AnggaArthaPutraAvatar border
TS
AnggaArthaPutra
10 Barang Elektronik yang Sering Rusak





10 BARANG ELEKTRONIK YANG SERING RUSAK
________


Hampir semua rumah atau kantor mempunyai barang elektronik, dan hampir setiap hari kita menggunakannya. Karena kebiasaan yang sering dalam penggunaannya, sampai - sampai kita tidak tahu kalau barang elektronik yang dipakai sudah mau rusak, mulai dari faktor usia barang elektronik tersebut, ceroboh dalam pemakaian, masa bodo dalam penggunaan, tidak dirawat dengan baik, dan sebagainya.
Dan disini ane bakal share 10 barang elektronik apa saja yang sering rusak. Mulai dari barang elektronik dengan persentasi kerusakan kecil sampai kerusakan parah.
________




Baterai Handphone

Hampir setiap orang pernah mengalami kerusakan dari baterai handphone, entah karena over charging, baterai hamil / membelendung, tercebur air, dan sebagainya, Efeknya akan lebih buruk pada handphone jika baterai terus menerus dipakai dalam keadaan rusak. Itu kenapa kebanyakan handphone sekarang sudah memilih baterai tanam, karena untuk meminimalisir kerusakan baterai.
________

VCD / DVD Player

Agan suka menonton film dari VCD / DVD player? Pasti juga pernah mengalami 'No Disc' ( Kaset tidak terbaca ), pembuka kasetnya masuk keluar sendiri jika tersentuh? Atau film yang agan tonton tidak bergerak karena optik dalam mesin kotor? Itu tanda - tanda kerusakannya.
________


AC

Setiap rumah pasti punya barang elektronik ini dan hampir setiap hari digunakan. Tapi tahukah agan kalau AC ini sangat sering mengalami kerusakan? Mulai dari AC yang tidak dingin, Air Swingnya tidak berjalan otomatis, kipas dalam freon berisik karena tumpukan debu, dan sebagainya.
________


Setrika Listrik

Barang elektronik ini juga hampir ada di setiap rumah, biarpun setrika sekarang sudah banyak menggunakan metode uap, tapi setrika listrik ini masih banyak penggunanya. Setrika listrik sering mengalami kerusakan, mulai dari besinya tidak panas, kabel yang korslet dan faktor usia.
________




Mesin Cuci

Agan pernah mengalami koin terjebak di dalam mesin cuci? Air tidak keluar dalam saluran selang pembuangan air cuci? Pengering tidak berputar? Kelemahan ini yang membuat mesin cuci menjadi barang elektronik yang sering rusak dalam penggunaannya. Maka dari itu, setiap produsen yang membuat mesin cuci memiliki klaim garansi pasti diatas 2 tahun bahkan lebih.
________




Kipas Angin

Ternyata adik AC ini juga sering mengalami kerusakan. Barang elektronik yang juga hampir ada disetiap rumah inipun memiliki kerusakan yang tinggi, mulai dari motor penggerak macet, baling - baling tidak berputar, korslet mesin atau panasnya mesin sehingga tercium bau gosong.
________




TV

Mustahil rasanya kalau barang elektronik ini tidak ada dirumah agan. TV dulu dan sekarang sudah berevolusi, kalau dulu banyak memakai TV tabung, sekarang beralih menjadi TV LCD atau LED TV ataupun SMART TV. Tapi semakin canggih televisi, semakin besar pula kerusakan yang terjadi. Jika agan menggunakan TV tabung kerusakan yang rentan terjadi adalah Sensor infrared melemah sehingga tidak terbaca oleh remote, tombol volume / channel tidak berfungsi atau doll, speaker pecah, gambar tidak jernih, faktor usia ataupun error lainnya. Dan kalau agan menggunakan TV LED ataupun SMART TV, kerusakan yang sering terjadi adalah layar berkedip saat mulai menyalakan, layar gelap, mati total, dan sebagainya.
________


Laptop

Barang elektronik ini memudahkan kita dalam membuat tugas sekloah, kuliah, pekerjaan dan sebagainya. Tapi disisi lain, kerusakan sangat sering terjadi di laptop jika penggunaannya tidak benar, Antara lain Terinfeksi virus, layar Blank biru atau hitam, tidak bisa masuk jendela utama ( stuck di loading ), kabel korslet karena terlalu lama mencolok, adaptor bau gosong sehingga laptop tidak bekerja maksimal, Colokan USB kotor dan tidak terbaca, baterai yang terlalu lama dilepas sehingga tidak brfungsi lagi jika dicharge, dan sebagainya. Sehingga laptop menjadi barang elektronik ke 3 yang kerentanan rusaknya sangat tinggi.
________



Kamera DSLR / Digital

Barang elektronik dengan presisi tingkat kerusakan amat tinggi kedua yaitu, kamera. Dan makanya orang tua dahulu yang punya kamera, sangat dijaga perawatannya, disentuh orang lain pun tak boleh. Karena memang barang elektronik ini sangat rentan terjadi kerusakan jika tidak benar dalam perawatan, mulai dari autofokus & internal flash yang tidak berfungsi, lensa berjamur & kotor berdebu, lecet, layar blank atau bercak hitam atau error, lensa manual tidak berfungsi, motor penggerak berisik & tidak berfungsi dengan baik, dan juga faktor usia kamera tersebut.
________




Smartphone

Tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone adalah barang elektronik dengan tingkat kerusakan tertinggi yang sering terjadi. Setiap orang pasti pernah mengalaminya, mulai dari baterai tidak bisa mencharge, tidak bisa masuk ke layar utama ( bootloop ), kamera tidak terbuka, memory card tidak terbaca, speaker tidak mengeluarkan suara, LCD blank atau terdapat purple tint, dan sebagainya.
________


Quote:


Image Source : Flaticon | Source : Otak Pribadi | Post : No Repost
Rekomendasi HT : Sini
Cendolin Ane : Sini
Thanks kaskus
emoticon-I Love Kaskus (S)

Diubah oleh AnggaArthaPutra 13-02-2017 08:59
1
7.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.