News
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58e1e38a2e04c8ed458b4567/masih-ada-5-piton-raksasa-mengintai-korban-di-sekitar-akbar-ditelan-ular
TRIBUNNEWS.COM, MAMUJU - Ular piton raksasa yang menelan Akbar (25) petani sawit di Mamuju Tengah Sulawesi Barat memang sudah dilumpuhkan warga. Namun, bukan berarti warga di daerah tersebut bisa bernapas lega. Bagaimana tidak, menurut cerita warga setempat ular piton seperti yang memangsa Akbar ini jumlahnya tak hanya satu. Paman almarhum Akbar, Adhan Andi Tadjuddin bahkan menyebut jika ular ters
Lapor Hansip
03-04-2017 12:54

Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular

Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular


TRIBUNNEWS.COM, MAMUJU - Ular piton raksasa yang menelan Akbar (25) petani sawit di Mamuju Tengah Sulawesi Barat memang sudah dilumpuhkan warga. Namun, bukan berarti warga di daerah tersebut bisa bernapas lega.

Bagaimana tidak, menurut cerita warga setempat ular piton seperti yang memangsa Akbar ini jumlahnya tak hanya satu. Paman almarhum Akbar, Adhan Andi Tadjuddin bahkan menyebut jika ular tersebut tujuh bersaudara. Baru dua yang dibunuh, termasuk yang menelan Akbar. Jadi masih ada lima ekor.

Nah, salah seorang warga yang ditemui TribunSulbar.com mengungkapkan jika melihat seekor ular piton yang mirip dengan yang menelan Akbar mengintai mangsanya di sekitar perkebunan milik Akbar. Ular itu muncul hanya selang dua hari setelah ditemukannya Akbar di perut piton raksasa. Sumber tersebut menyebut piton yang muncul itu memburu hewan ternak warga, ayam.

"Saya lihat di jalan masuk lokasi Akbar ditelan ular, mau makan ayam cuman tidak berhasil," kata sumber tersebut.

Jamak diketahui petani sawit Salubiro, konon daerah tersebut sarang piton raksasa.

“Itu piton tujuh bersaudara, ini mi mungkin temannya,” katanya.

Ayah almarhum Akbar, Muhammad Ramli (50), tidak kaget mendengar ulat piton memburu mangsa ayam. Dia tahu tiap tahun Salubiro, khususnya, merupakan sarang piton. Ramli meminta pemerintah turun tangan atas kejadian yang menimpa putra sulungnya itu.
Gagal Dijual

Bangkai ular piton raksasa yang memangsa dan menelan seorang petani sawit bernama Akbar Ramli (25) akhirnya dikubur, Kamis (30/3/2017). Sebelumnya ular piton tersebut menelan Akbar, seorang petani sawit di Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten MamujuTengah, Sulawesi Barat, Selasa (28/3/2017).

Sebelum dikubur, warga sempat menjemur ular itu karena awalnya mau dijual.

Menurut Rahmat, tetangga korban, awalnya kulit ular tersebut hendak dijual warga karena harganya cukup mahal.

“Mulanya hendak dijual warga setelah diukur ulang panjangnya," ujar Rahmat, yang juga keluarga korban.

Tapi, warga khawatir bisa memicu kemarahan kawanan piton lain yang menyaksikan ular tersebut diperlakukan tidak baik.
"Makanya kita tanam baik-baik,” ujarnya.

Bangkai ular piton raksasa dipastikan ukurannya mencapai 10 meter setelah diukur warga. Bangkai ular akhirnya ditanam di sebuah kawasan perkebunan sawit tidak jauh dari lokasi Akbar ditemukan tewas ditelan ular.

Sementara itu orangtua Akbar, Ramli mengaku, masih khawatir dengan 5 ekor piton lainnya yang kerap muncul di desa mereka. Terutama di kawasan perkebunan sawit milik warga. Luasnya kawasan lahan sawit serta kondisi semak-semak yang rimbun membuat warga sukar menangkap kawanan piton itu.

“Ini berbahaya karena masih ada lima dari tujuh ular piton yang biasa muncul dan dilihat warga. Kalau ini tidak segera ditangkap bisa memangsa korban berikutnya,” ucap Ramli.

Diberitakan Akbar (25) seorang petani asal Dusun Pangerang, Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, tewas ditelan ular piton. Warga menemukan korban masih lengkap dengan pakaiannya setelah menangkap dan membedah ular tersebut. Puluhan warga membedah ular tersebut setelah menangkap dan menyeret ular piton tersebut dari sebuah padang rumput di kawasan perkebunan sawit di Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Senin (27/3/2017). (Ilham Arsyam)

http://www.tribunnews.com/regional/2...an-ular?page=2
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 17:28
Quote:Original Posted By kucingnyapakrt
kata mbah mijan, akbar pingsan setelah ngliat ular piton itu..
mungkin karena shock ngeliat ular segedhe itu..
jadi ular itu menelan akbar yang dalam kondisi pingsan.
akbar ditelan dengan posisi terlentang di atas tanah.

============

katanya kalo kita diem tak bergerak ular bakalan pergi sendiri ya?
ini kok malah dimakan? emoticon-Bingung (S)


Itu mah katanyaaaaaaaaaa...
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:33
Jangan dibantai itu ular
Kasihan bry...
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:45
Quote:Original Posted By khayalan
terus ini solusinya gimana?

1. si uler dibunuhin semua?
2, warga pindah?
3. si uler dipindahin ke tempat yg sangat jauh dari pemukiman warga?
4. Warga nyediain makanan buat si uler tiap minggu?
5. Uler dibuatin kk sama dikasih tempat di sekitar warga, biar bisa jadi tetangga yg baik plus bisa diperdayakan jadi hansip buat jaga kampung?


emoticon-Cendol (S)Ane setuju poin nomor. 5 gan, ulernya buatin kartu keluarga setempat, biar kitak2 tau tuh nama uler sulung sampe yang buncitnya, plus sisilan keluarga mereka, termasuk juga suku aslinya. Buatin KTP dan berdayakan buat jadi hansip kampung emoticon-Add Friend (S)

Kabari ane kalo dah dapet KK, akte ma ktpnyaemoticon-Shakehand2
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:47
Quote:Original Posted By khayalan


Masalah "area" manusia dan binatang mah udah ada dari dulu gan..

Betul.. segala yang dilakukan hewan adalah kesalahan manusia karena hewan hanya bertindak sesuai insting..

Sebenernya semua pemerintahan di dunia termasuk Indonesia sudah mengantisipasi soal ini.. salah satunya dengan menetapkan area hutan lindung, cagar alam dsb..

Jadi area antara "habitat" liar dan manusia sudah dibatasi..

Nah.. soal berita di atas.. itu kebon sawitnya masuk cagar alam atau hutan lindung ga?

Dan kita lihat 2 sisi dah.. hewan juga bisa tertarik untuk "sowan" ke daerah manusia tinggal.. karena ya soal insting tadi..

Di area manusia biasanya banyak makanan.. seperti dalam kasus di atas.. adanya ternak..

Ganteng2 gini ane dulu pas kuliah bekas PA sama frelancer di WWF looh..


manusia memang akan terus menginvasi karena populasinya akan terus bertambah
tp bukan itu yg ingin ane bahas
ane pernah baca bhwa ular piton jinak pun dapat memangsa manusia
jd di artikel itu, diceritakan bhwa ular piton yg panjangnya sudah lbh dr 7m, akan lbh memilih memangsa manusia drpd binatang2 kcil spt tikus dll. penyebabnya adalah energi yg dkluarkan ular piton utk memangsa sgt besar, si piton hrs melilitkan tubuhnya ke mangsanya dan meremas sampe mangsa ga brnyawa br bakal dimakan bulat2. jika mangsanya kcil akan tidak kenyang. jd lbh baik mnyantap yg besar langsung dalam hal ini bisa saja manusia.
karena agan pernah bkerja di WWF, ane mau tanya itu artikel bener ato ga? klo bener, lbh baik memindahkan manusianya atau memindahkan ularnya ke area lain?
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:48
Ini kayak berita posronda.
" ular 7 bersaudara"
"Tapi, warga khawatir bisa memicu kemarahan kawanan piton lain yang menyaksikan ular tersebut diperlakukan tidak baik.
"Makanya kita tanam baik-baik,” ujarnya."

