News
Batal
KATEGORI
link has been copied
454
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59116cb7c0d7706f388b4574/yang-bersorak-dan-berduka-atas-vonis-ahok
Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melambaikan tangan saat tiba di rumah tahanan LP Cipinang, Jakarta, Selasa (9/5).
Lapor Hansip
09-05-2017 14:16

Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok

Past Hot Thread
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melambaikan tangan saat tiba di rumah tahanan LP Cipinang, Jakarta, Selasa (9/5).
Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun penjara untuk Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pengadilan menyatakan Ahok terbukti melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama, lewat pernyataannya soal Surat Al Maidah ayat 51 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (27 September 2016).

"Menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan penodaan agama," kata Hakim Ketua, Dwiarso Budi Santiarto, saat membacakan amar putusan di Auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Di sisi lain, Ahok belum puas dengan putusan itu. Usai berembuk dengan penasehat hukumnya, Ahok menyatakan banding.
Riuh linimasa sebelum dan sesudah vonis
Di media sosial, sedari awal kasus ini melahirkan dua kubu yang sering terlibat perang tagar dan adu kicau.

Kubu pertama adalah para pendukung Ahok yang menuntut pembebasan sang pujaan. Kubu kedua adalah mereka yang mendesak penghukuman Ahok. Kelompok terakhir, banyak diisi oleh mereka yang tergerak atas sentimen keagamaan--seperti aksi-aksi anti-Ahok yang berulang kali digelar sejak pengujung 2016.

Merujuk kondisi di muka, tak heran bila vonis Ahok jadi satu momentum penting dalam persaingan dua kubu itu di linimasa Twitter, Selasa (9/5).

Sebelum vonis dibacakan, sejak pukul pukul 06.40 WIB, akun pencatat topik populer @TrendinaliaID, telah mencatat persaingan antara tagar #FreeAhok dan #AhokHarusDipenjara dalam daftar Tren Twitter Indonesia--menggambarkan sengketa dua kubu di muka. Sebagai misal, tengok dua kicauan berikut.
Foto sblm pak Ahok @basuki_btp masuk ruang pengadilan,tetap tersenyum,bnr2 tawakkal,pasrah dg jln hidupnya.itu yg membuatnya tegar #freeAhok pic.twitter.com/Ih8DRcVjjJ
— Nong Darol Mahmada (@nongandah) May 9, 2017 Hakim janganlah ikuti langkah sesat JPU berubah jadi Pembela Ahok karena #AhokHarusDipenjara itu adalah keadilan di hati nurani rakyat
— #RakyatBersamaFPI (@MRahmatM212) May 8, 2017
Pasca-vonis dibacakan kata kunci "Ahok" langsung memuncaki topik tren Twitter Indonesia. Kicauan yang muncul memuat sentimen nan beragam.

@DahnilAnzar (25 ribu pengikut) jadi salah satu akun yang mengapresiasi putusan hakim. "Terima kasih Pak Hakim Anda menghadirkan keadilan," tulis akun yang dipercaya milik Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar itu.

Kata kunci lain yang menonjol dalam daftar tren adalah "Allahu Akbar". Sorak takbir itu terutama dikicaukan para tokoh anti-Ahok, seperti Fahira Idris, senator Dewan Perwakilan Daerah asal DKI Jakarta.
Hakim kasus ahok sudah progresif dan kita apresiasi. Terimakasih Pak Hakim Anda menghadirkan keadilan.
— Dahnil A Simanjuntak (@Dahnilanzar) May 9, 2017 Allahu Akbar,Majelis Hakim Ahok hidupkan kembali Pasal 156a (Penodaan Agama) yg sdh didrop Jaksa.Ini sesuai Fakta Hukum yg terbukti
— Mahendradatta (@mahendradatta) May 9, 2017 2 Tahun.. Alhamdulillah.. Allahu Akbar !!
— Fahira Idris DPD RI (@fahiraidris) May 9, 2017
Di sisi lain, para pendukung Ahok tampak berduka atas vonis hakim.

Akun relawan Ahok, @TemanAhok (261 ribu pengikut), menyebut vonis itu akan jadi "catatan kelam" dalam sejarah bangsa. "Kita berduka sedalam-dalamnya. Bukan karena putusannya saja, namun lebih kepada mendungnya masa depan bangsa kita," tulis @TemanAhok.

Dalam kicauan lain, @TemanAhok melempar optimisme dengan meminjam cerita serial televisi populer, Game Of Thrones (GOT). Mereka mengibaratkan Ahok sebagai Jon Snow, sang protagonis dalam GOT yang sempat mati dan bangkit kembali demi beroleh kejayaan.
Its not red wedding guys.. Its Jon Snow, he will rebornAs long as we dont leave him
— Teman Ahok (@temanAhok) May 9, 2017 pak @basuki_btp buat saya bapak gak bersalah, kok. yang setuju boleh ritwit, yang gak setuju gak usah protes saya.
— SOLEH SOLIHUN (@solehsolihun) May 9, 2017 Berduka u/ keadilan di Indonesia ???? Udah maju 10 langkah, terus mundur 20 langkah. Tuhan bersamamu selaku, pak @basuki_btp & keluarga. #Ahok pic.twitter.com/uJR7v6lfyA
— Cipluk Carlita (@CiplukCarlita) May 9, 2017
Komentar datang pula dari akun @TobiasBasuki--dipercaya sebagai akun kepunyaan Tobias Basuki, peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Ia menyebut vonis Ahok tak lepas dari menguatnya politisasi agama--terutama dalam Pilkada DKI, yang diikuti Ahok.

"Politisasi agama telah mencapai titik terendah yang pernah dibayangkan. Hukuman penodaan agama terhadap Ahok adalah lelucon yang melengkapinya," demikian terjemahan kicauanTobias.
Ahok sentenced to two years on blasphemy. One of the worst decisions the judges can do to the Indonesian political scene...
— Tobias Basuki (@TobiasBasuki) May 9, 2017 Politicization of religion had taken another low never thought possible. The blasphemy sentencing against Ahok is a complete farce
— Tobias Basuki (@TobiasBasuki) May 9, 2017 Vonis telah diprediksi
Jauh hari sebelumnya, peneliti Human Rights Watch, Andreas Harsono, sudah memprediksi bahwa Ahok tidak akan lolos dari kasus dugaan penodaan agama yang membelitnya. Prediksi itu, antara lain disampaikan Andreas dalam pernyataannya kepada The Guardian (16 November 2016)

"Saya telah mempelajari lebih dari 200 kasus penodaan (agama) di Indonesia sejak berlaku pada masa Presiden Sukarno pada 1965. Dalam waktu lebih dari 50 tahun ini, saya rasa hanya satu kasus yang tersangkanya terbukti tidak bersalah," kata Andreas. "Sepertinya Ahok takkan lolos. Dia mungkin sekali akan dijebloskan ke penjara".

Dalam sejumlah kesempatan, Andreas juga menyebut pasal penodaan agama sebagai "pasal karet" yang rawan disalahgunakan. Pada praktiknya, pasal ini kerap dipakai untuk menghambat kalangan minoritas keagamaan atau kepercayaan tertentu.

Ia pun mengingatkan, sejak disepakatinya International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) pada 1966 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pasal penodaan agama sudah banyak ditinggalkan oleh negara-negara di dunia. Saat ini, hanya tersisa sekitar 26 persen anggota PBB yang masih punya hukum penodaan agama.

Kritik atas pasal yang telah membawa Ahok masuk bui itu juga datang dari Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).

Antara lain, ICJR menyebut bahwa ketentuan penodaan agama dalam KUHP terlampau kabur dan tidak mempunyai kejelasan tujuan. Bahkan, dalam praktiknya, ukuran penodaan agama kerap "dilihat dari tafsir organisasi keagamaan yang ada".
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tas-vonis-ahok

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok Prancis pilih Macron, presiden termuda dalam sejarah negeri itu

- Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok Vonis 2 tahun penjara Ahok lebih berat dari tuntutan jaksa

- Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok Penurunan bunga kartu kredit dan pola budaya konsumtif

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 20 dari 24
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 12:24
Quote:Original Posted By SupermanArab


"I am sick, I am tired of this country... Ooowh...yesss ooowh yes"

Tapi balik juga...bhuahahahaha...

Kalo sick & tired ke RS di ostrali Ato Tukang pijet sana bang...


"I am sick, I am tired of this country... Ooowh...yesss ooowh no..."

Begitulah nastaik...kehidupannya begitu, gak bisa bersyukur Dan mendewakan ahok...hahahaha



ppfftt... ini nih kaum sumbu pendek, celana cingkrang, dahi nigga, underestimate orang melulu kerjaanya, disini gue gak dukung atau benci sama ahoax!
sukur-sukur gak gue laporin moderator lo nubi! en satu lagi, biarpun lo warga jakarta atau bukan gak usah terlalu mewahabi pimpinan lu. enjoy your poison PERRO!
Diubah oleh silveria92
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 12:26
Quote:Original Posted By irishdublin




Gue tagih bray , kalo ternyata boong boongan nanti gue koar koar disini HEHE

Pengen tau program programan si anies kyk apa



kali berhasil bray ente mau hijrah apa tetap oposisi bray?, btw sekarang ane lagi manan popcorn bray emoticon-Shakehand2
Diubah oleh chigo.ji3
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 12:35
Quote:Original Posted By abuhumaid
selamat menempuh hidup baru pak ahokemoticon-Shakehand2
Semoga jadi pelajaran buat yang lainemoticon-Traveller


Jangan lupa kirim autan ke LP ya bre emoticon-Leh Uga
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 12:38
Nanti kalo banding malah ditambahin jadi 5 tahun, pada nyungsep semua itu ahoker
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 12:43
Quote:Original Posted By irishdublin
Agama cukup tuhan dan diri lo yang tau, agama itu di dalem hati bukan di dalem politik karena cuman tuhan yang tau kadar keimanan lo

Kok gue jadi kyai gini skrg, nanti lama lama gw ngajarin sekolah pondok juga neh

Bro ga usa marah marah, kalo debat gw panas mending ga usa di jawab bro dripd jawaban lo kyk pemikiran sekolah pondok


komen lu kaya orang yg ga sekolah dimana mana,liat komen lu sebelumnnya itu kaya orang udah sekolah belom
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:04
Quote:Original Posted By chigo.ji3


mengkritik tapi nggak mau dikritik. ENDON


jadi gitu ya artinya kata "kritik" . ane ditanya tinggal dimana, ane ga mau jawab, apa urusan ente sma tempat hidup ane = ga mau menerima kritik. *tepuk tangan*

Quote:Original Posted By hendar23


Kita lagi ngebahas pemilih di pilkada DKI apa keputusan para hakim dalam vonis dan putusannya ??

Kan di awal kamu ngebahas kalo keputusan hakim ada bau2 politik dan tekanan masa . . karena itu tekanan masa yang mana ??, karena 2 kubu sama2 punya masa dan bisa memberikan tekanan

Keputusan dibuat berdasarkan pertimbangan ruwet dan berhari-hari bahkan sampai sidang puluhan kali, dan sangatlah tidak mungkin berubah dalam sekejab pada hari itu hanya karena kerumunan diluar ataupun karena tekanan mental

Ane cuma ingin menunjukkan baik pihak pro maupun kontra sama2 bisa anarkis dan bisa memberikan tekanan

Karena itu ane juga tanya agenda politik yang mana yang bisa mempengaruhi putusan hakim, karena kalo cuma bilang politik, semua juga bisa dan akhirnya hanya jadi hoax dan isu berkepanjangan

ya udah jelas kubunya yg sering bikin demo.... demo yg kmaren pro ahok keliatannya baru nongol, ya sesuai kata agan ga mungkin hasil dirubah dadakan jadi ga ada hub sama kubu pro ahok. ya tekanan udah jelas dari awal" sidang juga udah ada kubu kontra ahok.
bisa aja. justru karena berbagai pertimbangan. coba dpikir kenapa "karena justru berbagai pertimbangan" .... ane susah jelasinnya...
ane liat sih yg pro cuman baru" ini aja.... sebelom sidang akhir ane ga pernah liat kubu pro berkerumun d luar.... ya memang kedua kubu ada lah anarksinya....
Quote:Original Posted By ero69


kurang beres darimana sich ... tonnton donk kemarin waktu hakim membacakan keputusannya.semua saya rasa objektif, enggak ada tekanan.kalau ada tekanan mungkin saya rasa dari pemerintah tp saya lihat pemerintah tdk mengintervensi ...

