others
Batal
link has been copied
402
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58705287d89b09ad208b4569/clean-kuliah-cari-gelar-atau-cari-ilmu
Langsung singkat aja gak usah banyak basa basi. Tak sedikit orang yg kuliah hanya demi mendapatkan sebuah gelar semata, bahkan kadang ijazah palsu pun diburu demi sebuah titel. Nah, yg bener kuliah itu hanya cari gelar atau cari ilmu dengan gelar sebagai bonusnya? Menurut gue sih cari ilmu. Gelar juga penting, tapi ilmu jauh lebih penting. Gimana menurut loe? :D :telolet4
Lapor Hansip
07-01-2017 09:29

[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?

Langsung singkat aja gak usah banyak basa basi.
Tak sedikit orang yg kuliah hanya demi mendapatkan sebuah gelar semata, bahkan kadang ijazah palsu pun diburu demi sebuah titel.

Nah, yg bener kuliah itu hanya cari gelar atau cari ilmu dengan gelar sebagai bonusnya?
Menurut gue sih cari ilmu. Gelar juga penting, tapi ilmu jauh lebih penting.
Gimana menurut loe? emoticon-Big Grin

emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 20
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
20-02-2017 17:57
Quote:Original Posted By hroestomo


Memang kebanyakan orangtua skrg kan didiknya yg pntg gelar

Coba aja gini :
Mending nilai A tp ujian nyontek
Atau
Nilai D tp gak nyontek sama sekali

Pasti yg dpt A gak dimarahi ama ortunya walaupun nyontek

Yg D bakal dimarahi abis2an walaupun jujur

Dan lagi skrg ini ada semacam jurusan2 kuliah yg diwajibkan ortu ke anak

Anaknya gak minat di jurusan A tp dipaksa kuliah di jurusan A, ya jelas Mau gak mau anaknya msti mikir biar survive di jurusan tsb(akhirnya nyontek, yg pntg lulus ipk bagus)

Skrg mah kuliah berdasarkan peluang kerja, bukan minat, makanya amburadul semua jadinya!

Trus ada jg yg gini nih bos..bokap ngomong ke anaknya: lu kok blm tamat? Si A dah tamat tuh..lu ngapain aja sih..trus si anak jawab: biarin aja dia duluan tamat,kita buktikan aja nanti siapa yg kaya duluan,makanya mafia banyakan skrg.

Sori ga nyambung ama judul emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
20-02-2017 20:13
Quote:Original Posted By sidimangkhuto

Trus ada jg yg gini nih bos..bokap ngomong ke anaknya: lu kok blm tamat? Si A dah tamat tuh..lu ngapain aja sih..trus si anak jawab: biarin aja dia duluan tamat,kita buktikan aja nanti siapa yg kaya duluan,makanya mafia banyakan skrg.

Sori ga nyambung ama judul emoticon-Malu (S)


ini semua karena pandangan aneh soal hidup

alur hidup yg baik dianggap begini : sekolah -> kuliah -> kerja kantoran

selain itu dianggap buruk

musisi = buruk

seniman = buruk

wiraswasta = buruk

emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
20-02-2017 22:02
Quote:Original Posted By hroestomo


Memang kebanyakan orangtua skrg kan didiknya yg pntg gelar

Coba aja gini :
Mending nilai A tp ujian nyontek
Atau
Nilai D tp gak nyontek sama sekali

Pasti yg dpt A gak dimarahi ama ortunya walaupun nyontek

Yg D bakal dimarahi abis2an walaupun jujur

Dan lagi skrg ini ada semacam jurusan2 kuliah yg diwajibkan ortu ke anak

Anaknya gak minat di jurusan A tp dipaksa kuliah di jurusan A, ya jelas Mau gak mau anaknya msti mikir biar survive di jurusan tsb(akhirnya nyontek, yg pntg lulus ipk bagus)

Skrg mah kuliah berdasarkan peluang kerja, bukan minat, makanya amburadul semua jadinya!


kasihan melihat anak yg ngikut apa kata org tuanya.
bahkan buat bekerja aja ada segelintir org tua yg mengharuskan anaknya jd Pegawai negeri,
merasa kalo ud jd pegawai negeri udah mapan,
aneh bin ajaib,
org tua yg kolot dn goblok
dn lbh tololnya si anak ngikut
alasannya ga mau durhaka,
njir, 2017 masih aja goblok
ga semua ucapan org tua benar
filter sendiri seharusnya
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
20-02-2017 22:09
hehehehe

gini gan , ane ngerti maksud TS , tp ngga semua kek gitu
ada ko yang bener" kuliah , ilmunya keren , pas lulus juga kerja bagus bahkan wirausahanya juga bagus

ngga sedikit mahasiswa sekarang cuma 'foya foya' , liat di instagram nya , ke cafe kesana kesini dan ga sedikit pula temen" ane yang kuliah kaya gitu
nah kadang yang mahasiswa" males ini nih yang ngecap mahasiswa cuma cari gelar doang , dan nyatanya ya , ketika lulus cari kerja ditanya ini ditanya itu clingak clinguk (maksudnya tau tp cuma dasar ya wajar namanya juga fresh graduate).
Tapi freshgrad jangan di jadikan alasan , seharusnya klo dia bener" , bisa lebih memperdalam apa yang dia pelajarin.
Kuliah itu mahal , biaya kuliahnya aja cukup kali buat beli motorr ninja bahkan mobil wkwkkw
belum ongkos dll

jangan sia"in masa kuliah , karena disitu bakal ada relasi dengan temen kamu , kaka kelas kamu , dosen kamu dll yang bisa bermanfaat dikemudian hari , tapi sih yang paling penting , ilmu apa yang akan kamu bawa supaya kamu lebih 'pintar' dari orang yang tidak kuliah
maksudnyaaa , klo misalnya kamu pilih kerja setelah lulus , sebisa mungkin kamu harus lebih 'bisa' dari karyawan di perusahaan tersebut , kamu kuliah punya dosen , ilmunya bejibun , ya manfaatin lah , alasannya "dosennya kaga masuk mulu" , kamu balikin , kamu belajar sampe kamu 'mentok' , setelah 'mentok' tanya sama dosen ketika masuk , apa maksudnya ini dan itu

nah kebanyakan , sekarang itu lulus langsung kerja , ditanya ini itu ya standar aja gitu ga 'wah' , jadi kesannya teh , lu kuliah ngapain aja ?
"kuliah itu cape om , tiap hari ini itu ini itu " lah emang kerja gmn ? klo lu ngeluh mulu kapan mau maju ? orang lain (termasuk saya) ingin kuliah tapi ngga kesampaian , kendala no 1 nya sih ya biasa biaya apa lagi , mau beasiswa otaknya kaga kesampean wkwkwk

tapi ya sejauh yang ane tau , klo alumus ITB , biasanya lulus pada bikin usaha sendiri , bikin startup sendiri dan ya bisa dibilang sukses gan.
itu sih yang menurut ane 'kuliah sukses' tuh

klo mau dapet gelar mah , kuliah kelas karyawan aja gan , klo alesannya cape , yaudah sambil nganggur aja , ambil paket yang cepet" lulus , ada kok

klo ada yang nanya ane , siapa sih lu tong? ane cuma seorang programmer , kerja dari umur 17 sampe 22 sekarang , masih cupu ilmu dan pengalaman , jadi maafkan klo statement ane banyak yang salah
ane SMK jurusan RPL (Rekayasa Piranti Lunak) nyatanya apa yang di ajarkan di SMK ane , ngga cukup untuk modal bekerja , kenapa ane bisa survive ? 1. butuh duit , 2. ane sebisa mungkin mengembangkan diri ane setiap hari (tapi ga sampe tech freak sih)

thanks gan emoticon-Shakehand2 emoticon-Toast
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
22-02-2017 12:06
cari gelar,
Karena pada akhirnya loe bakal jadi kuli juga



Sialan emoticon-fuck
1 0
1
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
22-02-2017 13:16
Kalau kita kuliah motivasinya untuk mengejar gelar, maka kita akan tersiksa saat kuliah dan mungkin juga tersiksa saat bekerja dan akhirnya memilih bekerja di bidang yang tak sesuai dengan jurusan kita (buang-buang waktu 4 tahun untuk belajar hal yang tidak dipakai saat kerja)

Kalau kita kuliah dengan motivasi untuk mencari ilmu (karena kita tertarik dan mencintai ilmunya), maka kita akan menikmati kuliah tersebut dan mungkin juga menikmati pekerjaan kita setelah lulus nanti.
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
22-02-2017 14:04
Quote:Original Posted By ariyuansha
di sini sih kuliah buat cari ijazah buat persyaratan kerja,

temen gw ada yg kuliah bagian listrik ( apa gitu nama gak ngerti gw, di bidang kelistrikanlah ) eh malah gawe di farmasi.


Malah jurusan sastra bahasa, pas kerja larinya jadi Audit di bank

Blasss gak nyambung.

Yg sarjana2 akuntansi pada kemana sih? emoticon-Ngakak
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
23-02-2017 13:24
Quote:Original Posted By mapuho


kasihan melihat anak yg ngikut apa kata org tuanya.
bahkan buat bekerja aja ada segelintir org tua yg mengharuskan anaknya jd Pegawai negeri,
merasa kalo ud jd pegawai negeri udah mapan,
aneh bin ajaib,
org tua yg kolot dn goblok
dn lbh tololnya si anak ngikut
alasannya ga mau durhaka,
njir, 2017 masih aja goblok
ga semua ucapan org tua benar
filter sendiri seharusnya


biasanya yg begitu orang tua yg sayang bgt ama anaknya.
jadi mereka maunya anak2nya ambil jalur yg pasti pasti aja, gak berani gambling dgn ambil jalur lain.
tp anak2 skrg sudah pada berontak sih gue liat, pada bikin usaha sendiri ketimbang kerja kantoran emoticon-Ngakak
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
23-02-2017 14:54
Idealnya sih agan kuliah mencari ilmu juga mencari ijazah. Kenapa keduanya penting, soalnya dengan ilmu agan bisa menjadi "educated person"."Educated Person" tahu bagaimana berbicara dengan baik juga ia dapat menerapkan ilmunya yang ia pelajari di bangku kuliah. Ijazah mungkin terkesan tidak penting, karena ijazah hanyalah suatu alat untuk membuktikan bahwa agan itu adalah "educated person" meskipun banyak "educated person" yang tidak bisa menerapkan ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah. Intinya pelajarilah Ilmu yang luas dan aktif berorganisasi, karena organisasi dapat menuntun agan mendapat karir meskipun agan tidak memiliki nilai/IPK yang cukup.

Wassalam
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
23-02-2017 15:00
Quote:Original Posted By hroestomo


Memang kebanyakan orangtua skrg kan didiknya yg pntg gelar

Coba aja gini :
Mending nilai A tp ujian nyontek
Atau
Nilai D tp gak nyontek sama sekali

Pasti yg dpt A gak dimarahi ama ortunya walaupun nyontek

Yg D bakal dimarahi abis2an walaupun jujur

Dan lagi skrg ini ada semacam jurusan2 kuliah yg diwajibkan ortu ke anak

Anaknya gak minat di jurusan A tp dipaksa kuliah di jurusan A, ya jelas Mau gak mau anaknya msti mikir biar survive di jurusan tsb(akhirnya nyontek, yg pntg lulus ipk bagus)

Skrg mah kuliah berdasarkan peluang kerja, bukan minat, makanya amburadul semua jadinya!


iya tuh gan saya setuju
alhamdulilah orang tua saya gak nuntut saya dapet nilai bagus, yang penting ilmu yang diajarkan bisa dipake kerja dan JUJUR
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
23-02-2017 21:40
Quote:Original Posted By hroestomo


biasanya yg begitu orang tua yg sayang bgt ama anaknya.
jadi mereka maunya anak2nya ambil jalur yg pasti pasti aja, gak berani gambling dgn ambil jalur lain.
tp anak2 skrg sudah pada berontak sih gue liat, pada bikin usaha sendiri ketimbang kerja kantoran emoticon-Ngakak


banyak jg masih ga berani berontak
alhasil ga berkembang
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
25-02-2017 21:04
Kalo ane sih jujur nyari gelar gan..
emoticon-Leh Uga
Ilmu bisa didapat koq tanpa harus kuliah. Asal rajin mau belajar apapun ajeeee.
Cuma kan formalitas itu penting gan di era sekarang
emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
25-02-2017 22:54
dua2nya sama penting, goblok emoticon-fuck

emang lo mau kuliah dapet ilmu aja, lulus2 kaya bocah SD lulus gitu aja gak ada gelar?

atau lu lulus gelar S.Pd, S.Si, PhD tapi ilmu lu NOL BESAR!?

apalagi lu kuliah di universitas2 ternama, mati aja lu goblok! malu2in almamater emoticon-fuck emoticon-fuck
Diubah oleh schrodinger.cat
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
27-02-2017 13:36
Quote:Original Posted By callmesidiq


iya tuh gan saya setuju
alhamdulilah orang tua saya gak nuntut saya dapet nilai bagus, yang penting ilmu yang diajarkan bisa dipake kerja dan JUJUR


termasuk yg beruntung agan ini :terimakasih

Quote:Original Posted By mapuho


banyak jg masih ga berani berontak
alhasil ga berkembang


wajar sih, keuangan masih tergantung ortu.
salah salah nnti kantong tipis berbulan2 emoticon-Ngakak (S)

klo saran gue sih, ikutin aja dulu alurnya sampe lulus sarjana, setelah itu bisa cari uang sndiri dan bisa tutup kuping klo dibacotin emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
28-02-2017 07:19
cari gelar ,ilmu dan pacar..
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
13-03-2017 11:33
Premis yg menjebak emoticon-Big Grin
Ya terserah yg kuliah lah gan, kalo ane urutin gan algoritmanya, di universitas (perkuliahan) itu sekali dayung dapet 2 gan ilmu dan gelar. Tinggal subyektif orang aja nyarinya mana dulu.
Kemungkinan 1 : orang yg nyari gelar doang, kalo dicari definisinya orang yg nyari gelar berarti dia mengupayakan agar gelar tersebut didapat, sekecil apapun dia tetep dapet ilmu juga (entah ilmu apaan kan TS nggak batesin definisi ilmu emoticon-Big Grinemoticon-Cool)
Kemungkinan 2 : orang nyari ilmu doang (ilmu dulu) toh pun dia juga bakal dapet gelar, MESKI dia peduli ato enggak emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Cool
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
14-03-2017 18:19
Saya jamin komen diatas2 pasti nyambung2in tema ini dgn film '3 Idiots'.

Orang yg nyari ilmu beneran sama org yg cuma nyari gelar.

The thing is, dalam hemat saya dalam kehidupan modern lebih ngeliat kuliah itu ngambil gelar dibanding ilmu.

Tmn saya aja lulusan Teknik Nuklir tapi kerja di Honda.

Banyak juga kan orang2 yg kuliah jurusan apa tapi kerja di bidang apa.

Orang meski udah pinter satu bidang tapi ga punya gelar (atau di DO) ga bakalan keterima juga di posisi yg diinginkan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
14-03-2017 18:52
Quote:Original Posted By .todesengel.
Saya jamin komen diatas2 pasti nyambung2in tema ini dgn film '3 Idiots'.

Orang yg nyari ilmu beneran sama org yg cuma nyari gelar.

The thing is, dalam hemat saya dalam kehidupan modern lebih ngeliat kuliah itu ngambil gelar dibanding ilmu.

Tmn saya aja lulusan Teknik Nuklir tapi kerja di Honda.

Banyak juga kan orang2 yg kuliah jurusan apa tapi kerja di bidang apa.

Orang meski udah pinter satu bidang tapi ga punya gelar (atau di DO) ga bakalan keterima juga di posisi yg diinginkan.


Kalau usia masih 20-30 tahun, gelar masih penting.

Tapi kalau sudah 35+ tahun, riwayat hidup, pengalaman, dll. jauh lebih penting. Gelar kita sudah tidak penting lagi.

Kalau mau kesuksesan jangka panjang, kita harus mencari ilmu, kalau jangka pendek gelar memang penting.


Perusahaan saat mencari calon pegawai umur 22 tahun, jika ada dua kandidat sebagai berikut:
1. Lulusan S1 universitas XXX IPK XXX
2. Lulusan SMA, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 4 tahun

Kemungkinan memang perusahaan akan lebih memilih kandidat yang pertama.


Tapi perusahaan saat mencari calon pegawai berpengalaman umur 36 tahun, jika ada dua kandidat sebagai berikut:
1. Lulusan S1 universitas XXX IPK XXX, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 10 tahun.
2. Lulusan SMA, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 10 tahun, selama bekerja menghasilkan prestasi XXX sehingga profit perusahaan meningkat 300%, diangkat menjadi Senior Engineer karena prestasinya. Pernah menerbitkan beberapa karya ilmiah di jurnal ternama. Dikenal sebagai ahli XXX oleh beberapa perusahaan

Kemungkinan besar perusahaan akan lebih memilih kandidat yang kedua.
0 0
0
[Clean] Kuliah cari gelar atau cari ilmu?
14-03-2017 18:58
Quote:Original Posted By bujanglapuk..
Kalau usia masih 20-30 tahun, gelar masih penting.

Tapi kalau sudah 35+ tahun, riwayat hidup, pengalaman, dll. jauh lebih penting. Gelar kita sudah tidak penting lagi.

Kalau mau kesuksesan jangka panjang, kita harus mencari ilmu, kalau jangka pendek gelar memang penting.


Perusahaan saat mencari calon pegawai umur 22 tahun, jika ada dua kandidat sebagai berikut:
1. Lulusan S1 universitas XXX IPK XXX
2. Lulusan SMA, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 4 tahun

Kemungkinan memang perusahaan akan lebih memilih kandidat yang pertama.


Tapi perusahaan saat mencari calon pegawai berpengalaman umur 36 tahun, jika ada dua kandidat sebagai berikut:
1. Lulusan S1 universitas XXX IPK XXX, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 10 tahun.
2. Lulusan SMA, pernah bekerja di perusahaan XXX selama 10 tahun, selama bekerja menghasilkan prestasi XXX sehingga profit perusahaan meningkat 300%, diangkat menjadi Senior Engineer karena prestasinya. Pernah menerbitkan beberapa karya ilmiah di jurnal ternama. Dikenal sebagai ahli XXX oleh beberapa perusahaan

Kemungkinan besar perusahaan akan lebih memilih kandidat yang kedua.


Emang sih, pada akhir2nya orang pasti bakal ngelihat pengalaman dibanding gelar.

Ingat saja seorang Bill Gates saja DO-an dan ga punya gelar. Tapi karena orgnya kebetulan 'ngotak', dia bs mengembangkan perusahaan IT terbesar di dunia.

Intinya, kalau anda ingin jadi karyawan saja carilah gelar, kalau anda ingin menjadi entrepreneur tuntutlah ilmu dan pengalaman.
0 0
0
Halaman 13 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia