godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Kata Siapa Vaping Aman? Salah! Ini Buktinya!


Saat ini, tren vaping atau menghisap rokok eletrik sedang merebak di tengah-tengah masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia. Diklaim sebagai alternatif rokok konvensional yang lebih aman, menyebabkan banyak perokok berpindah haluan dan kemudian memilih untuk menggunakan alat ini. Namun, tahu nggak sih kalau ternyata rokok elektronik sama, jika tidak lebih, berbahaya dengan rokok biasa? Nggak percaya? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nikotin



Banyak orang percaya bahwa vapelebih aman digunakan dibanding rokok biasa karena tidak mengandung nikotin yang berbahaya bagi otak dan menyebabkan kecanduan. Benarkah? Salah. Dalam vape, terdapat kandungan nikotin yang berbentuk cairan. Lebih lanjut, banyak peneliti yang percaya bahwa nikotin cair ini justru lebih berbahaya bagi tubuh karena dapat menyumbat pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko stroke bagi penggunanya.

2. Zat kimia



Dalam beberapa merek dagang vape, terdapat kandungan zat kimia bernama Formaldehyde. Tahu nggak sih kalau senyawa tersebut hanya boleh dimanfaatkan untuk kebutuhan industri bangunan sehingga sangat berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh ?

Lebih lanjut, Erika Sward, peneliti dari American Lung Association, menyatakan bahwa dalam vapeterkandung zat Antifreeze dan Diacetyl yang jika sampai terhisap dapat merusak paru-paru. Mengerikan, bukan?

3. Bahaya untuk sistem pernapasan



Pernah nggak sih kmau memperhatikan kemasan vape? Di sana, tertera jelas bahwa uap rokok eletronik ini berbahaya jika terhisap langsung karena dapat menyebabkan beberapa masalah pernapasan, seperti asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), bronkitis, dan pneumonia. Jadi, meskipun vapetidak menghasilkan asap, uap yang dihasilkan tidak kalah berbahayanya bagi tubuh.

4. Alat vape meledak



Akhir-akhir ini, masayarakat Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan meledaknya vape di Bandung dan Bali. Karena penggunaannya tidak sesuai dengan anjuran pemakaian, rokok elektrik ini kemudian meledak sehingga menyebabkan bagian wajah dan tangan terbakar.

Jadi, masih mau ikut-ikutan tren ngevape? Semoga tidak, ya!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


Kalo butuh bacaan kesehatan yang informatif dan menarik, cek di TKP sini ya Gan! emoticon-Ngacir2

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!
:terimakasih
Diubah oleh Kaskus Support 06 22-04-2017 15:23
0
213.5K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.