banyakmikirAvatar border
TS
banyakmikir
Tim Ahok klaim isi video kampanye adalah fakta
Juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Raja Juli Antoni menjelaskan tayangan video dengan tagar #BeragamItuBasukiDjarot dengan durasi dua menit menggambarkan fakta sesungguhnya tentang pembangunan mental warga untuk mencapai kebhinekaan yang terbukti belum selesai.

"Video itu menceritakan fakta historis kita sebagai bangsa di mana proses nation building kita memang belum selesai," katanya saat dihubungi, hari ini.

Raja juga membantah lansiran video kampanye tersebut untuk memprovokasi warga atau mengkampanyekan Islamofobia.

Video tersebut diunggah langsung Ahok lewat akun Twitter @basuki_btp, Minggu (9/4/2017) dengan tagar #BeragamItuBasukiDjarot, lalu kemudian mendapatkan kritikan keras dari netizen.

Di awal, video memperlihatkan dua orang di dalam mobil yang terjebak saat terjadi kerusuhan. Sejumlah orang memukul-mukul kaca mobil dan terlihat ekspresi 2 orang dalam mobil tersebut ketakutan. Pada adegan lainnya, ada kelompok yang memakai peci, bersarung, berbaju koko, bersorban, dan berjubah putih tengah melakukan aksi demontrasi dengan membawa spanduk bertuliskan 'Ganyang Cina'.

Tak ayal, video berdurasi dua menit itu mendapatkan respon pedas dari sejumlah netizen karena dianggap rasis dan menghina umat Islam yang dianggap intoleran dan cenderung berperilaku bar-bar.

"Ini sudah keterlaluan bagaimana mungkin islamophobia dikampanyekan di negara mayoritas muslim #KampanyeAhokJahat," kata akun Eko Widodo, @ekowBoy.

"Saya baru lihat video rasis yg gambarkan seolah warga Jkt n muslim penuh kekerasan. Kampanye bodoh yg terus dipelihara. #kebodohanrevolusioner," kicau wakil ketua DPR, Fadli Zon di akun Twitter-nya, @fadlizon.

"Hina banget video kampanye @basuki_btp. Kampanye dan pilkada ini saya pikir sudah sampai titik paling bawah, ternyata ada video kampanye yg levelnya lbh rendah lagi," ujar Elisa Sutanudjaja (@elisa_jkt).


Raja enggan menanggapi beragam kritikan yang disampaikan warga net setelah video tersebut diunggah. Dia menegaskan, fakta kekacauan yang terjadi nyatanya memang selalu ada dalam penggalan sejarah demokrasi yang mencabik-cabik tenun kebangsaan.

"Contoh, spanduk ganyang Cina sering ada kok di aksi-aksi yang dilakukan belakangan ini. Itu kan fakta," tandasnya. BLUNDER SARA

Simbol2 agama mayoritas jd ledekan dan tuduhan sesat oleh kaum bani serbet emoticon-Tai
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.5K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.