berita24jam
TS
berita24jam
Ini dia Gans Stadion Paling Ramah Lingkungan di Dunia


Arah.com- Klub sepak bola asal Inggris, Green Forest Rovers akan memiliki stadion baru yang ramah lingkungan (eco-friendly).

Klub ini berlaga di Divisi National League atau Divisi V kalau melihat struktur Liga Inggris. Divisi V ini diikuti oleh klub yang profesional, semi profesional, dan amatir.



Pencinta sepak bola biasanya hanya mengenal klub-klub elit yang bermain di kasta tertinggi, Liga Primer Inggris seperti Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester United, atau Manchester City.

Stadion baru Forest Green Rovers ini bakal diberi nama Eco Park dan memiliki luas kompleks sekitar 40 hektar.

Letak stadion baru ini sekitar 22,5 km arah Barat Daya dari The New Lawn. Rencana pembangunan Eco Park menelan biaya mencapai 100 juta pound (Rp 1,6 triliun).



Eco Park akan dibuat dengan material kayu, memiliki banyak ruang terbuka, serta mengolah sinar matahari menjadi tenaga listrik.

"Kesepakatan benar-benar besar adalah fakta bahwa itu semua terbuat dari kayu, penggunaan minimal beton," kata Dale Vince, ketua dan pendiri energi hijau British Forest, Rovers 'Ecotricity, kepada Reuters.

"Banyak sekali pikiran telah dituangkan ke dalamnya. Jadi eco park itu akan menjadi estetika dan juga pengalaman hebat untuk berada dan bermain serta menonton," lanjutnya.

Arsitek yang merancang Eco Park adalah biro arsitek Zaha Hadid Architects asal Inggris. Biro arsitek ini sudah merancang banyak bangunan yang menjadi ikon di seluruh dunia.

Sebenarnya, The New Lawn sendiri sudah tergolong eco-friendly dan menjadikannya salah satu stadion paling ramah lingkungan di dunia.

Lapangannya menggunakan rumput organik dan menjadikannya lapangan bola organik pertama. Ada solar panel di atas atap stadion sehingga bisa memenuhi 25 persen kebutuhan listrik stadion.

Air dari lapangan didaur ulang dan dipakai di stadion. Semua minyak yang digunakan memasak makanan pemain didaur ulang menjadi biofuel.



Rumput lapangan The New Lawn juga dipotong oleh robot yang dipandu oleh teknologi GPS dan tanpa campur tangan manusia.

Robot pemotong rumput ini juga bertenaga surya dan menjadi yang pertama dalam sejarah sepak bola Inggris.

Para pemain juga mendapatkan menu vegetarian sejak Februari 2011. Boleh dibilang langka kalau ada klub sepak bola yang menetapkan aturan makanan seperti ini kepada para pemainnya.

Para petani menggunakan potongan rumput untuk menyuburkan tanah mereka. Areal sekeliling stadion juga ditumbuhi oleh bunga liar dan tanaman lokal.

Klub ini memiliki 16 pertandingan tersisa untuk menang promosi, tapi Vince mengatakan stadion adalah langkah yang diperlukan untuk sukses berkelanjutan.

"Kami telah menemukan lokasi yang sempurna kita berpikir untuk membangun sesuatu yang akan menjadi benar-benar nyata dalam hal desain lingkungannya dan infrastruktur," katanya.

"Ini akan ramah lingkungan dari nama hingga seperti alam yang Anda bayangkan."


GAMBAR LENGKAPemoticon-Cendol Gan

Quote:
Diubah oleh berita24jam 10-04-2017 14:26
0
26.1K
179
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.