Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
27
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c219ffde2cf21b6a8b4568/guru-adalah-pahlawan-tanpa-tanda-jasa-bener-gak-sih
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih??? Banyak orang mudah menyalahkan orang lain, tapi ketika dia berada di posisi mereka. . . belum tentu kan bisa lebih baik daripada mereka yang disalahkan, bisa jadi malah lebih buruk. Dan beberapa hari yang lalu temen ane tanpa sadar ngelakui hal ini gan. Memang bukan ane yang disalahin, tapi yang disalahin temen ane itu tentang pendidikan nasi
Lapor Hansip
10-03-2017 10:14

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???


Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???


Banyak orang mudah menyalahkan orang lain, tapi ketika dia berada di posisi mereka. . . belum tentu kan bisa lebih baik daripada mereka yang disalahkan, bisa jadi malah lebih buruk.

Dan beberapa hari yang lalu temen ane tanpa sadar ngelakui hal ini gan. Memang bukan ane yang disalahin, tapi yang disalahin temen ane itu tentang pendidikan nasional kita.

Kurang lebih seperti ini pernyataannya. “ gimana sih pendidikan di Indonesia ini. Masak pelajaran anak gue yang masih kelas 3 SD sulit banget. . . udah sama kayak pelajaran anak kelas 6 aja. Gurunya juga gimana sih. . kok gak bisa ngajar. Udah bayar mahal - mahal buat nyekolahin anak malah gurunya gak niat ngajar. Padahal kalo gue ajarin pelan - pelan, anak gue bisa kok. Tapi masak iya. . . sampe gue yang harus ngajarin tiap malam. Bisa strees gue.”

Setelah mendengar hal itu, sebagai teman yang baik ane pun mulai memberikan opini ane gan. Kurang lebih seperti ini opini ane
.

Kurikulum di Indonesia.


Guru di Indonesia

Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran


Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???


Nah, kira - kira seperti itulah opini ane gan. Pesan ane sih, marilah kita hargai apa yang dikerjakan orang lain. Jika memang ingin mengkritik, sertakanlah saran dan solusi.


emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 12:55
Benar. Pelajaran anak sekarang susaj banget. Contoh masa iya kelas 6 SD mludh belajar aljabar??

Setahu ane kelas 1 SMP meteri tersebut d ajarkan.
Kemudian perubahan kurikulum mmng sudh dsesuai kan dengan perkembangan zaman. Skrg akses informasi mudah. Cukup lewat google materi dan tugaa dpt d selesaikan.

Namun hal ini tidak d imbangi dengan variasi mengajar guru yg itu-itu aja. Gk ada perubahan. Yg ane tahu sekarg anak-anak sekolah udh pada cerdas.

Kemudian sarana prasarana yg tdak bagus antara sekolah di kota besar dan daerah .. dmana kalau d kota besar seperti jakarta apalagi sekolah unggul. Memiliki sarana dan prasarana yg bgus.
0 0
0
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 12:55
Bener pahlawan tanpa tanda jasa bray emoticon-Peace
0 0
0
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 13:10
Bukannya membela temen ts tapi memang ada sebagian pelajaran anak sd yang agak berlebihan dan gurunya kurang memahami keadaan (Iya benar jumlah murid dikelas sangat banyak dan beraneka ragam tapi dari awal mereka tau akan berhadapan dengan anak anak)
Ts juga bener banyak orang tua murid juga gak mampu menjadi guru dari anak mereka sendiri termasuk saya pribadi. seperti kalimat ts "Gak banyak orang yang mau mengabdikan hidup untuk mendidik anak"
Tetapi sekarang ini kenyataannya ribuan orang mengantri untuk kerja jadi guru dan mereka sudah tahu profesi guru itu seperti apa.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 13:30
Bener sekali emoticon-Big Grin
Diubah oleh oildriller
0 0
0
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 13:46
Bukankah guru yg baik adalah guru yg tidak hanya dapat mengajar tetapi juga mendidik siswanya dengan baik.

Kalau mengajar saja tidak maksimal bagaimana bisa mendidik siswa menjadi pribadi yg unggul dan didapat diandalkan dilingkungan masyarakat.

Menurut ane kalau siswa dapat nilai rendah :
1. Siswa tersebut kemampuan menyerap pelajaran kurang
2. Indikasi kegagalan cara mengajar seorang guru.
3. Kurangnya pendekatan guru terhadap siswa
4. Tidak adanya monitoring atau evaluasi terhadap kegiatan belajar dan mengajar.

Okelah 1 2 orang kalau rata-rata siswa dapat nilai rendah yg perlu disalahkan siapa? cara mengajar gurunya lah yg patut dipertanyakan.

Ane sih kagak bakal menyalahkan kurikulum yg semakin mengikuti perubahan jamantapi guru yg mengajar. (seperti kata ts) Hanya karena kurikulum berubah menjadi lebih "simple" jangan sampai metode mengajar guru menjadi lebih simple juga.

Ketika pelajaran disekolah dilimpahkan ke siswa dan orang tua pertanyaannya bukankah fungsi dasar seorang guru adalah membuat siswanya dari yg tidak tau menjadi tau dan dari yg tidak bisa menjadi bisa ? Apakah tidak ada kekhawatiran jika anak dituntut belajar mencari tau sendiri dan tidak semua orang tua punya background pendidikan yg tinggi sehingga saat dirumah tidak dapat diandalkan. Okelah les privat, menurut ane sampai si anak lebih cepat menyerap pelajaran saat les daripada disekolah disitulah letak KEGAGALAN GURU DAN SEKOLAH emoticon-Smilie
Diubah oleh eliendea
0 0
0
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 13:49
Sekarang guru gajinya gede, gan.
0 0
0
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bener gak sih???
10-03-2017 14:41
Quote:Original Posted By B0netz
ah nte guru jaman sekarang gan ??
ok di atas nte bilang keluhan wali murid inti'a harus ikut membantu dalam proses pembelajaran,gitu kan ?
coba ja nte ada di posisi anak 3 SD yg nte bahas gimana nte mw jawab pertanyaan'a ..
kmren ane sendiri di tanya ama ponakan ( KELAS 1 SD )ane tentang tugas'a ..
pertanyaan >>> Untuk apa kita bermusyawarah ? << ane tanya >> emang ga ada di buku ? ponakan ane jawab > " GA ADA "
so ... apanya yang ngedidik ?? apa guru sekarang cuma nuntut gaji .. tapi beban di limpahin juga ke ortu ?
ok perkembangan kurikulum boleh .. tp caranya yang ane ga setuju ...!
kurikulum berkembang,, pola ngajar atau didik juga harus berkembang ...

jaman sekarang ga ada guru tanpa tanda soalnya kan udah di gaji dan punya jaminan ini itu .. ada uang ini itu ...


setuju gan gw aja suka binggung kalo bantuin anak ngerain pr soalnya kadang jawaban nya ga ada di buku,sekarang kan belajar masih pkl lks jadi ga tau metode belajarnya kaya gimana
di tempat saya lks di larang gan sama pemerintah lalu saya protes lah ke sekolah eh kata pihak sekolah ini lks permintaan ibu ibu padahal banyak ibu ibu yang ngeluh karna harus beli buku lks jadi bingung saya
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia