• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sepak Terjang Essien: Dari Juara Liga Champions ke Liga Indonesia

monprodonAvatar border
TS
monprodon
Sepak Terjang Essien: Dari Juara Liga Champions ke Liga Indonesia
Ada yang heboh nih Gan Sis di Bandung hari ini. Bukan soal berita kriminal, bukan juga soal mojang-mojang Parahyanagan yang aduhay. Persib Bandung yang bikin Kota Kembang hari ini jadi heboh karena meresmikan kedatangan Michael Essien.

Yes yes yes! Ini Essien beneran Gan Sis! Bukan Essien KW! Nah mumpung lagi anget nih soal Essien, ane mau review dikit deh karier si Essien ini sebelum akhirnya resmi menjadi bagian dari tim Maung Bandung.



Persib sendiri bakal jadi klub kesembilan Essien sepanjang kariernya. Pemain yang sekarang umurnya 34 tahun ini mulai karier sepak bolanya bersama tim junior Liberty Professionals di Ghana, sebelum pindah ke Prancis untuk bermain bersama Bastia yang menjadi tim profesional pertamanya. Tiga tahun di Bastia, Essien pindah ke raksasa Prancis, Lyon.

Pas main di Lyon, Essien mulai mencuri perhatian dunia soalnya dia bisa dapet dua gelar Ligue 1 dan dua gelar Trophee des Champions. Karena prestasinya yang kece di Lyon, Jose Mourinho akhirnya membeli Essien ke Chelsea. Nah pas sama The Blues bisa dibilang jadi karier tersukses Essien. Selama tujuh musim, Essien bisa menangin total sembilan gelar, rinciannya dua Premier League, empat FA Cup, Piala Liga, Community Shield, sama Liga Champions.

Biarpun moncer di Chelsea, bukan berarti Essien terus jadi pilihan utama di Chelsea. Buktinya dia pernah jadi pemain pinjaman di Real Madrid pas musim 2012-13. Nah abis itu kariernya bisa dibilang perlahan terus turun. Abis jadi pemain pinjaman di Real Madrid, Essien balik ke Chelsea buat main satu musim terus pindah ke AC Milan dan Panathinaikos.

Sampe akhirnya Persib berani untuk mengontrak Essien setelah berstatus Free Agent karena kontraknya yang ga diperpanjang sama Panathinaikos. Kalo ngeliat dari situs Transfermarkt, harga Essien itu ada di kisaran 800 ribu Euro atau Rp 11 miliar. Tapi sampe sekarang kayaknya belum ketauan berapa biaya pasti yang dikeluarin Persib buat datengin Essien.

Nah sekarang tinggal tunggu aja sih gimana efek Essien buat Persib dan buat sepak bola Indonesia secara umum. Ya semoga aja sih bisa berdampak baik ya Gan Sis!

emoticon-Bolaemoticon-Bola emoticon-Bola
0
17.7K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.