the fact is
Ular python /sanca rata rata bertelur 100buah
Gue gak pernah baca jenis reptilia mempunyai hubungan emosional seperti mamalia.
Fixed ularnya salah karena habitatnya dinegara dunia ketiga. Myth>fact
Diubah oleh tonidookie
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:52
Njir serem gitu ular > 5mtr
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 19:56
Tangkap kirim ke penangkaran hewan aja
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 21:20
Quote:Original Posted By noelsasaki
manusia memang akan terus menginvasi karena populasinya akan terus bertambah
tp bukan itu yg ingin ane bahas
ane pernah baca bhwa ular piton jinak pun dapat memangsa manusia
jd di artikel itu, diceritakan bhwa ular piton yg panjangnya sudah lbh dr 7m, akan lbh memilih memangsa manusia drpd binatang2 kcil spt tikus dll. penyebabnya adalah energi yg dkluarkan ular piton utk memangsa sgt besar, si piton hrs melilitkan tubuhnya ke mangsanya dan meremas sampe mangsa ga brnyawa br bakal dimakan bulat2. jika mangsanya kcil akan tidak kenyang. jd lbh baik mnyantap yg besar langsung dalam hal ini bisa saja manusia.
karena agan pernah bkerja di WWF, ane mau tanya itu artikel bener ato ga? klo bener, lbh baik memindahkan manusianya atau memindahkan ularnya ke area lain?


Ane mah dulu bukan jurusan uler.. dulu mah masuknya ke area penelitian elang jawa.. itu loh.. yg kudu nginep di gunung sampe sebulanan buat liatin sarang ama habitat si elang..

Uler mah rada ga minat.. secara ane ga liat apa lucunya uler.. (walaupun ane ga musuhin uler ya!)

Burung paruh bengkok mah masih bisa disayang2.. uler? Jadi inget temen ane yang artis itu.. Dari beberapa ulernya ada yg dikasih nama pleki.. dipanggil "pleki.. pleki.. sini.. sini.." nengok aja kaga!

Nah setau uler. eh setau ane, manusia itu salah satu makhluk yg paling ditakuti oleh hewan (kecuali gajah). Uler sebesar apapun yang biasa memangsa kebo pun biasanya akan menghindari kontak langsung dengan manusia..

Tapi kalo kepepet (seperti merasa terancam) mah ya dilibas juga.. sama seperti kata pepatah "ujang portal" tetangga ane yang entah gimana caranya sekarang bisa jadi dedengkot ormas: "Lu jual, gw beli!"

Kasus yg ini makanya rada unik (sangat jarang terjadi).. yang jelas uler ga akan makan korbannya idup2.. jadi bisa dipastikan si korban manusia ini sudah mati pas dimakan.. dan sangat mungkin si uler emang kepepet.. alasan kepepetnya bisa dilihat dari visum korban.

Lebih baik memindahkan manusia? Susah! Wong manusia ngegusur manusia biar tertib aja di protes.. apalagi ini cuma sekedar jenis uler yang tidak dilindungi..

Dipindah ulernya itu yang paling bener.. tapi sekali lagi.. uler piton yang diberita itu bukan jenis piton yang dilindungi (googling aja buat jenis yang dilindungi dan engga) jadi memindahkan si uler piton itu hanya etis dari segi kemanusiaan eh kebinatangan..

Sori kalo penjelasan ane ga bisa memuaskan agan.. tapi jika ingin lebih puas silahkan coba lobi2 sama bini ato sowan ke malio, alexis, sumo, ilegals dsb..
Diubah oleh khayalan
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 22:26
darimana tau ada 7 bersaudara?
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 22:44
di mamuju ada 9 piton raksasa, di batavia ada 9 naga ....
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 22:46
Quote:Original Posted By cahyo98
darimana tau ada 7 bersaudara?


Ularnya lapor rt bre
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 22:51
Quote:Original Posted By khayalan
terus ini solusinya gimana?

1. si uler dibunuhin semua?
2, warga pindah?
3. si uler dipindahin ke tempat yg sangat jauh dari pemukiman warga?
4. Warga nyediain makanan buat si uler tiap minggu?
5. Uler dibuatin kk sama dikasih tempat di sekitar warga, biar bisa jadi tetangga yg baik plus bisa diperdayakan jadi hansip buat jaga kampung?


huahahah poin ke 5 ane ngakak,sekalian dibikinin E-KTP sama BPJS kesehatan ya
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 23:05
Quote:Original Posted By devagni
sebenernya ular ini predator hama seperti tikus. jadi kalo bisa dimanfaatkan ya bagus.


Piton kalo udah 5 meter ke atas malah udah ga bisa nangkap tikus. Mainannya udah angsa, ayam gede, anak kambing, sampai bocah

Tikus itu mainannya piton yg masih ABG emoticon-Big Grin
sama ular2 berbisa yg ukuran 2 meteran ke bawah

0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 23:19
terus terang saya tidak tahu manfaat python yang udah >6m bagi lingkungan apalagi species ini mudah berkembang biak.....so rica2??
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
03-04-2017 23:24
Quote:Original Posted By tonidookie
Ini kayak berita posronda.
" ular 7 bersaudara"
"Tapi, warga khawatir bisa memicu kemarahan kawanan piton lain yang menyaksikan ular tersebut diperlakukan tidak baik.
"Makanya kita tanam baik-baik,” ujarnya."

the fact is
Ular python /sanca rata rata bertelur 100buah
Gue gak pernah baca jenis reptilia mempunyai hubungan emosional seperti mamalia.
Fixed ularnya salah karena habitatnya dinegara dunia ketiga. Myth>fact


Tergantung reptilnya

Stau saya kalo buaya punya hubungan emosional. Antara jantan-betina (buaya termasuk monogami 1 psangan seumur hidup) akan menjaga, dan induk sama telur/bayinya yg baru menetas juga dijaga dari predator lain.

Kalo ular, habis bertelur ditinggal gitu aja, lahir masih bayi langsung dituntut jadi predator alami
Jadi menurut saya apa yg dikatakan warga ga bener

Kecuali pas musim kimpoi, dimana ular betina yg ditangkap itu ninggalin jejak feromon (ato apa namanya) dimana-mana yg berkaibat diendus n didatangi ular jantan, jadi ular lain yang datang itu bukan untuk balas dendam, tapi nyari pasangan yg kebetulan udah ditangkap ato dibunuh di lokasi warga



Just my 2 cent
(hanya hasil mantengin natgeo sambil ngupi)



0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
04-04-2017 00:07
woww besar sekali tuh ularnya..harus di tangkap semua nya biar aman warga kampung emoticon-Kemana TSnya? emoticon-Kemana TSnya?
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
04-04-2017 00:13
Quote:Original Posted By urban21


Tergantung reptilnya

Stau saya kalo buaya punya hubungan emosional. Antara jantan-betina (buaya termasuk monogami 1 psangan seumur hidup) akan menjaga, dan induk sama telur/bayinya yg baru menetas juga dijaga dari predator lain.

Kalo ular, habis bertelur ditinggal gitu aja, lahir masih bayi langsung dituntut jadi predator alami
Jadi menurut saya apa yg dikatakan warga ga bener

Kecuali pas musim kimpoi, dimana ular betina yg ditangkap itu ninggalin jejak feromon (ato apa namanya) dimana-mana yg berkaibat diendus n didatangi ular jantan, jadi ular lain yang datang itu bukan untuk balas dendam, tapi nyari pasangan yg kebetulan udah ditangkap ato dibunuh di lokasi warga



Just my 2 cent
(hanya hasil mantengin natgeo sambil ngupi)




nope,my friend..
uler phyton ini agak unik die. emak uler ngengkremin telur telurnya sampe mereka menetas. terus ditinggalin gitu aje.dari 100 yang netes, persentasena sampe dewasa kurang dari 10 persen, rata rata mereka berbiak 39 telur.
http://burmesepython.weebly.com/life...roduction.html
shit though, phyton seperti ular pada umumnya mereka kanibal, jadi gak mungkin mereka punya ikatan emosional.
http://channel.nationalgeographic.co...listic-python/

Diubah oleh tonidookie
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
04-04-2017 00:38
Quote:Original Posted By khayalan
terus ini solusinya gimana?

1. si uler dibunuhin semua?
2, warga pindah?
3. si uler dipindahin ke tempat yg sangat jauh dari pemukiman warga?
4. Warga nyediain makanan buat si uler tiap minggu?
5. Uler dibuatin kk sama dikasih tempat di sekitar warga, biar bisa jadi tetangga yg baik plus bisa diperdayakan jadi hansip buat jaga kampung?


Ane coblos no 5 aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
04-04-2017 00:51
Ukuran panjang ular yang mati semakin hari semakin panjang ....

4 ke 7 ke 10
0 0
0
Masih Ada 5 Piton Raksasa Mengintai Korban di Sekitar Akbar Ditelan Ular
04-04-2017 01:00
anjengggg 10 meter mah gede banget
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia