black stone
TS
black stone
Sebentar Lagi Minum Air Pun Bisa Sekalian Ama Botolnya Gan!


The future is near. Maksudnya, jaman sekarang ini udah banyak inovasi yang canggih-canggih ya Gan. Termasuk dalam usaha memberikan yang terbaik untuk lingkungan. Misalnya saja masalah botol plastik yang jumlahnya terus bertambah dan membahayakan lingkungan. Sebuah inovasi dibuat untuk mengatasi masalah tersebut.



Sebuah cara baru untuk mengemas air minum tanpa meninggalkan sampah plastik, yaitu dengan Ooho, sebuah bola agar-agar. Dengan Ohoo ini, tempat air minum itu bisa agan telan bersamaan dengan airnya, atau kalau gak mau ditelan, bungkusnya bisa dibuang ke tempat sampah organik, karena mudah terurai.



Bentuk Ohoo memang gak seperti botol minum, melainkan bulat-bulat kayak bola-bola air. Desainnya memang suah lama ada dan sudah dikaji selama 2 tahun. Kini Ohoo akhirnya sudah siap diluncurkan ke pasaran. Prototipe Ohoo dibuat pada 2014 sebagai alternatif botol plastik. Ide ini pun mendapat respon positif dan beberapa orang juga memncoba membuatnya sendiri di rumah dengan eksperimen sederhana.



Ohoo dibuat berdasarkan sebuah teknik kuliner yang disebut spherification. Spherification adalah proses untuk membuat makanan yang bentuknya gelembung dan berisi cairan. Teknik ini biasa digunakan untuk membuat caviar buatan dan bola-bola jus yang ada di boba tea. Caranya dengan memasukkan sebuah es di kalsium klorida dan ekstrak alga coklat, sehingga membentuk selaput yang menyelimuti es tersebut, yang kemudian akan mencair di dalamnya. Karena selaput itu dari alga, makanya bisa dimakan daripada dibuang. Kalaupun dibuang gak akan mengotori lingkungan Gan. Meskipun begitu, selaput ini memang gak ada rasanya, tapi kalau memang agan pengen nambahin perasa juga bisa.

Perusahaan yang memproduksi Ohoo menargetkan event outdoor dan kafe-kafe untuk pemasarannya. Event seperti festival dan marathon misalnya, seringkali menyediakan banyak air minum kemasan. Sedangkan untuk kafe, Ohoo juga bisa menjadi pilihan karena bisa dibuat dengan sangat cepat.

Wah, sebuah inovasi yang bagus untuk bumi yang lebih sehat ya Gan!
Mau cobain bikin sendiri? Liat tutorialnya di video ini.



sumber

Diubah oleh black stone 13-04-2017 06:01
nona212
nona212 memberi reputasi
1
55.8K
318
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.