News
Batal
KATEGORI
link has been copied
52
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a6ecbc1a9975a1478b4569/anies-ungkit-ucapan-ahok-soal-banjir-dari-hulu-tak-masalah-lagi
Jakarta - Calon gubernur DKi nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan menyoroti sejumlah wilayah Jakarta yang terendam banjir kiriman. Anies lalu mengungkit pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) di stasiun TV swasta yang pernah menyebut banjir kiriman bukan lagi sebuah masalah. "Anda bisa cek apa yang diungkapkan Pak Basuki di debat pertama di Net TV. Jadi ada banjir dari hulu d
Lapor Hansip
17-02-2017 19:29

Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'

Quote:Jakarta - Calon gubernur DKi nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan menyoroti sejumlah wilayah Jakarta yang terendam banjir kiriman. Anies lalu mengungkit pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) di stasiun TV swasta yang pernah menyebut banjir kiriman bukan lagi sebuah masalah.

"Anda bisa cek apa yang diungkapkan Pak Basuki di debat pertama di Net TV. Jadi ada banjir dari hulu dia bilang gak masalah lagi, Anda bisa cek. Dan ternyata memang masalah. Bahkan masih dan muncul sekarang," ungkap Anies di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/2/2017).

Anies pun mengaku punya solusi untuk penanganan banjir kiriman tersebut. Anies ingin melakukan pengendalian air turun hingga membuat serapan di daerah hulu.

"Ada beberapa (solusi). Satu pengendalian air turun, ada yang dengan penampungan air lewat Situ, ada yang dengan proses penyerapan air di daerah hulu. Ini bermasalah sejak perkebunan teh dibangun," jelasnya.

"Sejak ada perkebunan teh, rumah di sana dibangun tanpa ada upaya serius untuk memasukkan air hujan ke tanah sehingga dialirkan. Kalau horisontal, yang hilir menerima kiriman. Jadi yang di hulu harus dimasukkan (ke dalam tanah)," sambungnya.

Anies lalu berkata penyelesaian banjir akan menjadi program jualannya ke depan. Dia berkata akan mengedepankan pendekatan ilmiah yang ramah lingkungan untuk menyelesaikan permasalahan banjir di Jakarta.

"Penyelesaiannya tentu berbeda-beda di tiap lokasi banjir. Kami mempercayai pendekatan ilmiah adalah penyelesaiannya. Ada penambahan Situ, vertical drainage, ada yang dengan pengerukan. Tidak satu solusi untuk seluruh masalah. Filosofinya kita akan pendekatan konservasi," tuturnya.
(gbr/imk)


www.DETIK.com



ternyata antara kenyataan dengan janji dan klaim ahok di debat nggak konsisten emoticon-Kagets
Diubah oleh mloe433
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
17-02-2017 20:28
Sepertinya Ahok tdk pernah menyebutkan Jakarta bebas banjir..


Jika vertical drainase efektif, belanda di negrinya sendiri pasti sudah melakukannya, tidak perlu membuat dam. Memangnya daerah resapan air ada berapa persen lagi yg tersisa di Jakarta? Di lokasi mana Anies mau buat vertical drainase? Di depan Mall kah ? Atau di halaman setiap rumah penduduk? Berapa besar biaya utk membuatnya, apakah hanya 1-2juta rupiah setiap Vertical drainase?



emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak



Masalah Banjir Jakarta:

1. Penyebab banjir ada 4:
- Air hujan yang tepat mengguyur di atas kota Jakarta. Hal ini tentu bukan masalah besar bagi pompa-pompa yang ada di Jakarta. Mantan Gubernur Jokowi dan Gubernur Ahok sdh bisa mengatasi hal ini dgn cara melakukan pembangunan waduk baru, normalisasi waduk, penambahan jumlah pompa, pembuatan sumur resapan di beberapa titik dan pembangunan/perbaikan drainase.
- Air hujan yang mengguyur di pinggiran kota Jakarta. Jakarta dilewati oleh sungai Ciliwung yang merupakan hilir dari seluruh anak-anak sungai yang ada di sekitar kota Jakarta. Pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kanal Banjir Barat (KBB) oleh Foke namun tdk efektif karena tidak diimbangi dengan normalisasi daerah-daerah bantaran kali di kota Jakarta.
- Air laut karena proses pasang air laut dimana ada beberapa daerah di Jakarta mempunyai permukaan daratan yg sangat rendah.
- Kombinasi dari air hujan yg mengguyur Jakarta, mengguyur pinggiran Jakarta (hulu sungai), dan banjir karena pasang air laut (banjir rob).