aduh gan itu konteksnya beda lagi mungkin agan liat dari klarifikasi jokowi kalau pemerintah tdk bisa mengintervensi hasil putusan, bukan tdk mengintervensi....
tekanan dari pemerintah ? memang pemerintah ga pernah intervensi sebenernya. tekanan biasa oleh yg bawa demo, makanya pas demo ada kata "mencekam" , tujuan demo apa ? ya buat mendesak meneka sesuai keinginan mereka bukan ? intervensi politik ga mungkin juga pejabat secara langsung nyerang ahok, pasti dari balik layar. itu yg ane maksud....

ya bisa jelasin kenapa bisa sampe ada post ini yang jelas se asia tau nih.. official nih bukan dari sumber aneh".... kalau ada pencerahannya oke lah bersih
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
singkatnya : kawasan asia minta indonesia tinjau hukum penghujatan. ternyata dipantau jga sama luar. atau ada yg mau ngatain ane antek" luar & asing mungkin ga terima kenyataan ya silakan aja ngatain ane....
Diubah oleh gosyorenta
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:06
Quote:Original Posted By silveria92


ppfftt... ini nih kaum sumbu pendek, celana cingkrang, dahi nigga, underestimate orang melulu kerjaanya, disini gue gak dukung atau benci sama ahoax!
sukur-sukur gak gue laporin moderator lo nubi! en satu lagi, biarpun lo warga jakarta atau bukan gak usah terlalu mewahabi pimpinan lu. enjoy your poison PERRO!


Iya iya, elu mau di over-estimate ya? Yang Dari tadi-tadi under estimate sape, hayo? Gw cuma mau Bantu kasih solusi, soalnya ada orang yang bilang feeling sick & tired sama negara nya sendiri...eh negara orang lain kayanya...

Yah begitulah biasanya kalo orang belagu , tinggal di luar Negri trus bilang "I am feeling sick...I am tired of this country....ooowh yesss ooowh no! Uhh ohhh..." Mehehehehe...

ma PUTTA!

0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:19
dan onta pun berisik, pindahan dari negara-negara berserakan akibat perang di timur tengah, kayanya negara onta jarang yang ngga perang
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:43
Liat nih sih habib mahh bebas mau ngehina siapaa aja hahaa anak buahnya diajarkan untuk ngebunuh, Presiden sbg simbol negara dihina, semua dihina dia, istana merdeka mau diambil alih kekuasaan oleh dia😂, ga ada yg berani ganggu dia karna dia ulama besar HAHA... #NKRIHARGAMATI #RIPJUSTICE
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:48


Quote:Original Posted By ero69
Quote:Original Posted By irishdublin
Semua orang uda tau lah di antara foto diatas manakah kejahatan PALING JAHAT hehe


masih belum di jawab ...


Biar mirip kayak anies waktu debat, ga jawab pertanyaan malah suka muter muterin jawaban dan ujung ujungnya ga ada jawabannya wkwk
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:50


Quote:Original Posted By chigo.ji3
Quote:Original Posted By irishdublin
Ayo INDONESIA bersekolah lah ke sekolah dan universitas

JANGAN bersekolah ke pondok nanti hasilnya cuman surgawi aja dan disuruh demo

Apa kalian ga suka menikmati dunia ini? Klo pengen surgawi ya mati aja bro

Kalo orang bersekolah pasti tau lah kebusukan di negeri ini

Orang yang ga milih ahok dan anies aja sudah tau mana yang bener dan salah lewat keputusan sidang ahok kemarin HEHE


Woles aja bray santai bray, lo kuat kayak gini terus sampai 2 tahun kedepan?


Yang penting pakde jokowi masih strong ya bray, jangan sampe jadi penjilat si pelanggar HAM
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:51


Quote:Original Posted By shikykun
Quote:Original Posted By irishdublin




Pilgub putaran kedua ane GOLPUT om , ane ngerasa kebebasan memilih di indonesia belom berjalan dengan baik



indonesia uda bebas milih bree, TAPI roman-romannyebelum bebas intervensi
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up


Kasian bray di kampung ane , milih si putih gara gara alesannya takut ada demo lagi , padahal hati mereka kotak kotak
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:52
Quote:Original Posted By irishdublin
Biar mirip kayak anies waktu debat, ga jawab pertanyaan malah suka muter muterin jawaban dan ujung ujungnya ga ada jawabannya wkwk


tipikal panastak mutar muter perang opini yg enggak ada isinya
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:52


Quote:Original Posted By bjud
Quote:Original Posted By irishdublin




Tapi mau gmn gan ! Kebanyakan masyarakat kita masih otak udang, mereka dibutakan karena agama

Mereka hidup di indonesia harusnya memilih untuk indonesia terbaik karena agama adalah urusan kita terhadap tuhan dan yang tau kadar keimanan kita cuman tuhan

Ini yg sekolah pesantren pondok harus Di sekolah yang bener ini


sbenarny para pendukung ahok yg memperkeruh situasinya, dah salah malah makin gila,bukannya dapat simpatik malah nambah permusuhan,
sgala macem di hujat,


Keluar dari pondok dulu gan biar ngerti rasanya persatuan
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 13:54


Quote:Original Posted By chigo.ji3
Quote:Original Posted By irishdublin




Gue tagih bray , kalo ternyata boong boongan nanti gue koar koar disini HEHE

Pengen tau program programan si anies kyk apa



kali berhasil bray ente mau hijrah apa tetap oposisi bray?, btw sekarang ane lagi manan popcorn bray emoticon-Shakehand2


Gue dikasi rumah ya TETEP hati gue yang terbaik buat negeri ini, tetep hati gue kotak kotak

Rumah itu cuman sebagai fasilitas aja buat gue sebagai warga jakarta
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 14:11


Quote:Original Posted By ahmadmahali
Quote:Original Posted By irishdublin
Agama cukup tuhan dan diri lo yang tau, agama itu di dalem hati bukan di dalem politik karena cuman tuhan yang tau kadar keimanan lo

Kok gue jadi kyai gini skrg, nanti lama lama gw ngajarin sekolah pondok juga neh

Bro ga usa marah marah, kalo debat gw panas mending ga usa di jawab bro dripd jawaban lo kyk pemikiran sekolah pondok


komen lu kaya orang yg ga sekolah dimana mana,liat komen lu sebelumnnya itu kaya orang udah sekolah belom



Emang susah ngomong sama pendukung anies yang CUMAN lulusan PONDOK
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 14:12


Quote:Original Posted By ero69
Quote:Original Posted By irishdublin
Biar mirip kayak anies waktu debat, ga jawab pertanyaan malah suka muter muterin jawaban dan ujung ujungnya ga ada jawabannya wkwk


tipikal panastak mutar muter perang opini yg enggak ada isinya


Panutan lo tuh blom juga jadi gubernur uda mau senggol APBD dki ckck
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 14:14
Quote:Original Posted By irishdublin
Panutan lo tuh blom juga jadi gubernur uda mau senggol APBD dki ckck


lha iyalah dirumusin bareng bareng .... ups kelupaan gubernur sampai oktobernya dipenjara emoticon-Ngakak
0 0
0
Yang bersorak dan berduka atas vonis Ahok
10-05-2017 14:28
Quote:Original Posted By irishdublin
Emang susah ngomong sama pendukung anies yang CUMAN lulusan PONDOK


menghina lulusan pondok (baca NU) ni?
kalo ngomong pondok, mau gak mau dia yg paling besar. kalo aliran yg katanya transnasional (yg difitnah radikal) bukan lewat pondok, lewat kampus2..
salah sasaran loe
0 0
0
Halaman 20 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia