• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Penjelasan Kasus Foto Ubur-Ubur Langit Groningen, Refleksi Antara Lensa Dan UFO

mamatpeiAvatar border
TS
mamatpei
Penjelasan Kasus Foto Ubur-Ubur Langit Groningen, Refleksi Antara Lensa Dan UFO
Selamat Malam Pemirsa emoticon-Big Grin
Asalamualaikum Perkenalkan ane MamatPei mau coba bikin thread nih ^_^ walaupun cuma nyontek hehehehe

Saat itu malam hari dan sebuah badai sedang terjadi di Groningen, Belanda. Harry Perton, seorang blogger spesialis alam, tidak melewatkan kesempatan itu. Ia segera mengambil kamera dan memotret suasana langit yang gelap. Ketika melihat hasilnya, ia terkejut karena menemukan sebuah objek bercahaya hijau yang terlihat seperti seekor ubur-ubur atau.... sebuah UFO?

Kasus foto Ubur-ubur Harry Perton ini memang tidak menghebohkan. Tapi saya memutuskan untuk mempostingnya karena penjelasan yang akan saya berikan di tulisan ini bisa menjawab banyak kasus foto "UFO" lainnya yang pernah muncul atau akan muncul di kemudian hari. Jadi mari kita lihat kasus ini bersama-sama.

Berikut adalah foto UFO Ubur-ubur yang berhasil diambil oleh Mr. Perton.
Spoiler for Ubur-Ubur Langit:


Spoiler for Ubur-Ubur Langit:


Quote:


Mr. Perton sendiri percaya bahwa objek dalam foto itu memiliki penjelasan ilmiah.

Quote:


Foto itu diposting Mr. Perton dan perdebatan pun muncul.
Wajar, soalnya objek dalam foto tersebut terlihat seperti sebuah UFO yang sedang memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan hypersonic. Too good to be true.

Beberapa orang yang menolak teori UFO percaya bahwa objek tersebut adalah sebuah “sprite”, yaitu pelepasan listrik dalam skala besar di atas awan badai, atau cumulonimbus. Fenomena ini memang bisa menciptakan cahaya merah oranye yang mirip dengan ubur-ubur.

Spoiler for Ubur-Ubur Langit:


Namun jika kita membandingkan kedua foto tersebut, maka kita akan melihat bentuk yang berbeda. Ubur-ubur Mr. Perton terlihat lebih rapi.

Menariknya, objek yang mirip dengan ini pernah juga terpotret sebelumnya pada Januari 2010. Saat itu, objek yang serupa berhasil diambil oleh Arne Milkalsen di atas Andenesm, Norwegia.

Spoiler for Ubur-Ubur Langit:


Spoiler for Ubur-Ubur Langit:


Mr. Mikalsen mendapatkan objek tersebut ketika sedang memotret Aurora yang terlihat di wilayah itu. Awalnya, Mr. Mikalsen mengira objek tersebut adalah pantulan dari lensa kamera. Namun ketika ia memposting foto tersebut ke situs spaceweather.com, ia mendapatkan tanggapan beragam dari para ahli. Salah satunya seorang ilmuwan bernama Lynn Hansen dari Tromsø Geophysical Observatory.

Menurut Hansen, objek tersebut tercipta karena cahaya aurora yang terpantul ke objek eksternal seperti sebuah pesawat atau yang paling mungkin, sebuah satelit. Ini diperkuat dari warna objek tersebut, yaitu hijau, sama seperti Aurora.

Jika ini yang terjadi, maka satelit tersebut akan berfungsi sebagai Iridium Flare. Satelit iridium sendiri memiliki tiga antena utama dimana pada sudut tertentu, refleksi cahaya matahari dari salah satu antena tersebut akan menimbulkan bintik kecil di permukaan bumi dengan diameter sekitar 6,25 mil.

Lain lagi Pal Brekke, penasihat senior di Norwegian Space Centre. Menurutnya objek tersebut kemungkinan besar hanyalah refleksi dari cahaya lampu jalan.
"...Saya juga belum bisa yakin sepenuhnya, tapi kita juga tidak bisa mengabaikan teori ini.” Kata Mr.Brekke.

Jadi, Apa identitas objek berbentuk ubur-ubur itu sebenarnya? UFO yang sedang bergerak dengan kecepatan hypersonic, ubur-ubur angkasa, pantulan satelit atau refleksi lampu jalan?

Well, misteri yang terlihat rumit ini sebenarnya tidak membutuhkan ilmuwan pemenang Nobel untuk memecahkannya. Cukup seorang fotografer profesional.

Yang saya maksud adalah, Objek tersebut, yang terlihat seperti UFO, sesungguhnya hanyalah refleksi cahaya pada lensa kamera, seperti dugaan awal Mr. Mikelsen dan Mr. Brekke.
Refleksi semacam ini biasa disebut ghosting flare.

Apakah saya memiliki bukti untuk mendukungnya?

Tentu saja.

Quote:


Mungkin diantara kalian ada yang menolak teori ini karena objek yang ditangkap oleh Mr. Perton dan Mr. Mikelson sama sekali tidak mirip dengan refleksi cahaya pada lensa.

Ini tidak benar. Refleksi lensa memang membutuhkan kombinasi antara posisi pemotret, sumber cahaya yang terang, diafragma lensa dan tentu saja materi dari lensa itu sendiri. Dengan kombinasi yang tepat, refleksi lensa dengan bentuk yang unik bisa tercipta. Langka, tapi sangat mungkin.

Contohnya seperti refleksi seperti dibawah ini.

Spoiler for Ubur-Ubur:


Spoiler for Ubur-Ubur:


Dari foto diatas, kita bisa melihat terbentuknya dua piringan dengan satu diantaranya diikuti oleh objek lonjong berbentuk pemukul baseball. Dengan perpaduan ini, maka refleksi yang terbentuk di kanan bawah hampir menyamai bentuk sebuah ubur-ubur.

Kemudian contoh lain. Pada foto ini, refleksi cahaya terlihat membentuk sebuah bulatan seperti roda. Bahkan refleksinya pun berwarna hijau seperti foto Mr.Perton dan Mr.Mikelson. Namun tidak ada yang menganggapnya sebagai UFO karena sumber cahaya terlihat jelas di dalam foto.

Berikut ini juga adalah foto refleksi cahaya yang diberikan oleh komentator pada blog Mr.Perton. Bentuknya terlihat seperti payung, atau ubur-ubur, dan juga berwarna hijau.

Spoiler for Ubur-Ubur Hijau:


Spoiler for Ubur-Ubur Hijau:


Atau contoh lain yang sangat mirip dengan foto Mr. Perton.

Spoiler for Ubur-Ubur Hijau:


Sekarang kita tahu bahwa refleksi lensa bisa menciptakan efek bentuk seperti ubur-ubur atau UFO. Tapi apakah kita bisa membuktikan bahwa objek tersebut adalah benar-benar refleksi pada lensa?

Quote:


Quote:

emoticon-Shakehand2emoticon-Jempol


Sampai disini ada yang mau di tanyakan ? Eaaakkk udah kayak guru IPS aja ^_^ Udah cukup sampai disini saja Terima Kasih emoticon-Big Grinemoticon-Nohope
Diubah oleh mamatpei 08-04-2017 13:40
nona212
nona212 memberi reputasi
1
4.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.