2. Adapun penyebab sesungguhnya dari banjir Jakarta adalah disebabkan oleh debit air yang begitu banyak yang dicurahkan dari pinggiran kota Jakarta, yang merupakan dataran tinggi seperti Bogor, Sukabumi, dan lain-lain, sehingga membuat KBT dan KBB tidak mampu menampung volume air yang besar mengalir. Di sini kita lihat peranan Ahok yaitu:
- Sungai dinormalisasi sehingga lebar sungai kembali ke lebar sebelum ditempati para pemukim liar.
- Kali-kali dikeruk
- Daerah bantaran kali dibuat menjadi jalan inspeksi.
- Penduduk bantaran sungai direlokasi ke rusun.
- Pembangunan turap (sheet file) sehingga limpahan air sungai tdk mengalir sampai ke daratan.
Dan faktanya: sekarang titik banjir Jakarta berkurang drastis.

3. Utk penyebab banjir karena air pasang, dilakukan dengan pembangunan tanggul di sepanjang pantai Utara Jakarta dan rencana project pembangunan "tanggul raksasa" (Giant Sea Wall) di Teluk Jakarta. Namun sangat disayangkan Gerindra, PKS dan Anies-Sandi adalah justru pihak yg paling menentang adanya pembangunan tanggul laut seperti yg dilakukan di Kampung Aquarium, Luar Batang. Padahal bila pembangunan tanggul laut tdk segera dilaksanakan, Jakarta Utara bisa tenggelam pada tahun 2030.


Kesimpulan:
1. Pemikiran Anies soal "vertical drainage" sangat tidak masuk akal untuk konteks Jakarta yang justru mengalami permasalahan mengenai banjir kiriman yang bersifat horizontal. Lagi pula hal tersebut sudah dikerjakan oleh Ahok dengan membangun sumur-sumur resapan untuk setiap kantor, gedung, dan beberapa komplek rawan banjir.
2. Adanya penolakan Anies-Sandi terhadap penggusuran warga di bantaran sungai, artinya Anies tdk mengerti substansi permasalahan Jakarta khususnya masala banjir. Bisa dibayangkan bagaimana penanganan banjir bila Anies yg terpilih.
3. Melalui pernyataan dan tertawaan Anies soal banjir, semakin terlihat bahwa Anies memang tidak cocok menjadi administrator atau birokrat. Anies lebih cocok menjadi seorang penyair atau filsuf. Selalu beretorika dan bernarasi tanpa memahami teknis di lapangannya. Hal yang sangat berbahaya jika menjadi Gubernur.



emoticon-Traveller emoticon-Ngacir




0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
17-02-2017 20:30
Ahok tidak pernah bilang "Jakarta Bebas Banjir", tapi dia bilang "Sudah berhasil mengurangi titik-titik yang rawan banjir". Kalau sekarang masih banjir, karena memang pekerjaannya belum selesai, normalisasi masih 40%. Justru yang menertawakan yang tidak ngerti proses. Bahwa dari Jakarta kelelep sampe betul-betul bebas banjir itu membutuhkan rencana yang matang, eksekusi proses yang konsisten, dan waktu. Tidak bisa hanya retorika aja

Jika vertical drainase efektif, belanda di negrinya sendiri pasti sudah melakukannya, tidak perlu membuat dam. Memangnya daerah resapan air ada berapa persen lagi yg tersisa di Jakarta? Di lokasi mana Anies mau buat vertical drainase? Di depan Mall kah ? Atau di halaman setiap rumah penduduk? Berapa besar biaya utk membuatnya, apakah hanya 1-2juta rupiah setiap Vertical drainase?


emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak




Masalah Banjir Jakarta:

1. Penyebab banjir ada 4:
- Air hujan yang tepat mengguyur di atas kota Jakarta. Hal ini tentu bukan masalah besar bagi pompa-pompa yang ada di Jakarta. Mantan Gubernur Jokowi dan Gubernur Ahok sdh bisa mengatasi hal ini dgn cara melakukan pembangunan waduk baru, normalisasi waduk, penambahan jumlah pompa, pembuatan sumur resapan di beberapa titik dan pembangunan/perbaikan drainase.
- Air hujan yang mengguyur di pinggiran kota Jakarta. Jakarta dilewati oleh sungai Ciliwung yang merupakan hilir dari seluruh anak-anak sungai yang ada di sekitar kota Jakarta. Pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kanal Banjir Barat (KBB) oleh Foke namun tdk efektif karena tidak diimbangi dengan normalisasi daerah-daerah bantaran kali di kota Jakarta.
- Air laut karena proses pasang air laut dimana ada beberapa daerah di Jakarta mempunyai permukaan daratan yg sangat rendah.
- Kombinasi dari air hujan yg mengguyur Jakarta, mengguyur pinggiran Jakarta (hulu sungai), dan banjir karena pasang air laut (banjir rob).

2. Adapun penyebab sesungguhnya dari banjir Jakarta adalah disebabkan oleh debit air yang begitu banyak yang dicurahkan dari pinggiran kota Jakarta, yang merupakan dataran tinggi seperti Bogor, Sukabumi, dan lain-lain, sehingga membuat KBT dan KBB tidak mampu menampung volume air yang besar mengalir. Di sini kita lihat peranan Ahok yaitu:
- Sungai dinormalisasi sehingga lebar sungai kembali ke lebar sebelum ditempati para pemukim liar.
- Kali-kali dikeruk
- Daerah bantaran kali dibuat menjadi jalan inspeksi.
- Penduduk bantaran sungai direlokasi ke rusun.
- Pembangunan turap (sheet file) sehingga limpahan air sungai tdk mengalir sampai ke daratan.
Dan faktanya: sekarang titik banjir Jakarta berkurang drastis.

3. Utk penyebab banjir karena air pasang, dilakukan dengan pembangunan tanggul di sepanjang pantai Utara Jakarta dan rencana project pembangunan "tanggul raksasa" (Giant Sea Wall) di Teluk Jakarta. Namun sangat disayangkan Gerindra, PKS dan Anies-Sandi adalah justru pihak yg paling menentang adanya pembangunan tanggul laut seperti yg dilakukan di Kampung Aquarium, Luar Batang. Padahal bila pembangunan tanggul laut tdk segera dilaksanakan, Jakarta Utara bisa tenggelam pada tahun 2030.


Kesimpulan:
1. Pemikiran Anies soal "vertical drainage" sangat tidak masuk akal untuk konteks Jakarta yang justru mengalami permasalahan mengenai banjir kiriman yang bersifat horizontal. Lagi pula hal tersebut sudah dikerjakan oleh Ahok dengan membangun sumur-sumur resapan untuk setiap kantor, gedung, dan beberapa komplek rawan banjir.
2. Adanya penolakan Anies-Sandi terhadap penggusuran warga di bantaran sungai, artinya Anies tdk mengerti substansi permasalahan Jakarta khususnya masala banjir. Bisa dibayangkan bagaimana penanganan banjir bila Anies yg terpilih.
3. Melalui pernyataan dan tertawaan Anies soal banjir, semakin terlihat bahwa Anies memang tidak cocok menjadi administrator atau birokrat. Anies lebih cocok menjadi seorang penyair atau filsuf. Selalu beretorika dan bernarasi tanpa memahami teknis di lapangannya. Hal yang sangat berbahaya jika menjadi Gubernur.



emoticon-Traveller emoticon-Ngacir




Diubah oleh snipertarget
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
17-02-2017 20:48
dalam politik semuanya dinamis. yang penting salam 2 jari
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 02:37
Quote:Original Posted By sukhoivsf22
hmm,,,waduh kalem pak anies itu mah sudah masuk kerjasama antar pemda dan ini sudah menyangkut bisnis jadi kerja sama antar govenrment to busines juga.
nah setiap pemda pasti ada nie perda tata kelola airnya masing-masing nah ini perlu dipelajari jangan sampai menguntungkan mereka (bogor) merugikan disini (jakarta),apalagi uu kelola air swasta juga sudah dibatalkan mk maka pada dasarnya negara kalo mau maju yah harus bersatu.
nastak nasbung harus bersatu,menjadi takbung.



haha takbung
mngkin bisa bersatu kalau punya common enemy
tapi kalo lagi pemilu , susah kayanya gan
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 05:33
Quote:Original Posted By samber...gledek
Emang die waktu jd rektor tanpa jd dosen terlebih dahulu kaga tau jokowi mau bikin waduk dibogor dipalak 15jt / m?


Sekarang kan Jokowi sdh jadi presiden .. tinggal kordinasi saja dengan pemerintah pusat... .. masa sdh jadi presiden msh juga dipalak hehehe
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 05:38
Udah penista tukang tipu pula
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 09:43
Quote:Original Posted By bloonfire


Sekarang kan Jokowi sdh jadi presiden .. tinggal kordinasi saja dengan pemerintah pusat... .. masa sdh jadi presiden msh juga dipalak hehehe


Yg malak yg punya tanah bloon!
Rubah pemerintah jd komunis dulu, ga usah bayar malahan
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 11:01
Mendadak malah pengen dukung Anies jadi gubernur.
pingin lihat apakah dia bisa menyelesaikan masalah banjir seperti yang Ahok lakukan

gak apa apa, cuma 5 tahun doang, toh gw juga cuma numpang di Jakarta, secara KTP bukan KTP Jakarta

Nanti kalau masih banjir tinggal timpukin wajahnya pake lumpur banjir atau sampah sungai sambil teriak : NIH BACOT LU...!!!
Beres kan

Persoalan warisan jaman JP Coen masih bujangan minta diselesaikan dalam sekejap, yang kau butuhkan bukan Ahok, bukan Jokowi, bukan Bung Karno, tapi Avatar Aang
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 11:25
Quote:Original Posted By ranggaditya1



haha takbung
mngkin bisa bersatu kalau punya common enemy
tapi kalo lagi pemilu , susah kayanya gan

hmm,,,
siklus politik di negara ini terlalu padat,baik yang skala lokal maupun nasional mendekati puncak siklus pasti sudah ramai orang,kayaknya mau ada common enemy politik sekalipun yang jelas tetap saja akan ribut.
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 11:29
Quote:Original Posted By snipertarget
Sepertinya Ahok tdk pernah menyebutkan Jakarta bebas banjir..


Jika vertical drainase efektif, belanda di negrinya sendiri pasti sudah melakukannya, tidak perlu membuat dam. Memangnya daerah resapan air ada berapa persen lagi yg tersisa di Jakarta? Di lokasi mana Anies mau buat vertical drainase? Di depan Mall kah ? Atau di halaman setiap rumah penduduk? Berapa besar biaya utk membuatnya, apakah hanya 1-2juta rupiah setiap Vertical drainase?



emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak



Masalah Banjir Jakarta:

1. Penyebab banjir ada 4:
- Air hujan yang tepat mengguyur di atas kota Jakarta. Hal ini tentu bukan masalah besar bagi pompa-pompa yang ada di Jakarta. Mantan Gubernur Jokowi dan Gubernur Ahok sdh bisa mengatasi hal ini dgn cara melakukan pembangunan waduk baru, normalisasi waduk, penambahan jumlah pompa, pembuatan sumur resapan di beberapa titik dan pembangunan/perbaikan drainase.
- Air hujan yang mengguyur di pinggiran kota Jakarta. Jakarta dilewati oleh sungai Ciliwung yang merupakan hilir dari seluruh anak-anak sungai yang ada di sekitar kota Jakarta. Pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kanal Banjir Barat (KBB) oleh Foke namun tdk efektif karena tidak diimbangi dengan normalisasi daerah-daerah bantaran kali di kota Jakarta.
- Air laut karena proses pasang air laut dimana ada beberapa daerah di Jakarta mempunyai permukaan daratan yg sangat rendah.
- Kombinasi dari air hujan yg mengguyur Jakarta, mengguyur pinggiran Jakarta (hulu sungai), dan banjir karena pasang air laut (banjir rob).

2. Adapun penyebab sesungguhnya dari banjir Jakarta adalah disebabkan oleh debit air yang begitu banyak yang dicurahkan dari pinggiran kota Jakarta, yang merupakan dataran tinggi seperti Bogor, Sukabumi, dan lain-lain, sehingga membuat KBT dan KBB tidak mampu menampung volume air yang besar mengalir. Di sini kita lihat peranan Ahok yaitu:
- Sungai dinormalisasi sehingga lebar sungai kembali ke lebar sebelum ditempati para pemukim liar.
- Kali-kali dikeruk
- Daerah bantaran kali dibuat menjadi jalan inspeksi.
- Penduduk bantaran sungai direlokasi ke rusun.
- Pembangunan turap (sheet file) sehingga limpahan air sungai tdk mengalir sampai ke daratan.
Dan faktanya: sekarang titik banjir Jakarta berkurang drastis.

3. Utk penyebab banjir karena air pasang, dilakukan dengan pembangunan tanggul di sepanjang pantai Utara Jakarta dan rencana project pembangunan "tanggul raksasa" (Giant Sea Wall) di Teluk Jakarta. Namun sangat disayangkan Gerindra, PKS dan Anies-Sandi adalah justru pihak yg paling menentang adanya pembangunan tanggul laut seperti yg dilakukan di Kampung Aquarium, Luar Batang. Padahal bila pembangunan tanggul laut tdk segera dilaksanakan, Jakarta Utara bisa tenggelam pada tahun 2030.


Kesimpulan:
1. Pemikiran Anies soal "vertical drainage" sangat tidak masuk akal untuk konteks Jakarta yang justru mengalami permasalahan mengenai banjir kiriman yang bersifat horizontal. Lagi pula hal tersebut sudah dikerjakan oleh Ahok dengan membangun sumur-sumur resapan untuk setiap kantor, gedung, dan beberapa komplek rawan banjir.
2. Adanya penolakan Anies-Sandi terhadap penggusuran warga di bantaran sungai, artinya Anies tdk mengerti substansi permasalahan Jakarta khususnya masala banjir. Bisa dibayangkan bagaimana penanganan banjir bila Anies yg terpilih.
3. Melalui pernyataan dan tertawaan Anies soal banjir, semakin terlihat bahwa Anies memang tidak cocok menjadi administrator atau birokrat. Anies lebih cocok menjadi seorang penyair atau filsuf. Selalu beretorika dan bernarasi tanpa memahami teknis di lapangannya. Hal yang sangat berbahaya jika menjadi Gubernur.



emoticon-Traveller emoticon-Ngacir






semua solusi itu masuk akal sob,saat ini jakarta memang mengalami limpahan air dari luar persil wilayahnya,tuh air merupakan limpahan (run off) dari air hujan yang jatuh dipersil tetangga.
jadi nie si anies ingin membuat vertical drainase diluar wilayah jakarta yaitu daerah puncak lebih masif lagi.
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 11:30
HIDUP ANIES .... COBLOS ANIES LANGSUNG DAPAT RUMAH TANPA DEPE
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 11:34
https://www.google.co.id/amp/style.tribunnews.com/amp/2017/02/17/heboh-sman-8-jakarta-kena-banjir-pengankuan-orang-tua-siswa-ini-jadi-viral-di-media-sosial

Heboh SMAN 8 Jakarta Kena Banjir, Pengakuan Orang Tua Siswa Ini Jadi Viral di Media Sosial
Jumat, 17 Februari 2017 16:40
Laporan Wartawan TribunStyle.com, Tisa Ajeng
TRIBUNSTYLE.COM - Meski masa kampanye Pilgub DKI Jakarta sudah usai, putaran kedua membuat suasana persaingan paslon masih hangat.
Apalagi ditambah dengan banjirnya beberapa daerah di Jakarta.
Sudah pasti beberapa oknum memanfaatkan momen banjirnya Jakarta ini untuk melayangkan "serangan" kepada salah satu paslon.

Baca: Kena PHK Saat Ahok Menjabat, Supir Taksi Ini Tetap Pilih Paslon No 2, Alasannya Bikin Netter Kagum
Berita yang beredar mengatakan daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan mengalami banjir.
Salah satu sekolah yang menjadi salah satu langganan banjir adalah SMA Negeri 8 Jakarta, Bukit Duri, Jakarta Selatan.
Beberapa foto di media online menunjukkan seolah banjir hingga sekian meter.
Namun salah seorang netizen yang merupakan orang tua siswa SMA tersebut mengunggah sebuah status Facebook.
Statusnya tersebut menjadi viral karena bisa dibilang sebuah bukti nyata.
Akun Facebook dengan nama Wulan Ningsih menuliskan status disertai beberapa foto pasukan Orange yang bekerja keras membersihkan SMA tersebut.
Ia menuliskan bahwa banjir surut begitu cepat, tidak seperti dulu yang memakan beberapa hari, sampai membuat siswa harus diliburkan.
Sang anak, Naya, merupakan siswa di SMA tersebut bahkan sampai mengeluh karena banjirnya cepat surut, "Kok cuma 1 hari."
Berikut ini unggahan lengkapnya.
"Alhamdulliah SMA 8 dah surut abis lewat doang airnya... dah di semprot air tinggal bersih-bersih, terima kasih Pak Ahok, banjirnya cm numpang lewat, padahal tradisi dulu2 sampai harus ngungsi belajar mengajarnya... Bravo... #akuin dong kerja Ahok
#naya ngeluh kok cm 1 hari
#halahhhh yang hoax itu
Sebel banget banyak Photo2 Banjir SMA 8 yang lalu2....!!!! Banjirnya cuma 70 cm, dan genangan airnya hanya 5 jam langsung surut... kebetulan saya ada di Pokja Banjir SMA 8... please jgn di jadikan Black Campaign...," tulisnya.
Pasukan Orange yang bekerja keras membersihkan SMA (Facebook)
Pasukan Orange (Facebook)
Pasukan Orange (Facebook.com/wulan.ningsih.543)




Siapa sangka unggahan tersebut menjadi viral dan disukai sampai lebih dari 4 ribu orang dan dibagikan lebih dari 5 ribu kali.
"Baru mau bikin ojeg gendong malah udah kelar banjirnya," komentar akun Facebook Yoppy Khristiyanto.
"Wuih.. Pasukannya banyak banget yah.. Hebat sekali...," tulis akun atas nama Wawan Mulyawan.
Pasukan Orange memang gercep! Salut!Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
Diubah oleh happy2006
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 15:20
Hatus belajar menahan klaim ya oak
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 15:32
mulai mainan banjir
akhirnya jakarta banjir lagi emoticon-Ngaciremoticon-Traveller
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
18-02-2017 15:33
asal bunyi kabeh emoticon-Traveller
Diubah oleh mantanpanasbung
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
19-02-2017 00:47
Quote:Original Posted By samber...gledek


Yg malak yg punya tanah bloon!
Rubah pemerintah jd komunis dulu, ga usah bayar malahan


Tingal diajak makan siang berkali kali pasti kena dan bisa nego..jgn langsung
putus asa.. Jokowi waktu relokasi pkl di solo juga dgn cara di ajak makan berkali
kali baru ok hehehe
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
19-02-2017 01:40
pendekatan, teori, rancagan, perencanaan buat atasi banjir di jakarta udah numpuk banyak,, yang diperlukan itu yg berani eksekusi,,, jgn mundur ke tahap awal lagi,,,
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
19-02-2017 01:49
omongan [belagak] ilmiah dan pendidikan tinggi.
esensi serta substansi omongannya khas motivator.
anies emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
19-02-2017 01:53
Dulu ngurusi masalah pendidikan rakyat aja gagal skg malah ngibul ngurusi banjir wkwkwkwkwkwk bahlul bahlul
0 0
0
Anies Ungkit Ucapan Ahok Soal 'Banjir dari Hulu Tak Masalah Lagi'
19-02-2017 02:33
Quote:Original Posted By sukhoivsf22

hmm,,,
siklus politik di negara ini terlalu padat,baik yang skala lokal maupun nasional mendekati puncak siklus pasti sudah ramai orang,kayaknya mau ada common enemy politik sekalipun yang jelas tetap saja akan ribut.


yang pasti ribut dulu yah
emang politik gitu
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia