Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51da7a771acb170e32000004/13-cara-berhenti-merokok-yang-efektif
Caranya efektif temen dan coba loh gan :ngakak Kebanyakan orang sudah tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan serangan jantung. Jika kita tahu bahwa merokok berbahaya, mengapa kita tidak bisa berhenti melakukannya? Karena nikotin adalah salah satu tipe adiktif yang sangat kuat sehingga menyebabkan keterga
Lapor Hansip
08-07-2013 15:38

13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif

Caranya efektif temen dan coba loh gan emoticon-Ngakak



Kebanyakan orang sudah tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan serangan jantung. Jika kita tahu bahwa merokok berbahaya, mengapa kita tidak bisa berhenti melakukannya? Karena nikotin adalah salah satu tipe adiktif yang sangat kuat sehingga menyebabkan ketergantungan. Selain itu harga rokok yang relatif terjangkau menyebabkan seseorang sangat sulit untuk berhenti. Ketika orang mencoba untuk berhenti, mereka sering mengalami gejala-gejala yang disebabkan nikotin seperti kecemasan, mudah tersinggung, sakit kepala, depresi, dan kegelisahan. Tapi perokok bisa, dan jangan hentikan begitu mereka menemukan alasan yang tepat untuk berhenti merokok. Dibawah ini 13 tips berhenti merokok yang efektif :

Know Why You Want to Exit
Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti "Karena itu buruk bagi kesehatan Anda" tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang - orang di sekitar anda terkena penyakit - penyakit berbahaya seperti kanker paru - paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok??? hehe ). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.



Jangan Berhenti Merokok Saat Itu Juga
Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu "haus" akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.


Lakukan Nikotin - Replacement Therapy
Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk "merokok satu batang saja" akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, "lozenges", dan "patches" dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.

Minta Resep Pada Dokter Anda
Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.



Jangan Rahasiakan Kalau Kamu Berhenti Merokok
Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Jauhkan Diri Anda Dari Stress
Salah satu alasan orang merokok adalah bahwa nikotin dapat membantu mereka rileks. Setelah Anda berhenti, Anda akan perlu cara lain untuk mengatasi stres. Mencoba mendapatkan pijat biasa, mendengarkan musik santai, atau belajar yoga atau tai chi. Jika mungkin, hindari situasi stres selama beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.

Jauhkan Diri Anda Dari Alkohol
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk mengurangi minuman keras ketika Anda pertama berhenti. Jika kopi adalah pemicu, beralih ke teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda biasanya merokok setelah makan, menemukan sesuatu yang lain untuk melakukan sebaliknya, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen karet.

Bersihkan Rumah Anda
Setelah Anda merokok rokok terakhir Anda, bersihkan semua asbak dan korek api. Mencuci pakaian apapun yang berbau seperti asap dan membersihkan karpet Anda, gorden, dan kain pelapis. Gunakan penyegar udara untuk membantu membersihkan rumah Anda dari aroma rokok yang familiar. Anda tidak ingin melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda tentang merokok.

Coba dan Coba Lagi
Sangat umum jika Anda kambuh ingin merokok kembali. Banyak perokok mencoba beberapa kali sebelum menyerah dari rokok untuk selamanya. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan Anda kambuh untuk merokok lagi. Kemudian menggunakannya sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Anda untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan untuk mencoba lagi, menetapkan "tanggal berhenti" dalam bulan depan.

Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala ketergantungan. Bila Anda ingin merokok, memakai sepak bola atau sepatu jogging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan sangat membantu, seperti berjalan - jalan di taman atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran
Jangan mencoba untuk diet sambil berhenti merokok - kekurangan terlalu banyak nutrisi pasti akan menjadi bumerang. Sebaliknya, fokuslah pada makanan buah buahan, sayuran, dan produk rendah lemak. Sebuah studi di Duke University menunjukkan makanan ini membuat rokok terasa mengerikan. Ini memberi Anda peralatan perang saat mengidam rokok selain itu tubuh Anda juga menjadi sehat.

Keuntungan berhenti merokok
Selain manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satu keuntungan dari berhenti merokok adalah semua uang yang Anda akan hemat. Hadiahi diri Anda dengan menghabiskan sebagian dari uang itu ( ingat! sebagian.. hehe ) pada sesuatu yang menyenangkan.
Lakukan Untuk Kesehatan Anda
Ada lebih dari keuntungan materi semata yang didapat. Berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan langsung. Ini menurunkan tekanan darah Anda dan mengurangi detak jantung Anda hanya dalam 20 menit setelah merokok. Dalam sehari, karbon monoksida dalam darah Anda kembali normal. Dalam waktu dua minggu sampai tiga bulan, resiko Anda dari serangan jantung menurun dan paru-paru Anda mulai berfungsi lebih baik. Manfaat jangka panjang termasuk penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru-paru, dan kanker lainnya.

Penulis berdo'a semoga Anda dapat segera berhenti merokok mengingat banyak sekali dampak merokok bagi kesehatan baik bagi diri kita, masyarakat dan lingkungan.


Cendol emoticon-Berduka (S)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 16:44
percuma gan pake cara seefektif gmn juga kl ga ad niat buat berhenti ga kan berhenti emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 17:03
Alhamdulilah ane udah berhenti total dr meroko, ane ngerokok dr kelas 5 SD gan sampe tamat SMK. berenti meroko pas lulus SMK karna ane mikir'a bgni "Ngapain duit ane bakar-bakarin mending d tabung bwat kulian or beli yg bermanfaat". kadang ad jg sih rasa mau ngerokok dateng, sebagai obat klo pngen ngerokok ane suka ngantongin permen, jd klo mau ngerokok ane makan permen gan, ahlamdulilah berkat niat dan kemauan ane berhenti totil...
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 17:15
Quote:Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala ketergantungan. Bila Anda ingin merokok, memakai sepak bola atau sepatu jogging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan sangat membantu, seperti berjalan - jalan di taman atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.


yang ini efektif ganemoticon-Big Grin
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 21:27
> Jauhkan Diri Anda Dari Stress emoticon-Bingung (S) suseh gan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 21:32
waduh..makasih bangetnih tipsnya gan
kebetulan ane lagi mau brenti ngrokok nih...doakan ane gan
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
08-07-2013 22:01
ane dulu perokok berat gan, 2 bungkus samsu sehari, kl begadang jadi 3 bungkus, kl beli rokok 3 selop seminggu. tapi ane bs berhenti ngerokok saat itu juga. saat ane mau berhenti ya berhenti.

ga disangkal ada keinginan untuk ngerokok lagi. tapi sayang lah ama kesehatan, untuk menguatkan tidak merokok maka bencilah rokok dan segala macam baunya

ane ampe minta ruangan sendiri dikantor kl orang masih pada ngerokok. akhirnya sekarang meeting and office area smoking free, kecuali ruangan bos.

resepnya.
1. niat. kl udah niat ga usah lah nyoba sebatang-sebatang. bukan niat kl udah sebulan berhenti trus ngerokok lagi. ingat niat puasa?lakukanlah seperti itu
2. buang semua keinganan akan rokok. patahkan semua rokok yg dimiliki, ga usah kasih orang lain. patahin trus buang. jangan bilang sayang lah dipatahin, mendingan daripada dibakar udah buang duit malah ngerusak badan.
3. ga usah pake nikotin patch dan segala omong kosong bule itu. bersihkan badan dari zat additive biar ga terus ketagihan. awalnya emang susah, tapi pasti bisa. PASTI!! yg bikin orang ga bisa berhenti dari zat additive itu karna mereka menggunakan substitute. itu omong kosong gan
4. minta dukungan lingkungan dan keluarga. saat ada keinginan alihkan! kl lingkungan ga ngedukung jauhin. kantor ga ngedukung pindah kerja
5. jauhkan kangen ma barang itu. ibarat kata dulu ente demen ml ma pacar ente, kl udah putus masa masih minta ml?jatah darimana?
6. ga usah di hitung2 udah berapa hari. seperti kl puasa ramadhan ente ngitungin jam dan hari bakal kerasa tuh beratnya. tapi kl nyantai aja dan jalanin hari seperti biasa semua itu akan mudah gan
Diubah oleh toketchoro
0 0
0
13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif
16-04-2017 13:52
Kerugian merokok selain bag kesehatan
https://hkomedi.blogspot.co.id/2017/...hatan.html?m=1
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia