karikai04Avatar border
TS
karikai04
Dosen Universitas Pattimura Adukan Penghina Jokowi ke Polri


TEMPO.CO, Jakarta - Akademisi Universitas Pattimura, Maluku, Stevin Melay akan melaporkan pemilik akun Facebook berinisial IK ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Pemilik akun Facebook yang diduga wanita tersebut secara terang-terangan menghina Jokowi yang sedang menggunakan pakaian adat raja Maluku.

“Secara prinsip ada dua hal, soal penghinaan presiden dan baju adat Maluku. Menurut kami ini merupakan sebuah pelecehan prinsip terhadap adat kami,” kata Stevin yang menjadi dosen di Universitas Pattimura kepada Tempo, Senin, 27 Febuari 2017.

Stevi menilai IK telah menghina presiden yang saat itu mengenakan pakaian adat Maluku. Pakaian tersebut diberikan oleh masyarakat Maluku sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungan pemerintah Indonesia atas pembangunan. Stevin juga menilai ada bentuk pelecehan dari IK yang menilai kostum yang dikenakan Jokowi merupakan alat agar tampak dihormati. “Dia menyamakan baju kebesaran kami sebagai kostum yang gagah-gagahan,” ucap Stevin.

Stevin mengatakan laporan yang akan ia layangkan kepada Bareskrim tersebut dibuat atas nama pribadi. Terlebih Stevin merupakan seorang yang berdarah Maluku. Menurut dia, laporan tersebut juga didukung oleh warga lainnya yang tersinggung dengan ucapan IK. “Secara personal, kami bagian dari masyarakat Maluku,” ujar Stevin yang sedang menyelesaikan studi program doktoral di Universitas Negeri Jakarta.

Kecaman bermunculan lantaran IK mengunggah foto Jokowi memakai pakaian adat Maluku. Dalam foto tersebut, Jokowi berdampingan dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian. Foto itu kemudian dia permasalahkan, karena diberi tulisan, atau ‘caption’ bernada mengejek. Ia menyebut Jokowi dengan sebutan 'Raja Kodok'.

Ejekan itu pun menuai reaksi banyak netizen. Sebuah petisi online di change.org beredar untuk membela Jokowi. Petisi tersebut dibuat oleh Mario Lawalata. Dengan target 35 ribu tanda tangan, dukungan terhadap petisi tersebut bertambah setiap menitnya.

Sumver

drama baru dimulai, siap2 mewek luemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk , ati ati pake cocot, pikir dlu sebelum posting ato komengemoticon-Malu

Quote:


seep resmi dahemoticon-Ngakak (S), bablas angine
Diubah oleh karikai04 27-02-2017 10:03
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
17.4K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.