bayukuya1988Avatar border
TS
bayukuya1988
[Clean Debate] ALL About Syiah
Apa itu Syiah

Menurut Wikipedia:
Syi’ah (Bahasa Arab: شيعة, Bahasa Persia: شیعه) ialah aliran atau sekte dengan jumlah penganut terbesar kedua setelah Sunni. Sekitar 90% umat Muslim sedunia merupakan penganut Sunni, dan 10% penganut Syi'ah. Madzhab Dua Belas Imam atau Itsna Asyariyyah merupakan yang terbanyak jumlah penganutnya dalam sekte ini, dan istilah Syi'ah secara umum sering dipakai merujuk pada mazhab ini. Pada umumnya, Syi'ah menolak kepemimpinan dari tiga Khalifah pertama, seperti juga Sunni menolak Imamah Syi'ah setelah Ali bin Abi Thalib. Madzhab Syi'ah Zaidiyyah termasuk Syi'ah yang tidak menolak kepemimpinan tiga Khalifah sebelum Ali bin Abi Thalib.

Syiah itu intinya adalah bagian dari Islam juga, jadi kalau ada yang bilang Syiah Kafir jelas itu salah, Hal ini juga sudah ditegaskan dalam Risalah Amman yaitu sebuah deklarasi atau konfrensi Islam Internasional yang menyatakan bahwa Syiah juga merupakan bagian dari Muslim dan masuk dalam salah satu mazhab yang diakui.

Mengenai Rukun Iman dan Rukun Islam yang berbeda?

Mengenai hal tersebut memang ada perbedaan tetapi sebenarnya perbedaan tersebut tidak perlu menjadi dasar untuk permusuhan bagi Syiah dengan Umat muslim lainnya. Rukun Iman dan Rukun Islam yang dikenal luas oleh masyarakat Muslim khususnya Indonesia sebenarnya adalah salah satu penafsiran teologis yang dirumuskan dari sebagian riwayat-riwayat dalam khazanah hadis dan sunnah.

Dalam literatur hadis Ahlus Sunnah sendiri terdapat banyak riwayat yang menyebutkan versi berbeda dengan Rukun Iman dan Rukun Islam yang dibakukan dalam teologi Asy’ariah.

Aliran teologi Maturidiyah dan Mu’tazilah, yang notabene lebih “Sunni” dari Syiah mempunyai rumusan sendiri tentang substansi rukun Iman dan rukun Islam yang berbeda dengan rumusan Asya’riyah.

Ahlul Hadis dan teologi Salafi yang mengaku menganut teologi Ahmad bin Hanbal juga memberikan rumusan rinci tentang akidah yang berbeda dengan Asy’ariyah. Sejarah membuktikan adanya ketegangan berdarah antara penganut Asy’ariyah dan Ahlul Hadis, yang sama-sama Sunni, dalam sengketa seputar Kalam Allah.

Benarkah Syiah Membenci Sahabat Rasulullah dan juga Istri Beliau Aisyah?

Sikap Syiah terhadap Ummul Mukminin ‘Aisyah

Dalam hal ini para mufassir Syiah sangat menjaga kemuliaan kedudukan ‘Aisyah sebagai salah seorang istri Nabi Saw dan Ummul Mukminin.

Untuk keperluan ini, silakan rujuk buku-buku penulis biografi atau pendapat dari orang-orang yang mengatakan adanya fitnah Ifk ini, maka tidak akan ditemukan satu sumber pun yang sahih di kalangan Syiah yang membenarkan terjadinya peristiwa ini. Karena kedudukannya sebagai istri Nabi ini, kehormatan dan kemuliaan beliau harus kita jaga.

Sikap Syiah terhadap Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan)

Dalam sebuah konferensi di London pada tahun 1985, Majma’ Taqrib Bayn Al-Madzahib—yang dipimpin oleh Ayatullah Mahdi Al-Hakim, menyatakan bahwa Syiah mengakui kekhalifahan tiga khalifah sebelum Imam Ali (secara de facto ).

Sekian itu dulu gan dari Ane, sebaiknya memang sesama muslim saling bersaudara dan rukun emoticon-Jempol

Tambahan:
Peta Distribusi Islam Sunni dan Syiah
:



Silahkan yang mau sanggah dan anggap bahwa Syiah itu bukan Islam Kafir, dsb emoticon-Cool
anakjahanam721
anakjahanam722
deaninvinity
deaninvinity dan 2 lainnya memberi reputasi
-1
39.2K
389
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Debate Club
Debate Club
8.2KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.