iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini 5 Alasan Kenapa Berobat Ke Dokter Gigi Jadi Mahal
Ini Alasan Kenapa Berobat Ke Dokter Gigi Jadi Mahal




[ HT# 080 ]


Udah kita ketahui secara umum, kesadaran untuk merawat gigi
agar tetap sehat bagi warga negara Indonesia masihlah rendah. Salah satu faktor rendahnya masyarakat peduli dengan kesehatan gigi dan sekitar mulutnya adalah karena pola hidup sehat yang masih rendah, dan memeriksakan gigi masih belum menjadi prioritas dalam hidupnya. Selain itu alasan lainnya adalah karena ongkos periksa ke dokter gigi terbilang sangat mahal. Ah, masa sih?


Ini kisah pengalaman ane sendiri, dan apa yang dibilang kalau ke dokter gigi itu mahal maka ane harus katakan, iya! Ketika itu ane berniat memeriksakan gigi ane yang bolong, dengan santai dan percaya dirinya ane mantep dan langsung masuk ruang periksa. Selesai periksa sana-sini, korek sana-korek sini, positif gigi ane ada yang berlubang dan harus di tambal,. "Ada berapa yang bolong, dok?" "Ada 2 gigi, mas". "Langsung ditambal ya". Proses menambal cepat dan lancar, setelah selesai ane langsung menuju meja kasir. "Berapa mbak?" "Sekian.." kata si kasir. Ane sangat terkejut gan, diluar ekspetasi ane, dengan sigap ane permisi sebentar bilang mau meludah dulu ke toilet, padahal ane mau menghitung uang ane yang di dalam dompet, warbyasah..uang yang ane pegang pas bener buat ongkos tambal dan periksa ke dokter. Segera ane bayar dan pulang minta dijemput kakak ane, karena kehabisan ongkos! emoticon-Frown Sebetulnya ane sih udah tahu kalau ongkos dokter gigi itu mahal, tapi ane gak mengira 'segitu mahalnya', nguras dompet anak kost-an ini namanya.



Sehat itu Murah, Sakit Itu Mahal!



Ketika di dalam perjalanan ane langsung protes ke kakak ane yang orang kesehatan juga. "Mbak, katanya dokter A murah. Aku malah hampir pingsan tadi, untung aku bawa uang selipan" . "Loh, emang kamu ndak bilang kalau kamu adiknya mbak?" jawab kakak ane. "Ngapain juga, nggak ngaruh lah". Berdasarkan pengalaman ane inilah, ane coba angkat di thread ane kali ini. Menyesal itu belakangan, jadi jagalah kesehatan gan, jangan males sikat gigi minimal sehari 2x.

Mahal itu Relatif

Bicara mahal atau murah emang sih sebenernya relatif bagi kondisi keuangan si pasien, tapi apakah masuk akal kalau ongkos periksa, tambal ke dokter gigi itu terbilang mahal? Sebenernya fenomena ongkos ke dokter gigi mahal itu sangat dimaklumi oleh para dokter gigi. Berdasarkan bincang-bicang ane dengan kakak ane yang orang kesehatan juga, bisa ane simpulkan beberapa point kenapa ongkosnya dibilang jadi mahal.





Spoiler for :





Bonus, Bocoran Harga Dokter Gigi Termurah



Ane dapet bocoran dari sebuah laman web yang menginformasikan biaya sekali berobat ke dokter gigi, khususnya dokter spesialis. Hingga saat ini, memang belum ada standar yang ditetapkan oleh organisasi perhimpunan dokter termasuk Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait tarif praktek dokter spesialis. Kalaupun ada, standar tersebut bersifat sangat rahasia dan hanya diketahui oleh sekumpulan dokter spesialis yang berada dalam satu lingkup kerja atau lembaga.

Sebagai referensi berikut 'bocoran' tarif praktek dokter spesialis di beberapa Rumah Sakit di Indonesia

Spoiler for :
Diubah oleh iskrim 08-03-2017 04:54
0
121K
373
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.