korek.gratisanAvatar border
TS
korek.gratisan
Tepat 36 Tahun Lalu, Pertama Kali Si Unyil Tayang di TV
"Unyil kucing.. Unyil kucing"

emoticon-I Love Indonesia


Anak-anak 80-an sampe 90-an pasti akrab sama karakter Si Unyil. Tokoh boneka kayu yang kepalanya botak dan pake selempang sarung ini terkenal banget di zamannya, bahkan sampe sekarang. Si Unyil dan tokoh-tokoh lainnya dalam serial "Boneka Si Unyil" ini punya ciri khas masing-masing. Misalnya orang malas dipanggil Pak Ogah yang kerjanya mintak "Cepek dulu dong" ada juga bapak-bapak kumis tebal yang dipanggil Pak Raden.

Karakter di Boneka Si Unyil dibuat oleh Pak Drs. Suyadi atau biasa dipanggil Pak Raden. Beliau juga lah yang mengisi suara karakter Pak Raden di serial TV-nya gan.



Tapi agan tau nggak, serial Boneka Si Unyil tayang perdana di TV pada 5 April 1981, tepat hari ini 36 tahun lalu gan!Waaaah Si Unyil udah tua yaaa.

emoticon-Ultah


Awalnya, Pak Suyadi menciptakan Si Unyil supaya ada acara mendidik untuk anak-anak Indonesia di tahun 1980-an. Awalnya serial ini tayang tiap Minggu pagi di TVRI dari 5 April 1981 - 1993, Minggu pagi di RI dari tanggal 21 April 2002 sampai awal 2003 dan pindah ke TPI di tahun 2003 sampai akhir 2003 setiap Minggu pukul 16.30 WIB. Pada 19 Maret 2007, Si Unyil kembali dihidupkan lagi dengan nama Laptop Si Unyil di Trans 7 setiap hari Senin-Jumat jam 13.00 WIB. Kemudian dilanjutin serial Buku Harian Si Unyil yan tayang tiap Sabtu dan Minggu.



Karakternya, lagu pembukanya dan ceritanya tetap dipertahankan, kecuali beberapa hal yang mengikuti perkembangan zaman. Misalnya ucapan "Cepek dulu dong" khas Pak Ogah diganti jadi "Gopek dulu dong." Selain itu, Unyil juga ditemenin sama temen-temennya buat membahas hal berbau pendidikan dengan laptopnya.

Episode Si Unyil tahun 80an nih gan:





Kalo inget Si Unyil, pasti inget jaman kecil dulu. Terima kasih almarhum Pak Suyadi udah menghadirkan karakter yang mendidik untuk anak-anak Indonesia. Di peringatan hari pertama Si Unyil tayang, yuk sama-sama kirim doa buat almarhum Pak Suyadi, semoga selalu tenang di surga. Amin amin..

0
24.2K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.