News
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/590fc8ecddd770d3348b4569/mui-nu-dan-muhammadiyah-kompak-pengamat-yakin-ahok-dipenjara
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Terdakwa penista agama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diyakini mustahil lolos dari hukuman penjara. Tuntutan ringan yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai tak akan banyak membantu jika merujuk pada yurisprudensi yang pernah ada. "Minimal Ahok akan divonis kurungan satu tahun penjara. Soal tuntutan percobaan JPU saya yakin akan diaba
Lapor Hansip
08-05-2017 08:25

MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Terdakwa penista agama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diyakini mustahil lolos dari hukuman penjara.

Tuntutan ringan yang dilayangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dinilai tak akan banyak membantu jika merujuk pada yurisprudensi yang pernah ada.

"Minimal Ahok akan divonis kurungan satu tahun penjara. Soal tuntutan percobaan JPU saya yakin akan diabaikan oleh majelis hakim PN Jakarta Utara," kata Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (KATAR), Sugiyanto, kepada TeropongSenayan, Minggu (7/5/2017) malam.

Bahkan, kata Sugiyanto, vonis yang akan dijatuhkan hakim bisa jauh lebih berat dari tuntutan Jaksa apabila hati nurani hakim sunggguh-sungguh memperhatikan dan mempertimbangkan reaksi rakyat yang sempat mengguncang stabilitas Negara.

"Akal waras sulit menerima jika seorang penista agama yang membuat pemerintah dan Negara sempat gaduh dan panik luar biasa dibiarkan lolos," kata Sgy, demikian Sugiyanto akrab disapa.

Karenanya, Sgy memandang, bahwa hakim akan menjatuhkan hukuman yang melebihi tuntutan, yakni penjara 4 tahun sesuai Pasal 156, atau bahkan 5 tahun penjara sesuai Pasal 156a KUHP.

Alasannya, dua pasal itulah yang sedari awal digunakan Korps Adyaksa pimpinan eks politisi NasDem, M Prasetiyo saat mendakwa Ahok di awal persidangan.

Selain itu, kata Sgy, hakim juga tak bisa begitu saja mengabaikan Surat Edaran Mahkamah Agung (MA) Nomor 11 tahun 1964 bahwa penghinaan agama harus dihukum berat.

Lebih jauh, dia menjelaskan, boleh saja jaksa mengatakan Ahok tidak terbukti melakukan penistaan agama. Tapi di lain sisi, ada Fatwa MUI yang secara tegas menyebut Ahok telah menistakan agama.

Bahkan, pendapat yang sama juga disampaikan oleh dua ormas Islam terbesar di Indonesia, NU dan Muhammadiyah.

"Hakim paham betul, bagaimana bunyi fatwa MUI dalam kasus ini. Tidak ada multitafsir dan tidak ada dissenting opinion antar ulama semua ormas Islam di MUI. Bahkan, KH Ma'ruf Amin (Ketua MUI) 'turun' sendiri menjadi saksi ahli agama di persidangan," bebernya.

"Pertanyaannya, jika sekarang hakim tidak mau menjadikan fatwa itu sebagai dasar, lantas mau pake fatwa siapa? Mau nunggu fatwa malaikat?," cetus Sgy.

"Tolong jangan lecehkan ulama dan guru-guru kami. Mereka adalah pewaris nabi dan panutan umat yang selama ini ikhlas mengabdi kepada bangsa dan Negara melebihi pengabdian PNS manapun. Dengarkan fatwa ulama dan kyai kami wahai yang mulia majelis hakim," pesan Sgy.

Diketahui, sebelumnya pada Oktober tahun 2016 lalu, MUI telah menerbitkan fatwa dalam bentuk pendapat dan sikap resmi keagamaan menyikapi pernyataan Ahok terhadap Surat Al Maidah ayat 51.

Fatwa itu memutuskan Ahok telah menghina Al-Qur'an dan menghina ulama yang memiliki konsekuensi hukum.

Fatwa tersebut keluar setelah ada permintaan Bareskrim Polri untuk digunakan dasar menetapkan Ahok sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama. (icl)


http://www.teropongsenayan.com/62658...ahok-dipenjara

Prediksi ane si Hoktod akan divonis penjara 2 tahun.

Jangan lupa diisi pollingnya brayh.
Polling
56 Suara
Dimanakah si Hoktod akan Dipenjara?  
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 14
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 19:34


Quote:Original Posted By victimofgip.77
Semua jaksa JPU mengatakan kalau si Hoktod telah menodai agama


Sependapat gip.
Menurut gw pribadi, unsur penodaan agama jelas ada. Unsur kesengajaan jg jelas, doi dgn sengaja menyampaikan omongan tsb yg bertujuan agar masy. disitu mengabaikan perintah surat al-maidah.

0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 19:42
liat aja apakah hakim yakin ada penistaan agama; kalo yakin, ya pasti dihukum, kalo ga yakin, ya, bebas.
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 19:45
Quote:Original Posted By suramonly


wah ini orang ga tau hukum tapi asal ngomong emoticon-Leh Uga
nih gw copasin buat lu gip yang pinter



gw jelasin deh daripada lu begok melulu

awal persidangan jpu buat surat dakwaan, yang nantinya bisa diubah, satu kali
nah akhir persidangan, seperti yang sudah terjadi itu baru namanya surat tuntutan (dalam kasus ini ahok dituntut 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun)
jadi kalo tuntutan itu sudah final, jangan heran kalo bisa berbeda dengan dakwaan awal (dalam kasus ini awalnya didakwa pasal 156 dan 156a, kemudian akhirnya dituntut hanya pasal 156 saja)

udah paham belom lu gip? sudah terjawab blom pertanyaan lu kenapa DAKWAAN bisa berbeda dengan TUNTUTAN

kalo belom kejawab mending lu banyak2 membaca ama banyak2 ngobrol sama orang yg paham hukum gip
jangan pake hukum rimba emoticon-Leh Uga


Ayooo balas jawab gip...ane nunggu dipojokan, penasran siapa yg bener2 ngerti 😎
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 20:27
Ane juga yakin hakim akan memutus muhammadiyah, nu, mui bersalah.....bahkan bisa jadi akan dihukum berat.
emoticon-Cool





Ayo, nda. Lari....sebelum komunitas goblok ini menyadari......
emoticon-Ngacir emoticon-Traveller
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 21:20
Untumu njepat
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 21:52
Maksa.... Wkwkwkwk......
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 21:54
saudara hakim perlu camkan bahwa bila saudara hakim tidak menghukum mati sang penista agama,
Allah yang akan menghukum saudara hakim, lewat singa- singanya.
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 21:57
Penjaraiin lah,tunjukin penguasa juga punya tempat di penjara
emoticon-Cool
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 21:58
Quote:Original Posted By jibbeni
"Akal waras sulit menerima jika seorang penista agama yang membuat pemerintah dan Negara sempat gaduh dan panik luar biasa dibiarkan lolos," kata Sgy, demikian Sugiyanto akrab disapa.

Yang gaduh siapa sih pak, perasaan ya situ2 ajah deh

"Tolong jangan lecehkan ulama dan guru-guru kami. Mereka adalah pewaris nabi dan panutan umat yang selama ini ikhlas mengabdi kepada bangsa dan Negara melebihi pengabdian PNS manapun. Dengarkan fatwa ulama dan kyai kami wahai yang mulia majelis hakim," pesan Sgy.


Ya ya ya ya


suka gak suka kan emng awalnya dimulai dr pernyataan kontroversial ahok di kepulauan seribu, bahkan slogan "haram memilih non-muslim" dulu lebih byk didukung kaum islam konservatif ketimbang yg moderat. setelah kasus penistaan agamalah akhirnya yg kaum moderat ikut2an juga
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:01
wah kira kira berapa lama ya
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:03
kasihan
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:04
asik emoticon-Ultah
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:05
Thread manusia stress emoticon-Big Grin
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:12
Quote:Original Posted By moto_21
Thread manusia stress emoticon-Big Grin


stress dan delusi, maunya cepet2 Ahok dipenjara, lha wong upaya hukumnya masih panjang dan bisa jadi lama.
Sebelum ada putusan yg berkekuatan hukum tetap ya gak bisa dipenjara-lah.
Masih ada banding - kasasi.
Gak pro Ahok, cuma melihat dari segi hukum positif
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:22
gosi takupas ko. sok tau ngana.
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:34
Gak yakin Ahok kena hukum ._.
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:35
Quote:Original Posted By hellalujah
Orang waras juga tau kalo si ahok itu melecehkan islam, dari cara dia ngomong itu kelihatan kok dia memandang islam dan alquran seperti mainan gitu.
Dan dengan sengaja di dokumntasikan secara audio-visual untuk konsumsi publik.
Kalo misal bercanda2 antara sesama teman saja bisa buat teman tersinggung apalagi ini di publikasikan ke publik gitu loh.
Makanya pelajaran buat para pejabat publik, mulut itu di jaga di kontrol, kalo ente terbiasa bicara seenaknya ga pake mikir, sebaiknya jangan coba2 jadi pejabat publik atau publik figur.
Contoh pejabat publik yg dongok lainnya presiden yg skrg, mulutnya asal ngoceh, ga pernah pake mikir sebelum ngoceh, bahkan lebih parah menyebar hoax bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia nomor 3 di dunia, lalu tiba2 para pembantunya yg kelojotan mengklarifikasi ngomongan si joko, padahal jelas2 yg keluar dari mulut si joko sudah berulang-ulang selalu bilang peringkat tiga di dunia bukan di G20 seperti bahan presentasi yg di jadikan bahan pembelaan bila si joko ketahuan ngibul.

Yang generasi lawas mungkin masih ingat salah satu menteri jaman era eyang Suharto yg mana menteri ini kalo ngomong lambat banget banyak jedanya, namanya alm Moerdiono, nah masih mendinglah lambat bicara seperti itu daripada asal bunyi tapi menimbulkan potensi kerusuhan.


gw tanya donk,

Menurut ente, ahok menistakan islam ato ulama?? dr pidato di kepulauan seribu itu..

tolong jawab ya
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:37
sumbernya harusnya bukan teropong senayan tuh, teropongnya gip, buat neropong ahok emoticon-Ultah
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 22:56
ya gue tunggu aja ahok kapan dipenjara emoticon-Leh Uga
0 0
0
MUI, NU dan Muhammadiyah Kompak, Pengamat Yakin Ahok Dipenjara
08-05-2017 23:01
Dari awal aja jpu udah ragu, makanya pake 2 pasal. emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 10 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia