others
Batal
link has been copied
2729
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57d8e3d2a2c06e89468b4567/smart-debate--apakah-ahok-layak-kembali-memimpin-jakarta
selamat pagi dik adik :) om ahok yg juga sebagai petahana ingin mengetahui lebih lanjut apakah om ahok ini pantas kembali memimpin jakarta atau tidak :) terobosan terobosan kontroversial sering om ahok lakukan demi menyejahterakan masyarakat di DKI walau om ahok sendiri sering di bully :( berikut ini beberapa prestasi dan terobosan om ahok selama menjadi gubernur stloong :D *Pemberantasan Korupsi
Lapor Hansip
14-09-2016 12:44

[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?

selamat pagi dik adik emoticon-Smilie
om ahok yg juga sebagai petahana ingin mengetahui lebih lanjut apakah om ahok ini pantas kembali memimpin jakarta atau tidak emoticon-Smilie
terobosan terobosan kontroversial sering om ahok lakukan demi menyejahterakan masyarakat di DKI walau om ahok sendiri sering di bully emoticon-Frown
berikut ini beberapa prestasi dan terobosan om ahok selama menjadi gubernur stloong emoticon-Big Grin

*Pemberantasan Korupsi

Sebelumnya para tikus kantor dan tikus negara bebas merdeka menggerogoti pundi-pundi uang rakyat dengan dalih berbagai proyek yang bisa direkayasa. melalui Proyek di APBD dan APBN yang ada di Pemprov DKI. . Penjahat-penjahat berdasi tersebut sebelumnya bisa berpesta terus menerus. Semenjak Ahok menjadi Gubernur DKI, sudah banyak pejabat pemprov penggerogot proyek tersebut yang di ajukan Ahok ke KPK, ada juga yang di non “ Jobkan” , dan untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi Korupsi , Ahok juga Kemudian mengadakan lelang jabatan Camat, Lurah dan Kepala Sekolah yang targetnya setidak tidaknya membuat takut oknum pejabat pemrov bemain main dengan anggaran dan pelayanan publik bertambah baik .

*Membenahi semerawut Jakarta

Sebelum Ahok, memang ibukota nampak semrawut sehingga tampak kumuh dan tidak nyaman bagi semua orang kecuali para preman. Beberapa upaya Ahok untuk mengatasi banjir dan sekaligus menata kerapian Kota Jakarta yakni dengan memberishkan kali kali dari sampah dan memindahkan para pemukim Kali tersebut ke beberapa rumah susun di Jakarta. Terakhir merelokasikan warga yang menduduki lahan negara di Kali Jodoh kerumah susun. Juga Ahok berhasil menertibkan Pasar Tanah Abang dari PKL yang sebelumnya memacetkan jalan , kini arus lalulintas di Pasar Tanah Abang menjadi lancar.

*Bersihkan Pungli Urus KTP dan surat-surat lainnya

Sebelumnya untuk urusan administrasi di DKI tidaklah mudah. Misalnya untuk ngurus KTP dan surat pentng lainnya , supaya tidak berlama lama kita harus ada uang pelicin atau itilah lainnya “ Nembak “ jika tidak , ada saja alasan oknum petugas tersebut untuk mempersulit warga yang membutuhkan pelayanan. Kini jika ada petugas minta uang pelicin dalam penyelesaian administari , ketahuan Ahok, oknum tersebut tinggal menunggu waktu saja akan mendapat hadiah Ahok berupa “ non Job” dari jabatannya.

*Kerusakan jalan diperbaiki

Sejak Ahok memimpin Jakarta, jika ada laporan kerusakan jalan Ahok segera memerintahkan Dinas terkait untuk memperbaiki jalan tersebut. Beda dengan kepemimpinan sebelumnya laporan kerusakan jalan ditanggapi juga tetapi agak lamban dan ada warga menilai pebaikkan jalan sebelum Ahok asal bapak senang.

*Penertiban Kelompok radikal

Sebelum Ahok, Kelompok-kelompok radikal tumbuh tumbuh subur, mereka meraja lela, semakin tidak terkendali karena tidak ada yang ditakuti atau disegani. Mereka seakan akan sudah melebihi penegak hukum, melakukan sweping di berbgai jalan dan hotel hotel pada waktu bulan Ramadhan, serta mereka juga menjadi pelindung kejahatan terorganisir seperti Preman yang sudah ditertibkan Ahok yakni preman di pasar tanah Abang ataupun preman Kalijodoh. Beberapa gubernur sebelumnya tidak pernah berhasil menertibkan Pasar tanah abang dan Kali jodoh. emoticon-Angkat Beer

*Mengatasi Banjir

Semenjak Ahok gencar mencanakan Jakarta bebas Banjir, tahun ini walau banjir masih bisa menyerang Jakarta, tetapi sekarang mudah surut dan hilang.

*Kemacetan Jakarta

Walaupun Ahok sudah menambah Armada Trans Jakarta, menata ulang arus lalu lintas namun Jakarta masih macet dimana-mana.
disebabkan juga karena faktor om ahok ini sedang membangun MRT dik emoticon-Smilie

Masalah kemacrtan Jakarta ini memang bukan baru sekarang, Kenderaan roda empat dan roda dua setiap hari selalu bertambah sementara jalan jalan tidak bertambah , Sejak kepemimpinan beberapa gubernur sebelumnya Jakarta memang sudah diributkan soal macet. Kemacetan Jakarta tidak akan mudah hilang. Kenderaan roda empat dan roda dua setiap hari bertambah. Disamping kenderaan milik warga Jakarta, banyak juga diantara kenderaan yang memacetkan jalan jalan di Jakarta adalah kenderaan yang datang dari luar Jakarta.

*menggusur pemukiman kumuh (baca:tempat tinggal kuli emoticon-Busa )
ini memang kebijakan kontroversial om ahok dik emoticon-Smilie kenapa ?
karena om ahok ini ingin warga DKI yg tinggal di bantaran sungai dapat hidup layak di rusun yg sudah om ahok siapkan emoticon-Smilie
kalau orang lain di suruh pindah ke rusuh bawa ini bawa itu kalau rusuh punya pemprov DKI ini tinggal pakai dik, sudah ada kulkas tv, kasur emoticon-Smilie
kurang baik bagaimana lagi om ahok ini dik ? emoticon-Frown

buka saja dik


^
^
yg di atas adalah hasil dari normalisasi sungai dan waduk dik emoticon-Smilie bagaimana dik ? sudah bersih kan ? bebas dari kuli tentunya emoticon-Busa

itulah beberapa yg sudah om ahok lakukan untuk jakarta dik emoticon-Smilie
ini semua bukan untuk kebaikan om ahok dik, tapi ini semua untuk kebaikan warga DKI emoticon-Smilie

jadi intinya kalian setuju apa tidak kalau om ahok kembali memimpin jakarta ?
setuju atau tidak setuju tolong berikan alasan nya ya dik emoticon-Smilie
atau mau kasih saran ke om ahok juga boleh kok dik emoticon-Smilie

[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
waktu itu ketika om ahok blusukan emoticon-Smilie

profile-picture
anakjahanam721 memberi reputasi
-1
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 114 dari 138
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
18-02-2017 10:47
Quote:Original Posted By loco.loco


tulisan elu ngeliatin bgt kapasitas isi otak elu bray


pan bapak lo nyang ngajarin

lu jangan mewek depan gw dah

gw tempeleng bopeng lo

ah elah emoticon-Traveller
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
18-02-2017 10:48
Quote:Original Posted By lelaki.kencrot


berak lo bray


nganga lo bray

gw tempeleng bopeng lo

ah elh emoticon-Traveller
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
18-02-2017 10:55
master of troller telah tiba cah emoticon-Traveller

jah iya logika aja ini tong kalog elogh jadi bos dunia loe pengen punya anak buah yg buluk dan blangsak atau yg quality premium?

logika aja ini tonk emoticon-Cool

memalokan enigh tonk memalokan kalah oleh seorang ahog emoticon-Big Grin

harkat dan martabak lo mau ditaroh mana tonk? sangat memalokan enihg emoticon-Big Grin

btw gw jual menara telkom tonk emoticon-Malu (S)
Diubah oleh deathtoisrael
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
18-02-2017 11:54
jijik sendiri gw ngomong gt emoticon-Nohope
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
19-02-2017 15:08
Quote:Original Posted By FrenchDragoon


agan tau gak kenapa muslim dilarang makan babi?
Katanya karena babi begini babi begitu
Kalau ternyata bisa dibuat babi yg bener2 bersih dan tidak mengandung bakteri apakah berarti babi jd halal?
Agan tau ga ayat soal larangan ini lebih banyak dari ayat larangan makan babi

Dan soal tafsiran..memang boleh aja jika mau adu tafsiran
Tapi faktanya ulama salaf pun mentafsirkan hal yg sama
Kebanyakan ulama kholaf yg menarik tafsiran berbeda
Memang perkara agama sebaiknya dipelajari menyeluruh..tp jika emang ga pernah belajar agama terus memaksakan tafsirannya apakah elok juga?

Selalu ada hikmah dari setiap larangan yg Allah berikan
Mungkin tidak semua larangan kita sanggup taati
Larangan riba yg begitu keras aja masih pada berat meninggalkan
Minimal tidak mencari pembenaran

Aku sih ga masalah kalo memang mau milih ahok karena berpendapat dia punya kemampuan

Tp masalah kalau mendadak jd ahli agama mengatakan tafsiran Alquran versi dia biar ahok bisa kepilih

Bisa liat bedanya ga?


Saya sih masih ngerasa wajar kalau ada orang berpikir milih sesuai agama nya, hak setiap orang toh.. Di negara Mayoritas non-muslim juga pasti sebagian besar bertindak sama kan, memilih berdasar mayoritas...

Setuju juga Saya kalau Perintah Tuhan mesti diatas segalanya, Tapi sebelumnya saya minta maaf kalau salah bertanya yah gan, kan Al Maidah 51 itu membahas jangan memilih pemimpin non-muslim, dan betul, larangan untuk memimpin non-muslim di AlQuran sangat banyak, ga cuman di Al Maidah 51. Tapi sebelumnya, Definisi "pemimpin" yang dimaksud itu seperti apa, dan definisi pemimpin buat agan seperti apa?

Karena dalam pikiran saya pemimpin adalah orang yang ucapannya mesti kita turuti ketika kasih perintah, dan ngatur ngatur setiap langkah kita , kalau ketemu kita segan dan merasa kadang harus hormat (Contoh: Bos perusahaan, Majikan, Kepala Agama, Presiden).. Sedangkan Gubernur, Bupati, Ketua RT, Lurah, Camat, dalam pandangan saya adalah orang-orang birokrasi... Istilahnya di sebuah perusahaan, Gubernur bisa disamakan kayak Kepala bagian Marketing, tapi bukan pemimpin perusahaan.. Cuma bagian dari perusahaan yang disuruh ngurusin bagian tertentu, kayak Gubernur disuruh ngurus bagian kota A, kota B dia ga boleh nyenggol..

Soalnya, sekelas Menteri aja yang diatas Gubernur kedudukannya yang Non Muslim dari jaman dahulu uda sering tuh, dari Kwik Kian Gie, Marie Elka, Thomas Lembong, Yasonna, dll.

Bahkan jaman 'Abbasiyah ke-16 al-Mu'tadhid, seorang Kristen taat bernama 'Umar bin Yusuf, diangkat sebagai gubernur Provinsi al-Anbar, Irak.

Artinya, buat saya Gubernur sebagai kategori "pemimpin" masih terkesan Ambigu.. Kecuali hidup dan mati kita Gubernur yang nentuin emoticon-Stick Out Tongue

0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
19-02-2017 15:15
Ada juga trit Djamban yg rame ternyata emoticon-Big Grin

















































Menteri gagal emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
19-02-2017 18:06
Quote:Original Posted By superhazman


Saya sih masih ngerasa wajar kalau ada orang berpikir milih sesuai agama nya, hak setiap orang toh.. Di negara Mayoritas non-muslim juga pasti sebagian besar bertindak sama kan, memilih berdasar mayoritas...

Setuju juga Saya kalau Perintah Tuhan mesti diatas segalanya, Tapi sebelumnya saya minta maaf kalau salah bertanya yah gan, kan Al Maidah 51 itu membahas jangan memilih pemimpin non-muslim, dan betul, larangan untuk memimpin non-muslim di AlQuran sangat banyak, ga cuman di Al Maidah 51. Tapi sebelumnya, Definisi "pemimpin" yang dimaksud itu seperti apa, dan definisi pemimpin buat agan seperti apa?

Karena dalam pikiran saya pemimpin adalah orang yang ucapannya mesti kita turuti ketika kasih perintah, dan ngatur ngatur setiap langkah kita , kalau ketemu kita segan dan merasa kadang harus hormat (Contoh: Bos perusahaan, Majikan, Kepala Agama, Presiden).. Sedangkan Gubernur, Bupati, Ketua RT, Lurah, Camat, dalam pandangan saya adalah orang-orang birokrasi... Istilahnya di sebuah perusahaan, Gubernur bisa disamakan kayak Kepala bagian Marketing, tapi bukan pemimpin perusahaan.. Cuma bagian dari perusahaan yang disuruh ngurusin bagian tertentu, kayak Gubernur disuruh ngurus bagian kota A, kota B dia ga boleh nyenggol..

Soalnya, sekelas Menteri aja yang diatas Gubernur kedudukannya yang Non Muslim dari jaman dahulu uda sering tuh, dari Kwik Kian Gie, Marie Elka, Thomas Lembong, Yasonna, dll.

Bahkan jaman 'Abbasiyah ke-16 al-Mu'tadhid, seorang Kristen taat bernama 'Umar bin Yusuf, diangkat sebagai gubernur Provinsi al-Anbar, Irak.

Artinya, buat saya Gubernur sebagai kategori "pemimpin" masih terkesan Ambigu.. Kecuali hidup dan mati kita Gubernur yang nentuin emoticon-Stick Out Tongue



pertama..aku sangat menghargai cara kamu menyatakan pendapat
Seandainya setiap orang menyatakan pendapat seperti ini

Berikutnya,
Soal tafsiran Alquran memang sangat mungkin bisa berbeda2 gan
Cuma cara aku mentafsirkan Alquran bukan seperti agan, aku lebih kepada mempelajari pendapat para ahli..menimbang2 mana hujjah mereka yg menurutku paling kuat..dan tentu saja mesti kenal siapa si ahli tersebut..karena salah satu kaidah ilmu agama adalah lihat darimana kita mengambil ilmu
Setelah dipelajari, direnungkan, lalu minta kepada Allah ditunjukkan mana pilihan terbaik
Setelah mantab amalkan dan jangan sombong dengan itu

Sementara itu dulu yg bisa aku sampaikan
Kecuali agan masih penasaran dengan tafsiran yang aku fahami
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
19-02-2017 21:18
Quote:Original Posted By FrenchDragoon


pertama..aku sangat menghargai cara kamu menyatakan pendapat
Seandainya setiap orang menyatakan pendapat seperti ini

Berikutnya,
Soal tafsiran Alquran memang sangat mungkin bisa berbeda2 gan
Cuma cara aku mentafsirkan Alquran bukan seperti agan, aku lebih kepada mempelajari pendapat para ahli..menimbang2 mana hujjah mereka yg menurutku paling kuat..dan tentu saja mesti kenal siapa si ahli tersebut..karena salah satu kaidah ilmu agama adalah lihat darimana kita mengambil ilmu
Setelah dipelajari, direnungkan, lalu minta kepada Allah ditunjukkan mana pilihan terbaik
Setelah mantab amalkan dan jangan sombong dengan itu

Sementara itu dulu yg bisa aku sampaikan
Kecuali agan masih penasaran dengan tafsiran yang aku fahami


Sama-sama Gan. Kalau gitu selamat memilih sesuai Hak anda emoticon-shakehand
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 02:24
tolong kasih tau gubernur jakarta siapa itu emoticon-Cool

yg org pinggiran itu gw lupa namanya... emoticon-Cool

kasih tau tadi gw mampir buat drop money utk kampanye ga penting apaan ituh.. emoticon-Cool

[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?

yaudah deh karena udah malam gw mau tidur dulu nih coy di atas kasur gw.... ciao emoticon-Cool

[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
Diubah oleh ginger.snaps
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 06:01
Cuma Ahok yg berani bilang mau gusur manusia2 laknat yg tinggal di bantaran kali Jakarta dan bikin kali jadi gak normal. Jelas masih layak
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 11:10
Modal Bacot Aja, Kerja dan Koreksi Diri Aja emoticon-Wakaka
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 14:47
Quote:Original Posted By panastaknodp
Kok jadi keliatan biasa aja kinerja ahok ya klo diliat dr os nya ts ini emoticon-Big Grin



Pemberantasan korupsi kan kerjaan kpk bukan prestasi ahokemoticon-Big Grin
Udah berapa banyak bawahan/tikus kantor yg korup di penjarakan berkat laporan ahok ?
Lelang jabatan proyek jokowi ahok cuma nerusin aja emoticon-Big Grin


Lebay bgt ini emoticon-Big Grin
Seberapa semrawutnya jakarta sebelom ahok menjabat ?
Sekarang jakarta gak semrawut ?
Buktikan tong jgn asal claim emoticon-Big Grin

Yg menertibkan pasar tanah abang jokowi kayaknya bukan ahok emoticon-Big Grin


Emangnya udah bebas pungli di jakarta ?
Statement asal tanpa bukti emoticon-Big Grin
Yg di bold .
Emangnya pas jaman gubernur sebelom ahok klo ada bawahannya yg ketahuan "mempersulit" dlm pengurusan administrasi gak di hukum sm gubernurnya??


Gak ada bukti juga ini statement emoticon-Big Grin
Jalan jakarta sebelah mana yg bisa berlama-lama rusak sebelom ahok memimpin ?


gak jelas bgt ini statement
Kelompok radikal seperti apa yg di redam pertumbuhannya sm ahok ?

Yg dibold. Klo ada kejahatan yg terorganisir harusnya "mereka" sdh dipenjara dong ?
Btw "mereka" itu siapa ? Apa nama ormasnya ?


Berarti masih banjir emoticon-Gila


Ini menjelaskan klo ahok gak bisa membebaskan jakarta dr macet. Bukan prestasi tod emoticon-Big Grin



Dr gubernur yg dulu juga selalu ada itu acara gusur menggusur pemukiman liar dijakarta emoticon-Big Grin


Jadi keliatan biasa aja kerja ahok selama ini klo make patokan "prestasi" yg udh dibuat yg di jabarin ts disini emoticon-Big Grin

Kayak niatnya mau ngelawak bukan diskusi emoticon-Big Grin


ente pasti dari pasukan nasi bungkus yah..emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wow
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 20:31
Quote:Original Posted By FrenchDragoon


agan tau gak kenapa muslim dilarang makan babi?
Katanya karena babi begini babi begitu
Kalau ternyata bisa dibuat babi yg bener2 bersih dan tidak mengandung bakteri apakah berarti babi jd halal?
Agan tau ga ayat soal larangan ini lebih banyak dari ayat larangan makan babi

Dan soal tafsiran..memang boleh aja jika mau adu tafsiran
Tapi faktanya ulama salaf pun mentafsirkan hal yg sama
Kebanyakan ulama kholaf yg menarik tafsiran berbeda
Memang perkara agama sebaiknya dipelajari menyeluruh..tp jika emang ga pernah belajar agama terus memaksakan tafsirannya apakah elok juga?

Selalu ada hikmah dari setiap larangan yg Allah berikan
Mungkin tidak semua larangan kita sanggup taati
Larangan riba yg begitu keras aja masih pada berat meninggalkan
Minimal tidak mencari pembenaran

Aku sih ga masalah kalo memang mau milih ahok karena berpendapat dia punya kemampuan

Tp masalah kalau mendadak jd ahli agama mengatakan tafsiran Alquran versi dia biar ahok bisa kepilih

Bisa liat bedanya ga?


maaf gan ilmu agama ane mah cetek , ane tidak mempunyai kapasitas seperti agan,
saya ga tafsir apa" , ini mah pendapat ane om

maaf om , ane aga sedikit mengimbangkan logika
tp korelasi babi dengan pemimpin aga kurang yah gan

saya tidak mencantumkan ayat atau pun hadist , itu murni pendapat saya om
saya NU gan , saya dapet referensi dari sini http://www.nu.or.id/post/read/63567/...uslim-bolehkah

maafkan saya om kalau saya berbeda pendapat , saya tidak sama sekali pro ke ahok atau kesiapa pun

sekali lagi saya mah coblos nya ridwan kamil gan emoticon-Toast
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
20-02-2017 20:54
Quote:Original Posted By maxi1991


ente pasti dari pasukan nasi bungkus yah..emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wow


Ente pasti dari pasukan nasi taik (panastaik) yah... emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 06:53
Quote:Original Posted By panastaknodp


Ente pasti dari pasukan nasi taik (panastaik) yah... emoticon-Angkat Beer


Hallah batu dikasih nasibungkus isi tai aja uda segitunya siap siaga di barisan sakit hati, kalo butuh duit tinggal demo dapat 250rb, kalo sebulan ada 4x demo dapat 1jt, ude kaga useh kerja ente tong, nunggu aja ricuh demo, sapa tau 1 hr ada 3/4 demo mayan tuh, modal e teriak2 sama baris baris aje... Hahaha
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 12:01
layak lah emoticon-Angkat Beer

Lihat infrastruktur di jakarta sudah mulai tertata, banjir kecil dalam hitungan jam sudah beres.

Rata2 penolak ahok dimari cuma segelintir orang kampung yang nyari kemek dimari, bos2 perlendiran yang puyeng kalo usaha nya ditutup.

Retard people apalagi kelas bawah, alergi ama yang nama nye terstruktur emoticon-Shutup
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 12:29
berobat ke duren sawit,,BKT ternyata gak cukup menmpung banjir kampung melayu

diperlukan usaha ekstra pintar,,bukan sekedar normalisasi sungai
emoticon-Shakehand2
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 16:10
Ahok sudah menjadi pemimpin jakarta emoticon-Big Grin

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 17:18
Quote:Original Posted By ivan.as.nsa
berobat ke duren sawit,,BKT ternyata gak cukup menmpung banjir kampung melayu

diperlukan usaha ekstra pintar,,bukan sekedar normalisasi sungai
emoticon-Shakehand2


normalisasi sungai aja baru 40% tapi perubahan hasilnya sudah sangat signifikan



normalisasi sungai, penambahan pompa, dan pemakaian pasukan biru dan orange sudah terbukti efektif




drainase vertikal sudah terbukti tidak efektif, karena sudah pernah dijalankan
0 0
0
[Smart Debate] apakah ahok layak kembali memimpin jakarta ?
22-02-2017 18:59
Udah, Ahok jangan jadi gubernur DKI...
Jadi mendagri aja.
Biar ormas radikal pada ngeper... emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh shinhikarugenji
0 0
0
Halaman 114 dari 138
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia