let.me.thinkAvatar border
TS
let.me.think
4 Penyakit Yang Justru Bikin Manusia Makin Kuat

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan

Spoiler for NoRepost:


Kebanyakan penyakit atau berbagai keanehan yang terjadi di tubuh manusia, biasanya melemahkan manusia. Namun ada beberapa keanehan yang justru muncul di tubuh manusia dan menguatkannya.

Literatur penelitian ilmiah dipenuhi banyak sekali bukti bahwa manusia secara ilmiah bisa makin kuat karena berbagai hal yang seringkali dianggap penyakit. Hal ini meliputi mutasi genetik yang bisa membuat orang jadi layaknya superhero.

Berikut adalah beberapa penyakit yang justru buat manusia makin kuat.


1. Ehlers-Danlos Syndrome


Jika Anda adalah penggemar atraksi sirkus semacam orang yang bisa sangat fleksibel hingga dengan mudah dapat dimasukkan koper, atau kulit yang sangat lentur hingga kulit lehernya bisa menutupi muka, orang-orang ini sebenarnya mengalami kelainan.

Kelainan tersebut bernama Ehlers-Danlos Syndrome, namun hal ini justru memperkuat fleksibilitas mereka. Ini adalah kondisi turunan yang mampu mengubah struktur kolagen dalam tubuh mereka, dan hal ini membuat mereka punya elastisitas yang tinggi terhadap jaringan ikat di kulit, sendi, dan otot mereka.

Dalam contoh kasus, ada Daniel "Rubberboy" Browning Smith, yang mampu memasukkan dirinya dalam koper, melewatkan tubuhnya di sebuah raket tenis, serta memutar badannya 180 derajat.



2. Myostatin-Related Muscle Hypertrophy


Pernahkah Anda membayangkan bahwa regenerasi otot Anda jadi cepat tanpa butuh nge-gym, dan Anda jadi orang yang sangat kuat tanpa latihan sedikit pun? Hal ini bisa terjadi jika Anda mempunyai kondisi Myostatin-Related Muscle Hypertrophy.

Kondisi ini adalah mutasi gen yang dapat menginstruksikan tubuh untuk memproduksi myostatin, sebuah gen yang membatasi pertumbuhan otot. Dengan ini, hanya dengan asupan protein yang rendah pun, tubuh akan memproduksi massa otot dengan lebih efektif. Jika ada bayi yang terlahir dengan kondisi ini, maka dia akan jadi bayi berotot layaknya bayi nge-gym. Sang bayi pun akan tumbuh jadi orang yang lebih kuat ketimbang teman-teman seumurannya.

Dalam contoh kasus, ada balita bernama Liam Hoekstra, yang di usia 5 bulan sudah melakukan berbagai gerakan senam. Seorang bayi di Jerman juga dikabarkan memiliki kondisi yang sama, dan dilaporkan memiliki kekuatan yang sangat tinggi dibanding bayi lainnya.



3. Mutasi gen Low-density lipoprotein receptor-related protein 5


Kondisi yang dikenal sebagai mutasi gen LRP5 ini adalah kondisi di mana gen yang bertugas menentukan massa jenis tulang termutasi. Hal ini bisa membuat tulang tak bisa hancur.

Dalam contoh kasus, seorang korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit di Connecticut, ternyata sama sekali tidak apa-apa. Setelah diperiksa, orang tersebut adalah orang dengan massa jenis tulang paling tinggi yang pernah ada. Penelitian pun akhirnya dilakukan berdasarkan temuan ini, dan diharapkan penemuannya bisa menyembuhkan osteoporosis.



4. 'Short Sleeper'


Short sleeper adalah orang yang mampu tidur sebentar saja namun tetap bisa berenergi. Hal ini terdengar menarik, namun ternyata ada mutasi di sebuah gen yang bernama DEC2, yang bertugas mengatur jam biologis tidur manusia.

Mereka yang termutasi ini tak hanya butuh waktu tidur yang sedikit, namun juga memiliki imunitas tubuh untuk tidak mengalami kurang tidur atau insomnia.

Mutasi gen ini juga dikenal sebagai "The Thatcher gene," yang merujuk pada manta Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Dilaporkan sang mantan PM menjalankan pemerintahan Inggris hanya dengan 4 jam tidur per malam.



emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast




0
59K
316
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.