thunderbolt123Avatar border
TS
thunderbolt123
Daftar Lengkap Anggota Justice League dan Kekuatan Mereka


Justice League sudah ada cukup lama. Ada banyak variasi susunan anggota yang pernah terbentuk. Sebagian besar superhero DC pernah bergabung dengan grup superhero ini. Jadi, jika mau dikumpulkan, daftar superhero yang pernah menjadi anggota Justice League akan panjang sekali.

DC dan Warner Bros kian mantap dengan proyek film Justice League mereka. Meski film Batman V Superman mendapat respon yang kurang memuaskan, tidak menyurutkan niat mereka memproduksi film live action pertama yang menampilkan tim superhero DC tersebut. Rencananya film Justice League Part One akan dirilis pada 17 November 2017. Film pertama Justice League ini akan menghadirkan Superman, Batman, Flash, Aquaman, Cyborg, dan Wonder Woman.

Sebelum menuju nama – nama superhero yang pernah menjadi anggota Justice League dalam komik beserta kekuatan mereka, ada baiknya kita sedikit membahas sejarah tim superhero DC ini.

Sejarah singkat Justice League

Pada tahun 1960, genap 9 tahun sudah, DC Universe tidak memiliki tim superhero. Petualangan terakhir tim superhero Justice Society of America, yang notabenenya adalah tim superhero pertama, berakhir pada tahun 1951. Absennya kisah – kisah tim superhero disebabkan karena para pembaca komik kala itu lebih memilih genre lain, seperti : horror, romance, sci-fi dan lain – lain.

kehadiran komik Barry Allen sebagai The Flash pada tahun 1956, melahirkan generasi baru pahlawan super berkostum. Kala itu, Julie Schwartz, seorang editor komik DC, memutuskan bahwa generasi baru superhero ini membutuhkan tim mereka sendiri. Demi mewujudkan gagasannya tersebut, sang editor memanggil Gardner Fox dan Mike Sekowsky. Mereka berdua akhirnya menciptakan Justice League of America yang memulai debutnya dalam sebuah judul percobaan, ‘The Brave and The Bold’.

Kisah pertama petualangan Justice League of America dimulai dengan melawan Starro, sosok alien mirip hewan bintang laut yang mampu mengendalikan pikiran. Dalam komik tersebut, tim superhero ini diceritakan sudah lama terbentuk dan digawangi oleh 5 superhero, yaitu : Hal Jordan alias Green Lantern, Diana Prince alias Wonder Woman, Barry Allen alias The Flash, Arthur Curry alias Aquaman dan J’onn J’onzz alias Martian Manhunter. Menariknya, dua superhero terpopuler DC, Batman dan Superman, tidak banyak muncul pada awal – awal cerita Justice League of America. Mereka berdua hanya sesekali bergabung jika memang dibutuhkan.

Kisah pertama Justice League dalam ‘The Brave and The Bold’ sama sekali tidak mengulas awal mula terbentuknya tim yang digawangi Flash dan kawan – kawan. Debut mereka justru langsung menghadirkan cerita sebuah tim yang sudah terbentuk cukup lama. Hal ini dilakukan kemungkinan untuk menarik perhatian para pembaca, semacam percobaan untuk melihat respon mereka. Ketika para pembaca sudah mulai tertarik, baru cerita tentang asal usul terbentuknya Justice league diterbitkan.

Benar saja, kala itu para pembaca sangat penasaran dengan latar belakang bergabungnya para superhero DC ini. Dua tahun kemudian, dalam komik Justice League of America yang sedang berjalan, para pembaca akhirnya mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka.

Dalam komik Justice League of America Vol 1 #9, yang terbit tahun 1962, diceritakan awal mula terbentuknya Justice League of America adalah ketika 7 superhero DC harus bekerja sama jika ingin mengalahkan Appellaxians, sebuah ras alien yang ingin menguasai dunia. Setelah berhasil mengatasi ancaman ras alien tersebut, para superhero ini menyadari bahwa mereka tidak mungkin bisa melakukannya tanpa kerja sama tim. Oleh karena itu, Bruce dan Barry mengusulkan agar mereka membentuk sebuah tim atau kelompok superhero demi menumpas berbagai ancaman yang tidak bisa mereka atasi sendirian.

Sejak saat itu, petualangan tim superhero Justice League of America pun dimulai. Mereka menghadapi ancaman dalam berbagai bentuk dan ukuran dari seantero alam semesta. Amazo, Crime Syndicate dari Earth-3, Despero dan Secret Society of Super Villains adalah beberapa contoh ancaman yang pernah mereka hadapi.

Munculnya berbagai variasi Justice League

Kesuksesan komik Justice League membuat DC tergiur untuk membuat lebih banyak variasi tim Superhero ini. Ide ini melahirkan berbagai jenis tim Justice League yang baru, bahkan ketika komik tim Justice League lain sedang terbit. Di antaranya adalah Justice League Detroit, Justice League International, Justice League Europe, Justice League Task Force, Extreme Justice, dan lain - lain. Timbulnya tim tim baru juga sedikit banyak berdampak pada pembengkakan jumlah anggota.

Namun tak disangka, keberadaan lebih dari satu tim Justice League, berdampak pada kualitas masing – masing cerita , yang ternyata jadi menurun. Hal ini pun berimbas pada penurunan hasil penjualan komik. Sadar akan hal ini, DC akhirnya mengurangi jumlah seri Justice League, hingga tersisa satu saja. Kondisi ini bertahan cukup lama, namun belakangan, DC kembali menerbitkan lebih dari satu seri Justice League dalam satu waktu.

Oke, sudah cukup berbicara tentang sejarah dan latar belakang Justice League, kini saatnya membahas daftar superhero yang pernah menjadi anggota, lengkap dengan data – data lain, seperti kekuatan, nama asli, pencipta, dan sebagainya.

Berikut daftar anggota Justice League dan kekuatannya :

1. SUPERMAN



Pencipta : Jerry Siegel & Joe Shuster

Nama Asli : Clark Kent / Kal-El

Profil Singkat : Ketika planet Krypton berada di ambang kehancuran, Kal-El yang masih bayi dikirim ke Bumi menggunakan roket oleh kedua orang tuanya. Di Bumi (tepatnya Amerika), ia diadopsi oleh keluarga Kent dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang alien asal Krypton, sinar matahari Bumi memberikannya kekuatan super. Clark menggunakan kekuatan besar yang ia miliki untuk melindungi Bumi dari berbagai ancaman. Penduduk Bumi pun memanggilnya dengan nama ‘Superman’.

Kekuatan dan Kemampuan Superman : Kecepatan Super, Kuat, Menyerap Energi, Terbang, Cepat Sembuh Dari Luka, Penglihatan Panas, Nafas Es, Kecerdasan, Kebal, Berumur Panjang, Stamina, Pendengaran Super, Penglihatan Super, dan Gesit.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Action Comics #1 – Superman, Champion of the Oppressed

2. BATMAN



Pencipta : Bob Kane & Bill Finger

Nama Asli : Bruce Wayne

Profil Singkat : Setelah menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh, Bruce Wayne bertekad membalas dendam dengan cara membasmi semua tindak kejahatan di kota kelahirannya, Gotham. Ia berlatih keras demi mencapai kesempurnaan mental dan fisik, mempelajari berbagai jenis teknik bela diri, ilmu penyelidikan detektif, dan cara berpikir para pelaku kejahatan. Menggunakan kostum mirip kelalawar serta berbagai senjata canggih, ia memburu para penjahat dan dikenal sebagai sosok legendaris Batman.

Kekuatan / Kemampuan Batman : Ahli beradaptasi, Lincah, Ahli Meloloskan Diri, Cerdas, Ahli Taktik & Strategi, Stamina, Ahli Menyusup, Ahli Bela diri Tanpa Senjata, Ahli Senjata, Pemimpin yang handal, dan Ahli Membidik.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Detective Comics #27 – The Case of The Chemical Syndicate

3. WONDER WOMAN



Pencipta : William Moulton Marston & Gardner Fox

Nama Asli : Diana Prince / Diana of Themyscira

Profil Singkat : Wonder Woman adalah salah satu pembela kedamaian dan kesetaraan terkuat di Bumi. Putri Amazon yang juga merupakan anggota Justice League ini, sering dijadikan contoh ideal superhero wanita. Awalnya, ia digambarkan lahir dari tanah liat yang diberi nyawa oleh para dewa, namun beberapa tahun terakhir, asal usulnya berganti menjadi anak dewa Zeus dan ratu Hippolyta.

Kekuatan / Kemampuan Wonder Woman : Lincah, Ahli Beradaptasi, Terbang, Cepat Sembuh Dari Luka, Hipnotis, Abadi, Cerdas, Kebal, Pemimpin yang baik, Sihir, Ahli Membidik, Stamina, Pendengaran Super, Kecepatan Super, Kuat, Ahli Pedang, Telepati, Ahli Melacak, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, dan Ahli Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : All-Star Comics #8

4. AQUAMAN



Pencipta : Paul Norris & Mort Weisinger

Nama Asli : Arthur Curry / Orin

Profil Singkat : Aquaman adalah penguasa Atlantis dan seluruh lautan di Bumi. Orang Atlantis dengan kekuatan dan kecepatan luar biasa yang mampu memerintah semua mahluk laut. Anatomi tubuhnya yang unik memungkinkan dirinya untuk bertahan di darat dan bawah laut di mana tekanan udara dan suhu kurang bersahabat. Dikenal dengan nama Orin dalam lingkungan kerajaan Atlantis, dan Arthur Curry dalam kehidupan manusia Bumi, ia bertekad menggunakan kekuatan super dan pengaruh politiknya untuk melindungi dua dunia tersebut.

Kekuatan / Kemampuan Aquaman : Lincah, Pengendali Hewan, Pengendali Listrik, Cepat Sembuh Dari Luka, Pengendali Es, Cerdas, Kebal, Berumur Panjang, Radar Sense, Stamina, Mampu Bernapas Dalam Air, Pendengaran Super, Penglihatan Super, Kuat, Ahli Pedang, Telepati, Teleport, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, Pengendali Air, dan Ahli Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : More Fun Comics #73

5. MARTIAN MANHUNTER



Pencipta : Joe Certa & Joe Samachson

Nama Asli : J’onn J’onzz

Profil Singkat : J’onn J’onzz melakukan teleportasi dari Mars ke Bumi beberapa dekade lalu. Karena alasan yang tidak begitu jelas, ia tidak bisa kembali ke planet asalnya dan akhirnya terdampar di Bumi. Di planet asalnya, ia adalah seorang polisi penjaga perdamaian yang dikenal dengan nama Manhunter. Sebagai seorang Manhunter, ia terlatih menggunakan kekuatan aliennya dan memiliki kemampuan penyelidikan (detektif) yang mumpuni.

Kekuatan / Kemampuan Martian Manhunter : Lincah, Astral Projection (Berpisah Ruh Dari Badan), Berbaur Dengan Lingkungan Seperti Bunglon, Mampu Mengendalikan Kepadatan Tubuh, Tubuh Elastis, Terbang, Cepat Sembuh Dari Luka, Hipnotis, Napas Es, Mampu Menciptakan Ilusi, Cerdas, Mampu Membuat Tubuhnya Tak terlihat, Kebal, Pemimpin Yang Baik, Berumur Panjang, Kemampuan Supranatural, Merubah Bentuk Tubuh, Merubah Ukuran Tubuh, Stamina, Ahli Menyusup, Penglihatan Super, Penciuman Super, Kecepatan Super, Kuat, Bisa Berkomunikasi Langsung Dengan Berbagai Teknologi, Telekinesis, Telepati, Mampu Menembus Benda Padat, dan Bertarung Tanpa Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Detective Comics #225 - If I Were Batman

6. FLASH



Pencipta : Robert Kanigher, John Broome & Carmine Infantino

Nama Asli : Bartholomew Henry Allen / Barry Allen

Profil Singkat : Setelah terkena cairan kimia dan tersambar petir, seorang peneliti forensik bernama Barry Allen mendapatkan kekuatan super berupa kecepatan. Berbekal kekuatan ini, Ia menjadi superhero Flash yang melindungi kota tempat tinggalnya, Central City. Flash adalah pendiri Justice League sekaligus manusia tercepat di dunia.

Kekuatan / Kemampuan Flash : Kecepatan Super, Cepat Sembuh Dari Luka, Cerdas, Bisa Tidak Terlihat, Pemimpin Yang Baik, Mampu Menembus Benda Padat, Time Travel, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, Mampu Hasilkan Angin Kencang, Stamina, Berumur Panjang, dan Lincah.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Showcase #4 - Mystery of the Human Thunderbolt / The Man Who Broke the Time Barrier

7. GREEN LANTERN



Pencipta : Gil Kane & John Broome

Nama Asli : Harold Jordan

Profil Singkat : Mampu mengatasi rasa takut dan memiliki tekad yang kuat, seorang Pilot-Test bernama Hal Jordan terpilih sebagai Green Lantern untuk sektor 2814, mewarisi cincin dari seorang Green Lantern yang sedang sekarat, Abin Sur. Berbekal tekad dan kekuatan cincin Green Lantern, Hal telah melakukan berbagai aksi heroik di seantero Galaxy dengan bantuan para koleganya di Green Lantern Corps dan rekan setimnya di Justice League.

Kekuatan / Kemampuan Green Lantern : Kecepatan Super, Kuat, Terbang, Astral Projection, Menyerap Energi, Proyeksi Hologram, Mampu Menciptakan Apa Saja Dengan Kekuatan Tekad atau Energi, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, Pemimpin Yang Handal, Mampu Menembus Benda Padat, Cepat Sembuh Dari Luka, Hipnotis, Bisa Tidak Terlihat, dan Blast Power.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Showcase #22 - S.O.S. Green Lantern / Secret of the Flaming Sphere / Menace of the Runaway Missile!

8. CYBORG



Pencipta : Marv Wolfman & George Pérez

Nama Asli : Victor Stone

Profil Singkat : Setengah manusia, setengah mesin – seluruhnya pahlawan ! Setelah mengalami kecelakaan fatal, Victor Stone ditingkatkan kemampuan tubuhnya menggunakan teknologi cybernetic oleh sang ayah. Efeknya, ia mampu berkomunikasi, memanipulasi dan berinteraksi dengan hampir semua jenis teknologi. Selain itu, ia juga memiliki berbagai kekuatan super.

Kekuatan / Kemampuan Cyborg : Lincah, Blast Power, Mampu Berinteraski Dengan Hampir Semua Jenis Alat Elektronik Dan Teknologi, Gadgets, Implants, Cerdas, Kebal, Pemimpin Yang Baik, Radar Sense, Stamina, Pendengaran Super, Penglihatan Super, Kuat, Penghasil Gelombang Getaran, dan Ahli Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : DC Comics Presents #26 - Between Friend and Foe / Where Nightmares Begin / Whatever Happened to Sargon the Sorcerer

9. BLACK CANARY



Pencipta : Robert Kanigher, Carmine Infantino, Dick Dillin, & Dennis O'Neil

Nama Asli : Dinah Lance

Profil Singkat : Dinah Lance lahir dalam keluarga pembasmi kejahatan. Ibunya adalah seorang vigilante, sedangkan ayahnya adalah seorang polisi. Ia tumbuh besar dan bergaul dengan para pahlawan. Dan setelah berlatih cukup lama, ia akhirnya melanjutkan misi ibunya sebagai Black Canary.

Kekuatan / Kemampuan Black Canary : Lincah, Ahli Meloloskan Diri, Terbang, Cerdas, Pemimpin Yang Baik, Ahli Membidik, Teriakan Sonic, Stamina, Ahli Menyusup, Ahli Pedang, Ahli Melacak, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, Ahli Senjata, dan Manipulasi Suara.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Flash Comics #86 - Stone Age Menace; The Valley of the Purple Pilgrim; The Black Canary

10. GREEN ARROW



Pencipta : Mort Weisinger & George Papp

Nama Asli : Oliver Jonas Queen

Profil Singkat : Oliver Queen awalnya adalah seorang anak manja sekaligus playboy pencari kesenangan. Namun, ketika ia terdampar di sebuah pulau, hidupnya berubah total. Demi bertahan hidup di pulau tersebut, ia berlatih keras agar bisa memanah. Seiring dengan berjalannya waktu, ia menjadi sangat ahli melepaskan anak panah dari busurnya. Ketika akhirnya berhasil pulang, ia menggunakan keahlian barunya untuk memberantas kejahatan dan dikenal dengan nama Green Arrow.

Kekuatan / Kemampuan Green Arrow : Lincah, Ahli Meloloskan Diri, Cerdas, Pemimpin Yang Baik, Ahli Membidik, Stamina, Ahli Menyusup, Ahli Pedang, Ahli Melacak, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, dan Ahli Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : More Fun Comics #73

11. RAY PALMER (THE ATOM)



Pencipta : Gil Kane & Gardner Fox

Nama Asli : Raymond Palmer

Profil Singkat : Ray Palmer adalah seorang ilmuwan ahli atom jenius yang sedang berusaha mencari cara untuk merubah ukuran objek menjadi lebih kecil dengan menggunakan white dwarf star matter (semacam potongan bintang dwarf / bintang berukuran kecil ). Pada suatu hari, Ia terperangkap di dalam gua bawah tanah ketika sedang melakukan ekspedisi. Terancam mati jika tidak bisa keluar dari gua tersebut, ia berpikir keras dan akhirnya bisa merubah ukuran tubuhnya sendiri dengan menggunakan potongan bintang dwarf. Berkat ukuran tubuhnya yang mini, ia bisa keluar dari gua melalui lubang kecil. Selamat dari musibah yang menimpanya, Ray Palmer pun memutuskan menjadi superhero dan menambahkan teknologi merubah ukuran tubuh ke dalam sabuk yang ia pakai.

Kekuatan / Kemampuan Ray Palmer (Atom) : Pengendali kepadatan tubuh, Manipulasi Dimensi, Cerdas, Melayang, Merubah Ukuran Tubuh, Ahli Pedang, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, dan Teleport.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Showcase #34 - Birth of the Atom! / Battle of the Tiny Titans!

12. HAWKMAN



Pencipta : Gardner Fox & Dennis Neville

Nama Asli : Carter Hall

Profil Singkat : Cartel Hall, seorang arkeologis dan sejarahwan, ternyata adalah reinkarnasi pangeran mesir kuno bernama Khufu. Ia menemukan fakta bahwa ‘Ninth Metal’ bisa meredam efek gravitasi dan membuatnya dapat terbang dan melayang. Carter memutuskan untuk membasmi kejatahatan dengan kemampuan barunya ini. Ia menciptakan sebuah kostum bersayap guna membantunya terbang. Dan karena kebetulan bekerja di musium, Carter mengambil beberapa senjata kuno sebagai pelengkap aktifitas vigilante-nya.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Flash Comics #1 - Origin of the Flash

13. HAWKGIRL



Pencipta : Geoff Johns, James Robinson & Ivan Reis

Nama Asli : Kendra Munoz-Saunders

Profil Singkat : Shiera Sanders adalah reinkarnasi putri mesir bernama Chay-Ara. Di mas lalu, Chay-Ara menikah dengan pangeran mesir bernama Khufu yang juga bereinkarnasi menjadi Carter Hall. Masih terhubung secara batin, keduanya kembali bertemu dan menjalin cinta sebagai Shiera Sanders dan Carter Hall. Ketika tengah berusaha menangkap para penjahat, Carter meminta bantuan Shiera. Shiera menyamar menjadi Hawkman dan berhasil mengecoh para penjahat sehingga Hawkman bisa menangkap mereka. Sejak saat itu, Shiera mengikuti jejak kekasihnya membasmi kejahatan dan menjadi Hawkgirl.

Kekuatan / Kemampuan Hawkgirl : Lincah, Terbang, Cepat Sembuh Dari Luka, Berumur Panjang, Stamina, Pendengaran Super, Penglihatan Super, Kuat, Teriakan Sonic, Ahli Bela Diri Tanpa Senjata, dan Ahli Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : Flash Comics #1 - Origin of the Flash

14. ELONGATED MAN



Pencipta : John Broome & Carmine Infantino

Nama Asli : Randolph William Dibny

Profil Singkat : Saat remaja, Ralph Dibny sangat tertarik kepada orang – orang yang mempunyai tubuh flexibel dan lentur. Ia menemukan sebuah fakta bahwa semua orang bertubuh lentur yang ia ajak bicara, mengkonsumsi minuman soda populer ‘Gingold’. Mengetahui hal ini, ia bertekad mencari tahu kandungan minuman soda tersebut. Setelah meneliti beberapa lama, ia berhasil mengekstrak kandungan buah langka ‘gingo’ dari negara Yukatan, yang akhirnya memberikan tubuhnya elastisitas luar biasa. Berbekal kemampuan ini, ia menjadi seorang vigilante berjuluk Elongated Man.

Kekuatan / Kemampuan Elongated Man : Elastisitas, Ahli Meloloskan Diri, Cerdas, Pemimpin Yang Handal, Magic, Berubah Bentuk, Berubah Ukuran, Stamina, Kuat, Ahli Melacak, dan Ahli Bela Diri Tanpa Senjata.

Pertama Kali Muncul Dalam Komik : The Flash #112 - Mystery of the Elongated Man! / Danger on Wheels!

#UPDATE

SUMBER : http://movimare.blogspot.co.id/2016/...eague.html?m=1
Diubah oleh thunderbolt123 23-05-2017 17:31
fachri15
fachri15 memberi reputasi
1
96.9K
214
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.