News
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/590931d51cbfaa055e8b456c/keren-pemerintah-gratiskan-biaya-kirim-buku
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Walaupun telat sehari, tapi semangat buat terus mendukung pendidikan di Indonesia untuk jadi lebih baik jangan pernah padam ya Gansist.
Lapor Hansip
03-05-2017 08:26

Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku

Past Hot Thread
Selamat Hari Pendidikan Nasional! Walaupun telat sehari, tapi semangat buat terus mendukung pendidikan di Indonesia untuk jadi lebih baik jangan pernah padam ya Gansist. Salah satu caranya adalah dengan menumbuhkan minat baca di masyarakat, melalui buku atau jendela dunia. Sering ane liat banyak yang bikin donasi buku untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia, tapi terkendala di ongkos kirim ekspedisi yang nggak bisa dibilang murah. Apalagi buku juga lumayan berat.

Di Hardiknas kemarin, ternyata para pegiat buku ini bertemu dengan Presiden Jokowi dan menghasilkan kebijakan pengiriman buku GRATISS untuk masyarakat di daerah terpencil. Good news!

Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku


Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan bahwa pemerintah akan menerapkan kebijakan pengiriman buku secara gratis kepada pegiat baca buku bagi masyarakat yang berada di daerah pada hari-hari tertentu.

"Saya minta disediakan satu hari saja untuk kirim buku itu gratis. Tadi sudah disetujui, setiap bulan," kata Presiden Jokowi usai silaturahim bersama pegiat literasi inspiratif di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Hal tersebut, menurut Presiden, merupakan masukan dari para pegiat minat baca karena mereka merasa tarif pengiriman buku yang mahal ke daerah-daerah terpencil.

Presiden Jokowi menjelaskan kendala yang dialami oleh para pegiat baca, antara lain tarif pengiriman buku yang mahal dan transportasi yang sulit di berbagai daerah, terutama kawasan terpencil.

Oleh karena itu, Presiden telah meminta kepada PT Pos Indonesia untuk dapat menyediakan pengiriman gratis buku-buku ke berbagai daerah pada satu hari tertentu.

"Bulan depan, tadi saya sudah janji, mulai saya kirim, termasuk juga yang ongkos kirim bulan depan sudah mulai gratis," kata Presiden Jokowi.

Presiden mengapresiasi upaya para tokoh pegiat minat baca yang telah mengabdi dengan bersusah payah menembus daerah pelosok menggunakan kendaraan seadanya, seperti motor, bemo, pedati, angkot, bahkan menunggang kuda.

Untuk mendukung upaya pegiat baca buku, Presiden Jokowi menargetkan setidak-tidaknya ada 10.000 buku ada di sejumlah daerah yang memiliki perpustakaan keliling.

"Nanti yang akan kita sambungkan, agar macam-macam bacaan itu ada, dan juga sekali lagi ini bisa menggerakkan minat baca anak-anak kita dalam rangka mencari pengetahuan, mencari ilmu dari buku," ujar Kepala Negara dan Pemerintahan RI.

Sebanyak 39 orang pegiat baca buku menyambangi Istana Negara berdiskusi bersama Presiden Jokowi mengenai upaya meningkatkan minat literasi masyarakat, terutama di daerah menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei.

Sementara itu, Robianto (31), seorang tokoh pegiat baca buku dari Desa Bayalangu, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengatakan bahwa dirinya terinspirasi berkeliling meminjamkan buku bacaan karena pengalaman pribadi.

Ia pun menjelaskan sejak tahun lalu membuat perpustakaan keliling menggunakan pedati ditarik motor roda dua.

"Saya termotivasi dari pribadi sendiri, karena saya sekolah dulu saja gak sampai SMA, hanya SMP. Alhamdulillah karena saya bergaul dengan buku saya jadi tahu ini itu," ujar Robianto kepada ANTARA News, seusai bertemu Presiden Jokowi.

Sebelumnya, ia berkeliling meminjamkan buku kepada masyarakat,terutama anak-anak, menggunakan tas ransel.

Untuk menarik minat anak-anak membaca buku, ia juga menyediakan berbagai permainan, seperti congklak dan monopoli.

Kini pedatinya juga dihiasi berbagai tulisan motivasi agar anak-anak gemar membaca, dan di bagian atap depan ada kepala kerbau berwarna hitam.

"Ya, kalau pedati itu kan dulunya ditarik oleh kerbau. Itu juga untuk menarik rasa penasaran masyarakat," demikian Robianto, sambil terkekeh.
Editor: Priyambodo RH
Diubah oleh KASKUS.HQ
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:05
Quote:Original Posted By DjuDjuk
Bodo...mau nangis 2 x mereka?? emoticon-Ngacir


wowo gak ngulang sujud syukur legendaris lg gak ya? emoticon-Hansip
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:12
nyimak aja deh...
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:13
Quote:Original Posted By piko.taro


wowo gak ngulang sujud syukur legendaris lg gak ya? emoticon-Hansip


Gak gan...dia bakal realistis, wowok khan bukan keledai emoticon-Frown yg mau percaya lagi survey puskaptis dan pekaes
Skrg lagi nyari pasangan yg cocok untuk mengalahkan Jkw emoticon-linux2
Bisa jd dia gandeng anies yg bisa gerus suara dari kaum ulama
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:27
Sipppp
Tp smoga berita ini tdk menjolimi generasi emas 212 emoticon-Ultah
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:28
Mantab pak jokowi
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:30
pengiriman di gratiskan, tapi masih banyak oknum di luaran yg memanfaatkan beginian. semoga bisa di jaga.
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:32
Digratiskan aja buat siswa yg beneran tidak mampu.. emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:36
hari apa nih yg gratis
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:37
wah program keren nih, jadi bisa sharing buku ke perpus" keliling daerah terpencil

semoga lancar dan kedepannya terus berlanjut
Diubah oleh godaanpuasa
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:38
ditunggu realisasinya emoticon-Big Grin
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:40
hidup pak jokowi

semoga bapak sehat selalu dan tambah sukses
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:41
top markotop...ayo kirim2 buku
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 04
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:48
mengedukasi warga yg berada d pelosok negeri dgn menumbuhkan minat baca

dgn harapan berkurangnya populasi loyalis fvcktard d NKRI agar tdk menjadi beban negara

0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:48
biaya listrik diturunin jok...emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:52
alhamdulillah emoticon-Genit
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:54
efek listrik naik 100% , biaya ongkir buku gratis. Mantap djiwa emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:57

Pengiriman lewat kantor pos ya?jne tiki gmn?hahaha bisa gratis jg?
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:58
mantav jivva emoticon-thumbsup
0 0
0
Keren! Pemerintah Gratiskan Biaya Kirim Buku
03-05-2017 15:58
ketika bangun infrastruktur, dibilang tak memperhatikan rakyat kecil yang memprihatinkan. ketika memberikan bantuan pada rakyat kecil, dibilang tak memperhatikan infastruktur yang makin memperihatinkan. Pemerintah kerja nya ngapain sih ???

Sumbu pendek
Diubah oleh jokerandbane
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia