eBayDabaDiAvatar border
TS
eBayDabaDi
Galaxy S8 - Flagship Yang Bisa Merubah Masa Depan Samsung


Pada tahun 2016 Samsung berhasil masuk ke dalam huru hara gan, karena bencana kegagalan Flagship Note 7.
Hal ini dianggap sebagai salah satu tragedi atau skandal besar dalam industri teknologi.
Reputasi baik Samsung seakan jatuh atas kegagalan tersebut.
Dan sekarang perusahaan asal Korea ini telah resmi mengumumkan smartphone terbarunya yaitu Galaxy S8.
Pertanyannya adalah Apakah Galaxy S8 bisa membuat Samsung move on dari kegagalan Note 7, ataukah justru S8 akan melanjutkan huru haranya dan membuat reputasi Samsung jatuh lebih dalam ?

Sebelum kita membahas bagaimana S8 bisa mempengaruhi perusahaan ini secara keseluruhan, mari kita lihat lebih dekat smartphone itu sendiri.

Galaxy S8 hadir dengan dua varian ;

Galaxy S8 5.8 inci

Galaxy S8+ 6.2 inci


Dua varian mutakhir yang Samsung sebut dengan istilah teknologi "Infinity Display",
Dengan body nyaris tanpa bezell serta layar yang melengkung kebelakang disetiap sisinya seperti Note 7 yang hampir memenuhi seluruh bagian depan ponsel dengan bentuk melingkar disetiap sudut layar membuatnya terlihat berbeda dan mewah ketimbang smartphone lain. Dibekali dengan resolusi layarSuper AMOLED Quad HD+ yaitu 2,960 × 1,440.



Karena flagship ini mengusung istilah"Infinity Display" , Samsung tega menghilangkan tombol fisik home yang biasa ditemui di seri S sebelumnya. Sebaliknya, Samsung lebih memilih menaruh fungsi tersebut kedalam layarnya yang sensitif, membuat fungsinya sama seperti Force Touch nya Apple.
Pemindai sidik jari nya pun telah dipindahkan ke bagian belakang smartphone tepat didekat kamera belakang.
Tentu saja para pengguna Samsung seri S sebelumnya perlu membiasakan diri dengan berbagai perubahan pada S8 ini.



Soal kinerja tidak perlu diragukan lagi, S8 dibekali dengan prosesorExynos 8895 atau "System-On-Chip" Qualcomm Snapdragon 835, disertai dengan RAM 4GB LPDDR4, 64GB penyimpanan internal, dan sebuah slot kartu memori.

Untuk kameranya sendiri, Samsung memutuskan kembali menggunakan kamera belakang 12MP dual-pixel f/1.7 seperti yang terdapat di S7, sementara itu di kamera bagian depan telah diupgrade ke ukuran 8MP autofocus.
S8 hadir dengan baterai 3,000mAh, sementara S8+ dapat porsi lebih besar yakni 3,500mAh.

Berikut perbedaan antara S8 dan S8+ ;

Samsung Galaxy S8

  • Layar Infinity Display 5.8 inci Super AMOLED beresolusi 2,960 x 1,440
  • Prosesor Exynos 8895 atau Qualcomm Snapdragon 835 SoC.
  • RAM 4GB LPDDR4
  • Penyimpanan Internal 64GB beserta slot kartu microSD.
  • Kamera depan 12MP dual pixel f/1.7 dan kamera depan 8M autofocus.
  • Baterai 3,000mAh.
  • Harga Rp. 10,5 jutaan


Samsung Galaxy S8+[B]

  • Layar Infinity Display 6.2 inci Super AMOLED beresolusi 2,960 x 1,440
  • Prosesor Exynos 8895 atau Qualcomm Snapdragon 835 SoC.
  • RAM 4GB LPDDR4
  • Penyimpanan Internal 64GB beserta slot kartu microSD.
  • Kamera depan 12MP dual pixel f/1.7 dan kamera depan 8M autofocus.
  • Baterai 3,500mAh.
  • Harga Rp. 12 jutaan


Berpindah ke bagian fitur, S8 membawa beberapa fitur baru salah satu contohnya adalah [B]Iris Scanner/ Pemindai Iris mata dan pengenal wajah
yang memungkinkan pengguna membuka atau mengunci handphone hanya dengan menatap layarnya saja, hebat bukan..

Sekarang kamu sudah tahu apa yang ada di balik Galaxy S8, jadi mari kita bahas bagaimana ponsel ini bisa mendikte nasib Samsung kedepannya.

Beberapa Bulan Awal S8 Akan Sangat Penting

Yang pertama dan yang paling jelas adalah bisa saja mimpi buruk itu terulang lagi seperti tahun lalu dan Samsung menghadapi masalah serius yang akan semakin merusak reputasinya. Meskipun hadir dengan S8 terbarunya, beberapa laporan insiden ledakan pada Note 7 yang viral di internet masih membekas dalam ingatan.
Mungkin saja setelah orang sudah menggenggam S8 ini mereka khawatir ponselnya tiba tiba membakar dirinya sendiri, satu laporan insiden S8 saja lalu menyebar di Internet bisa bikin heboh.
Semua orang pastinya bertanya-tanya apakah Samsung sudah berbenah dan belajar dari kesalahan pada Note 7, andaikan kegagalan terulang di S8 maka kamu bisa memastikan kalau para pengguna Samsung akan susah memaafkan perusahaan ini.




Perkenalkan Bixby

Mungkin fitur terbesar yang dimiliki S8 adalah Bixby, Asisten Virtual milik Samsung sendiri.
Dilihat dari video demonstrasi yang beredar di YouTube yang memperlihatkan keunggulan Bixby, terlihat bahwa asisten virtual ini bisa melakukan berbagai macam hal yang asisten virtual lain di luar sana bisa lakukan.

Pengenalan Samsung pada asisten virtual Bixby miliknya ini merupakan hal yang menarik. Terlihat jelas bahwa Samsung ingin memasuki ranah persaingan asisten virtual seperti Cortana milik Microsoft, Google Asisten, dan Siri milik Apple.
Selain itu, pengenalan Bixby juga menunjukan Samsung ingin menghubungkan seluruh ekosistem teknologinya melalui asisten digital. Dimana ide penggunaanya adalah melalui perintah suara, eksekusinya mungkin Samsung akan mendapat banyak rintangan dibandingkan asisten digital lain.



Jadi kenapa Bixby akan mendapat banyak tantangan dibandingkan dengan asisten digital lainnya ?
Faktor pertama bisa dilihat dari waktu perilisannya. Keputusan Samsung memasuki ranah pasar asisten digital agaknya sedikit terlambat, seperti diketahui Siri dan Cortana sudah lama keluar terlebih dahulu, sementara Google Asisten sudah diperkenalkan satu tahun sebelum Bixby. Dengan kata lain, Bixby harus meyakinkan pasar secara keseluruhan bahwa asisten digital ini patut diperhitungkan dan mampu bersaing.

Faktor kedua bisa ditentukan dari apakah Bixby akan sukses atau gagal di dalam ekosistem teknologi milik Samsung itu sendiri. Tidak seperti Google, Apple, atau microsoft, Samsung sejatinya adalah perusahaan pembuat perangkat keras/hardware seperti TV, mesin cuci, kulkas dan lain-lain. Perlu diingat juga bahwa Bixby, untuk sementara masih dibatasi di dalam ekosistem Samsung.
Sementara milik Google dan Microsoft bisa dijumpai di berbagai platform.
Sementara ekosistem Apple sebagian besar terbatas, tetapi setidaknya Apple punya keuntungan waktu untuk mengembangkan ekosistemnya untuk Siri karena perilisannya lebih awal ketimbang Bixby.



Singkatnya, kita tidak melihat apakah Bixby akan sebaik asisten digital lain saat ini.
Kemungkinan Bixby akan diterima dengan baik di negara asalnya Korea Selatan, tapi ketika memasuki pasar internasional potensi Bixby perlu dipertanyakan untuk saat ini.

Para Pesaing dan Market Share

Meskipun mengalami kegagalan pada Note 7, Samsung tetap menjadi brand smartphone Android terbaik pada tahun 2016.
Namun, kejayaan Samsung di pasar smartphone sedikit mengalami goncangan berkat sebuah benda bernama Pixel



Ponsel besutan milik Google sendiri yang memasuki persaingan smartphone dan merupakan pesaing langsung untuk flagship smartphone Samsung.
Dengan menilai kualitas Pixel ini, mungkin bisa saja Samsung di depak dari tahta kejayaannya untuk tahun-tahun mendatang.

Bahkan fakta lain yang lebih bikin baper adalah vendor-vendor asal Tiongkok seperti Huawei, Xiaomi, OPPO, Vivo secara perlahan memperoleh market share yang lebih banyak dari Samsung. Meskipun para vendor tersebut masih butuh waktu yang panjang untuk menyamai kesuksesan Samsung.

Tiga faktor utama diatas merupakan faktor yang penting yang kita yakini akan menentukan masa depan Samsung di pasar smartphone.
Meskipun poin-poin yang kita tulis diatas hanya sebatas spekulasi, satu hal yang pasti adalah bahkan jika S8 berubah menjadi sebuah kegagalan lain dan melanjutkan huru hara Samsung sekalipun, perusahan ini dengan segala pengalamannya di dunia teknologi secara keseluruhan akan terus ada.

Biar bagaimanapun, divisi smartphone Samsung hanyalah sebagian kecil dari sebuah perusahaan besar yang memproduksi segudang peralatan dan perangkat di kedua sektor sipil dan sektor militer.

emoticon-Ngacir2 •• SUMBER •• emoticon-Ngacir
0
6.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Product Review
Product Review
icon
14.8KThread479Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.