 2017, 12:48 WIB


Jakarta - Reaksi terhadap vonis Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak hanya ramai di Indonesia. Masyarakat internasional juga ikut memperbincangkan vonis serta kasus penodaan agama yang mengantarkan Ahok ke jeruji besi.

Salah satunya disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik. Melalui Twitter, Moazzam mengatakan dirinya percaya bahwa Ahok bukanlah sosok yang anti terhadap agama lain, khususnya Islam.



"Saya kenal Ahok. Saya mengagumi kerjanya untuk Jakarta. Percaya bahwa dia bukanlah antiMuslim. Doa saya untuk Ibu Vero dan keluarga. Pemimpin harus menjaga toleransi dan kerukunan," tulis Moazzam seperti yang dikutip detikcom, Rabu (10/5/2017).

Kasus penodaan agama yang menjerat Ahok juga menjadi sorotan dunia dan lembaga internasional. Badan HAM PBB untuk Asia (@OHCHRAsia) menyebut bahwa pemerintah Indonesia perlu mengkaji lagi Undang-Undang penodaan agama.



"Kami prihatin dengan hukuman penjara kepada Gubernur #Jakarta karena dugaan penodaan terhadap Islam. Kami meminta #Indonesia untuk mengkaji Undang-Undang penodaan agama," cuit Badan HAM PBB untuk Asia melalui Twitter.

Media internasional Aljazeera juga ikut merespons vonis 2 tahun penjara untuk Ahok. Hukuman tersebut dikatakan sekaligus menjadi penanda untuk perkembangan politik di Indonesia. Ke depannya, sulit memiliki pemimpin dari agama minoritas.

"Banyak orang di Indonesia akan mempertanyakan putusan ini. Mereka akan bertanya-tanya, seperti apa preseden yang akan dibuat untuk kasus lain. Betapa mudahnya melakukan tuduhan penistaan terhadap lawan-lawan, terutama jika berasal dari kelompok minoritas," tulis Aljazeera dalam berita mereka yang berjudul 'Jakarta governor Ahok found guilty of blasphemy'.

Setelah pembacaan putusan hukuman 2 tahun penjara pada Selasa (9/5), hakim memerintahkan agar Ahok ditahan. Ahok selanjutnya dibawa ke Rutan Cipinang dengan pengawalan ketat aparat polisi. Namun, belum 1x24 jam Ahok menghuni sel Rutan Cipinang, ia dipindah ke Rutan Mako Brimob. Adapun majelis hakim dalam pembacaan vonis menyatakan putusan tersebut murni berdasarkan hukum pidana. Bukan terkait hal lain, termasuk Pilkada

https://news.detik.com/berita/d-3497...903.1494395876


Kasus Ahok menyadarkan dunia internasional, bagaimana "agama" bisa diperalat sedemikian rupa untuk tujuan-tujuan yang "evil". emoticon-norose


BERITA LAINNYA :

http://www.reuters.com/article/us-in...-idUSKBN1842GE

Jakarta's Christian governor jailed for blasphemy against Islam
Spoiler for Isi berita:




http://www.independent.co.uk/news/wo...-a7725371.html

Christian governor of Jakarta found guilty of blasphemy for saying Muslims should vote for him

Spoiler for Isi berita:


http://www.ghanaguardian.com/christi...asphemy-koran/

Christian governor of Jakarta sentenced to prison for blasphemy against Koran
Spoiler for Isi berita:


https://www.voaindonesia.com/a/badan...-/3845169.html

Badan-badan Dunia Prihatin terhadap Vonis Ahok
Spoiler for Isi berita:


http://www.harianindo.com/2017/05/10...-penjara-ahok/

Musisi Luar Negeri Kecewa Dengan Putusan 2 Tahun Penjara Ahok

Spoiler for Isi berita:
Diubah oleh heaven.above 10-05-2017 11:27
0
22.3K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.