inochaAvatar border
TS
inocha
[FR] SOLO TRAVEL TO SAIGON & KUALA LUMPUR
Halo gan, kali ini ane mau share FR ane untuk trip ke Vietnam & KL

Langsung saja yah
DAY 1

CGK-KUL 06.25-09.25
Waktu itu ane dapet tiket CGK-KUL-SGN Cuma 350rb promo Airasia, transit di KL sekitar 2jam.
Sekitar jam 11.00 waktu KLIA2, ane siap2 take off ke Saigon. Sesampainya di Saigon, ane langsung tukar USD ane di airport, $50 ga merhatiin juga ratenya berapa (males).. yang pasti ada byk Money Cahnger di bandara, ada di lantai 2 dan lantai dasar. Terus ane juga langsung beli simcard Vietell di bandara. Setelah urusan tukar USD & sim card beres, ane langsung cari bis 152 untuk menuju hotel yang ada di sekitar Pham Ngu Lao street. Bisnya ada di sebelah kanan pintu keluar bandara.
Spoiler for BIS 152:


Ane turun di halte Ben Thanh Market. Karena supir dan kondekturnya ga bisa bahasa inggris, jadi ane tunjukin alamat hotel ane dan bilang pake bahasa isyarat kalo ane turun di Ben Tanh Market. Setelah agak bingung, akhirnya ane turun di halte tujuan. wooosssss kacao sekali pengendara di Ho Chi Minh ini. ga jauh beda lah kayanya sama Jakarta.
Spoiler for HALTE BEN THANH MARKET:


Dari halte bis, ane jalan kaki menuju Pham Ngu Lao street dengan mengandalkan GPS, jaraknya 13menit kl jalan kaki, karena solo traveler jd berasa agak jauh sih mayan..Cuma nikmatin aja..

Ane menginap di Luan Vu hotel, ini penginapan kamarnya enak banget sih..walaupun hotelnya agak masuk kedalam (ga dipinggir jalan raya).. No free water yah, hanya tidur dan wifi saja..karena tadinya ane mau pergi berdua sama tmn, jadi ane booking twin bed room.
Spoiler for TWIN ROOM LUAN VU HOTEL:

Malamnya, ane jalan2 dan sekalian cari makan plus cari agent The Sinh Tourist untuk booking bis ke Mui Ne esok harinya. Mengandalkan GPS lagi, ane diarahin ke kantor The Sinh Tourist, oh waw kl jalan kaki sekitar 16menit..dalam hati, yaudah gpp…
website The Sinh Tourist : https://www.thesinhtourist.vn/
pas sampai di TKP, kok tempatnya sepi, ane tanya langsung dan bilang ane mau booking bis ke Mui Ne ke pegawainya..ternyata ane salah kantor, ane malah datang ke The Sinh Tourist office 2, harusnya ane dtg ke The Sinh Office 1 yang jelas2 berada di Pham Ngu Lao (lain kali cek dulu yah), jadi The Sinh Office 2 ini tdk menyediakan rute untuk ke Mui Ne, kantornya pun sepi dibanding the Sinh Tourist Office 1.
karena dah cape (btw waktu itu ane juga lg ga fit), maka ane inisiatif pake ojek local, dan dibantu sama mbak pegawai the Sinh Tourist untuk cari ojek dan negosisai, akhirnya pake ojek local dengan tariff 10rb VND. Setelah sampai di The Sinh Office 1, wakwaaaaww buset ini mah deket bgt ama hotel ane. Gini lah kalo solo traveler, bingung2 sendiri, nyasar2 sendiri. hahaha
Setelah selesai booking bis PP Muine-Saigon, ane ngelayap lagi untuk cari makan.. karena lagi ga enak badan, jadi ane putuskan makan KFC yg jelas2 no pork/lard dan ada nasinya!
Selesai makan, ane pulang jalan kaki ke hotel sambil jalan2.. Ternyata Pham Ngu Lao Street ini rame banget kl malam hari, bar, entertainment dan music dimana2.. pijat service juga ada di sepanjang jalan. Rame banget pokoknya.
SIM card Vietell : VND 200.000 (untuk 3,5 GB internet) ~ mehong yess
Bis 152 : VND 5.000 (Untuk keril/koper kapasitas besar dikenakan charge tariff 1 orang dewasa which is VND 5.000)
Makan : VND 45.000
Ojek : VND 10.000
Bis to Mui Ne : VND 218
Snacking & drink : VND 30.000
Hotel : IDR 250.000 (twin bed room booked by Agoda)
DAY 2

Pagi2 ane sudah bangun dan menuju The Sinh Office 1. Bis ke Mui Ne berangkat jam 7 pagi, berangkatnya ane pake sitting bus. Ternyata pas lagi nunggu bis ane ketemu sama orang Indonesia, 2 orang cowo yang kebetulan habis nonton Coldplay di Singapore! Namanya Egif.
Bis berangkat agak telat dikit, dalam perjalanan bisa hanya berhenti 1x untuk istirahat 20menit di rest area. Boleh makan, minum & istirahat atau pun pergi ke toilet.
Spoiler for REST AREA:

Ane duduk disamping female solo traveler juga dari China, orangnya baik banget. Sempet bilang kl dia suka banget sama baju traditional Indonesia kita, yaitu kebaya.
Sampai di Mui Ne sekitar jam 12.00 siang, ane minta turun didepan hotel ane karena kebetulan hotel ane dilewatin rute bis, nama hotelnya Deligh Hotel.
Spoiler for DELIGHT HOTEL MUI NE:

Setelah sampe, ane tanya2 soal tour ½ day disana, 1 jeep bisa muat 4-6 orang dengan tarif VND 450.000/jeep, ane berharap bakal bisa join sama traveller lain spy bisa share cost. jadi ane bilang lah sama pegawai hotel kalo ane cari temen sharecost, trs dia bilang sepertinya ada yang bernasib sama.. Akhirnya dapetlah ane teman untuk share cost 1 orang (lumayan).. jadi VND 450 dibagi 2 orang.
Setelah istirahat, malamnya ane makan malam di restoran Seafood BOKE dekat hotel, tempatnya pinggir pantai gitu, karena ane muslim jadi menghindari tempat yang ada pork/lard. habis itu ane kembali ke hotel karena memang Mui ne ini agak sepi dan nothing to see kalo malam hari.
Tour Jeep : VND 225.000
Dinner : VND 55.000
Snack & drink : VND 40.000
DAY 3

Jam 4.15 pegawai hotel udah bangunin ane untuk siap2 tour. waduh kalo untuk cewe ga bisa siap2 dalam waktu 15menit, dengan mata ngantuk ane buru2 mandi dan finally selesai dan berhasil masuk jeep jam 4.32, ternyata cuma ane sendiri di jeep. Ane tanya ke driver mana 1 orang lagi tapi dia gak ngerti maksudnya, yasudah… Jarak dari hotel ke tempat tujuan lumayan jauh juga. Dulu malah sempat berpikir untuk sewa motor tp untung ga jadi karena kl emang jadi, ora kuat haha. Perjalanan pertama dimulai dengan mengunjungi White Sand Dunes. Ini kali pertama ane pergi ke padang pasir putih, dan disini tuh luas banget. Disana ada jasa ATV, buat antar jemput kita menuju bukit padang pasir. Tapi karena ane saving budget dan lebih pengen nikmatin pemandangan jd ane jalan kaki. Eh tp pas ditengah jalan baru kerasa kalo dr tempat kita turun jeep sampai ke bukit tuh lumayan jauh juga bok, ampe istirahat berulang kali.. weleh2…
Cuma foto2 dan berbincang2 dengan traveller lain, ane kembali ke jeep. dan indahnya disitu ada oasis di tengah sahara juga. bagus deh.
Spoiler for OASIS AT WHITE SAND DUNES:

Spoiler for LUAS BANGET:

Tujuan kedua adalah Red Sand Dune, tidak seluas dan sebagus White Sand Dunes, disini ane nyempetin main sliding. Bagi agan atau sista yg minat sliding disini, patut nawar sampe VND10.000. Cuma dikasih waktu 20menit untuk menikmati Red Sand Dune ini.
Spoiler for RED SAND DUNE:

Tujuan selanjutnya adalah fishing village. Sebenernya sih cuma gitu2 doang aka kampung nelayan. Cuma menariknya perahu nelayan disini bentuknya bulat.
Spoiler for FISHING VILLAGE:

Setelah 15menit di Fishing Village,ane kembali ke jeep dan menuju ke tujuan terakhir yaitu Fairy Stream.
Setelah sampe disini ane ketemu sm traveler dr China yg sebelumnya kenalan di Fishing Village, mereka berdua berdiri dan blg s mane kalo mau masuk lg bayar lagi (berbeda dengan harga tour). Karena penasaran, ane coba masuk lebih dalam lagi dan benar ada penjaga lokel illegal minta biaya masuk VND 5.000, ane bilang ane dah bayar untuk tour ini di hote, dengan bahasa isyarat dia blg berbeda. Dalam hati, yasudah cm sedikit ini amount-nya, tapi ane ambil HP dan mau foto dulu maksudnya untuk dokumentasi. Mungkin krn ketakutan dilaporin entah apa, penjaga tsb ngasih ane masuk gratis… yowess..
Ane kurang bisa ngejelasin detail gmn Fairy Stream ini. Yang pasti kalo masih ada aliran air yg mengalir itu artinya kita lebih baik lepas sepatu. Airnya pun hanya semata kaki. Ujung dari Fairy Stream ini so so aja sebenernya. Kanan kiri bisa tanaman, gunung pasir merah, atau tebing bebatuan.
Spoiler for FAIRY STREAM:

Spoiler for FAIRY STREAM:


Selesai tour pagi ini, ane kembali ke hotel. tapi sebelum tiba di hotel, ane minta sm supir jeep untuk berhenti di The Sinh Office Mui Ne untuk konfirmasi dan meminta bis menuju Saigon berhenti dan menjemput ane di hotel.
Tepat jam 09 pagi ane sudah d hotel dan istirahat sambil siap2 kembali ke Saigon, bis berangkat dr Mui Ne jam 1 siang. Ternyata, hr itu bis nya delay. jadi ane br dijemput jam 2 lebih sama bis. Sampai di Saigon jam 7 malam di hari yang sama.
Malam setelah tiba di Saigon, ane check in hotel dan kembali jalan2 disekitar Saigon. Malam terakhir di Saigon ini ane menginap di Hotel Sunny di daerah Pham Ngu Lao Street.
Spoiler for SUNNY HOTEL:

Karena efek perjalanan Muine-Saigon jd berasa capek sih dan malam ini ane memilih pergi ke Ben Tanh Market pakai Grab Bike. Ribet kalo dapet driver yang ga bisa bhs inggris (dan rata2 warga local Vietnam ga mahir berbahasa Inggris).
Spoiler for ABANG GRAB-KUUUHH:


Ternyata di Ben tanh Market ini penjualnya tricky bgt. Disana ane ga beli apa2, beli 1 souvenir itu pun karena dipaksa setengah mati sama pedagangnya dan juga ane tawar dengan sadis juga. Setelah dari Ben Thanh Market, ane lanjut jalan kaki cari Pho 24, beberapa blogger dan FR bilang Pho2000 paling enak, tp menurut temen ane yg dah 2 tahun tinggal di HCMC, Pho24 ini juga enak. Ternyata ada juga Pho dalam bentuk kemasan kaya kemasan pop mie gitu. Sambil jalan2 kesana kemari mengandalkan GPS, ane ktm sm penjual souvenir macam guntingan kunci atau magnet kulkas. Harganya jauh lebih murah 2x lipat dibanding yang dijual di Ben Thanh Market. Intinya bagi ane Ben Thanh Market itu mahal banget dan juga penjual tricky/scam/whatever. Saran saja kalo mau belanja souvenir di Saigon mending pergi ke Ben Thanh Market siang hari, ternyata hanganya lebih murah dibanding yg night market.
Spoiler for BEN THANH NIGHT MARKET:

Spoiler for BEN THANH MARKET SIANG-MURAH:


Lunch at Mui Ne : VND 35.000 (Nasi goreng)
Snacking : VND 20.000
Grab : VND 12.000
Shopping : VND 30.000
Pho24 : 55.000

DAY 4

Hari terakhir di Saigon, pagi2 ane sarapan di hotel. dan keluar jalan2 lagi untuk nikmatin street coffee alias kedai kopi pinggir jalan khas Vietnam. Dekat dengan Pham Ngu Lao Street ada taman yang cukup rapi dan adem karena pepohonan rindang, disitu ane minum the real ice coffee Vietnam. emoticon-Big Grinterus dengan keterbatasan bahasa ane tanya dmn ane bisa beli original kopi Vietnam. Dan tdk menemukan jawaban yang memuaskan. kata temen ane, kalo mau beli kopi Vietnam mending yang udah jelas2 aja misalkan beli di Supermarket/café kaya Trung Nguyen Legend atau Highland Coffee.. jangan beli di pasar karena diragukan dioplos.
Spoiler for VIETNAMESE ICE COFFEE:

Spoiler for TAMAN DEKAT PHAM NGU LAO STREET :

Spoiler for TRUNG NGUYEN LEGEND COFFEE SHOP:

Setelah itu ane kembali ke hotel untuk check out dan titip ransel untuk diambil sore ketika hendak ke bandara. Dari situ ane order Grab Bike lagi menuju Notre Dame, lanjut jalan kaki ke Museum war, Reunification Palace.
Spoiler for NOTRE DAME:

Sayangnya pas ane dtg kesana kebetulan pas jam istirahat jd semua tempat tersebut ditutup. Terakhir ane pergi ke Saigon center. Dan ini adalah surga dmn agan bisa dapat barang branded(ZARA, H&M, Adidas, Nike,dll) dengan harga yang murah pake banget sejuta kali. ane beli baju H&M seharga VND 120.000 (sekitar IDR 80.000). Saigon center ini sore dah tutup.
Spoiler for SAIGON CENTER:

Spoiler for ZARA:

Lunch ane makan Spring Rolls di Mon Hue. Kalo ke Saigon jangan lupa beli/makan olahan bunga lotus, ini terkenal banget di Saigon. sayang ane ga sempat coba karena lupa. Setelah kenyang, ane kembali ke hotel untuk ambil tas dan pergi ke bandara dengan bis. FYI bis dr Ho Chi Minh menuju bandara bukan cuma 152 kok, kali ini ane pake bis yanga lebih nyaman dr bis 52 tp lebih mahal seharga VND 20.000
Vietnamese ice coffee : VND 15.00
Transport : VND 40.000
Lunch : 45.000
Shopping : VND 300.000
DAY 5

Dini hari (12.30 AM) waktu KLIA2, ane landing di Malaysia. dan tidur di bandara demi menunggu esok harinya. Karena tiket balik ke Jakarta jam 21.00 jd ane seharian ini ane killing time dengan cara keliling2 di Kuala Lumpur. Karena ini bukan kali pertama ke KL, jd ane Cuma pergi shopping saja di sini. Tujuan ane adalah ke Bukit Bintang & Pasar Seni. Menggunakan KTM dan GoKL aka bis gratisnya KL. Ransel ane tinggal di storage luggage di KLIA2.
Ternyata sore hari ane baru sadar kalo flight pulang ane dr KLIA1, akhirnya dibantu sm teman baru dr Pakistan yg study di Malaysia, dia ngasih tau ane kalo dr KLIA1 ke KLIA2 ane bisa pake bus shuttle. Selain shuttle bus, ada juga KLIA express dan itu free untuk rute KLIA1-KLIA2. Maka setelah turun dari bis ane langsung pergi lagi ke KLIA2 pake shuttle bus untuk ngambil ransel ane.
Bis bandara-KL Sentral : RM 12
KTM : RM 4
Shopping : tak terhitung (LOL)
Shuttle bus bandara : RM 4 (return)
Breakfast, lunch, dinner : RM 30

Akhirnya jam pesawat pun take off tepat waktu menuju CGK.

Holiday is over. emoticon-Paw


Diubah oleh inocha 27-04-2017 07:58
tata604
tata604 memberi reputasi
1
15.6K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan Mancanegara
icon
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.