meyanie21Avatar border
TS
meyanie21
Ribuan Orang Kumpul Dimari Sabtu Lalu Gan! Ada Apaan Ya?
emoticon-I Love Indonesia

Buat ente-ente yang membuka timeline sosial media pada Sabtu, 4 Maret 2017 lalu pasti ngeliat dong ada rame-rame soal Women's March Jakarta. Aksi yang diadakan menjelang Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret mendatang ini emang cukup rame Gan. Karena aksi ini dihadiri oleh lebih dari 1000 orang dari berbagai kalangan yang turun ke jalanan Ibu Kota buat bersama-sama memperjuangkan hak perempauan serta kesetaraan gender ini emang menarik perhatian media massa



Aksi ini makin rame karena yang ikutan gak cuma dari Jakarta nih Gan tapi dari kota lain juga datang. Bahkan ada juga yang datang dari Papua buat mewakili aspirasi perempuan Papua yang masih sering mengalami pelecehan dan kekerasan seksual. Gak cuma kalangan masyarakat awam dan aktivis tapi ada aktris juga yang datang dari mulai Hannah Al Rasyid sampai Nino Fernandes.



Penyampaian tuntutan juga dibawakan dengan cara-cara yang damai Gan. Selain orasi dan march, tuntutan dan semangat menegakkan kesetaraan dan penghapusan diskriminasi bagi semua gender, ras dan agama dituangkan dalam bentuk seni yang menarik seperti pembacaan puisi, pertunjukan musik, perfomance art dan pertunjukan tari rejang.

Meski nama aksinya bawa embel-embel women alias perempuan tapi aksi ini gak cuma ngebahas perempuan doang kok Gan. Ada 8 tuntutan yang ingin disampaikan dalam Women's March Jakarta yang gak cuma ngebahas perempuan tapi juga ngebahas isu yang juga menyangkut hajat hidup orang banyak. Mulai dari menuntut toleransi dan keberagaman; menghapus kekerasan dan memberikan perlindungan terhadap perempuan; penyamaan hak di berbagai bidang; hingga menghapus diskriminasi kepada minoritas Itu makanya ente yang agan-agan menurut ane juga harus tau soal aksi ini. emoticon-Blue Guy Peace



Gak cuma perempuan,tapi aksi ini juga didukung oleh para pria dan juga transgender yang ikutan berjalan dari Sarinah hingga ke Taman Pandang Istana dengan membawa berbagai macam poster yang mewakili tuntutan mereka serta pesan-pesan yang mengingatkan publik akan pentingnya isu-isu seperti kesetaraan gender di negeri ini. Pesan di beberapa poster bahkan bisa bikin ente tertohok nih Gan.


Ya. Setuju dek. Women rights are human rights.. emoticon-Toast


Kata siapa budaya kita gak mendukung kesetaraan gender. Liat pesan sis Hanna yang satu ini .


Buat yang sering nyalahin perempuan karena make rok pendek coba dipikirin lagi deh.


Pernikahan dini masih sering kita jumpai di beberapa daerah. emoticon-Berduka (S)


jangan biasaan catcalling gan. Itu termasuk pelecehan loh.


Nah ini ada pesan buat agan-agan juga . emoticon-Blue Guy Peace


nah itu tadi berbagai isu yang diperjuangkan di aksi Women's March kemaren ini. Kalau ente sendiri setuju gak Gan terhadap isu-isu yang dibawa di Women's March ini? Komeng dimari boleh loh..
emoticon-Nyepi



0
36K
373
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.