Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
467
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5893004bd675d44e5f8b4567/terkuak-penyebab-tenggelamnnya-kapal-titanic
Agan-Agan Pasti tahu mengenai Kapal Titanic tenggelam pada tanggal 15 April 1912, hampir semua manusia di dunia ini pernah membaca atau minimal mendengar kisah
Lapor Hansip
02-02-2017 16:47

Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic

Past Hot Thread
Quote:Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic



Agan-Agan Pasti tahu mengenai Kapal Titanic tenggelam pada tanggal 15 April 1912, hampir semua manusia di dunia ini pernah membaca atau minimal mendengar kisah tentang tenggelammnya kapal titanic. Sebuah kapal yang terjadi sebaga peristiwa paling dahsyat dalam sejarah maritim. Titanic menyandang status The Unsinkable alias mustahil untuk tenggelam.

Tahukah anda hanya 1.178 sekoci yang disertakan. Jumlah tersebut cuma bisa menampung sepertiga dari total penumpang dan kru kapal. Penumpang kapal 2.224 penumpang yang mayoritas kaya raya saat memasuki kapal mewah tersebut.

Empat hari setelah meninggalkan Inggris atau berada sekitar 603.375 km dari Newfoundland, Titanic menabrak gunung es. Tubrukan yang terjadi pada pukul 23.40 itu membuat lambung kanan kapal menganga dan melengkung ke bagian depan. Tak hanya itu, lima dari 16 pintu kedap air juga terbuka. Akibatnya air mengalir deras memasuki lambung kapal.Sebelum pukul 02.20, 15 April, Titanic yang sudah dipenuhi air terbelah. Bagian kanan karam ke dasar Samudera Atlantik terlebih dahulu. Tidak lama kemudian bagian lain turut tenggelam.

Lantas kenapa KAPAL yang dijuluki Unsinkable itu dapat tenggelam juga? Apa yang terjadi sebenarnya setelah menabrak gunung es, lambung kapal tersebut bisa menganga terbelah ?

Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic

Dulu SD kiat pernah belajar mengani fase fase atau wujud dari suatu benda. Ada padat Cair dan Gas. ES berati padat dan berada di bawah suhu 0 derajat Celcius. Apalagi ini air laut yang memiliki kadar garam yang tinggi. Semakin Tinggi kadar garam, semakin besar semakin rendah titik bekunya. Jika bentuk nya sudah gunung es berarti jauh dibawah 0 derajat.

lalu apa korelasinya temperatur tersebut ? Logam memiliki sifat yang tangguh temperatur lingkungan (25-27) namun akan mengalami penurunan ketika berada dbawah 0 derajat celcius. Ketangguhan sifat logam berkurang diakibatkan oleh struktur mikro dari logam menjadi berdempetan dan mengakibatkan kekakuan dari material tersebut. kekakuan ini menyebabkan material menjadi gampang pecah.

Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic


Uji coba dilakukan dengan Uji Impak dimana Material dengan perbedaan suhu di lakukan hantaman secaca mendadak. Dan hasilnya berbeda beda pula di setiap suhu. Dan kesimpulan uji impak adalah material dengan temperatur rendah lebih mudah patah atau pecah.

Nah bayangkan kapal titanic pada zaman itu adalah yang tercanggih, menggunakan material-material yang sangat tangguh! Namun mereka lupa bahwa jalur yang dilewati adalah jalur yang dingin dan bahkan ada gunung es . Dengan sombongnya mengatakan Tuhan pun tidak dapat menenggelamkan kapal ini. Dan alhasil tenggelam pula.

Jadi pertanyaan-pertanyaan tenggelamnya kapal titanic ini kini sudah pula dapat dijelaskan secara ilmiah. Bahwa Penurunan Ketangguhan material logam di suhu rendah itulah membuat kapal titanic terbelah dan akhirnya tenggelam.

Sumber : solusimro.com
Diubah oleh jenius.com
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 24
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:00
Keren & sangat masuk akal
Penjelasan ilmiahnya bre
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:00
Eh ada di pejwan emoticon-Cool


ayo mpeng kita lanjut cari kang barcenemoticon-Ngacir emoticon-Traveller
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:00
ilmiah ini ya
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:04
Kemarin sempet gw baca katanya ditemukan kebakaran di lambung kapal yang menjadikan dinding kapal mudah pecah. jadi mana noh yang bener?
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:05
mantap gan
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:09
gitu yah ganz..mantapz
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:09
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
Bukannya gara-gara ini ya gan
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:10
Membuktikan aja klo menurut saya Allah Maha Besar
Manusia tdk boleh sombong
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:11
Rip Jack Dawason emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:12
Karna gelar nya yg sombong
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:14
Quote:Original Posted By HelpMegrils
Membuktikan aja klo menurut saya Allah Maha Besar
Manusia tdk boleh sombong


emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:16
seruan nnton pelem nya wkwwk
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:17
Tahukah anda hanya 1.178 sekoci yang disertakan. Jumlah tersebut cuma bisa menampung sepertiga dari total penumpang dan kru kapal. Penumpang kapal 2.224 penumpang yang mayoritas kaya raya saat memasuki kapal mewah tersebut.

ada yg janggal nih antara jumlah sekoci & jumlah penumpang. klo satu sekoci untuk memuat 2 org aja,kayak nya cukup tuh sekoci utk memuat seluruh penumpang.
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:19
Iceberg can't break steel beams
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:21
titanic tenggelam karna bochorr
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:23
begitu ternyata
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:24
Trnyata suhu rendah bisa menenggelamkan, brbeda dgn suhu politik, smakin tingi smakin mbakar
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:25
yang ane pernah baca sih katanya karna bagian yang bolong itu ada di deket ruangan mesin yang panas, nah katanya karna panas itu besi kapal Titanic jadi gak kuat lagi. akhirnya sekali nabrak langsung bolong
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:28
Titanic tenggelam krn kesombongan. emoticon-Cool
0 0
0
Terkuak Penyebab Tenggelamnnya Kapal Titanic
05-02-2017 19:35
jadi logammnya gag kuatt nih bang? hahaha..
0 0
0
Halaman 8 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia