Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
229
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5908cb0ad89b095c108b456b/mengenal-amnesia-bukan-kaya-di-film-atau-sinetron
Pernahkah terpikir jika melihat orang amnesia tapi ingat dengan bahasa yang digunakan maupun bergerak, padahal amnesia yaitu hilang ingatan yang berarti lupa (semuanya).
Lapor Hansip
03-05-2017 01:08

Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron

Past Hot Thread
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron

Pernahkah terpikir jika melihat orang amnesia tapi ingat dengan bahasa yang digunakan maupun bergerak, padahal amnesia yaitu hilang ingatan yang berarti lupa (semuanya). Ataupun lupa dengan nama sendiri, mantan bahkan hutangnya emoticon-Ngakak (S)

Faktanya, Amnesia merupakan gangguan daya ingat yang mengakibatkan kehilangan ingatan tentang suatu informasi, fakta, dan pengalaman. Menurut cerita di film atau sinetron, orang yang menderita amnesia tidak bisa mengingat siapa dirinya. Tapi tidak seperti di cerita fiksi, amnesia di kehidupan nyata umumnya tidak menyebabkan kehilangan identitas.

Malah, penderita amnesia biasanya bisa dengan jelas mengingat siapa dirinya. Tapi mereka akan merasa sulit untuk belajar atau menerima informasi, bahkan ingatan yang baru terbentuk.

Amnesia Berbeda Dengan Pikun
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
Ada dua ciri utama amnesia, Pertama adalah Anterograde amnesia yaitu ketidakmampuan untuk belajar informasi baru setelah menderita amnesia.

Kedua, Retograde amnesia yaitu ketidakmampuan untuk mengingat kejadian di masa lalu.

Kebanyakan penderita amnesia mempunyai masalah dengan daya ingat jangka pendek. Ingatan-ingatan terbaru kemungkinan besar akan hilang, sementara ingatan yang sangat mendalam atau sudah dipelajari dari kecil mungkin akan tetap diingat.

Contoh



Amnesia Bukan Lupa Akan Segala Hal
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
Kehilangan ingatan tidak berarti seseorang akan kehilangan kecerdasannya. Begitu juga dengan pengetahuan umum, kesadaran, rentang perhatian, penilaian, kepribadian atau identitas biasanya tidak dipengaruhi oleh amnesia.

Seorang penderita amnesia masih bisa memahami kata-kata—baik secara lisan maupun tertulis, dan belajar keahlian tertentu (seperti bersepeda atau bermain piano). Mereka mungkin sadar jika sedang mengalami amnesia.



Amnesia Bukan Juga Dementia
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau SinetronWalaupun gejalanya mirip, tapi amnesia tidak serupa dengan dementia. Dementia sering disertai dengan hilang ingatan, namun penyakit ini juga melibatkan masalah kognitif yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hilang ingatan juga merupakan gejala umum dari gangguan kognitif ringan (Mild Cognitive Impairment—MCI), tapi tidak separah pada penyakit dementia.

Tanda dan Gejala Amnesia


Berbeda dengan Gila
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau SinetronPerbedaannya kalau orang gila itu jiwa dan akalnya hilang, sedangkan amnesia (hilang ingatan) akalnya masih ada (tetap) dan jiwanya yang hilang, tapi orang ini tidak menghilangkan jiwanya, malah dia mencari jiwanya yang hilang tersebut. Kalau melihat orang Amnesia masih bisa melakukan apapun tapi itu dilakukan secara tidak sadar dan akalnya membimbing dirinya untuk melakukan kebiasaan yang biasa dilakukannya sebelum dirinya Amnesia. Jadi orang Amnesia ini dia melakukan sesuatu tapi merasa lupa karena dirinya tidak mengenali dirinya sendiri dan berusaha untuk mencari.


Amnesia Berpengaruh pada Fungsi Otak
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau SinetronUntuk menjalankan fungsi normal memori, banyak bagian otak yang terlibat dan penyakit atau cedera pada otak dapat mengganggu fungsi tersebut. Amnesia bisa saja diakibatkan oleh kerusakan pada struktur otak yang mengontrol emosi dan ingatan.

Amnesia yang disebabkan oleh cedera atau kerusakan pada otak dikenal sebagai amnesia neurologis/organik. Beberapa hal yang menyebabkan amnesia jenis ini adalah sebagai berikut:

Hal yang menyebabkan Amnesia


Amnesia Bukan Kaya di Sinetron!
Quote:Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
Dalam kisah fiksi diceritakan bahwa amnesia bisa disebabkan oleh cedera kepala, seperti ketika terjadi kecelakaan mobil. Namun pada kenyataannya, hal ini biasanya hanya menimbulkan kebingungan dan kesulitan dalam mengingat informasi baru, dan bersifat sementara.

Kaya yang sering kita lihat di pertelevisian Indonesia, lupa amnesia diindentikan dengan lupa semua hal. Seolah-olah dia seperti lahir kembali, tapi kalau lahir kembali kan harus diajarin dulu kaya ngomong, jalan, dll. Lah tapi ini udah bisa ngomong SAYA SIAPA? wkwk. Yang ada di cuci otak atau dihipnotis kalau sampe lupa diri emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak (S)



Jenis-Jenis Amnesia


SUMUR


BONUS


Pengalaman Kaskuser


Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
Diubah oleh aldydwprnt
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 12
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:25
Quote:Original Posted By dhittoarief
amnesia sesaat? atau bs disebut trauma? ada gak?


Amnesia baru trauma gan, dua2nya termasuk. Ada
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:37
Berarti selama ini yang diilustrasikan di film-film mengenai amnesti itu adalah sebuah penyesatan informasi dong. Ane udah terlanjur percaya bahwa orang amnesti itu akan lupa dengan segalanya ternyata hanya ingatan-ingatan baru yang susah masuk ke dalam otaknya. Padahal ane sudah punya keinginan agar kena amnesti biar nggak bayar utang emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:44
Kayaknya ane pernah amnesia anterograde, waktu itu ane lagi ke rumah abang ane malem-malem naik sepeda, mau minjem keril. ane jalan di pinggir, tiba-tiba disamber motor dari sebelah kanan.

abis itu blank, tiba-tiba bangun ane udah di tempat cuci mobil, ditolongin orang-orang. ane bingung abis ane di mana dan mau ngapain, celingukan ga jelas ngenalin lingkungan selama beberapa menit, padahal ane lewat situ hampir tiap hari, tapi ane ga ngenalin sama sekali. yang ane inget cuma tiba-tiba badan ane nukik ke depan stang sepeda... udah, blank. akhirnya ada orang yang nelpon rumah pake hp ane, disamperin deh.

lumayan damage-nya, bonyok, sikut sama bahu kanan dislok, rim sepeda peang, baret-baret juga, yang pasti ane gagal naik gunung sama pacar. emoticon-Hammer2
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:52
jadi selama ini amnesia yg di pilem boongan yak? emoticon-Bingung
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:55
Banyak yang begini di DPR
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:56
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Berarti selama ini yang diilustrasikan di film-film mengenai amnesti itu adalah sebuah penyesatan informasi dong. Ane udah terlanjur percaya bahwa orang amnesti itu akan lupa dengan segalanya ternyata hanya ingatan-ingatan baru yang susah masuk ke dalam otaknya. Padahal ane sudah punya keinginan agar kena amnesti biar nggak bayar utang emoticon-Wkwkwk


Amnesti mah beda lagi sama Amnesia gan
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 15:58
Bawah ane siapa?
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:03
ini ane juga keknya amnesia deh, ga bisa inget beberapa kejadian yang lalu
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:06
ane pernah kecelakaan,,dan ane jadi lupa gimana rasanya pacaran...ane amnesia berarti ya ? FYI,,ane jomblo udah bertahun-tahun gan.. emoticon-Frown
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:08
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Berarti selama ini yang diilustrasikan di film-film mengenai amnesti itu adalah sebuah penyesatan informasi dong. Ane udah terlanjur percaya bahwa orang amnesti itu akan lupa dengan segalanya ternyata hanya ingatan-ingatan baru yang susah masuk ke dalam otaknya. Padahal ane sudah punya keinginan agar kena amnesti biar nggak bayar utang emoticon-Wkwkwk


lu kira amnesti pajak emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:12
bokap ane akhir 2014 pernah kecelakaan mobil nabrak beton di tol, sampe amnesia cuma ga ada sehari. Pas di kantor polisi dia bingung mau kemana, cuma inget keluarga doang. Temen-temen dia sama karyawan sendiri dia ga kenal, malah nanya itu siapa emoticon-Hammer2. Selama dia amnesia itu bener-bener kek orang ling lung dah. Jadi kalo di FTV" sampe lupa diri sendiri dan segalanya itu kebangetan dibuat-buatnya emoticon-Wakaka
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:13
ngeri klo jatoh kena kepala
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:18
Quote:Original Posted By jagoan_maru
Kayaknya ane pernah amnesia anterograde, waktu itu ane lagi ke rumah abang ane malem-malem naik sepeda, mau minjem keril. ane jalan di pinggir, tiba-tiba disamber motor dari sebelah kanan.

abis itu blank, tiba-tiba bangun ane udah di tempat cuci mobil, ditolongin orang-orang. ane bingung abis ane di mana dan mau ngapain, celingukan ga jelas ngenalin lingkungan selama beberapa menit, padahal ane lewat situ hampir tiap hari, tapi ane ga ngenalin sama sekali. yang ane inget cuma tiba-tiba badan ane nukik ke depan stang sepeda... udah, blank. akhirnya ada orang yang nelpon rumah pake hp ane, disamperin deh.

lumayan damage-nya, bonyok, sikut sama bahu kanan dislok, rim sepeda peang, baret-baret juga, yang pasti ane gagal naik gunung sama pacar. emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By milen
bokap ane akhir 2014 pernah kecelakaan mobil nabrak beton di tol, sampe amnesia cuma ga ada sehari. Pas di kantor polisi dia bingung mau kemana, cuma inget keluarga doang. Temen-temen dia sama karyawan sendiri dia ga kenal, malah nanya itu siapa emoticon-Hammer2. Selama dia amnesia itu bener-bener kek orang ling lung dah. Jadi kalo di FTV" sampe lupa diri sendiri dan segalanya itu kebangetan dibuat-buatnya emoticon-Wakaka


Pejwan meluncuur gan
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:20
Quote:Original Posted By 5.november
ane pernah kecelakaan,,dan ane jadi lupa gimana rasanya pacaran...ane amnesia berarti ya ? FYI,,ane jomblo udah bertahun-tahun gan.. emoticon-Frown


Ente jomblo akut gan bukan amnesia, buruan cari pacar daripada keburu gila beneran emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:24
Sungguh telah memakan banyak korban jiwa

Kamper emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 16:45
berarti sedikit bodoh atau semacamnya gitu..
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 17:03
Quote:Original Posted By aldydwprnt


Ente jomblo akut gan bukan amnesia, buruan cari pacar daripada keburu gila beneran emoticon-Ngakak


ane salah berarti,,,mohon ampun gan emoticon-Frown
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 17:41
Yang di sinetron mah lebayy
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 17:49
Mantap gan sharenya emoticon-Jempol
0 0
0
Mengenal Amnesia, Bukan Kaya Di Film Atau Sinetron
04-05-2017 17:51
sepupu gw pernah kecelakaan. terus dia ilang ingatan, dia ga inget gw gt :" dia jg teriak2 kaya orang gila gt lah. parahnya lg jd ga bisa ngomong bahasa sunda, kalo ngamuk2 pake bahasa inggris. mamahnya jd bingung ngurusnya emoticon-Sorry
0 0
0
Halaman 9 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia