• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Temuan Para Ilmuan Ini Bisa Membuat Layar Ponsel Memperbaiki Goresannya Sendiri

eBayDabaDiAvatar border
TS
eBayDabaDi
Temuan Para Ilmuan Ini Bisa Membuat Layar Ponsel Memperbaiki Goresannya Sendiri
Spoiler for NO REPOST:


Jika ente menjatuhkan ponsel dengan keras di lantai dan membuat layarnya rusak, ente biasanya akan dihadapkan dengan dua pilihan,
memperbaikinya di tukang servis atau membeli ponsel baru.

Para ahli kimia Universitas California di kota Riverside telah menciptakan apa yang bisa menjadi pilihan ketiga, bahan material layar ponsel yang bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Para peneliti melakukan beberapa uji coba pada bahan material tersebut, termasuk kemampuannya melawan goresan-goresan benda tajam.
Setelah mereka membelahnya menjadi dua bagian, lalu keduanya ditempelkan lagi, maka secara dramatis bisa diperbaiki sendiri dalam waktu kurang dari 24 jam, seperti yang terlihat di foto.

Chao Wang, ketua penelitian bahan material penyembuhan diri sendiri mengatakan pada Businessman Insider, bahan material yang bisa diregang 50 kali dari ukuran aslinya ini, terbuat dari polimer yang bisa diregang dan garam ionik.

Ini adalah fitur ikatan khusus yang disebut interaksi ion-dipol, dimana merupakan kekuatan antara ion bermuatan dan molekul pilar.
Atau dalam bahasa sehari-hari artinya saat bahan materi ini rusak atau tergores parah, maka ion-ion dan molekul-molekul saling tarik menarik satu sama lain untuk memperbaikinya goresannya sendiri.

Baru kali ini para ilmuan menciptakan bahan penyembuhan sendiri yang bisa menghantarkan arus listrik. jadi ini sangat bermanfaat untuk layar smartphone dan baterai.

Wang mengatakan, beberapa ponsel LG sudah disematkan dengan bahan materi yang sama di bagian cover belakang ponsel yang bisa memperbaiki goresan sendiri. tapi dia tidak menghantarkan listrik jadi produsen tidak bisa menggunakannya untuk layar.
Kita tahu kebanyakan layar ponsel memiliki grid elektroda di bawahnya, dan saat kamu menyentuhnya, jarimu ( yang juga konduktif ) melengkapi sirkuitnya.

Sepertinya kita harus bersabar, karena Wang memprediksi kalau temuannya ini baru bisa digunakan pada layar dan baterai di tahun 2020.

Timnya akan mempamerkan hasil penelitiannya di pertemuan hari Selasa dalam American Chemical Society, yaitu organisasi ilmiah terbesar di dunia yang khusus di bidang studi kimia.

"Bahan material perbaiki-sendiri mungkin terlihat berbeda di penerapannya nanti, tapi saya yakin mereka segera akan keluar bersamaan dengan ponsel" katanya.
"Dalam tiga tahun akan lebih banyak produk-produk yang memilikinya di pasaran dan merubah kehidupan kita sehari-hari. Ini bisa membuat ponsel kita nanti mendapatkan kinerja lebih baik dari apa yang bisa ponsel capai sekarang."

Semoga penemuan ini benar-benar bermanfaat dan diterima dengan baik dipasaran, bukan seperti penemuan-penemuan lain yang pada akhirnya hilang entah kemana.

Baca Sumber Artikel Yahemoticon-Big Grin
emoticon-Cendol (S)
Quote:


emoticon-Wakaka
0
2.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.