iskrimAvatar border
TS
iskrim
7 Website Lokal yang Pernah Kena Hack Beserta Alasannya
7 Website Lokal
yang Pernah Kena Hack Beserta Alasannya




Befikirlah sebagai seorang pemula, maka dunia ini akan terbuka bagimu
= AnonymousHacker =

[ HT# 112]

Baru-baru ini lagi hangat pemberitaan sebuah website lokal yang bergerak dibidang operator telekomunikasi terkena serangan hacker, alasanya sepele, karena hacker merasa perusahaan telekomunikasi tersebut semena-mena menentukan harga dengan paket yang tidak sesuai harapan. Lucunya sebagian besar masyarakat justeru berterimakasih atas kelakuan hacker ini karena dirasa mewakili kekecewaan mereka. Sepertinya ini hal yang klasik, dengan memiliki keahlian meng-hack, si hacker sendiri berhasil men-deface atau mengubah tampilan depan sebuah website untuk menarik perhatian, cara berdemo yang cerdas.

Perlakuan hacker baik mendeface sampai membobol sistem keamanan selalu menjadi topik yang menarik dan hangat. Sedangkan sejarah terjadinya hack-menghack ini sudah cukup lama. Pada tahun 1983 untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414 yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat. 414 merupakan kode area lokal mereka berkumpul. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan data 60 buah komputer, yakni milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Meng-hacker sendiri bisa dilakukan oleh perorangan maupun organisasi, hacker atau Peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan, merasa mendapat tantangan, kekecewaan, menunjukkan eksistensi dan masih banyak lagi alasan lainnya. Sedangkan tokoh hacker pertama yang berhasil menarik perhatian dunia adalah Kevin Mitnick. Di usia 12 tahun, Mitnick sudah melakukan aksi peretasan pertamanya dengan cara membobol sistem kartu bus berlangganan di Los Angeles. Nah, man-temans, gan end sista ane akan share nih beberapa website lokal yang pernah di hack hingga membuat pemilik website menjadi gusar. Web apa saja, nyuuk deh kita check in shoooow! emoticon-Cool




Website 1

Spoiler for :




Website 2

Spoiler for :




Website 3

Spoiler for :




Website 4

Spoiler for :




Website 5

Spoiler for :




Website 6

Spoiler for :




Website 7

Spoiler for :




update gan!
BARUSAN ANE DAPET INFO KALAO INDOSAT OOREDOO JUGA KENA HACK!


Penampakkannyya:







Sumur: https://www.google.com/amp/www.dunia...telkomsel/amp/






Kenapa Website Bisa Di Hack?
Website yang tidak memiliki sistem keamanan yang kuat dan berlapis biasanya memiliki celah yang bisa dimasuki oleh para Hacker, pada umumnya ada empat point yang bisa menjadi sasaran Hacker, diantaranya adalah:

Celah Pada Scripting Body Website :
Kesalahan dalam scripting pembuatan web adalah hal terbanyak yang dimanfaatkan oleh para hacker, sehingga rata-rata web yang berhasil diserang melalui lubang ini. Kelemahan-kelemahan scripting dan kesalahan yang ditemukan pada proses vulnerabilities scanning misalnya, XSS, SQL Injection, PHP Injection, HTML Injection, dan lain sebagainya.

Lubang Dari Website Lain :
Jika web lain yang satu server hosting dengan web kita memiliki celah untuk diserang maka kemungkinan besar website kita bisa terinfeksi sehingga hacker bisa menanam program yang dijadikan backdoor. Dengan backdoor inilah hacker bisa masuk ke dalam web kita bahkan web lainnya. Lebih sadisnya para hacker bisa menginfeksi seluruh website dalam satu server tersebut.

Tempat Hosting yang Bermasalah:
Jika perusahaan hosting tempat kita menyimpan data website kita tidak termaintance dengan baik, jarang diupdate, dan jarang dipatch, akan mudah terkena serangan. Maka dari itu sebelum menggunakan jasa hosting sebaiknya ente benar-benar memperhatikan layanan dan kualitas penyedia hosting tersebut.




Bagaimana Pencegahannya?

Tips Pertama
Pada umumnya, hosting websites dilakukan pada ISP (Internet Service Provider) dengan space tertentu, lalu kita melakukan upload website via FTP atau via CPANEL (Control Panel). Webhosting inilah yang rawan dan mudah sekali dibobol oleh Hacker di antaranya mengunakan teknik SQL Injection. Maka disarankan agar mengunakan Server sendiri dan mengunakan VPS (Virtual Private Server). Dengan Server sendiri atau Virtual Private Server bisa mengunakan berbagai proteksi terhadap kita secara Customized. Beda dengan Web Hosting, proteksi security dilakukan terserah apa kata ISP. Kelemahan proteksi inilah yang dimanfaatkan oleh Hacker dengan melakukan Port Scanning untuk menemukan celah security yang bisa ditembus untuk bisa masuk dan mengambil alih websites tersebut.

Tips Kedua
Mengunakan Hardware Security yang powerfull diantaranya yang memiliki fitur Firewall, IDS (Intrusion Detection System) dan IPS (Intrusion Prevention System). Contohnya mengunakan Fortigate, Cisco Series Security, 3Com Tipping Point, dan lainnya. Dapat juga mengunakan software IDS seperti Black ICE Countermeasures ataupun Distro Linux untuk security system seperti Smootwall, Monowall, Customized Distro Linux, dan lainnya. Umumnya, baik software maupun hardware security ini bisa secara otomatis mengirimkan email alert bahkan bisa mengirimkan alert via SMS jika system mendeteksi adanya serangan dari hacker.

Tips Ketiga
Mengunakan system yang Stable yang sudah perfect systemnya, sehingga kemungkinan adanya celah keamanan juga dapat diminimalkan. Banyaknya software atau tool web builder dengan berbagai versi terutama versi gratis/ free License/ Freeware, sebaiknya para pemakai memilih versi yang sudah dinyatakan Stable. Seperti adanya BUG pada software Joomla versi 1.5.0 – 1.5.5.

Tips Keempat
Web Administrator/ System Administrator harus melakukan Review, Testing, Simulasi secara berkala terhadap keamanan pada Server yang dikelolanya. Bahkan bisa bekerja sama dengan Hacker (White Hacker yang dapat dipercaya reputasinya) untuk melakukan Audit terhadap implementasi Security Web Servernya. tkp








guk




sumur: berbagai sumber | sotosop: iskrim | sumur gambar: oom gugel



>> Rekomendasiin HT, gan <<

Main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya
>> klik disini gan <<

emoticon-Nyepi emoticon-Leh Uga emoticon-Nyepi


Diubah oleh iskrim 02-05-2017 07:39
0
70.2K
325
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.