Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f4115a1ee5dfdf4c8b4567/unik-dan-menarik--berikut-7-transportasi-umum-khas-dari-berbagai-negara
Manusia senantiasa berpindah untuk berbagai keperluan. Selain berjalan kaki, dahulu manusia memanfaatkan hewan sebagai sarana transportasinya. Namun seiring
Lapor Hansip
17-04-2017 07:50

UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA

Past Hot Thread
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA

Manusia senantiasa berpindah untuk berbagai keperluan. Selain berjalan kaki, dahulu manusia memanfaatkan hewan sebagai sarana transportasinya. Namun seiring perkembangan zaman, manusia mulai menciptkan alat bantu perpindahan seiring dengan ditemukannya roda yang awalnya menggunakan bahan kayu. Perkembangan itu terus saja terjadi hingga akhirnya kita mengenal berbagai moda transportasi seperti hari ini.

Menariknya lagi, alat transportasi juga memiliki kekhasan tersendiri berdasarkan kondisi masing-masing daerah dan kearifan lokal masyarakat negara tersebut, baik yang sudah ada sejak lama maupun yang terbilang baru. Jika di Indonesia, kita mengenal becak sebagai alat transportasi khas yang hampir disemua wilayah memilikinya dengan berbagai keunikan masing-masing. Di berbagai belahan dunia lain juga memiliki moda transportasi yang terbilang khas dari negara/daerah tersebut. Bagi pecinta traveling, seringkali mencoba naik kendaraan tradisional khas suatu negara menjadi suatu kewajiban sebagai bentuk pengalaman baru. Nah, berikut ini kita akan membahas berbagai alat transportasi khas suatu negara yang mungkin saja menjadi negara tujuanmu selanjutnya.


1.Tuk Tuk, Si Populer dari Thailand
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via dailystar.co.uk

Jika mendengar kata Tuk Tuk, pasti banyak diantara kita yang sudah mengetahuinya sebagai moda transportasi khas Negeri Gajah Putih. Kendaraan khas yang lumrah dijumpai di kota Bangkok dan kota lain di Thailand ini memiliki bentuk mirip bajaj. Beroda tiga dengan supir berada di sisi depan dan penumpang berkapsitas 3 orang duduk di belakangnya. Hanya saja bedanya, tuk tuk berbentuk lebih terbuka dibanding bajaj. Sekarang juga Tuk Tuk mulai banyak dimodifikasi khusus wisata sehingga muatan penumpang bisa lebih banyak.

Nama Tuk tuk sendiri dipercaya berasal dari bunyi mesin yang dihasilkan yang terdengar seperti ‘tuk..tuk..tuk..’ sehingga orang-orang menyebutnya tuk tuk. Sebagai kendaraan khas, Tuk Tuk juga menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Thailand. Banyak wisatawan mancanegara yang dengan sengaja menaiki tuk tuk sebagai bentuk aktivitas wisata.

Bagi kamu yang tertarik mencoba naik Tuk Tuk ketika di Thailand, lebih baik melakukan tawar menawar di awal. Hal ini karena seringkali supir Tuk Tuk melakukan pemerasan, apalagi memang tidak ada harga patokan khusus yang resmi. Selain itu, langsung saja menyebutkan lokasi tujuan dengan jelas karena kebanyakan supir Tuk Tuk tidak mahir bahasa Inggris, dan jika kamu bingung dengan lokasi tujuan, bisa-bisa kamu ditipu dengan meminta uang lebih.

Sebenarnya selain di Thailand, kendaraan sejenis atau mirip Tuk Tuk juga bisa dijumpai di negara-negara lain seperti Bangladesh, Pakistan, Srilanka, hingga Mesir. Namun bagi kita orang Asia Tenggara, Tuk Tuk sudah sangat identik dengan Thailand, bukan?


2. Jinrikisha, Becak Khas Jepang
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via meetup.com

Kalau kamu senang menonton film-film klasik Jepang, pasti kamu pernah melihat kendaraan mirip becak tetapi pengemudinya menarik dengan cara berlari di depan, mirip dengan gerobak barang sih, tapi ini orang yang diangkut. Kendaraan tradisional yang sangat khas Jepang itu bernama Jinrikisha yang jika diartikan perkata ialah jin untuk manusia, riki untuk tenaga, dan sha yang berarti kendaraan.

Melihat pembawa Jinrikisha yang harus berlari membawa becaknya, memang nampak kasihan. Apalagi becaknya sendiri sudah berat, ditambah pula dengan berat penumpangnya maka sudah terbayang bagaimana beratnya beban yang harus diangkut. Namun meskipun begitu, kendaraan ini tetap dipertahankan terutama bisa kalian jumpai di kawasan Asakusa Tokyo dan Kyoto.

Dalam sejarahnya, Jinrikisha sudah ada sejak tahun 1868 dan akhirnya diperkirakan sebagai cikal bakal becak kayuh yang dikenal di berbagai negara. Sekarang Jinrikisha lebih banyak digunakan sebagai atraksi wisata. Pengemudinyapun sangat ramah, rapi, dan seringkali lucu, hal ini lagi-lagi untuk menarik perhatian wsiatawan. Hanya saja memang tarif naik Jinrikisha ini terbilang cukup merogoh kocek yaitu bisa mencapai 4.000 yen untuk sekitar 15 menit. Jika dirupiahkan bisa mencapai 500 ribu. Harga yang terlalu tinggi jika dibandingkan becaknya di negeri kita. Tapi begitu tetap saja Jinrikisha tak kehabisan peminat, apalagi memang di Jepang sendiri biaya hidupnya jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Sebenarnya kendaraan sejenis Jinrikisha tidak hanya bisa dijumpai di Jepang, karena kendaraan ini juga digunakan di Tiongkok, India, dan beberapa negara lainnya.


3. Jeepney, Angkot Jeep Ikon Filipna
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via ironwulf.net

Mobil jeep memang bukan kendaraan tradisional Filipina, tetapi penggunaan mobil jeep untuk angkutan umum dengan cat mencolok dan penuh lukisan merupakan ikon bagi negara tersebut. Dikenal dengan nama Jeepney, angkutan sejenis angkot jika di Indonesia ini merupakan kreasi warga lokal berpuluh tahun lalu ketika melihat banyaknya mobil jeep yang ditinggalkan pasukan Amerika ketika Perang Dunia II. Meskipun begitu, Jeepney yang beroperasi saat ini merupakan mobil baru buatan lokal dengan mesin dari Jepang.

Jeepney bisa kalian temui di kota-kota besar di Filipina termasuk Manila sebagai ibukota negara. Selain oleh warganya, bentuk yang tak umum untuk angkutan massal serta ornamen unik yang terpasang membuat Jeepney juga menarik perhatian wisatawan, tak heran banyak wisatawan mancanegara dengan sengaja mencoba merasakan naik mobil tersebut. Tarif naik jeepney juga terbilang standar angkutan umum lainnya, hal ini karena memang Jeepney juga digunakan warga lokal.

Potensi Jeepney dalam menunjang kepariwisataan Filipina nampaknya diperhatikan pula secara serius oleh pemerintahnya. Terbukti dengan diadakannya festival seni khusus Jeepney setiap tahunnya. Jeepney akan dihias secara menarik dan dipamerankan dihadapan umum. Puluhan Jeepney juga akan berparade dijalanan kota sehingga membuat jalanan kota nampak semarak dan beraneka warna.


4. Gondola, Takkan Terpisah dari Venesia
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via hecktictravel.com

Mendengar kata Gondola, pastilah imajinasi kita akan tertuju pada romantisme kehidupan sungai di sebuah kota bernama Venesia. Kota yang seolah terapung karena kanal-kanalnya yang mengelilingi setiap sudut kota membuat Venesia tak lepas dari transportasi air sejenis perahu tersebut.

Gondola memang sangat ikonik bagi Venesia. Tak ke Venesia jika tidak naik Gondola, kurang lebih begitulah umpamanya mengibaratkan pentingnya Gondola dalam kepariwisataan kota di negara Italia tersebut. Bentuknya yang ramping nan elegan, ditambah sang pengayuh atau dipanggil Gondolier yang seringkali menggunakan pakaian khas, membuat pengalaman menaiki Gondola sangat berkesan. Suasana romantis juga tak perlu dipaksa, karena akan hadir dengan sendirinya.

Tarif menaiki gondola memang terbilang cukup mahal yaitu sekitar 60-80 euro untuk satu jam perjalanan, tetapi karena Gondola sudah sangat identik bagi Venesia, wisatawan tetap saja memburunya dan membuat kehidupan kanal-kanal di sana selalu ramai. Dengan naik gondola juga sebenarnya sekaligus city tour menikmati bangunan-bangunan tua dan kehidupan di sekitarnya, sehingga sudah memperolah paket wisata khusus sekaligus.


5. Schwebebahn Wuppertaler, Bukti Majunya Teknologi Jerman
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
photo by Truus, Bob & Jan too on Flickr

Jerman memang sangat terkenal sebagai negara industri dan teknologi. Bukti itu dapat kita lihat dari semua sektor kehidupannya termasuk dalam hal transportasi. Satu diantaranya ialah sebuah Kereta Gantung untuk transportasi massal yang berada di Kota Wuppertal.

Kereta Gantung ini bukanlah kereta gantung seperti kereta gantung wisata, tetapi benar-benar berbentuk kereta bergerbong layaknya kereta api, hanya saja keretanya melaju di bawah rel atau menggantung. Bukan sebuah transportasi baru, tapi kereta gantung ini sudah ada sejak tahun 1900. Terbayang kan, betapa majunya teknologi Jerman sejak dahulu.

Pemilihan tipe kereta berupa gantung seperti ini mengikuti kondisi alam kota tersebut yang dikellingi perbukitan, penuh rawa dan sungai, serta jalanan kota yang sempit nan berkelok. Karenanya, kaisar yang berkuasa saat itu menyetujui penggunaan kereta gantung dan bertahan hingga saat ini.

Karena keunikannya, Schwebebahn tidak hanya dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat disana, tetapi berhasil menarik perhatian wisatawan. Tak jarang, wisatawan mancanegara yang datang ke Jerman, sengaja datang ke Kota Wuppertal hanya untuk melihat dan naik langsung merasakan perjalanan di dalam gerbong kereta yang melaju hingga 60 km perjamnya.

Untuk dapat mencoba naik ke Kereta Gantung khas ini, pengguna harus mengeluarkan uang sekitar 2 euro. Harga yang cukup pantas dan wajar untuk transportasi di eropa dengan pengalaman yang tak biasa tersebut.


6. Hippo, Si Amfibi dari Victoria BC Canada
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via tourismvictoria.com

Pengalaman fantastis akan kalian rasakan ketika mencoba moda transportasi unik satu ini. Dikenal dengan nama Hippo, bus amfibi alias bisa mengapung di air bak kapal ini merupakan jenis transportasi umum yang populer di Kota Victoria. Jika kamu ke Kanada, maka sangat direkomendasikan mencobanya. Apalagi bentuknya yang unik perpaduan kapal dan bus, membuat Hippo sangat menarik perhatian.

Moda transportasi unik satu ini sejak tahun 2000 beroperasi di Kota Toronto, namun sejak tahun 2011 berpindah ke Victoria B.C. Kendaraan ini memang dikhususkan untuk pariwisata dengan berkeliling kota selama sekitar 1,5 jam, 50 menit di daratan dan sisanya 40 menit mengarungi sungai.

Berkapasitas sekitar 40 penumpang, bus amfibi bercat mencolok ini beroperasi setiap harinya sejak jam 11 siang hingga 5 sore. Halte atau startnya berada di Jalan Belleville 470. Tarif perjalanannya sendiri sekitar 43 dollar Canada perorang atau bisa juga membeli paket keluarga seharga 125 dolar Canada untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak.

Selain di Kanada, kalian juga bisa menjumpai bus amfibi serupa di Kota Rotterdam, Belanda. Di Belanda, transportasi ini dikenal dengan nama Amfibus. Bentuk dan sistemnya juga sama dimana wisatawan diajak berkeliling kota dari daratan hingga di perairan.


7. Norry, Kereta Bambu Khas Kamboja
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
via landtourcambodia.com

Jika kamu menyukai hal-hal unik, mencoba naik kereta bambu sederhana di Kota Battambang, Kamboja ini bisa dilakukan. Kereta yang dimaksud disini bukan kereta berbentuk lokomotif melainkan hanya rakitan bambu membentuk papan persegi yang berjalan di atas jalur atau rel kereta api dengan bantuan mesin. Bentuk transportasi sederhana ini mungkin pernah atau masih dijumpai di beberapa sudut kota Jakarta, tetapi di Kamboja, Norry -begitu nama kereta bambu ini disebut- benar benar digunakan sebagai transportasi umum dan berhasil mencuri perhatian wisatawan.

Jalur rel kereta api yang digunakan merupakan jalur yang sudah sangat jarang dilalui kereta api, karenanya warga akhirnya berpikir kreatif menciptakan moda transportasi unik ini untuk mempermudah mobilitas mereka. Sama seperti transportasi umum lain, Norry yang bisa dinaiki sekitar 10 orang ini juga menerapkan tarif untuk setiap sekali perjalanan. Tarifnya tentu sangat murah dan terjangkau.

Keunikan Norry akhirnya justru menarik banyak minat wisatawan, tak heran jika justru hampir setiap hari ada saja wisatawan mancanegara datang dan mencoba merasakan sensasi naik Norry. Bagi wisatawan, biasanya perjalanan dapat berupa paket wisata sekitar 1 jam. Perjalananpun semakin menarik lagi karena jalur yang dilalui merupakan jalur bernuansa alam nan asri.

SUMBER
profile-picture
sevenfiveseven memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 08:01
Pertalite diamankan emoticon-Leh Uga
Gambarnya satupun gak nongol tuh emoticon-Hammer2

EDIT: jaringannya error akibat terlalu semangat buat pertamax emoticon-Hammer2 emoticon-Leh Uga


-----
Gak kepikiran kalo yang terakhir itu lagi enak-enaknya jalan dibelakangnya ada kereta beneran lewat emoticon-Takut emoticon-Leh Uga
Diubah oleh insanw16
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 08:34
nomor 4 gondola tapi gambarnya kang becak
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 08:41
ilustrasi nomer 2 ama 4 kok sama sih emoticon-Hammer2
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 08:45
no 7 di jakarta jg ada emoticon-Big Grin
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:07
di indonesia BECAK gan emoticon-Jempol
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:13
nyimak aja

jauh soalnya
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:40
odong odong
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:41
yang dari Jerman keren gan emoticon-Wow
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:47
kereta kelinci dri indonesia mana gan emoticon-Big Grin
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 09:54
jadi pengin coba norry emoticon-Ngakak
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 10:12
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 10:14
bajay jakarta gada bro?
emoticon-Nohope
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 10:32
Jinrikisha mahal amat.
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 10:35
yang nomor 2 bikin sehat gan emoticon-Big Grin
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 10:40
diindonesia mungkin banyak becak bentor dokar andhong odong odong emoticon-Ngakak
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 11:06
Nomer 7 kayaknya ngga unik 😊
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 11:22
yang kamboja kaya nya seru yah
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 11:59
kereta bambu lucu ya emoticon-Matabelo
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 12:25
jepnei..kaya oplet ituhh
0 0
0
UNIK DAN MENARIK ! BERIKUT 7 TRANSPORTASI UMUM KHAS DARI BERBAGAI NEGARA
17-04-2017 12:43
Yang gondola gambarnya salah tuh, Gan emoticon-Peace emoticon-Peace
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
KASKUS Theater
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia